=Hamimeha

Kelas Gratis BRT Network Belajar Ngeblog Level Up

110 komentar
Konten [Tampil]

kelas gratis BRT Network
Kelas gratis BRT Network belajar ngeblog level up adalah pengalaman kelas paling menegangkan buatku selama belajar ngeblog. Sebab sejak awal aku mengisi g-form pendaftaran ketika dibagikan hingga hari ini rasanya membuatku tak bisa tidur nyenyak.

Sebegitunya?

Yup! Memang kelas BRT Network ini beda! Unik, asyik, dan nyentrik. Meskipun menegangkan tapi membuatku jadi sadar akan dua hal yakni, pertama ketahuilah bahwa ngeblog bukan sekadar nulis, posting dan blogwalking. Bagi Sobat Hamim yang masih blogger pemula mungkin boleh berpikir seperti itu. 
Tapi jika ingin menjadi blogger profesional maka aku merekomendasikan deh untuk ikut kelas ngeblog level up dari BRT network ini. Gratis!
Kedua, percayalah bahwa menjadi seorang blogger itu harus siap belajar lagi, lagi, dan lagi. Semakin aku mengenal dunia blogging rasanya semakin banyak hal yang belum aku ketahui.

Inilah alasan aku bertahan hingga detik ini. Aturan yang tegas dan lugas. Materinya detail dan mendalam. Dibersamai oleh para coach yang gak sekedar ngasih materi tapi juga mengoreksi satu-satu hasil praktik kami. Mewah!

Duh, aku merasa bersyukur menutup akhir tahun 2021 ini dengan belajar ngeblog naik level. Mana gratis pula! Poin penting yang gak bisa dianggap sepele. Gratis tapi penuh tantangan sehingga nagih buat diselesaikan. Selalu ada insight baru!

Penasaran? Cuss curcolan emak-emak yang keranjingan belajar ngeblog ini!

Sekilas tentang BRT Network

Pasalnya, BRT Network ini berawal dari sebuah grup Blogger Ruang Tunggu yang kemudian berinisiatif membuat wadah bagi para blogger lainnya untuk belajar, berbagi ilmu, pengetahuan, dan update dunia blogging sehingga bisa tumbuh bersama-sama.

Nah, selain itu di web BRT Network Sobat Hamim bisa posting dan publish artikel di sana. Keuntungannya apa? Kalian bisa dapat backlink gratis dari web ber-DA mastah tersebut. Asyik gak sih?

Kesan di kelas gratis BRT network

Yuhuiii, sekarang masuk ke ceritaku ya Sobat Hamim. Kok bisa tahu kelas gratis BRT Network? Jadi ceritanya aku tahu kelas ini dari link pendaftaran yang dibagikan oleh rekan blogger yang aku kenal melalui grup whatsapp.

Eh, rupanya ada blogger senior yang udah kece juga ikutnya ngasih info di ig story. "Wah, gak main-main nih kelas," pikirku saat itu. Alhasil, akupun mendaftar dan 'wow' dengan isian form yang berbeda dari link dari kelas blog yang aku ikuti sebelumnya.
Pendaftaran kelas gratis BRT network di share di WA grup
Eits, aku sampai mengisi dua kali lho hwkakaka! Karena khawatir gak lolos masuk kelas. Dari kabar yang beredar kelas ngeblog yang digawangi oleh pasangan blogger kece ini oke banget dan direkomendasikan oleh para blogger senior yang aku kenal. Nah kan mupeng gak sih?

Sejujurnya, bulan Desember ini aku berencana gak ikut kelas apapun. Entahlah kenapa jadi tergiur masuk kelas gratis belajar SEO ini, mana ketika proses belajar bikin tegang sampai ubun-ubun.

Apakah aku nyesel masuk kelas blognya para mastah? Oke, ikuti curcolan emak dua balita di bawah ya!

Bagiku kelas gratis brt network adalah belajar ngeblog level up

Sobat Hamim saat menyimak ulasanku kepikiran kah kenapa aku sebut kelas gratis BRT Network ini adalah belajar ngeblog level up?

Yup!

Hal ini dikarenakan kita tidak belajar bikin blog, nulis, posting, dan blogwalking. Big No! Ini adalah kelas ngeblog yang membuatmu belajar dalemannya blog. Biar blogmu disayang google #eh.

Seperti curcolan kawanku Laily ini deh, "Kalau dulu ngeblog cuma buat seneng-senengan doang, sekarang mulai diseriusin #ceileh. Oleh karena itu aku ikut kelas yang diadakan sama BRT network."

Testimoni peserta kelas gratis BRT network
Blogger asal Malang ini juga menambahkan, "Meski nggak mudah untuk melewati kelas ini karena ketatnya aturan yang diberikan, namun nggak mematahkan semangat aku. Karena mentor dalam. Kelas membantu banget dan banyak teman-teman yang siap membantu jika aku menghadapi kesulitan."

Jadi, penting untuk Sobat Hamim yang berencana daftar kelas ini di batch selanjutnya untuk memiliki pengalaman ngeblog, minimal mengetahui fungsi fitur-fitur di dashboard blogspot/wordpress sebab kita akan banyak bersinggungan dengan otak-atik daleman blog, memiliki blog yang sudah TLD, dan sudah cukup rajin menulis di blog.

Ingat ya Sobat Hamim, kelas ngeblog ini memang aku sarankan tidak untuk yang pemula banget. Bakal pusing bin mumet deh. Kayak aku hwaaaaa sedih!

Kenapa aku sampai mumet? Lanjut ke ceritaku di balada emak-emak belajar coding ya!

Balada Emak-Emak Belajar Coding

Aku tuh sebenarnya ikutan saja kelas ini, apalagi ini kelas ngeblog yang direkomendasikan. Saat cuss daftar aku sempat bingung mau dibawa kemana ya kelas ini?

Di awal kami disuguhi aturan yang cukup bikin bergidik. Menyalahi aturan maka siap-siap hengkang. Aku suka sih, jadi kita tertriger untuk disiplin. Pertemuan perdana dimulai dengan kopdar virtual yang ternyata langsung praktik uey dari si pemateri huhuhu.

Saat itu pematerinya Mas Priyo, ini pertemuan ke duaku dengan beliau lho hihi. Mas Priyo ketika itu menggantikan Mas Punto Wicaksono (Pewe) yang berhalangan hadir sebagai pemateri aslinya hihi.

Aku sebenarnya kurang "ngeh" dengan penjelasan langsung si pemilik blog anotherorion ini jika langsung praktik via g-meet. Tapi setelah beberapa waktu perjalanan di kelas, aku merasa banyak terbantu dengan penjelasan Mas Priyo.

Tampaknya beliau lebih nyaman menjelaskan dengan tulisan dibanding diomongkan langsung dan telaten pula. Nah, setali tiga uang sama Mbak Marita. Salah satu coach yang juga banyak memberi pencerahan di kelas. Eh, kelasnya tuh via whatsapp grup ya Sobat Hamim.

Serba-serbi kelas gratis BRT network

Baru kali ini lho aku ngepin grup whatsapp, sebab seriusan deh. Materi itu gak cuma didapat dari pemaparan para coach. Tapi pertanyaan teman-teman juga bisa jadi materi buat kita.

Setiap case yang bermunculan kadang mirip dengan case di blog kita. Jadi, siap-siap menyimak dengan baik deh karena arus chat luar biasa kayak banjir bandang.

Peringatan keras! Jangan pernah japri coach jika tidak mau kena tendangan kilat. Itu aturan sejak awal kelas. Oke noted!

Nah, setelah sepekan aku berada di kelas gratis BRT Network ini aku jadi tahu bagaimana membaca MSI. Fyi, MSI itu adalah tools untuk mengetahui sejauh mana blog kita sudah oke performa meta tagnya. Yup! Dari sinilah mulai kemumetanku.

Pasalnya, metatag ini memang tidak terlihat (invisible tag) namun keberadaannya berfungsi menyediakan data tentang halaman web ke mesin pencari dan pengunjung situs website. Singkatnya, metatag memudahkan mesin pencari untuk mengetahui konten apa yang ada dalam blog kita.

Inilah aku bilang, jadi gak sekedar posting tapi lebih dari itu. Membuat performa blog jadi lebih baik sehingga tulisan kita mudah ditemukan mesin pencari maupun pembacanya itu penuh perjuangan uey.

Dari MSI yang aku pikir sudah aman, karena dulu pasang template gak pakai utek-utek htmlnya apalagi ketika itu ada tangan suami yang ikut campur. Nah, di kelas BRT network ini aku kudu "metani" code satu-satu.

Dan perjuangan dimulai!

Perjuangan menaklukan kode HTML

Aku buka MSI yang terpasang di pojok layar dekstopku. Aku cek dimana letak error yang ditanda warna merah. Inspek dan keluarlah area mana yang error.

Lanjut buka html, search code yang dituju untuk diperbaiki dan lanjut "petan-petan" ( dalam bahasa artinya di teliti satu-satu pelan-pelan). Jika sudah ketemu codingnya, diperbaiki, lanjut reload blog kita dan cek lagi MSI.

Repeat! Sampai ada tanda "oke" di MSI!
Masalah MSI warning merah ketika kelas BRT
Dan tahukah Sobat Hamim? Aku nyaris tak tidur gara-gara "petan-petan" kode ini! Suamiku sampai geleng-geleng aku belajar coding HTML ini.

Kabar baiknya, aku jadi udah gak alergi lagi sama percodingan hwkakaka. Suamiku tahu banget kalau aku paling males bin mager kalau sudah berurusan dengan coding ini. Dia lebih sering mengadvice aku buat hire orang atau beli template saja.

Oh no!

Itu berlawanan dengan prinsip mandiriku hwkkaa.

Yup! Akhirnya meski terpaksa dan agak mual aku belajar tentang code-code itu. Kenapa ada <a> diakhiri dengan </a>, ada div<, ada expr.content bla bla.. banyak!

Bersyukur suami cukup sabar mendengar celotehku sesekali dia menjawab arti bahasa pemrograman basic itu.

Dan masih banyak drama sebenarnya selama menjalani kelas gratis BRT Network ini. Tapi sungguh disayangkan jika dilewatkan. Makanya aku terus berjuang.

Kayak tanggapan kawanku seperjuangan ini, sebagai seorang emak-emak juga. Mbak Lia,
Testimoni jujur  peserta kelas BRT network
"Pertama kali pakai Gmeet saat ikutan kelas ini. Coachnya Mas Priyo, salut ama Beliau yang rendah hati, menyampaikan materi secara detail dan sabar jelasin jawaban para peserta webinar ketika bertanya," kesan pemilik catatan Leannie ini. 

Dia mengimbuhkan, "Kendalanya paling waktu aja, harus siap meluangkan waktu ditengah kesibukan ibu-ibu rempong yang anaknya baru masuk TK, anter jemput anak, ngerjain kerjaan rumah tangga dan perintilan kerjaan domestik lainnya. Agak pusing juga belajarnya kalau diminta edit html blog, ini soalnya kemarin belajar tentang SEO Meta Inspector. Tetep semangat sih ikutan kelasnya, pengen bisa ngikutin sampai akhir. Bismillah, insyaallah bisa. Harus positif thinking dulu."

Nah nah kan, meski kelasnya menegangkan tapi bikin ketagihan hihi. Eits aku belum cerita tentang pasangan blogger kece yang menggagas lahirnya komunitas blogger ruang tunggu ini ya!

Cuss simak di bawah!

Kelas Gratisan Hasil Sultan!

Serius hasil sultan?

Yup! Aku sih bisa menjamin kalo lulus dari kelas ini maka bisa dipastikan perfoma blogmu bakalan naik. Bagaimana tidak?

Kita tuh sudah dikasih kunci-kuncinya sama para blogger yang udah mastah dibidangnya. Cek MSI agar template SEO friendly, kunci parameter SEO on page, terbaru memasang GA dan GSC. Dua tools gratis buat mengetahui performa blog kita donkz.

Selain itu didampingi lagi satu-satu oleh para coachnya. Jujur ya, ini pertama kalinya aku ikut kelas dengan coach super teliti.

Macam mas Pewe dan mbak Monic. Yeay! Ini dia pasangan blogger kece yang aku spill di atas. Diawal perkenalan mungkin mereka keliatan " sangar" tapi setelah mengikuti kelas sungguh mereka tuh niatnya bikin kita maju!
Meski kadang diksi yang digunakan agak "ehem" hwkakaka. Aku berkali-kali keder tiap dua pasangan ini muncul. Akan tetapi seiring berjalan waktu di kelas, eh kok aku menikmati guyonan mereka ya hahahaa. Aku berpikir dua blogger mastah ini kok bisa kompak gitu ya!

Jadi ada enam coach di kelas blog level up ala BRT network ini yakni Mas Pewe, Mbak Monic, Mas Priyo, Mbak Marita, Maz Zen ini ahlinya percodingan, dan Mbak Gilang si pemilik Gemaulani yang sering aku jadikan rujukan ngecek MSI yang bener hehehe.

Selaras dengan pernyataan dua kawanku di atas yakni Mbak Laily dan Mbak Lia, kelas ini memang ngeri-ngeri sedap tapi amat sangat disayangkan jika dilewatkan.

Beberapa temanku mengungkapkan jika hasil setelah obrak abrik html template jadi makin oke performa blognya. Ehm, hasilnya tercapai maksimal jika kita juga serius menyimak, mengerjakan tugas, dan tidak bosan belajar dengan sungguh-sungguh ya di kelas gratis SEO ala BRT network. Inilahbaku bilang kelas gratisan hasil sultan!

ara lulus kelas BRT network
Jadi, aku sampaikan bahwa aku tidak menyesal dengan sedikit menyalahi rencanaku buat cuti ambil kelas di akhir tahun hehehe. Meski mumet aku bergembira tiap bisa memecahkan masalah yang ada khususnya percodingan hwkakaka.

Saranku sebelum daftar kelas BRT Network

Yuhui Sobat Hamim, meski aku mendapatkan banyak hikmah dan pelajaran berharga selama ikut kelas gratis BRT Network belajar ngeblog level up ini. Aku ada saran buat kalian deh, sebab modal semangat doang aja gak cukup!

Lima saran sebelum ikut Kelas BRT network

1. Pastikan buat kuat mental. 

Kenapa begitu? Karena materi dan tugasnya berasa kayak dapat kerjaan dari atasan sungguh penuh tekanan. Dalam sepekan dapat materi bisa dua kali dan tentu diiringi tugas menanti.

Kuncinya jangan baper!

Karena para coach itu bersikap tegas sejak awal dalam rangka mendisiplinkan kita. Baik dari pola pikir maupun manajemen waktu.


2. Pastikan mampu menyiapkan waktu

Masih nyambung dengan poin satu, bicara waktu kita memang akan dihadapkan pada prioritas dalam menyelesaikan kelas ngeblog tingkat lanjut ala BRT Network ini.

Saranku, Sobat Hamim bisa menimbang-nimbang apakah sanggup mengikuti kelas dengan segala tantangannya? Nah, kalian sendirikan yang tahu. Jika siap maka pantang mundur kebelakang. Sediakan waktu bukan sekadar mencari waktu luang!

3. Punya modal dasar ngeblog


Sejatinya, karena aku sebut level up maka poin ketiga ini harusnya sudah jelas ya. Sudah aku jelaskan kemampuan minimal yang perlu kita punya diulasan sebelumnya.

Aku bisa membayangkan jika aku berada di posisi awal tahun 2021 lalu, sejarah awal aku ngeblog. Maka aku yakin bakal mewek dan stress. Karena saat itu aku bahkan tak bisa membedakan apa itu permalink dan backlink.

Apalagi sampai oprek html! Duh, udah ketendang sejak awal meski blog sudah ber-TLD.

Lima saran sebelum ikut Kelas BRT network
4. Daftarlah secara rombongan

Eits, ini bukan ngejar diskonan ya!

Aku sarankan kalian daftar kelas ini bareng-bareng biar ada teman seperjuangannya hwkakala.

Dari sekian banyak peserta alhamdulillah aku kenal beberapa nama. Meski tak dekat tapi aku bisa colek mereka ketika ada sesuatu. Setidaknya punya teman mumet barengan.

Saling memberi semangat saat berada di titik mau nyerah. Saling membantu, saling bahu membahu, apalagi saat masuk kelompok kecil. Duh, aku tuh gak kenal mereka. Tapi karena kami terus berintraksi sepanjang hari jadinya makin akrab deh. Jadi kayak nambah saudara hehe.

5. Kantongi ijin orang terdekat

Yup! Ini aku tulis khususnya buat yang berstatus istri dan ibu ya. Aku sangat menyarankan Sobat Hamim sudah ijin pasangan atau anak kalian ikut kelas ini.

Kelas level berat hiks, sebab bakal menguras waktu, energi, dan pikiran kalian. Dan tentu ini akan sedikit merubah suasana di rumah. Kayak aku yang sekarang jadi rajin begadang buat ngerjain tugas dan membaca ulang materi serta chat yang bisa mencapai ribuan di grup whatsapp BRT Class December.

Jadi, ijin dari orang terdekat akan membuat kita jadi lebih ringan dalam menjalani proses panjang kelas ngeblog ini.

Oke Sobat Hamim, inilah curcolanku sekilas tentang kelas ngeblog yang aku ikuti menutup tahun 2021. Semoga aku bisa lulus sampai akhir ya Sobat Hamim.

Doakan kami yang sedang berjuang! Semangat ngeblog!




Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

110 komentar

  1. Alhamdulillah bisa ikut kelas blog dari BRT Network ini, ya. Semoga bisa mengikuti seluruh materi sampai tuntas ya Mbak. Emang keren nih kelas, serasa ada di kelas militer. Mantap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hekakaka militer karena emang disiplinnya ya pak. Luarbiasa. Buat yang belum siap sebaiknya diukur deh kemampuannya takut baper. Aku aja kadang masih baperan huhuhu...

      Hapus
  2. suka dengan kelas-kelas disiplin, meski gratis. jadi konsistensinya tuh berasa gitu ya, mb. semoga next class bisa lolos belajar bersama BRT :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ehm.. karrna gratis harus bombastis mbak. Biar tidak diremehkan juga.. tapi kembali ke penyelenggara sih .kalo pesertanya tertarik emang kelasnya worth it diikuti. Gratis ataupun berbayar . Yup akupun sebnarnya suka dengan aturan yang mentriger kita untuk bisa manajemen waktu sih di sini

      Hapus
    2. Iya mb biar ga mengentengkan. Hrus punya target ya! Semangat mb hamim

      Hapus
  3. Aku belum sangguuppp...wkwkwk. Next deh insyaAllah kalau ada kelas lagi dan sudah lebih siap.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hwkakaka iya bun. Lanjutkan konsen di bisnis bun. Aku suka membaca ulasan bunda tentang seputar bisnis nih.

      Hapus
  4. aku belum siap kayaknya hehe. tapi nanti udh ada niat buat masuk kls itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat dedek..ikuti tips yang aku kasih ya hihihi .

      Hapus
  5. aku kemarin kelempar dari grup BRT ini huhuhu padahal pengen banget bisa belajar bareng soal blogging :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah iya aku lihat nama bang Deddy nih. Semoga next ada kesempatan ya bang. Mantul materi2nya.

      Hapus
  6. Aku pingin ikut juga sebenarnya. Tapi merasa masih belum bisa komit terutama soal waktu. Daripada kaget dan ditendang dari kelas kan ya. Kalo WP juga metani html dan coding juga kah mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo menyimam ulasan teman2 yang bertanya wp tampaknya lebih terbantu dengan adanya plugin sih mbak

      Huhu aku mulai tergiur buat akun wp atau pindahan kah ini..

      Hapus
  7. Untuk ikut kelas BRT ini dibutuhkan komitmen yang tinggi ya, Mbak. Saya mau ikut tapi belum siap buat komitmen apalagi urusan waktu yang takutnya bikin kacau nanti pas ikut kelas. Semangat ya, Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Temanku akhirnya mengundurkan diri mbak karena memang disini kembali ke prioritas sih. Kelasnya tanpa paksaan tapi kalo ikut artinya siap berjuang ....itu sih kalo aku rasain.

      Hapus
  8. bener, banget. untung daftarnya gerudukan kemarin ya. jadi punya temen diskusi. kalau sama-sama bingung ngerecoki yang lain, huahahaa :D. Semangat sampai lulus ya kakaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke poin daftar rombongan jadi poin plus ya mbak hehehee.


      Semoga bisa lulus sampai akhir ya. Mengingat umur hamimeha dotcom masih seumur jagung rasanya banyak ilmu yang kudapat dari kelas ini. Terharu akutuh..

      Hapus
  9. Yang tadinya alergi sama kode-kode, jadi mainan juga kan? Kalau nggak BRT nggak mungkin tuh, wkwk. Semoga lulus sampai akhir yaaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hwaaaaaa... aku dah dibikin mewek sama kelas ini plus coding nih. Dan berhasil bikin aku gak tidur gara-gara utek2 coding.

      Sampai dibelain pinjam buku jurus kilat mahir html dan csss hwkakaka tetap aja belajar sendiri auto roaming πŸ™ˆ

      Terima kasih momcupuers πŸ€—, atas info kelas yang oke ini. Doakan kami lulus sampai akhir ya...aamiin

      Hapus
  10. aku pernah ikutan kelas SEO nya mas pewe, waktu itu emang niat banget belajar SEO. Dan wowww amazing, materinya puadat hahahaha
    belajar sampe tengah malam dan berhari-hari waktu aku praktekin sendiri, benerin kesehatan blog juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wow mantap.emang coach satu itu. Detil!

      Suer teliti kalo kata pasangannya πŸ˜„. Akupun baru tahu kalo paramater SEO on page bisa sebanyak itu ya.. y dari materi mas pewe ini.

      Makanya berharap bisa duduk anteng belajar di kelas ini sampai akhir. Biar bisa menyerap ilmu dan praktik dengan para coach yang luarbiasa.

      Hapus
  11. Wuih kelas ngeblog level up ini.. Aku blogger pemula mo menepi dulu, mencari ketenangan.. Tapi kadang ku penasaran dengan arah pembicaraan kalian wkwk

    Pengen nyambung tapi ga bisa wkwk dah lah, aku udah cukup senang baca review begini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Momqueeen.....

      Makasih supportnya. Doakan ya semoga hamimeha dotcom bisa naik level.nih ngeblognya.

      Bisa belajar pada ahlinya langsung praktik begini jadi makin ngerti biar kelak bisa bikin blog lagi dan diterapin deh ilmunya. ..wah alhamdulillah semoga tulisan ini bermanfaat ya

      Hapus
  12. Duh, ngena banget deh: "jadi bloger itu harus mau belajar dan belajar..." . Kalo BRT buka kelas baru, bisikin aku ya mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hekakaka ..apapun sebenarnya tidak ada alasan berhenti belajar sih dok.

      Dan aku pribadi sebagai blogger pemula yang baru nyemplung di dunia blogging ini kerasa banget ilmu dr kelas BRT ini. Meski kalao diibaratkan kendaraan lajunya ugal ugalan.. harus sat set.

      Insya Allah dokter kalau ada dikabarin. Untuk kelas BRT batch selanjutnya

      Hapus
  13. Pertama kali lihat kode-kode rasanya mual, pening, ga bsa tidur tp seruu. Waaaah kelas ini semakin tinggi aja nih ilmunya, mentor super kece. Bismillah smoga next time bisa ikutan blajar. Mksih mb hamim ulasannya, membangkitkan semangat ngeblog nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hekakaka ini yang aku alami mbak..

      Awal diminta oprek msi udah pusing dan perut gak karuan.. tapi karena kalo g oprek aku gak tahu solusi dr masalahku akhirnya memberanikan diri belajar coding basic sih akunyam

      Terakhir kemarin belajar mantap mbak salah satu tools untuk mengompres pict agar lebih ramah di blog jadi load blog makin oke. Aku mual nyaris muntah uey hwkakaka..alhamdulillah tapi lama lama jadi agak terbiasa.

      Otakku rada roaming baca istilah di pemrograman itu sebenarnya hahaha

      Hapus
  14. Waaah πŸ˜ƒ kelas gratis BRT worth it to try nih..
    Bismillah bisa segera nyusul.. thanks udah nularin semangatnya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup

      Tapi aku saranin jangan modal semangat aja masuk kelas BRT Jika gak mau angkat kaki lebih awal hihihi.


      Yuks semangat ngeblognya. Bisa bisa

      Hapus
  15. Tulisan yang seru ... Sukses ya kak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru juga kak inge materi dan suasana kelasnya hehehe...

      Hapus
  16. mba aku ketinggalan masuk gorupnya huhu.... penasaran banget deh sama kelasnya liat keseruan kalian di BRT, semoga next bisa ada kesempatan ikut kelasnya. semangat sampai akhir ya mba!

    BalasHapus
    Balasan
    1. semangat!,, iya doakan y mbak.
      insya Allah mbak ntar kalo ada info tentang kelas BRT aku. kabarin

      Hapus
  17. Balasan
    1. wah makasih kak jules,.. big thanks buat supportnya

      Hapus
  18. Semangat ikut kelas ya kak Hamim...
    Sukses selalu buat kak Hamim.

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaksih kak dewi, pokoknya semangat terus ya kak dan suskes selalu untuk kita semua

      Hapus
  19. Waaah semangatt mb Hamim, keren banget dah. Semoga semakin manfaat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah maksih nduk, ayo ayo kapan mau beljar ngeblognya ..aku barusan aja belajar ngprek template di kelas BRT nih ngoprek tipis2 lewat html hehehe

      Hapus
  20. Belajar tanpa batas. Ilmu yangbdikasih luar biasa banget. Jadi tergoda juga untuk belajar. Semoga suatu saat ada kesempatab juga kelonggaran waktu

    BalasHapus
    Balasan
    1. ehemmm bunda dina inimah, semangat belajarnya luarbiasa ih. skrg fokus bisnis ya bun.. kalo mau tahu materi kelas BRT boleh colek bun inysa allah apa yang aku pelajari aku ikat dengan cara berbagi insya Allah. kita praktik bareng2

      Hapus
  21. Butuh waktu yang bener² khusus sepertinya ya mbaaa.... Keren banget deh ini kelasnya... Mau ikutan di next batch, semoga masih ada kesempatan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. huhuhu.. iya mbak. dan emang komitmen sih yang harus dijaga sampai perjuangan terakhir. doakan lulus ya. dan yuks ikut batch selanjutnya

      Hapus
  22. Wih.... keren ini.... salut sama mbak hamim... totalitas benner. Bisa dong besok² ngisi di komunitas... untuk berbagi ilmu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah ini lagi si kakak, kan situ yang duluan ngeblog, hwakka ayuk kapan mau sharing? tapi aku ngasihnya pemula ja ya. ini materinya agak berat di BRT akupun masih mencerna dan perlu berkali-kali praktik. tapi insya allah masuk BRT kita lebih paham dalaman blog.

      khususnya html huhuhu.. ayuklah sediakan wkatu buat inves leher ke atas yuks

      Hapus
  23. Keren. Jadi pingin belajar ngeblog lagi. Biar bisa nyeriusin blogku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk yuk yuk.. ajak teman2 flp surabaya yg kau ngeblog bbuat ngeblog breng sepertinya asyik.

      Hapus

  24. Waaah menarik infonyaa jd pengen ikutan rajin nulis2 di blog 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hwaaaa ada kak anjri. Si ilustrator kece mah ... kalo ntar nulis isinya "pentingnya ilustrasi dalam buku cerita anak" hehhee.

      Tapi oke juga sih.. yuks ngeblog kak bersama teman2 RAS

      Hapus
  25. emang belajar ngeblog itu gak bisa nyambi yaa 😍 tutup tahun dengan menyenangkan.. barakallah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hekakaka aku ngeblog nyambi buk. Nyambi momong nyambi masak hehher...tapi kalo anakku masih bayik kayak adiknya si Q ya ndak bisa. Hiks. Fokus mengASIhi aja dulu.


      Tapi kan juga dah mulai oke tuh blognya. Insya allah bisa nih kapan2 ikutan kelas BRT hehe

      Hapus
  26. waaah.. Masyaa Allah.. ilmunya manteep banget. Jazakillah sharingnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin terima kasih supportnya Sephy. Ini dari lihat status wa mampir sini ya hehhee.. maturnuwun sudah berkenan membaca curcolku.

      Sukses ya dg SHAM FM nya serta semoga sukses buku antologinya

      Hapus
  27. KerenπŸ‘. Tetap terus semangat dalam berkarya mbakku. Semoga ilmunya bermanfaat😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masya Allah terima kasih tanteeeee......sukses juga ya masa gap year nya.

      Bismillah tahun depan bisa masuk PTN dg jurusan sesuai yang diinginkan.

      Terima kasih sudau berkenan mampir ..ih pengen peluk dirimu

      Hapus
  28. Kerrn banget dah, maennya udah coding-codingan sekarang, jiper nih aku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ops!
      Hwkakakaa... masih kalah jauh bicara pengalaman di duni tulis menulis dan ngeblognya dg libraryratna

      Hehehe... bismillah belajr codingn tipis2. Kalo g di kelas brt tampaknya g kenal sama codingan itu

      Hapus
  29. Masya Allah keren banget. Aku jadi pengen deh. Btw akun Ig coach nya apa ya Mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah..

      Iya mbak ntar kalo ada kelas dr BRT insya Allah tak kabri.

      Akun IG ? Nah itu..

      Hapus
  30. Wah, sennag sekali bisa belajar dari para mastah. Makin tambah ilmu nih. Mau dong diajari juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah pak Ugi ini bisa saja. Padahal udah "suhu".

      Kita buka forum sharing ttg codingan html yuks .. seru kayaknya

      Hapus
    2. Coba kalo kita bisa cangkrukan sekalian enak ini ya.. coding tuh paling asyik di temani kopi #eh

      Hapus
  31. Inspiring sekalii...... 😍😍😍
    Sukses selalu mbak Hamim...
    Hopefully.... suatu hari nanti aku pun juga dapat kesempatan belajar di kelas blogging yang keren bangeet ini.. πŸ₯°

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masya Allah aamiin aamiin.

      Sering baca lho feednya dhek yuli kata2nya selalu inspiring. Sudah nulis buku solo juga...yuks deh coba hidupkan lagi blognya ...bisa yuk bisa

      Hapus
  32. Wow! Luar biasa ya Mba Hamim ini. Konsistensi itu lho beneran bikin melongo, aku nih yang sama-sama seorang ibu jadi malu nih suka banyak alasan. Semangatnya Mba Hamim patut ditiru!

    Memang kalau mau maju memang harus konsisten & disiplin ya Mba. Beberapa kali baca ulasan tentang kelas blogging yang diadakan oleh BRT Network emang beneran bikin ngiler, harus punya komitmen tinggi & berkemauan keras klo gak mau ditendang keluar dari kelas! Haha

    Keren sih Mba kelasnya, semoga suatu saat nanti bisa mengikuti jejak Mba Hamim bisa memperbaiki diri dengan ikutan kelas kece ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin aamiin...insya Allah mbak. Smga ilmunya berkah ya.
      Hahhaa modal.semangat aja untuk masuk BRT berat mbak.

      Jadi makany aku tulis poin2 di atas . Termasuk mengantongi ijin suami dan anak2.

      Duh ga bisa sampi titik ini tanpa support dr mereka mbak.

      Iyes semoga di batch selanjutnya bisa ikutan ya mbak.

      Semangat!

      Hapus
  33. Wow, kelasnya keren ya. Sukses terus belajarnya dan semoga blognya tambah wush sesuai dengan judulnya (Level Up)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin aamiin, ...

      Btw, mau nyoba ikut kelasnya juga kah? Ntar aku kbarin ya..

      Hapus
  34. Waaah..masyaAllah..keeren mbak hamim πŸ‘πŸ‘πŸ‘... bisa pnya blog sekeren ini...pasti jd tambah ciamik blog nya setelah ikutan kelas ini... kayaknya kelas ini ndak cocok buat sy,, soalnya yg ndak punya skill ngeblog πŸ˜‚.. semangattt kakaak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hwakkakaa ... skill kita emang beda dhek. Ndakpapa fokus ke kompetensi masing2.
      Sukses terus ya komunitasbunda 1011

      Makin kece uey... semga lancar project buku antologi ke duanya.

      Kalo mau bikin sharing session seputar blog boleh colek aku hehhe ada dhek april juga sih ikut kels ini juga. Bisa duet maut hihihi

      Hapus
  35. Aku udah ikut kelasnya Juni 2021 lalu, dan langsung cenut² selama hampir 2 bulan bermain dgn html dan meta inspector wkwkwk.. Alumni Juni banyak yg ikutan lagi Desember ini, tapi aku udah gak kuat ngulangi lagi, jadi off dlu, hihihiii.
    Semangat lolos sampai akhir ya, mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masya Allah jadi mbak Hasni udah lulus kelas BRT ini. Wah keren2..

      Ilmunya dah banyak ini berarti πŸ˜„

      Iya doakan ya mbak. Smga berkah ilmunya . Memang melatih kita juga untuk mencoba hal baru macam coding ini

      Hapus
  36. Oh ini kelas yang saya pernah baca menegangkan karena ada tendangan mautnya ya. Sempat baca materi-materinya bagus. Kakak beruntung bisa ikut kelas kayak gini. Betul banget jadi blogger tuh gak gampang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak Nieke alhamdulillah. Meski memang harus berjuang sih.. di setiap tugas ada aja yg harus keluar . Jadi deg degan. Kalo ikut ke tendang

      Tapi emang materinya oke coachnya juga ngasihnya totalitas sih mbak. Jadi banyak yg berjuang untuk lanjut , meski menengangkan itu karena kedisiplinannya

      Hapus
  37. Kendalanya cuma di waktu aja nih padahal pengen banget ikutan kelas ini huhu.
    Sekarang lagi menjalani peranan sebagai pekerja kantoran, mahasiswa pasca sarjana, blogger, dan workshop entrepreneur.
    Ini aja aku hampir gak punya waktu istirahat.. semoga setelah Februari bisa ikutan kelas ini huhu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak natih keren amat sih. Gitu masih sempat ngeblog .. profuktif di usia muda gini luarbiasa.

      Iya ndakpapa mbak memang hidup itu selalu dihadapkan pada pilihan prioritas.
      Ntar kalo ada lagi aku kabari insya Allah

      Hapus
  38. Wah menarik banget ya dulu aku juga BRT Traveloka itu tapi gak tau ada grup baru lagi wkwk makasih sharingnya yah mungkin saat ini aku fokus ke proyek di luar blog dulu mba, semoga nanti bisa belajar lebih baik lagi kayak mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ohh iya kah mbak..

      Iya ini batch desember mbak
      Iya smga bisa ikutan dibatch2 yang lain ya mbak...pokoknya tetap semangat!

      Hapus
  39. iya ngerasain nih perjuangan kelas BRT, bener2 harus niat, disiplin dan dedicated biar naik kelas, aku pun ga paham2 amat soal coding, dan daleman2nya blog yaa, itu yg jadi pr terbesar yang harus dipelajari sih. Semangat mba!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak.. aku baru utek2 daleman blog ya di kelas ini. ..hikmahnya aku dulu alergi coding alhamdulillah bskrg jauh lebih nerima hehhee

      Sudah rajin begadang "metani" code.

      Hapus
  40. Whuaaaaa suangar.. baarakallaah mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayukslah belajar ngeblog. Kalo dasar2 bikin blog dan posting aja bisa lah ngajari dikit2 yuks

      Hapus
  41. Itu yang MSI daku masih ada PR, efek ganti template. Meski gak ikut kelas yang bulan ini, tapi belajar dengan coach couple bikin SemangatCiee buat merapikan blog

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah iya duo blogger kece emang. Wah apa itu semangatcie hehehe

      Iya MSI ku juga masih ada maslaah mbak di postingan artikel ..blum nemu juga solusinya

      Hapus
  42. Wah bener juga tuh salah satu syarat jadi blogger ya kuat mental. Seperti kalau ada yang komen jelek di postingan kita ya jangan lihat yang minus, tapi ambil yang positif dari komen jelek tersebut. Biar kita gak down, tapi tetap bisa menerima kritikan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hwkakaka... kuat mental ini berlaku dalam hal apapun y kak harusnya hehehe.

      Tapi emang kelas ini ngasih banyak pelajran sih. Termasuk rasa emphaty juga khsuusnya kepada antar teman di kelompk. Kelas ini emang unik hehe

      Hapus
  43. Kelas yang anti mainstream dan terbilang sangar deh. Lulusan BRT bakalan jadi blogger yang sakti mandraguna. Next semoga ada lagi dan aku bakalan ikut insya Allah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hwaaaa jadi sakti kok keinget sinetron ikan terbang sih akunya. Hwkakaa..

      Aamiin semoga berkah ilmunya. Bisa dimanfaatkan dengan lebih baik lagi.

      Go go go semangat mbak! Batch berikutnya bisa ikutan mbak

      Hapus
  44. Saya pernah belajar coding HTML dan CSS. HTML masih mudah dipahami, kalau CSS main logika dan pusing. Kalau PHP sepertinya untuk membuat tampilan interaktif. Kalau javascripst entahlah, gak paham.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah aku belajar super kilat juga mas. Sampai pinjam buku di ipunas belajar css dan html ini.

      Judul bukunya jurus kilat mahir html dan css

      Tapi ternyata belajar ginian g bisa singkat tapi lumayan sih skrg jadi agak mengenal istilah2nya minimal bisa meraba2 maksd kodenya

      Hapus
  45. Duh pengen banget ikutan, kapan lagi mereka open class ya. Suka ga berani sampai html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suka g berani maksudnya ngopreknya kak

      Wah kok sama sih aku tuh tahunya ya yg dari layout itu alhamdulillah kelas BRT memaksaku buat bongkar pasang html hwkakaa

      Sedikit tahu jadinya. Minimal tahucara search di html buat nemuin apa yg kau diinspek

      Hapus
  46. Semoga lancar sampai akhir dan lulus, Kak. Saya juga ingin ikut, tapi sepertinya butuh istiqomah posting dulu, biar blognya nggak jadi sarang laba-laba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak nia, jauh sebelum memutuskan ngeblog aku juga chalenge diri posting tulisan di ig, gak tanggung 2 x 30 hari berturut2. Baru bikin blog karena caption ig terbatas hihihi

      Alhamdulillah emang agak pelan2 jalannya tapi bersyukur sampai di titik ini. Aku lagi bikin postingan blog plan. Yuks mampir ya

      Hapus
  47. Pengen ikutttt. Tapi nanti aja deh soalnya bulan ini belum ada waktu lowong hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah iya ada anak kicik ya mbak. Iya mbak sebaiknya benar2 menyiapkan waktu sih mau ikut kelas apapun sebenarnya biar kita bisa nyerap ilmunya lebih maksimal.

      Smangat mbak asty, liat blognya mbak juga sudah oke

      Hapus
  48. Wah keren banget sih. Saya juga pengen ikutan dong kk. Gimana nih caranya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku kemarin dapat share dr teman juga sih mbak. Insya allah kalo ada aku share ya. Isi gform kok mbak memang ada bebrapa ketentuannya.

      Sebaiknya dibaca dengan baik2 😊

      Hapus
  49. Ini tuh beneran seru memang kak wkwkwk aku ikutan tahun lalu dan kalau diibaratkan daging, BRT itu wagyunya hahaha. Premium! Sukses terus kak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masya Allah gitu ya mbak Ji, auto bayangin lezatnya wagyu deh.

      Doakan kami lulus dan berkah ilmunya ya mbak..

      Hapus
  50. Beberapa artikelku belakangan jadi susah terindex, padahal dulu lancar-lancar aja, kayaknya ada yang salah dengan HTMLnya,tapi nggak tau apa. Mau banget ikut kelasnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh susah terindex ? Kenpaa ya .udah pasang GSC belum kak?

      Iya kak hayuks ikutan pas ada batch lagi ya..

      Hapus
  51. Pengen sih ikutan kelasnya BRT biar makin pinter jadi blogger, tapi aku lagi sibuk bangett gabisa bagi waktu. Semoga bisa lah ya, next!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah mbak arai makin kece ikut kelas ini..skrg aja tulisannya udah kece gtu

      Tinggal di up nih terkait optimasi printilan blognya

      Hapus
  52. Aku malah ketinggalan infonya nih, hihi.. bacanya aja ikut degdegan, gimana lagi ikutan kelaanya, haha.

    Semangt terus mbak Hamim, semoga sukses dan lulus..

    BalasHapus
  53. Kelas BRT banyak diikuti para blogger jadi makin jago dan keren dong nih blognya, aku jadi pengen ikutan juga deh

    BalasHapus
  54. Siapkan mental sebelum bergabung pastinya ya karena pasti ada pressure untuk segera menyelesaikan tugas-tugas yang banyak. Kemaren sempat mau ikut gabung tapi batal gitu.

    BalasHapus
  55. Mbak Hamim bikin aku iri pengen ikut kelas ini juga. Tapi di sisi lain masih takut belum bisa komitmen :"

    Tipsnya manteb mbak.. Yg poin terakhir itu kayaknya jadi kendala buat aku sekarang. Semoga lain waktu bisa ikut kelas ini

    BalasHapus
  56. Jadi merasa tertantang buat ikutan dan nyelesein kelas BRT nya. Tapi agak ngeri ngeri sedap gitu bayangin kelasnya nanti bakalan kaya gimana hehe

    BalasHapus

Posting Komentar