=Hamimeha

Dear Milenial, Inilah Cara Menabung Rekening Online Menurut Ahlinya

6 komentar
Konten [Tampil]


Cara menabung rekening online menurut ahlinya

Menabung di rekening online merupakan salah satu kegiatan yang bisa kamu lakukan dalam mempersiapkan dana cadangan untuk berbagai keperluan di masa depan. Sayangnya, saat ini banyak anak muda yang belum memiliki strategi yang baik dalam menabung. Padahal, menabung ini merupakan sebuah kegiatan positif dan sudah diajarkan sejak masih kecil.


Faktanya, semakin dewasa justru kegiatan menabung semakin sulit untuk dilakukan. Hal ini didasari dengan berbagai alasan yang kadang sebenarnya itu hanya dalih untuk membela diri sendiri yang mulai sulit menabung.

Tips Menabung di Rekening Online Menurut Pakar Keuangan bagi Kaum Milenial


Jika kamu memiliki niat untuk berubah, dan mencoba menabung dengan cara yang benar kamu bisa mengikuti beberapa tips berikut ini. Tips menabung ini diambil berdasarkan pendapat para ahli. Ini dia beberapa tips menabung keuangan di rekening online menurut pakarnya.

1. Atur Automatic Debit ke Rekening Tabungan

Alasan yang paling sering digunakan pada saat tidak menabung ialah lupa menabung atau uang untuk menabung telah habis terpakai untuk kebutuhan lainnya. Agar tidak lagi ada alasan seperti itu, kamu bisa mencoba untuk mengatur automatic debit ke rekening tabungan.

Menurut Farnoosh Torabi, yang merupakan seorang penulis dan ahli keuangan mengatakan bahwa menabung dengan cara ini cukup efektif dalam mengatur keuangan. Torabi menyarankan setidaknya kamu menyisihkan 10% dari pendapatan untuk ditransfer secara auto debet ke rekening online.

Kamu bisa menetapkan jumlah transfer dan tanggal transfer pada tanggal yang sama agar dana bisa dialihkan dengan lebih konsisten ke rekening tabungan. Dengan begitu, kamu akan lebih disiplin dalam menabung.

2. Mulai dengan Jumlah Kecil

Jika kamu masih coba-coba dalam menabung di rekening online, kamu bisa mencoba dari nilai yang kecil terlebih dahulu. Menurut Clark Howard yang merupakan pakar konsumen, menabung sebaiknya dimulai dengan jumlah yang tidak terlalu besar, tetapi rutin.

Pada kenyataannya, tidak banyak orang yang bisa menabung dalam jumlah yang besar. Maka dari itu, Howard menyarankan agar menabung dari jumlah yang kecil terlebih dahulu.

Misalnya, kamu bisa mulai menyisihkan dari 5% gaji kamu untuk menabung di rekening online. Meskipun hanya 5%, pastikan kamu melakukannya dengan konsisten. Usahakan agar jumlah dana yang ditabungkan tersebut meningkat setiap bulannya hingga 20%. Seharusnya untuk first jobber ini tidak sulit karena belum memiliki tanggungan.

3. Kumpulkan Recehan

Banyak orang yang suka meremehkan uang recehan dan membiarkannya tergeletak dimana saja. Padahal, uang recehan ini bisa bernilai besar jika dikumpulkan. Hal ini selaras dengan trik menabung yang diberikan oleh Ric Edelman.

Ric Edelman yang merupakan ketua dan CEO Edelman Financial Services berpendapat bahwa mengumpulkan uang recehan bisa digunakan untuk membeli keperluan dengan nilai besar.

4. Membuat Rekening Berbeda

Ligwina Hananto yang merupakan perencana keuangan, menegaskan jika membuat rekening berbeda untuk keperluan menabung dan rekening harian itu sangat penting. Dengan membuat rekening khusus untuk menabung, sama saja dengan kamu menyelamatkan uang tabungan dari kebutuhan sehari-hari.

Kamu bisa memilih rekening online khusus tabungan yang biasanya disediakan khusus oleh beberapa bank tertentu. Dengan rekening ini, kamu akan mendapatkan berbagai keuntungan.

5. Tetapkan Tujuan Menabung

Ligwina mengatakan jika menyisihkan uang tanpa tujuan itu merupakan hal yang mudah. Namun, proses menabung akan lebih baik jika didasari dengan tujuan yang lebih jelas. Kamu bisa mulai mencoba menyisihkan uang untuk hal-hal kecil yang kamu sukai.

Selain itu, kamu juga bisa menabung untuk kebutuhan di masa depan dengan nominal yang lebih besar, seperti ibadah haji, travelling ke luar negeri, membeli mobil baru, dan lain sebagainya.

Ayo Menabung di Rekening Online Bersama PermataME!

Ayo menabung rekening online bersama permataME

Untuk bisa mulai menabung, tentunya kamu harus menentukan terlebih dahulu di bank mana kamu akan membuat rekening online. Buka rekening di PermataME aja! PermataME menawarkan berbagai keuntungan yang akan menunjang berbagai gaya hidup kamu. Berikut beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan.

Pertama, Pendaftaran yang Mudah dan Praktis

Saat Membuat rekening online bersama PermataME, kamu tidak perlu pergi ke cabang kantor. Kamu bisa langsung melakukan pengajuan buka rekening hanya melalui aplikasi mobile banking PermataMobile X saja.

Kedua, Banyak Promo Cashback

PermataME menawarkan banyak promo cashback untuk nasabahnya, yaitu mulai dari cashback 10% setiap transaksi transportasi online, cashback 20% setiap belanja online, hingga cashback 30% setiap transaksi ngopi dan nonton. Dengan begitu, cashback tersebut bisa kamu tambahkan ke tabungan kamu.

Ketiga, Tarik Tunai Tanpa Biaya

Kini katakana selamat tinggal pada biaya tarik tunai, karena PermataME akan membebaskan kamu dari biaya tersebut. Kamu bisa menarik tunai tanpa biaya di seluruh ATM dalam dan luar negeri yang memiliki logo VISA/PLUS. Syaratnya, kamu harus memiliki saldo minimum sebanyak Rp1 juta.

Keempat, Desain Kartu Debit Eksklusif

Jika kamu membuat rekening online bersama PermataME, kamu akan mendapatkan kartu debit dengan desain yang eksklusif. Desain ini khusus dibuat untuk semua nasabah dari PermataME, lho!

Kelima, Biaya Transfer Rp0

Sering gagal transfer karena nominal uang yang pas-pasan harus terpotong biaya transfer? Ada kabar baik untuk kamu! PermataME menawarkan biaya transfer Rp0. Transfer bisa kamu lakukan melalui PermataMobile X, PermataNet, dan PermataATM. Selain itu, kamu juga free biaya administrasi.

Keenam,Promo Eksklusif

Bukan hanya promo cashback yang akan kamu dapatkan saat menjadi nasabah PermataME. Kamu juga akan mendapatkan berbagai promo eksklusif dari merchant-merchant ternama.

Ayo wujudkan niat menabung kamu bersama PermataME! Apalagi yang kamu tunggu? Buka rekening online bersama PermataME sekarang juga dan rasakan berbagai manfaatnya.
Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

6 komentar

  1. Nah itu kak, memang harus dipilih ya tabungan per keperluan dan motivasinya. Kadang tercampur, ahkirnya malah berabe padahal udah rencana lama

    BalasHapus
  2. Nah, ini nie yang emang aku sering lupa yakni mengatur auto debit wkwk.

    Karena kalau ga diatur ato debitnya auto jebol tanungan. Pengalaman pernah kayak gini, ujungnya nyaris tak bersisa.

    Akhirnya aku mulai menerapkan mengatur auto debit tiap tanggal tertentu.

    BalasHapus
  3. Aku nih suka banget ngumpulin receh hihihi. Cuma yang belum adalah bikin pos pos rekening yang berbeda, soon mau cobain jg deh :) aku agak syok PermataME biaya transfernya Rp 0, menariiik wkwk

    BalasHapus
  4. Aku juga menggunakan fitur auto debet yang aku setting tiap tanggal gajian hehehe. Biar aman ngga jadi satu kepake sama pos-pos lain sih.

    BalasHapus
  5. Saat ini saya udah mulai menabung secara online nih, mulai menyisihkan dengan memanfaatkan auto debit ke rekening tabungan.

    BalasHapus
  6. Eh sama dong mba hamim aku jg pakai autodebet. Jadii pas gajian langsung dah masuk ke pos2 tuuh duitnya

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular