=Hamimeha

Wajah Baru Srimulat dalam Hil Yang Mustahal

6 komentar
Konten [Tampil]
Wajah baru srimulat dalam hil yang mustahal

Wajah baru Srimulat dalam hil yang mustahal adalah ulasan tentang hadirnya kembali lawakan kas komedi berkelas di era 80-an. Uniknya, tontonan generasi X ini akan dimainkan oleh jajaran para milenial.

Nah lho, kira-kira siapa sajakah wajah baru yang terpilih memerankan sosok pelawak legendaris Indonesia ini ya? Oke lanjut ya!

Sekilas tentang Srimulat


Sebelum kita mengenal wajah baru srimulat dalam hil yang mustahal. Aku ingin mengupas sedikit tentang apa sih srimulat?

Oke, buat Sobat Hamim generasi Z tentu tak familiar dengan nama Srimulat. Sebab era kalian adanya stand up comedy, extravaganza, opera van java, sitkom, dan sejenisnya. Yup tak apa, aku pun tidak terlalu tahu Srimulat.

Bahkan, aku baru tahu jika kata "Mak Bedunduk" itu diviralkan oleh Mamiek Prakoso saat memainkan perannya di grup lawak besutan Teguh Slamet Rahardjo ini. Pun dengan kata "Hil yang mustahal" ternyata dicetuskan oleh Asmuni sebagai salah satu pemeran di Srimulat.

Apa itu Srimulat?

Srimulat adalah kelompok pelawak dengan jumlah personil terbanyak yang berdiri sejak tahun 1950. Perlu sobat Hamim ketahui bahwa nama Srimulat ternyata diambil dari nama istri sang founder yakni Raden Ajeng Srimulat. Diambillah bagian belakang namanya, Srimulat.

Perlu diketahui nih Sobat Hamim, Srimulat mengawali karir mereka mulai dari daerah dengan pentas dari panggung ke panggung. Dan di tahun 1981 kemudian kelompok pelawak yang pernah bernama Gema Malam ini tampil di panggung nasional.

Rupanya inilah awal lahirnya tantangan bagi para pemain yang harus bisa menyampaikan guyonan ala mereka dengan Bahasa Indonesia saat itu adalah hal yang nampak mustahil. Meski demikian, guyonan ala pemain di Srimulat malah menyuguhkan ciri khas yang kuat bagi penontonnya.
Nama-nama anggota srimulat
Ciri khas grup Srimulat secara umum terletak pada pemutarbalikan logika, dan kelihaian memperpanjang suatu bahasan yang disisipi lelucon. Dalam memerankan sebuah lakon, para anggota Srimulat tidak mengubah nama untuk karakter yang dimainkan, termasuk bintang tamu.

Selain itu masing-masing pemain dari srimulat memiliki ciri khas yang kuat, mulai dari gestur tubuh, logat, kata-kata yang sering mereka lontarkan, bahkan penampilan. Inilah yang membuat srimulat merebut hari para penontonnya dalam waktu lama.

Layak jika kehadiran tayangan komedi yang mengangkat tema kehidupan sehari-hari ini selalu dinantikan di masa itu. Nah, inilah yang ingin dihadirkan kembali oleh MNC TV dan IDN Pictures dengan hadirnya wajah baru srimulat dalam hil dan mustahal versi kekinian.

Sebagaimana pernyataan dari Titan Hermawan, Direktur Utama MNC Pictures:
 
“Srimulat adalah kelompok legendaris
yang sudah menjadi panutan dan sumber inspirasi buat semua pelawak lintas generasi,
bahkan komedi generasi masa kini. Millennial & Gen Z tahu tipe guyonannya, namun tidak
tahu secara pasti siapa itu Srimulat. Film ini juga ingin mengenalkan kembali profil para
pemain Srimulat melalui film Srimulat: Hil Yang Mustahal.” (Titan Hermawan, Direktur MNC Pictures)

Motivasi Hadirnya Hil yang Mustahal

Yup Sobat Hamim, tepat pada tanggal 6 Desember 2021, MNC Pictures dan IDN Pictures, dua perusahaan film di Tanah Air, mengadakan press conference untuk film hasil kolaborasi strategis mereka yang berjudul Srimulat: Hil Yang Mustahal.

Dengan membawa semangat nasionalisme ke dalam film yang tengah mereka garap dengan menjadikannyasebagai sumber hiburan yang cocok untuk semua generasi di seluruh Indonesia. Srimulat: Hil Yang Mustahal juga menegaskan komitmen MNC Pictures dan IDN Pictures untuk memberi dampak positif, serta menginspirasi masyarakat, terutama Millennials & Gen Z di negara kita tercinta.
Srimulat hil yang mustahal kolaborasi idn pictures dan mnc pictures
Pasalnya, Srimulat sendiri merupakan pelopor seni pertunjukan di Indonesia yang lahir dari kesenian tradisional, seperti Keroncong dan Ludruk. Namun, mereka kemudian bertransformasi menjadi mega bintang di Indonesia pada tahun 80-an dan 90-an, dengan puluhan juta penggemar yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Awal mula munculnya kolaborasi strategis ini adalah ketika Cuk FK, seorang penulis naskah film komedi kenamaan di Indonesia, mengajak Titan Hermawan, Direktur Utama MNC Pictures, untuk menggarap ulang Srimulat menjadi sebuah film yang berjudul Srimulat: Hil Yang Mustahal.

Dan terpilihlan Fajar Nugros, Head of IDN Pictures yang pun telah menyutradarai sejumlah film, untuk menjadi sutradara dari film tersebut. Wah, bakalan seru nih ya!

Wajah baru srimulat dalam hil yang mustahal masa kini

Yup! Di tanggal yang sama yakni 6 Desember 2021 lalu. MNC Pictures dan IDN Pictures dalam pers conferences mengumumkan deretan pemain Srimulat: Hil Yang Mustahal.

Ada 13 deretan nama aktor dan aktris yang akan membintangi film Srimulat: Hil Yang Mustahal. Sebuah kolaborasi apik generasi milenial dan artis senior akan memberi napas baru akan kehadiran lawakan legendaris nusantara ini.

Apalagi, guyonan khas srimulat masih mewarnai dalam isi cerita wajah baru srimulat dalam hil yang mustahal versi masa kini. Tentu hal ini memberikan optimisme akan keberhasil film garapan hasil kolaborasi MNC film dan IDN Pictures.

Sebagaimana yang diungkapkan oleh 
Winston Utomo, CEO IDN Media: “Kami berharap agar wajah-wajah baru di film Srimulat: Hil Yang Mustahal ini dapat kembali menghidupkan karakter-karakter Srimulat yang legendaris, sekaligus menginspirasi dan menghibur masyarakat Indonesia, khususnya Millennial dan Gen Z di seluruh penjuru Indonesia. Sudah waktunya bagi Indonesia untuk tertawa kembali dengan film bergenre komedi yang dihadirkan oleh MNC Pictures dan IDN Pictures ini.”

Deretan nama pemain Srimulat: Hil yang Mustahal versi kekinian

Ada 13 nama yang didapuk sebagai memerankan pemain komedian Srimulat yaitu:

1. Bio One sebagai Gepeng,

2. Elang El-Gibran sebagai Basuki,

3. Dimas Anggara sebagai Timbul,

4. Ibnu Jamil sebagai Tarzan,

5. Rifnu Wikana sebagai Asmuni,

6. Erick Estrada sebagai Tessy,

7. Zulfa Maharani sebagai Nunung,

8. Morgan Oey sebagai Paul,

9. Rukman Rosadi sebagai Teguh,

10. Erica Carl sebagai Jujuk,

11. Indah Permatasari sebagai Royani,

12. Naimma Aljufri sebagai Ana, dan

13. Rano Karno sebagai Babeh Makmur.


Wajah baru pemain srimulat hil yang mustahal

Wah, Sobat Hamim tentu tak asing dengan nama-nama artis di atas. Kabarnya, demi menjalani peran masing-masing tokoh yang mereka mainkan. Para artis itu sering melakukan riset yang mendalam agar bisa menjiwai peran yang mereka mainkan.

Dikuatkan dengan pernyataan Susanti Dewi, Head of IDN Pictures & Produser Film Srimulat: “Saya melihat bahwa aktor dan aktris yang terlibat di produksi film ini begitu antusias dengan apa yang mereka lakukan. Mereka riset, beberapa juga kirim video screen test secara online karena belum sempat hadir ke Jakarta."

"Mereka patut mendapat apresiasi akan hal itu. semangat untuk membawa kembali nilai-nilai ke-Indonesia-an kita lewat film yang menggarap ulang Srimulat, grup lawak legendaris di Indonesia. Menjaga persatuan bangsa ini bukanlah hil yang mustahal.” imbuh Head of IDN Pictures & Produser Film Srimulat. 

Optimisme keberhasilan dari wajah baru srimulat dalam hil yang mustahal veris kekinian ini terasa dalam pernyataan yang menguatkan dari sutradaranya yakni :

Fajar Nugros, Head of IDN Pictures & Sutradara Film Srimulat: “Srimulat mewariskan tawa pada Indonesia, tawa ini akan kami hidupkan kembali menjadi sebuah film bergenre komedi, yang akan mengingatkan lagi pada bangsa besar ini, tentang mengapa kita dulubersatu menjadi Indonesia tanpa meninggalkan jati diri kita yang terdiri dari berbagai sukubangsa di negeri ini. Ini saatnya Indonesia kembali tertawa!"

Ehmm, tak sabar nih bagaimana akting dan guyonan khas srimulat yang akan dimainkan wajah baru ini ya. Yuks kita nantikan bersama tayangannya!


Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

6 komentar

  1. Srimulat merupakan kelompok lawak yang legendaris. Saya tahu karena memang suka program komedi. Beberapa pelakon komedi modern bahkan sempet dari grup srimulat ini. Makanya, familiar di saya seperti Nunung, Tessy, Tarzan dan Timbul.

    Berarti film ini kemungkinan akan menggarap tentang kisah perjalanan srimulat ya mba

    BalasHapus
  2. Bukan sih kayaknya mas. Tapi menghadirkan lawakan juga yang sama bahkan hanya saja beda wajah

    BalasHapus
  3. Walau aku bukan generasi X, tapi dulu waktu kecil sering nonton srimulat juga karna ortu juga nonton.. Rasanya seperti bangkit lagi ya, setelah banyak anggota srimulat yang sudah almarhum :) Semoga sukses srimulat wajah baru ini :D

    BalasHapus
  4. Aku nggak terlalu familiar sama srimulat mba, kenalnya juga beberapa aja kaya nunung, tessy, sama tarzan. Tapi kalau liat para pemainnya, bakal keren nih filmnya.

    BalasHapus
  5. aku nunggu banget nih fil hil yang mustahal ini, kangen sama guyonan dan penampilan srimulat

    BalasHapus
  6. Menarik nih... setelah warkop DKI, kini Srimulat dikembalikan pamornya. Membaca deretan aktor aktrisnya, wuih kudu ditonton nih. Penasaran juga gimana Rifnu Wikana berperan jadi Asmuni, Morgan Oey jadi Paul dan Ibnu Jamil jadi Tarzan, wah kocak sih pasti.

    Btw, ikut bangga karena ternyata omku (Cuk FK) jadi pelopor kelahiran film ini.. hehe...

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular