=Hamimeha

Tips Sukses Atasi Stres Ibu Rumah Tangga

22 komentar
Tips sukses atasi stres ibu rumah tangga
Tips sukses atasi stres stres ibu rumah tangga ini adalah fakta yang aku lakukan. Alhamdulillah cukup berhasil meski sejujurnya kenapa baru menemukan jurus jitu ini sekarang ya?

Aku sempat mengalami stres berat karena kelelahan luar biasa menjalani hari-hari sebagai ibu rumah tangga. Jujur sejak menikah aku bekerja sehingga mengerjakan pekerjaan rumah itu semacam refreshing.

Apalagi, saat itu masih tinggal berdua saja dengan suami. Duo sholihah belum hadir diantara kami. Namun kemudian wabah virus asal Wuhan menyerang. Kami terpaksa harus melakukan aktivitas apapun di rumah. Ditambah, si bungsu lahir ketika pandemi merebak di awal tahun pertama.

Maka inilah awal mula stres ibu rumah tangga yang aku alami. Lalu bagaimana upayaku keluar dari stres ini sebagai emak dua anak balita? Yuks cuss deh!

Sekilas tentang stres

Yup, coba sedikit kita ulas apa itu stres. 
Arti stres
Dilansir dari Alodokter.com disebutkan bahwa stres adalah reaksi tubuh yang muncul saat seseorang menghadapi ancaman, tekanan, atau suatu perubahan. Stres juga dapat terjadi karena situasi atau pikiran yang membuat seseorang merasa putus asa, gugup, marah, atau bersemangat.

Nah, reaksi inilah yang kemudian kita kenali sebagai gejala stres. Baik reaksi secara fisik maupun mental. Bagi sebagian orang kadang tidak sadar jika sedang berada pada kondisi stres.

Apakah ibu rumah tangga bisa stres?

Fakta tentang stres ibu rumah tangga

Berdasarkan data dari hasil survey yang dijaring oleh aplikasi Teman Bumil dan platform riset pasar Populix menyebutkan bahwa,
"56 persen ibu rumah tangga mengaku stres dan mengalami gejala kecemasan, sulit tidur, serta mudah marah."
Aku rasa data tersebut cukup sesuai. Sebab akupun merasa stres ini sejak memiliki dua anak dengan aktivitas full di rumah. Ada banyak sumber stres yang dihadapi oleh ibu rumah tangga.

Salah satu kunci agar stres ibu rumah tangga tidak berlanjut ke arah yang lebih para maka mari kita minimalisir sumber stres ibu rumah tangga yang aku tulis ada lima yaitu:

1. Pekerjaan fisik yang terus menerus sehingga memicu kelelahan. Apalagi jika memiliki anak balita aktif lebih dari satu.Bisa dibayangkan betapa menguras energi.

Inilah yang aku rasakan dua tahun terakhir.

2. Pekerjaan mental untuk berpikir terus menerus. Intinya, ibu rumah tangga tak hanya bekerja keras secara fisik tapi juga otak. Sebab pada umumnya mereka memiliki perasaan dituntut untuk mengatur segala hal di rumah.

3. Minimnya peran suami dalam mengurus rumah tangga

Pasangan kurang peka dan melimpahkan urusan rumah tangga ke istri.

4. Minim pengakuan dan berlimpah penghakiman

Yup! Tampaknya ini berkaitan dengan kondisi lingkungan sekitar yang sering memandang rendah posisi perempuan yang memutuskan jadi ibu rumah tangga. Ditambah lagi, ibu rumah tangga sering jadi sasaran empuk bahan ghibah saat anak atau keluarga terlihat kurang sesuai standar mereka. 

5. Kurang me time

Terbatasnya waktu bagi seorang ibu rumah tangga untuk meluangkan waktu bagi dirinya. Akibatnya kurang memperhatikan kebutuhannya sendiri seperti istirahat atau mengambil jeda untuk kesenangannya.

Nah Sobat Hamim, kelima poin di atas aku ulas lengkap di tulisan sumber stres ibu rumah tangga. Lalu bagaimama agar sumber stres ini tak berakhir jadi depresi? Yuks simak ulasanku selanjutnya!

Tips sukses atasi stres ibu rumah tangga ala hamimeha


Yup! 
Kita sudah menganalisa sumber stres ibu rumah tangga kan Sobat Hamim. Dengan demikian memudahkan kita memberikan solusi dalam menyelesaikannya. Apa sajakah itu?

Tips sukses atasi stress ibu rumah tangga ala hamimeha ini akan diberikan berdasarkan 5 sumber masalah ya !

Tips sukses atasi stres ibu rumah tangga ala hamimeha
Pertama, bangun komunikasi dengan pasangan.

Sejatinya, pekerjaan fisik, mental, maupun keterlibatan suami dalam urusan rumah tangga bisa diselesaikan salah satunya adalah komunikasi yang positif.

Selain itu, berbagilah peran. Baik itu dengan pasangan ataupun pihak ketiga. Misalnya, mencuci bisa menggunakan jasa laundry, memasak bisa catering, dan lain-lain. Hal ini meminimalisir kelelahan yang berlarut-larut.

Apalagi jika kita adalah ibu rumah tangga dengan balita. Nah, hal yang tak kalah penting lagi pekalah dengan alarm tubuh jika sudah merasakan gejala stres. Karena sesungguhnya kita yang paling tahu tentang diri kita.

Ingat, ibu adalah jantung keluarga. Jadi, ibu bahagia bisa jadi kunci kebahagiaan rumah tangga.
Tips dari aku, komunikasi untuk hal-hal seperti ini agak sensitif karena kadang melibatkan ego. Nah, pastikan pilih waktu yang pas, suasana yang nyaman, kondisi perut kenyang hahhaa. Ini penting lho!

Ada istilah pillowtalk mungkin bisa dicoba. Semoga berhasil!

Kedua, mengatasi minimnya pengakuan dan penghakiman ini memang gampang-gampang susah. Apalagi jika tipenya baperan kayak aku.

Nah, bagaimana tips yang bisa aku rekomendasikan? Sesekali bersikaplah bodo amat, temukan circle yang lebih positif dan saling support antar mom, serta terus upgrade wawasan dan skill untuk menjadi ibu rumah tangga yang profesional.

Ingat, bahwa ibu rumah tangga itu amanah yang langsung diberikan oleh Sang Pemilik Hidup. Seharusnya kita bangga dan bisa terus berkembang menjadi pro sebagai ibu rumah tangga. Kita punya bekal ilmu sebelum beramal bukan?

Ketiga, menguatkan nilai spiritual. Mendekatkan diri kepada Sang Pemilik Hati agar senantiasa dikuatkan dan diluaskan syukur. 

Khususnya bagi seroang muslim, ini aku praktikan banget sih. 
“Hai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan dengan sabar dan shalat. Sesungguhnya, Allah beserta orang-orang yang sabar.” (QS al-Baqarah [2]: 153).
Terakhir, kamu perlu meluangkan waktu untuk me time! Ah, membahas poin ini rasanya menyenangkan sekali. Meski terdengar agak egois faktanya me time itu perlu. Apalagi bagi ibu rumah tangga. Me time itu self reward lho!

Salah satu bentuk self love, sebab me time menunjukkan kita tahu kebutuhan kita. Me time pun bisa beragam dan tiap orang bisa berbeda. Umumnya, lakukan sesuatu yang menyenangkan.

Rekomendasi me time dari aku adalah sebagai berikut:

1. Self Care

Wkakaka, bagi seorang perempuan self care itu hal mewah lho! Apalagi jika sudah menjadi ibu. Nah, merawat diri dengan puas membuatku jadi fresh lagi.

Badan segar stres hilang. Termasuk menyempatkan untuk berolahraga ya Sobat Hamim.  Memberi asupan gizi dan olah fisik yang rutin bisa mengurangi tingkat stres. Bahkam bisa menghindarkan kita stres lho!

2. Melakukan hobi


Yup!
Mayoritas hobi itu membuat kita senang saat melakukannya. Hal ini bisa mengalihkan perhatian kita. Percayalah, stres itu hadir pada pikiran yang tidak tenang.

Maka merelease emosi dengan melakukan hobi kita cukup ampuh menenangkan diri. Aku biasanya sih menulis, membaca, dan menggambar. Orang bilang ini adalah bentuk healing.

Oke, aku sepakat!

3. Refreshing

Nah, ini bisa kita lakukan dengan cara pergi liburan, jalan-jalan, menonton film kesukaan, dan lain sebagainya. Tapi biasanya memang butuh meluangkan waktu, energi, dan materi.

Agaknya pilihan ini perlu menunggu jadwal yang pas. Ditambah kalau harus menyesuaikan dengan kalender kerja suami.

Nah, nah, aku ada satu tips lagi lho!

Aku merasa ini kegiatan yang rupanya jika ditekuni bisa mengantarkan kita menjadi seorang atlit. Ada yang bisa menebak aktivitas apakah itu?

Yeay! Betul gaming.

"Hon lagi ngapain?" Tanya suamiku saat melihat aku asyik sekali menatap layar smartphone.

"Ngegame," jawabku singkat. Kebetulan saat itu anak-anak sudah tidur. Sebagai seorang mantan gamers juga hwkaka doi tak pernah melarangku memainkan game online.

"Aku mau nostalgia ya?" Kataku padanya sambil menunjukkan beberapa game yang aku mainkan. Tentu sebelumnya dia tahu bagaimana aktivitasku berjibaku dengan urusan rumah dan anak-anak. Pun aku seringkali bilang jika aku me time dengan ngegame.

Rekomendasi Game Asyik buat Me Time Ala Aku

Sejujurnya ada perasaan menyesal sih, kenapa aku dulu getol banget melarang suami main game. Padahal jika kita bisa memgatur waktu dengan baik. Main game ternyata banyak manfaatnya lho! 

Beberapa manfaat main game adalah :

1. Menimbulkan  perasaan senang. Apalagi jika yang dimainkan mengingatkan pada masa kecil yang membahagiakan seperti yang aku lakukan. 

2. Meningkatkan konsentrasi. 
Dalam game itu kita seringkali menghadapi tantangan bukan. Jika mau menang atau naik level ya harus fokus. Hal ini mampu meningkatkan konsentrasi kita. 

3. Mengasah kemampuan berstrategi
Mantap kan! Sebagai ibu rumah tangga dengan segudang aktivitasnya perlu mengatur strategi dengan baik. Nah, game ini bisa membantu mengasah kemampuan tersebut. Ntar aku cerita game yang sering aku mainkan buat masak hwakaka.

4. Mengurangi stres
Faktanya memang bermain game itu bikin hepi. Aktivitasnya menyenangkan, ringan, dan disesuaikan saja dengan keinginan kita. Nah, buat aku ini bisa menghalau beban pikiran hehehe.

Jadi, setelah main game malah fresh bahkan akhir-akhir ini aku dan suami jadi sering ngobrolin game bareng lho! Nah, dapat deh bounding sama si doi. 

Eh aku tunjukin deh game yang aku akhir-akhir ini sering mainkan yuks!

Pertama, solitaire classic

Solitaire klasik ini permainan kartu yang kita sebut "remi". Cara bermainnya menurutku cukup sulit sebab sejak awal hadir di windows pertama kali hingga akhirnya aku mencoba lagi ketika kuliah. Tidak mudah bagiku menyusun urutan kartu dengan aturan draw terbatas.

Duh, jadi ketahuan angkatan tua ya hahaha
Kok mainan ini sekarang?

Solitaire Clasic dari solitaire.org
Nostalgia hwakakka. Seperti yang aku cerita di atas. Aku memainkannya bersama suami dan rupanya doi emang jago deh. Dalam waktu singkat dia sudah bisa menyusun kartu sesuai urutan.

Emang gimana sih cara mainnya?

1. Kita diminta untuk menyusun urutan kartu mulai dari angka terkecil ke terbesar
2. Susunan dari kartu juga selang seling, yakni setelah kartu merah maka selanjutnya berwarna hitam dst.
3. Kita akan diberi kesempatan untuk membuka kartu lain (draw) dari tumpukan kartu yang masih tertutup.
4. Nah, ini dia tantangannya. Sebab saat draw kartu yang terbuka ternyata tak sesuai dengan kartu yang kita butuhkan sedang kesempatan draw terbatas.

Dududuudu, kalian perlu mencobanya deh langsung di free online classic solitaire card video game.

Buat kami bermain game satu ini dapat gemes tapi senangnya sekaligus membangun kedekatan dengan pasangan. Asyikkan! Aku sudah berdamai dengan game hwakaka.

Kedua, tetra blok

Ah, siapa yang tak tahu cara menata balok ini. Aku ingat betul dengan gambot semasa aku kecil dulu hehehe. Dan ini adalah permainan favoritku donk.

Meskipun sekarang semakin berkembang ya variasi baloknya namun kuncinya sama yakni menyusun balok hingga penuh dalam satu baris. Barulah dapat poin. Uniknya, di tetra block kali ini ada tambahan icon bintang.

Seperti ini lho!
Tetra block di solitaire.org

Dari bintang yang tersusun maka akan mendapat bonus. Wah, permainan jadi makin seru ya. Apalagi warna warni baloknya. Musiknya pun mendukung untuk menikmati permainan.

Penasaran buat nyoba juga? Langsung cuss ke free online tetra blocks video game.

Ketiga, Cooking Mahjong

Eits, siapa yang gak tahu apa itu mahjong?

Mahjong ini permainan asal Tiongkok. Pasalnya, permainan ini ada nilai sejarahnya lho! Tak hanya itu, mahjong ini juga menuntut kecakapan, strategi, kecerdasan, kalkulasi, dan peruntungan kita.

Nah, tak heran jika Mahjong ini dengan segala lika likunya akhirnya diperlombakan menjadi salah satu cabang olahraga. Dan semakin berkembang dibuatlah game mahjong ini.

Eh, tapi kok ada Cooking Mahjonh. Nah, aku sendiri sedang iseng ingin mencoba banyak game. Sebenarnya ada banyak pilihannya, tapi inti permainannya sama yakni mencocokkan gambar.

Jadi, mahjong ini mengasah daya ingat serta konsentrasi kita bangetlah! Untuk mahjong kitchen yang aku pilih ini kita mencocokan bahan makanan untuk dimasak hwkakaa.

Duh, gara-gara aku gak jago urusan perdapuran. Jadi bermain cooking mahjong menjadi hiburan untukku. Dan tak hanya aku sih, putri sulungku juga penasaran sebab dia suka sekali adegan masak memasak, memilih, dan memasukkan bahan. 

Cara mainnyapun asyik, kita akan disuguhi menu yang berisi sepiring bahan (resep) makanan itu. Lalu kita pilih deh bahan-bahannya dengan kondisi masing-masing bahan di acak. Aku sampai hapal lho hwakakka. 

Cooking mahjong

Asyik sekali ngegame kayak gini hwkakkaa. Mau nyoba juga? Nih langsung meluncur ke  free online cooking solitaire video game: Cook food by marching recipe ingredients.

Ditambah aksesnya mudah. Tanpa download, bisa menggunakan pc atau hanya handphone saja. Simpel!

Menurutku ini cocok buat me time selain meningkatkan hormon endorfin. Bermain game melatih banyak hal, seperti konsentrasi, strategi, ketangkasan, dan manajemen emosi.
Meskipun demikian aku tetap mengingatkan kepada Sobat Hamim bahwa jangan jadikan alasan ya game untuk me time. Alih-alih me time eh kebablasan. Jangan jadikan me time kambing hitam.

Dimanakah main rekomendasi  game asyik ala aku?

Yes, penasaran kah dimana kau memainkan game asyik di atas ? Aku kasih info tapi gak aku sebutin tempatnya hihihi. Yupi, aku menemukan banyak permainan menarik ini di solitaire.org.

Aku sudah mencobanya bahkan bisa main bareng sama pasangan dan anak juga. Dengan catatan tetap ingat waktu ya! 

Aku happy sekali Sobat Hamim. Tak hanya nostalgia tapi bisa mendekatkan kami sekeluarga. Immune booster anti stress deh!

Nah Sobat Hamim, bisa mencobanya di rumah. Semoga tips sukses atas stress ibu rumah tangga ala hamimea ini bermanfaat ya.


Sumber :

https://www.alodokter.com/stres

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20201111113804-255-568443/8-bulan-pandemi-56-persen-ibu-rumah-tangga-alami-stres.

https://www.solitaire.org/solitaire-games/
Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

22 komentar

  1. Saya juga suka main di solitaire.org. Biasanya saya suka main Zuma Ball, legend banget itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya akupun suka nih, rasa rasanya pengen nulis semua pengalaman game ini ya pak... seru2 bikin nostagia versi modern

      Hapus
  2. Waaahhh.... Betul banget mbak Ibu Rumah tangga juga bisa stress loh. Keren sekali tulisannya, aku jadi tahu harus apa ketika mengalami stress... Aku juga suka main game mbak, tapi saling asyiknya suka lupa waktu deh 😅 Terima kasih rekomendasinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah saling mengingatkan ya mbak...
      Hihi iya harus ingat waktu kalo perlu setel.alarm

      Hapus
  3. Ibu rumah tangga tanpa asisten asal suami bisa jadi partner nggak masalah kayaknya, tapi kalau enggak byuuh emang rawan stress yah. Biar tetep enjoy emang bener kudu ada me time. Aku pun terkadang suka ngegame sekedarnya buat ngelepas penat. Makasih tipsnya mbak hamim, bermanfaat sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali, karena bagaimanapun pasangan lah yang harusnya jadi partner kita hehehe

      Hapus
  4. setuju, game itu masuk dalam daftar me timeku. me time paling asik menurutku :D

    BalasHapus
  5. Nah, bener, emak juga butuh refreshing. Kalau aku sukanya jajan mbak, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iya ya kadang makan bisa meredakan stress...mie goreng anget ya mbak yang puedessss hihi.


      Tiap orang punya cara me.timenya sendiri2 yak..

      Semangat mbak, ..

      Hapus
  6. Aku juga kalau luang main solitaire kak, terutama yang classic, zuma, tetra block, pac man juga sih, banyak deh pokonya game-game seru sambil nostalgia jaman dulu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi ini kan aku terinspirasi dari ibuk juga.. ibuk selalu punya cara asyik buat me time nih.

      Yang samaan sama aku game ini yak.

      Hapus
  7. Suka main solitaire juga ya mba? Sama donk ama aku... Sering main tapi ga pernah menang. Duh bikin penasaran aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hwkkaaka aku pun belum berhasil naklukin solitaire ini kata suami harus bisa nyari celahnha

      Hapus
  8. Mbak, makin kesini tulisan mbak Hamim makin enak dibaca lo... Ilustrasinya juga lucu... Relate banget sama isi tulisan... #benseneng

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih dokter...
      Tapi aku tidak haus pujian biar seneng sih ..

      Jadi, gak pakai di puji pun aku seneng jika bisa nulis dan bikin ilustrasi yang sesuai keinginanku hehhee.

      Pokoknya terus belajar dan bertumbuh jadi lebih baik...

      Kayak blog dokter taura yg oke selalu konsisten kan.. (ini pujian tulus kok) 🙃 #bukanbenseneng.

      Hapus
  9. Aku juga deh mbak... Salah satu metimenya ya main game.. ehehehe Solitaire ini game jadul jadi masih tetep suka kalau mainkan ya

    BalasHapus
  10. Bunda memang lebih rentan kena strea karena banyaknya aktivitas di rumah

    BalasHapus
  11. Kalau me time ku paling suka nyari pijet..hohoo
    Kalau main game ini me time nya suamiku nih, paling nomor satu kalau disuruh nge game^^ wkwkk

    BalasHapus
  12. Ntar kalau anak-anak sudah gede, buanyak waktu buat me time, tiap hari itu me time. Seharian kala anak dan suami nggak di rumah jadi me time 😊

    BalasHapus
  13. Seru bgt itu tetap block nya, jdi keinget main gamewatch jaman sd dlu..
    Suka ngabis2in baterai krna keasyikan main

    BalasHapus
  14. Stres itu justru jadi pendorong kita beraktifitas, so enjoy it! Bersyukur, stresnya saya mah cukup diajak tidur...heheheh

    BalasHapus

Posting Komentar