=Hamimeha

Sambut Tahun Baru 2022 Dengan Pembukaan Yang Baik, To Do List Yuks!

6 komentar

Sambut tahun baru 2022
Alhamdulillah, sambut tahun baru 2022 dengan pembukaan yang baik ini adalah rekomendasi ide aktivitas dari aku ya sobat Hamim. Bisa dicoba untuk mengawali hari baru di tahun baru.

Jika dipikir-pikir kita sudah hampir dua tahun melewati masa-masa pandemi. Kita dituntut melakukan adaptasi dengan cepat di era new normal. Hal ini juga membuat kita seakan berlomba-lomba bertahan di saat semua sisi terhantam badai pandemi ini.

Nah, agar tahun baru 2022 nanti menjadi tahun yang lebih baik dari tahun ini. Maka yuks kita mulai merancangnya di bulan terakhir tahun 2021 ini. Bersiap membuat great goals 2022!

Yuks!

Pentingkah Sebuah Perencanaan

Aku rasa hampir dari kita sepakat bahwa perencanaan itu penting. Meski ada yang berkilah, "Sesuatu kalau direncanakan malah gak jalan."

Ehm, kayaknya perlu diluruskan mindsetnya ya. Mari kita simak deh lima manfaat jika kita sudah punya perencanaan:
Pentingnya sebuah perencanaan

1. Hidup lebih teratur dan terarah

Jelas hidupmu akan lebih teratur karena sudah ada aturannya. Tidak mengalami kebingungan karena ada step by step mau ngapainnya.

2. Melangkah on the track

Ibarat sebuah galaxy, planet adalah kita. Maka bisa dibayangkan orbit ini adalah alur perencanaan kita.

Jika suatu saat nanti kita tidak sesuai hal yang tak sesuai rencana maka kita diingatkan untuk onthe track melalui perencanaan yang kita buat.

3. Memudahkan untuk mencari alternatif plan

Sudah membuat perencanaan tapi gagal? Yes, begitulah konsekuensinya bahwa hasil tak selalu sesuai harapan. Tapi adanya perencanaan membuat kita lebih mudah merancang plan lain.

Inilah perlunya plan B dalam sebuah rencana utama. Di sebuah bidang profesional hal ini jelas diterapkan bagaimana dengan hidup kita?

4. Sarana Evaluasi

Yup!
Adanya perencanaan membuat kita tidak kesulitan saat melakukan evaluasi. Trackingnya lebih mudahlah jadinya.

5. Membuat manajemen waktu lebih optimal

Selain menciptakan keteraturan, sebuah perencanaan menjadikan waktu kita jadi lebih produktif tepatnya efektif dan efisien.

Bukan berarti kita tak boleh bersantai.

Melainkan kita tahu untuk apa saja waktu yang kita punya. Dalam buku Mengelola Hidup dan Merencanakan Masa Depan karya Marwah Daud Ibrahim menyebutkan kemampuan mengelola hidup dan merencanakan masa depan adalah anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa.

Salah satu keterampilan yang gak semua orang mau mengasahnya. Maka, saat Sobat Hamim melakukan sebuah perencanaan khususnya dalam peta hidupmu maka bersyukurlah bahwa kamu adalah orang terpilih.

Rekomendasi Sambut Tahun Baru 2022 dengan Pembukaan yang Baik


Oke, setelah tahu bahwa melakukan perencanaan itu penting maka langkah selanjutnya sambut tahun baru 2022 dengan pembukaan yang baik apa?

Kata bijak membangun habit

Wow jleb bangetkan!

Analoginya sama dengan pembukaan tahun, bagaimana kita menjalani satu tahun ini maka mari kita perhatikan bagaimana kita mengawali pembukaan tahunnya

Ini asumsi pribadi sih, meski bisa jadi tidak selalu tepat tapi patut dicoba. Lebih baik gagal setelah merencanakan daripada gagal karena tak merencanakan apapun.

Gak ada bahan buat evaluasi, iya bukan ? Hihihi

Tujuh rekomendasi ide sambut tahun baru 2022 Ala Hamimeha

Ada tujuh rekomendasi ide yang bisa Sobat Hamim lakukan sendiri atau bersama keluarga, yaitu:

a. Refleksi Diri

Ini momentum sih, setelah 365 hari dalam hitungan Masehi kita bisa mencatat kemudian mengingat pencapaian-pencapaian kita.

Bisa dengan menulis jurnal sebagai media healing juga lho! Semisal ada peristiwa yang kurang mengenakkan kita bisa menuliskannya.

b. Evaluasi diri

Ide ini bisa dilakukan sendiri atau beramai-ramai. Mungkin tahun 2021 Sobat Hamim sudah membuat revolusi nih, boleh dibuka kembali lalu lakukan evaluasi.

Jika perlu catat apa yang dibutuhkan untuk bahan perbaikan tahun depan di 2022. Jika beramai-ramai bisa membuat forum evaluasi bersama saling memberi nasihat dan saran.
Ide ini bisa Sobat Hamim lakukan dengan teman terdekat atau komunitas yang kamu intens berinteraksi  di sana.

c. Ambil Jeda

Wow, ini termasuk pembukaan yang baik lho! Apalagi akhir tahun itu umumnya liburan panjang. Buat Sobat Hamim yang pekerja terikat aturan kantor dengan jam masuk angkatan 75 yakni berangkat jam 7 pulang jam 5.
Pasti butuh liburan kan!
Nah, jadikanlah akhir tahun ini sebagai refreshing diri. Ambil jeda bisa dengan liburan atau sekedar bersantai saja. Its oke asal memiliki muatan positif!

d. Isi dengan quality time bersama orang terdekat

Yup!

Agak lucu jika kita bisa dekat dengan orang-orang di jaga permedsosan sedang dengan orang sekitar kita tidak. Nah, jadikanlah ini pembukaan yang baik menyambut 2022 dalam rangka membangun hubungan baik dengan orang-orang terdekat kita di dunia nyata.

Bisa dengan melakukan kunjungan atau silaturahmi, tapi tetap patuhi prokesnya. Liburan bersama keluarga atau pasangan.

e. Lakukan hobby mu

Wah, asyik nih ya jika kita bisa mengawali tahun baru dengan hal-hal menyenangkan. Siapa tahu hobi bawa rezeki kayak aku #eh

Mengawali tahun 2022 dengan hobi akan membuat otak kita lebih memompa dopamin. Sehingga membuat kita bersemangat hal-hal baru bukan?

f. Mulailah Membaca

Ops! Aku berikan poin khusus tentang membaca karena saat ini kita harus melek literasi dalam hal apapun.

Dan kunci dari kemampuan literasi ini adalah membaca dan menulis. Jadi, yuks yuks mulai membangun habit membaca.

g. Perbaiki Ibadah Harianmu

Ehm, ini poin penting sebenarnya. Khususnya buatku sih. Aku letakkan di poin terakhir agar menjadi pamungkas.

Pasalnya, kedekatan kita dengan Sang Pencipta itu membuat kita jauh lebih mantap menjalani hidup.

Bagi seorang muslim seperti aku ini tempat bergantung seorang hamba adalah Tuhannya. Berharap pada manusia hanya berbuah kecewa sedangkan kepada Tuhannya akan makin bertambah cinta.

Yeay itu dia sih tujuh ide sambut tahun 2022 dengan pembukaan yang baik versi aku ya Sobat Hamim. Sebenarnya aku bukan team merayakan tahun baru.

Namun ini sebuah bentuk evaluasi diri saja dalam hitungan 365 kalender Masehi. Semoga bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Gak perlu menunggu tahunan bisa satu semesteran bisa tiga bulanan bahkan satu bulan. Ya tidak?

Rencana Hamimeha dalam Menyambut Tahun 2022

Nah, bagaimana denganku? Hwkalaka aku sudah punya beberapa agenda juga sih. Seperti yang aku sampaikan di atas aku akan mengeksekusi beberapa ide yang aku rekomendasikan.

Pertama, aku mau menyusun ulang ibadah sehari-hariku. Sekaligus sebagai media refleksi diri. Kemarin di pergantian tahun hijrah juga melakukan hal yang sama.

Penting menurutku untuk mengevaluasi amal yaumi untuk menguatkan diri.

Kedua, menekuni hobi
Yup! Aku hobi membaca dan menulis. Rencanaku aku ingin membuat resolusi untuk bisa menyelesaikan satu buku dalam satu bulan.

Wow banget ya hwkakaka, sejujurnya ini resolusi tahun-tahun sebelumnya yang belum tercapai.

Ketiga, memperbaiki goals

Yes!

Bicara target yang belum tercapai insya allah aku berencana membuat jurnal syukur. Eits, kata temanku ini tips mengatasi jenuh di rumah lho! Journaling!

Aku akan membuat catatan syukur dalam selembar kertas di akhir bulan ini. Dalam rangka mengapresiasi diri atas capaian sekecil apapun. Atas nikmat sehat dan usia juga.

Keempat, quality time bersama keluarga

Yes! Ini adalah salah upaya mengambil jeda. Karena suami pekerja kantoran jadi liburnya gak bisa sewaktu-waktu.

Nah, mumpung ada libur agak panjang dari kantornya maka kami berencana mau menghabiskan masa liburan dengan silaturahmi ke keluarga.

Kelima, mulai membangun gaya hidup minimalis
Tentang hidup minimalis
Hwkakaka, ini sebenarnya sudah aku mulai sejak tahum 2021 ini sih. Aku merasa gaya hidup minimalis ini bukan sekadar tentang bagaimana menata ruang rumah.

Melainkan tentang pola pikir sederhana dan luas. Ehmm, aku sedang mendalaminya dan insya allah aku kasih tipsnya deh di postingan selanjutnya ya.

Oke, Sobat Hamim ini dia tujuh hal yang akan aku lakukan untuk sambut tahun baru 2022 dengan pembukaan yang baik. Semoga niat baik ini bisa terlaksana ya. Doakan ya!

Semangat jadi pribadi yang lebih baik!
Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

6 komentar

  1. Barusan bikin resolusi rasanya uda akhir tahun aja. Wkwkwk. Aku juga harus lebih rajin baca buku nih mba Hamim. Kebanyakan udah buka eh ngga di selesein. Huhuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih mbakm. Aku 2021 kmrin menurun banget list baca bukunya yuks bisa yuks

      Hapus
  2. Mbak..aku selalu suka gambarnya..
    Udah akhir tahun aja..
    Aku pingin liburaan..eh
    Iya, aku juga mau perbaiki ibadah mba..
    Baca buku..banyak yg belum terbaca dg dalih lebih banyak membacakan buku anak..hiks..
    Makasih remindernya mbaa

    BalasHapus
  3. Bener nih mb, tanpa rencana tidak bisa mengukur capaian. Joss tenan mbok siji iki

    BalasHapus
  4. Yang sering bikin keteteran akhir-akhir ini adalah amal yaumi bagi aku juga. Makanya aku mulai mengeliminasi apa-apa yang kurang penting, untuk ku hindaribdan ku ganti dengan perbaikan aqidah.

    Semoga terwujud ya mbak Hamim untuk goal 2022 nya, daan aku belum buat hahaha.

    BalasHapus
  5. Duh mbak, aku bukan seperfeksionis dirimu... Aku mengalir aja deh... Nyantai tapi serius... Tapi plan nya patut ditiru nih... Menginspirasi banget

    BalasHapus

Posting Komentar