=Hamimeha

Tips Memilih Pelatihan Prakerja Sebagai Investasi Jangka Panjangmu!

71 komentar
Konten [Tampil]
Tips memilih pelatihan prakerja

"Makanya jangan jajan melulu, coba donkz investasinya leher ke atas"

Jujur aku tergelitik dengan guyonan yang tak hanya sekali ini aku dengar. Lucu tapi ironis namun inilah fenomena yang seringkali aku dapati. Bahwa kita terbiasa untuk menghabiskan uang atau waktu kita dengan aktivitas menyenangkan namun minim kebermanfaatan.

Padahal, waktu tak pernah kembali hihihi. Nah, masih di bab pernyataan di atas. Investasi leher ke atas, apa maksudnya? Jadi artinya adalah investasi yang menambah pengetahuan dan upgrade skill kita sebagai bekal menghadapi era mendatang yang semakin menantang. Seperti ikut training, workshop, webinar/seminar, membaca buku, dan lain sebagainya.

Kabar baiknya hal ini ternyata difasilitasi juga oleh pemerintah melalui program kartu prakerja lho! Dan pastinya adanya program kartu prakerja ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin. Yuhui Sobat Hamim, dikesempatan ini aku ingin berbagi tips memilih pelatihan prakerja sebagai investasi jangka panjangmu!

Pentingnya Upgrade Skill Untuk Dunia Kerja yang Lebih Kompetitif

"Ayo sekolah sing dhuwur ben oleh kerjo kapenak."
(Artinya, ayo sekolah yang tinggi agar bisa kerja yang enak)

Nah, familiarkah Sobat Hamim dengan pernyataan di atas? Bahkan, aku masih sering mendengar pernyataan serupa dari orang tua di lingkunganku. Sebenarnya sekolah hingga mencapai gelar yang tinggi itu baik. Namun, akan lebih maksimal jika setelah lulus dari perguruan tinggi dilengkapi dengan kemampuan yang mumpuni.

Sebab dewasa ini, kebutuhan instansi maupun bidang pekerjaan apapun menuntut kita tak hanya baik dari segi kognitif melainkan softskillnya juga. Apalagi di era digital seperti saat ini, siapa paling kreatif, inovatif, adaptif, dan memiliki daya juang yang tinggi maka akan bertahan jadi pemenang. Ya kan! Ingatlah, kita sudah memasuki era Revolusi 4.0 guys!

Lalu skill apa saja yang perlu kita miliki untuk proses pengembangkan diri kita saat ini? Dari berbagai referensi yang aku baca nih Sobat Hamim ada 10 skill yang perlu kita kuasai yakni kreatif, problem solving, team work, leadership, kemampuan negosiasi, manajemen waktu, kemampuan mengambil keputusan, kemampuan brpikir kritis, dan networking.

Wah ternyata banyak juga ya Sobat Hamim. Ditambah lagi di era digital, siapapun bisa public figur lho melalui media sosial. Jadi pekerjaan sebagai conten creator banyak jadi incaran. Nah nah, kalo tak memiliki skill yang mumpuni maka kita akan cepat kalah saing.

Inilah pentingnya upgrade skill atau pengembangan diri kita untuk bersiap menghadapi dunia kerja yang kompetitif. Salah satunya adalah mengikuti program kartu prakerja. Masih bingung nih apa itu kartu prakerja? Oke aku jelasin secara singkat ya Sobat Hamim.

Seputar Tentang Prakerja


Oke Sobat Hamim, aku akan sedikit mengulas apa itu kartu prakerja, pelatihan prakerja, cara daftar prakerja, syarat kartu prakerja, dan manfaat kartu prakerja itu sendiri.

Tentang Kartu Prakerja

Yups, seperti yang aku sampaikan sebelumnya bahwa pemerintah sangat menfasilitasi warga negaranya untuk melakukan pengembangan diri dengan mengikuti kelas-kelas pengembangan diri yang telah ada.Nah nama programnya ini adalah program kartu prakerja.

Program kartu prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja yang terkena PHK, atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil. Perlu Sobat Hamim ketahui, bahwa program kartu prakerja ini juga diperuntukkan difable lho.

Dilansir dari laman online prakerja.go.id, Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia menyampaikan bahwa “Program Kartu Prakerja merupakan bagian dari Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sektor perlindungan sosial. Kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan program ini, mengambil berbagai pelatihan keterampilan kerja dan kewirausahaan yang dapat menjadi bekal hidup selama dan pasca pandemi.”

Yuhuii, inilah yang aku spill di awal tulisan ini. Di era mendatang kita perlu investasi jangka panjang dengan mengikuti kelas pengembangan diri, workshop, training, dan lain-lain. Sarananya adalah melalui pelatihan prakerja ini Sobat Hamim.

Menariknya, cara mengikuti pelatihan prakerja yang dicanangkan dalam program kartu prakerja yang dirilis April 2020 lalu bisa dilakukan secara online. Jadi, jangkauannya lebih luas bukan!

Cara Mendaftar Prakerja

Setelah aku jabarkan cara mengikuti pelatihan prakerja bisa dilakukan secara online. Tampaknya aku perlu jelaskan nih bagaimana cara daftar prakerja?

Namun sebelumnya sebaiknya Sobat Hamim tahu dulu syarat kartu prakerja yang harus dipenuhi, antara lain:

1. Warga Negara Indonesia berusia 18 tahun ke atas
2.Saat ini, tidak sedang menempuh pendidikan formal.
3. Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro & kecil.
4. Bukan penerima bantuan sosial lainnya selama pandemi COVID-19.
5. Bukan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD.
Penerima Kartu Prakerja dalam 1 KK maksimal 2 NIK

Jika Sobat Hamim sudah memenuhi syarat kartu prakerja maka  bisa segera mendaftarkan program kartu prakerja di gelombang terdekat.

Langkah cara mendaftar prakerja adalah sebagai berikut:

Pertama, buat akun kartu prakerja secara online

Cara mendaftar prakerja
Kedua, Lakukan Verifikasi Data

Verifikasi data dilakukan dari link yang terkirim di email . Isi data diri Sobat Hamim sesuai KTP dan ketentuan yang diperlukan. Lalu swafoto dengan KTP Sobat Hamim. Pastikan untuk berada ditempat yang cerah pencahayaan yang mendukung.

Ketiga, Verifikasi melalui handphone

Verifikasi nomor HP kemudian klik Kirim. selanjutnya, masukkan kode OTP yang dikirimkan via SMS ke nomor yang sudah didaftarkan, klik Verifikasi.

Keempat, isi Pernyataan Pendaftar. Lalu klik Oke.

Kelima, Selesaikan tes motivasi dan kemampuan dasar


Yeay, jika Sobat Hamim lolos menyelesaikan langkah di atas,  maka "Selamat Anda sudah terdaftar sebagai peserta program kartu prakerja!". Yuhuii, saatnya gali potensi untuk investasi leher ke atas *eh maksudnya pengembangan diri untuk Sobat Hamim.

Eits, rupanya manfaat kartu prakerja selain para peserta program kartu prakerja akan mendapat manfaat berupa bantuan pelatihan/pembekalan kompetensi kerja dan/atau kewirausahaan. Para peserta juga mendapatkan insentif yang diberikan secara nontunai.

Nah, insentif prakerja ini bisa Sobat Hamim manfaatkan untuk modal usaha ataupun biaya hidup selama menunggu proses pencarian kerja. Adapun besaran insentif prakerja terdiri dari  dua jenis yaitu : 
● Insentif biaya memcari kerja, sebesar Rp600.000 perbulan selama empat bulan 
● Insentof pengisian survei evaluasi, sebesar Rp50.000 persurvei.
Setiap peserta hanya bisa mendapat manfaat Kartu Prakerja sekali seumur hidup.

Tips Memilih Pelatihan Prakerja Sebagai Investasi Jangka Panjangmu


Menurutku, memilih kelas pelatihan prakerja memang agak tricky. Sebab kita perlu mengetahui apa yang sebenarnya ingin Sobat Hamim kembangkan dan memiliki prospek yang baik di masa mendatang. Jangan sampai kita terjebak dengan keputusan “latah” atau ikut-ikutan ketika memilih kelas pelatihan prakerja. Sehingga kita jadi menyesal sebab tak sesuai dengan potensi yang kita miliki. Ibarat
investasi maka kita salah menanamkan saham. Yups!

Nah, tips memilih pelatihan prakerja agar berdampak maksimal adalah sebagai berikut:
Tips memilih pelatihan prakerja platform e-learning

1. Pastikan memilih kelas sesuai dengan bakat, minat, dan kebutuhan

Poin pertama ini penting sekali agar kita tidak merasa “rugi” atas investasi waktu dan energi ketika mengikuti pelatihan ini. Saranku, Sobat Hamim sudah memiliki rancangan masa depan pasca mengikuti pelatihan sehingga bisa langsung mengapliaksikan ilmu yang telah didapat.

2. Pilih platform e-learning yang multi topik

Nah, hal yang perlu kita pertimbangan adalah pilihan kelas yang banyak. Artinya platform e-learning tersebut memberikan beragam tema pelatihan yang semakin sepesifik sesuai dengan bakat dan minat kita. Khususnya disesuaikan dengan kebutuhan skill yang harus dikuasai di era saat ini.

3. Pilih platform yang menyediakan sesi diskusi/tanya jawab bagi pesertanya

Layaknya sekolah, kita juga perlu mempertimbangan adanya sesi diskusi ini ketika pelatihan. Sebab hal ini tentu membuat proses pelatihan prakerja Sobat Hamim lebih interaktif. Selain itu menjadi sarana bagi kita jika ada materi yang kurang dipahami sehingga hasil belajar online selama pelatihan prakerja yang kita ikuti hasilnya lebih maksimal.

Apalagi jika ada konsultasi seputar karier yang bisa dijadikan rujukan sebelum memasuki dunia kerja.

4. Pilih platform e-learning yang user friendly

Apa maksudnya user friendly? Nah, proses pelatihan kartu prakerja sejak 2020 ini berbentuk online learning ( belajar online) maka penting bagi Sobat Hamim untuk memastikan bahwa platformnya mudah digunakan oleh kita. Dengan kata lain pilihlah platform e-learning yang mudah dan praktis saat digunakan. 

5. Pastikan platform e-learning dengan proses sertifikat yang cepat

Sertifikat menjadi bukti administrasi yang menunjukkan kita sudah menyelesaikan pelatihan prakerja. Jadi penting untuk memastikan sebuah platform belajar online atau online learning yang kita pilih nanti mengeluarkan sertifikat dengan proses yang cepat. Hal ini akan memudahkan kita agar segera mempraktikan apa yang telah dipelajari ke dunia kerja.

6. Rajin mencari referensi kelas untuk pelatihan prakerja

Yes, poin tak kalah penting bagi aku pribadi adalah mendapatkan referensi dari apa yang aku aku lakukan. Dalam hal ini memilih pelatihan prakerja yang recommended. Biasanya aku akan mencari referensi dari teman atau orang terdekat, melalui review dan rating yang diberikan melalui ulasan user yang telah menggunakan.

Yups itulah enam tips memilih pelatihan prakerja yang bisa Sobat Hamim jadikan pertimbangan agar hasil mengikuti pelatihan kartu prakerja berdampak maksimal untuk investasi jangka panjang kita di masa depan.

Tingkatkan Skill Bersama QuBisa, Pilihan Tepat Pelatihan Prakerja


Yuhuii Sobat Hamim, berdasarkan poin ke-6 dari tips memilih pelatihan prakerja yang aku sampaikan di atas. Aku rasa memilih QuBisa sebagai platform e-learning  untuk menyelesaikan kewajiban mengikuti proses pelatihan prakerja dari pelatihan kartu prakerja adalah pilihan tepat. Nyaris semua ulasan dari orang yang aku kenal memberikan testimoni positif setelah menggunakan QuBisa. 

Selain QuBisa sebagai lembaga resmi program kartu prakerja, memang QuBisa adalah platform e-learning di Indonesia yang  terpercaya untuk pendidikan dan pembelajaran. Hal ini terbukti dari telah terdaftarnya 400ribu lebih murid, 700ribu instruktur, 750 lebih webinar berkualitas, dan 4400 lebih kelas terbaik di QuBisa.
Tak hanya itu, Qubisa sebagai platform e-learning yang bermisi mempersiapkan lulusan baru dan profesional muda untuk menjadi lebih kompeten dan kompetitif dalam MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) ini sangat cocok untuk menjawab tantangan masa depan melalui berbagai konten beragam dari instruktur yang ahli dibidangnya.

Misalnya, buat Sobat Hamim yang ingin jadi konten kreator, maka kebutuhan belajar banyak topik yang diperlukan ketika online learning telah tersedia di Qubisa. Sebab, setiap orang dapat menjadi pembelajar dan QuBisa berkolaborasi dengan universitas / industri / profesional untuk menyediakan konten.  Nah cocok untuk menyiapkan bekal menghadapi tantangan dunia kerja di era digital sekarang ini.

QuBisa Platform e-learning di Indonesia
Ditambah lagi, keunggulan lain dari QuBisa sebagai platform e-learning di Indonesia adalah dilengkapi dengan sesi konsultasi karir (atau lebih familiar dengan karir) dan Road Map karier yang dapat membimbing lulusan baru untuk menemukan sesuai jalur mereka. Wah pas banget kan dengan tips memilih pelatihan prakerja agar berdampak maksimal sebagai investasi masa depan Sobat Hamim.

Nah, yukslah coba sekarang juga dengan mendownload Aplikasi QuBisa untuk iOS dan Aplikasi QuBisa untuk Android ya 
Sobat Hamim. Semangat berinvestasi ilmu!
Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

71 komentar

  1. Bener bangett, investasi skill baru itu adalah investasi jangka panjang yang returnnya bisa tak terhingga..
    aku juga sering belajar di QuBisa mba Hamim.. bagus dan responsif banget aplikasinya

    BalasHapus
  2. Wah menarik sekali, kalau daftar kartu prakerja selain dapat ilmu dan mengasah kemampuan namun juga dapat insentif biaya pencarian kerja dan insentif pengisian survey.

    BalasHapus
  3. milih pelatihan prakerja tuh bener-bener harus yg dibutuhin dan prospektif ya di dunia kerja, biar kepake dan ningkatin kualitas portfolionya kita sendiri

    BalasHapus
  4. Buat kalian yang terdampak pandemi, wajib ikut program pemerintah ini. Kalian akan dapat insentif plus ilmu yg pastinya bermanfaat kelak.

    Buat yang gagal di 1 gelombang, jangan pantang menyerah. Aku aja baru berhasil di gelombang 13 meski selalu daftar sejak gelombang 1.

    BalasHapus
  5. Tips nya membantu bsnget ya ka, meski saya lom bisa lolos kartu prakerja, tp alhamdulillah sudah dpt kerja sih

    BalasHapus
  6. Waktu aku ikut prakerja, qubisa belum ada. Padahal di sini yg gratis aja bagus

    BalasHapus
  7. Saya juga manfaatin aplikasi QuBisa buat investasi leher ke atas kak. Aplikasi belajar online QuBisa ini menurutku sangat membantu sekali, jadi kita bisa belajar secara online dari rumah, materinya juga beragam dan mudah dicerna. btw saya jadi penasaran pengen coba daftar prakerja, cobain ah.

    BalasHapus
  8. belum pernah nyobain aplikasi Qubisa, semoga bisa dapat kesempatan ya di lain waktu gunain aplikasi ini

    BalasHapus
  9. Saya belum pernah nih coba daftar dan manfaatin kartu prakerja... Tapi kalau belajar di qubisa, udah beberapa kali...

    BalasHapus
  10. Aplikasi Qubisa ini bermanfaat banget ya, terutama bagi mereka yang sedang dalam masa pencarian kerja. Seandainya aku disuruh memilih, aku pingin pelatihan yang berhubungan dengan handy craft gitu. Pokoknya yang merangsang kreativitas, aku suka....

    BalasHapus
  11. Bermanfaat banget emang ikut workshop online tuh. Sejak ikut prakerja aku jadi ketagihan ikut workshop online, berasa sekolah lagi hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak ya, mbak pilihan platform untuk pelatihan prakerja ini. tinggal piih mana yang sesuai minat kita

      Hapus
  12. sejak pandemi aku suka ikut kelas online, salah satunya prakerja. beruntung bisa lolos di gelombang awal tahun 2020 lalu, karna memang ikut terdampak gara2 pandemi

    BalasHapus
  13. Kelas online seperti ini memang menguntungkan, jadi seperti muda lagi. sekolah, belajar dan praktik.

    BalasHapus
  14. Tipsnya sangat membantu banget nih terima kasih ya informasinya

    BalasHapus
  15. Mbaaak di QuBisa lagi ada kelas bikin web pakai wordpress loh. Tertarik ikutan nggak?

    BalasHapus
  16. Persiapkan waktu, pilih bidang pelatihan yang diinginkan dan platformnya, lalu fokus deh belajarnya

    BalasHapus
  17. Mbak pakai QuBisa juga nih? teman-teman saya juga banyak yang mengakses paltform ini untuk mengupgrade skill.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyakan ikut kelas apa pak di QuBisa? Lagi ada kelas bikin web via wordpress loh di sana. Mau ikutan nggak pak?

      Hapus
  18. wah aku dulu juga sempat ikutan e learning di qubisa ini materinya memang bagus-bagus sih buat meningkatkan skill kita

    BalasHapus
  19. program prakerja bantu aku yang pengen upgrdae personal development dan menulis. aku pernah ikutan prakerja tapi bukan di platform yang di list ini, hehehe. Qubisa aku pernah ikutan kelasnya, asyik banget. materi padat merayap terus narsumnya juga top banget lah.

    BalasHapus
  20. aku mau nyoba ikut prakerja, tapi kemarin ke-skip data apa gitu jadi lupa nerusin daftar wkwk

    BalasHapus
  21. Emang QuBisa ini bener-bener solusi banget buat siapapun yang mau upskilling atau reskilling yah, materinya lengkap abis. Semangat buat para penerima Prakerja!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes nih aku juga udah nyobain beberapa kelas di QuBisa dan asli bisa banget buat upgrade skill diri.

      Hapus
  22. Investasi ilmu emang menarik si mba, senang aku tuh belajar hal baru. Tapi emang harus disesuaikan sama minat biar maksimal. Program prakerja ini bagus si untuk meningkatkan skill.

    BalasHapus
  23. Wah akhirnya ada yang menjelaskan perihal kartu prakerja. Aku dari dulu belum mengerti kartu prakerja, Mbak. Tapi apakah penerimanya wajib sesua KTP atau bagaimana ya?

    BalasHapus
  24. Waah banyak yang bilang aplikasi QuBisa bagus nih, fix kudu download aplikasinya juga dan infoin ke sodara-sodara ah

    BalasHapus
  25. Wow sangat menginpirasi

    BalasHapus
  26. Persaingan buat masuk kerja makin ketat ya. Maka perlunya ikut pelatihan ini, biar punya skill yang gemilang

    BalasHapus
  27. Qubisa memang bener2 lengkap, ya, mba,...aku jg sdh DL..mau mempelajari buatmedia belajar. thankyou for sharing, mba.

    BalasHapus
  28. akuy jadi penasaran sama aplikasi qubisa ini

    BalasHapus
  29. Waktu ikut orakerja getol banget belajar terkait kewirausahaan dan blog

    BalasHapus
  30. Tertohok banget ya, investasi tuh leher ke atas. Suka mikir 10X dulu untuk upgrade skill, padahal manfaatnya jangka panjang. Apalagi sekarang ada pelatihan prakerja. Sayang banget kalau engga dimanfaatkan

    BalasHapus
  31. Keren sekali ulasannya, tapi aku salah satu yang masuk kategori tidak bisa daftar pelatihan pra kerja 😂😂😂

    BalasHapus
  32. Pelatihan prakerja memang memberi kesempatan untuk upgarde skill, nah di QuBisa recomended mbak, untuk semua bidang ada ya, banyak pilihan.

    BalasHapus
  33. QuBisa benar-benar lengkap memenuhi kebutuhan prakerja untuk pelatihan sehingga dapat meningkatkan kapasitas diri

    BalasHapus
  34. Wah QuBisa skrg dah ada Prakerjanya yaa. Keren bangett bisa lebih leluasa mau pilih kelas pengembangan diri jg ya mba

    BalasHapus
  35. QuBisa ini memang jadi "sobat" bagi mereka yang ingin meningkatkan skill. Kebutuhan banget di era ini. Untuk mereka yang ingin mengikuti pelatihan prakerja ternyata bisa juga, ya. Bagus, nih

    BalasHapus
  36. Lihat dari persyaratan pelatihan prakerja di atas, sepertinya saya memenuhi nih. Udah dari kapan diajakin sama kakak ipar, sayanya belum tertarik juga untuk mendaftar. Alasannya adalah khawatir prosesnya ribet, padahal gak yaa..

    BalasHapus
  37. Andai saya tidak gagal ikut Prakerja mungkin bisa seperti teman-teman bisa belajar dan mendapatkan insentif. Entah apa kesalahannya
    Mungkin ada data tidak sinkron ya...

    BalasHapus
  38. Harus pinter2 tuh cari platform utk belajar pelatihan online. Apalagi duit insentifnya hrs dihabiskan buat belajar nambah skill baru.

    Platform QuBisa skrg makin lengkap pelatihannya. Kita jadi bebas menentukan pelatihan/kursus sesuai minat. Apalagi ada poinnya lagi.

    BalasHapus
  39. wow banyak banget nih manfaat punya kartu prakerja, thx u kak aku mau juga nih lumayan nambah ilmu da referensi untuk mengajukan ke dunia kerja

    BalasHapus
  40. Alhamdulillah perna ikut prakerja juga, tapi dulu belum ada QuBisa. Padahal QuBisa ini keren banget banyak pilihan kursus sesuai minat dan bakat buat ningkatin skill.

    BalasHapus
  41. keren dan unggul banget QuBisa sebagai platform e-learning di Indonesia ini. karena dilengkapi dengan sesi konsultasi karir dan Road Map karier yang dapat membimbing lulusan baru untuk menemukan sesuai jalur mereka.

    BalasHapus
  42. QuBisa ini memang platform e-learning yang andal. Banyak pelatihan sesuai skill kita bahkan ada Road Map karier yang membuat kita jadi tahu kemana arah kita nantinya. Termasuk menjadi blogger bisa banget menambah wawasan melalui QuBisa ya mbak

    BalasHapus
  43. investasi leher ke atas emang buat jangka panjang banget ya mba, keluar uang sekarang tapi manfaatnya bisa sepanjang masa kita menggunakannya

    BalasHapus
  44. pelatihan prakerja ini pastinya memang sangat bermanfaat ya untuk meningkat skill yang sudah ada ataupun yang baru dipelajari, dan sekarang platformnya juga banyak pilihan

    BalasHapus
  45. sekarang sepertinya prakerja memiliki prosedur pendaftaran yang lebih ketat ya dibandingkan tahun lalu. Saya juga kadang suka bingung mau beli pelatihan di mana, ternyata Qubisa bisa jadi slaah satu platform pelatihan prakerja ya, thanks kak sharingnya

    BalasHapus
  46. saya belum mendaftar prakerja ini, kayaknya bisa cobain niy, siapa tahu lolos ya. btw saya juga punya aplikasi Qubisa, banyak materi yang bisa dipelajari di sana

    BalasHapus
  47. Pengen daftar kartu prakerja tapi udah ada kerjaan. Hihihii... jadi ya, buat teman-teman lain aja yang memang membutuhkan.

    Tapi, untuk urusan belajad di QuBisa, bukan hanya para pemegang kartu prakerja ya. Saya pun pernah belajar di situ. Ya, itung-itung biar skill gak kalah sama para fresh graduate yang keren-keren.

    BalasHapus
  48. penting untuk memilih secara bijak pelatihan yang akan diikuti, karena budgetnya memang terbatas. sejauh ini aku bisa ambil 5 pelatihan dan menyisakan 50rb kwkwkw

    BalasHapus
  49. Setuju sekali ini, kalau investasi leher ke atas, akan lebih menjamin masa depan ya, Mbak. Apalagi dunia kerja akan terus berkembang. Persaingan kerja semakin ketat. Makanya harus terus menambah skill. Bagusnya lagi bisa membuka peluang kerja sendiri. Jadi manfaatkan kesempatan yang diberikan Prakerja ini.

    BalasHapus
  50. Aku pernah daftar kartu prakerja, 4 atau 5 kali tapi belum lolos. Padahal banyak yang pengen aku pelajari lagi sih terutama di bidang administrasi perkantoran dan bidang IT. huhuhu

    BalasHapus
  51. Ah iya, banyak ya manfaat mengikuti program prakerja ini
    Bisa mengembangkan skill yg bermanfaat untuk jangka panjang
    Aku jadi pengen daftar program prakerja ini

    BalasHapus
  52. Kayaknya saya juga harus ikutan nih, biar ikut merasakan mudahnya mengembangkan skill di era online dengan QuBisa

    BalasHapus
  53. Aku baru tahu nih ada platform sekeren itu boleh juga dicobain.

    BalasHapus
  54. Bismillah, mau coba ah buat anak tetangga. Siapa tahu jadi jalannya meningkatkan kehidupan keluarga.

    BalasHapus
  55. Saya kayaknya harus mulai manfaatin kartu prakerja nih buat upgrade skill.

    BalasHapus
  56. aku belum pernah daftar prakerja sih mba.. tapi kalau qubisa udah banget nih cobain. memang bagus2 coursenya. yang aku suka dia sistemnya mirip udemy, gampang ngikutinnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga udah pernah nyobain beberapa kelas gratis di QuBisa,

      Hapus
  57. Wah kalau lolos program prakerja dapat pelatihan gratis ya. Jadi pengen daftar nih. Semoga lolos biar bisa upgrade skill...

    BalasHapus
  58. Kalau dari pengalamanku, lalu baca ini, yang penting menurutku itu memilih berdasarkan kebutuhan. Karena kemarin, aku sempat milih karena minat. Eh, aslinya nggak butuh. Jadi sayang kayak sia-sia gitu endingnya.

    BalasHapus
  59. Aku setuju sih, untuk memilih pelatihan prakerja dan kelas yang mau diikuti itu perlu lihat juga kebutuhan kita yang paling krusial apa dan bisa bantu kita growing juga. Senang sih, apalagi saat ini udah banyak aplikasi e-learning yang bisa dipilih

    BalasHapus
  60. Aku rasa Pelatihan Prakerja beserta biayanya ini adalah langkah kongkrit dari Pemerintah guna memberkali masyarakatnya untuk memperoleh ide kreatif dan berusaha dengan baik.

    BalasHapus
  61. dengan adanya platform digital seperti di atas, kita sama2 mendapatkan kesempatan yang sama untuk mengasah kemampuan ya mbak.

    BalasHapus
  62. Kalau saya sih jangan memilih pelatihan prakerja di tempat yang terlalu banyak promo tidak masuk akal. Biasanya abal-abal kalau begitu. Ada teman yang pernah keliru katanya.

    BalasHapus
  63. Qubisa memang platform belajar yang recommended buat upskill, secara topiknya lengkap, bisa belajar apa aja bisa deh disana, sesuai namanya dan juga taglinenya, kamu bisa aku bisa :)

    BalasHapus
  64. suka membayangkan kalau lolos prakerja, saldo pelatihannya itu kan banyak ya jadinya pengin ambil kelas atau kursus yang sesuai minta dan juga kelas lain untuk tambah skill. nah qubisa ini bener2 lengkap semua materi ada, pilih juga jadi tak bingung lagi

    BalasHapus
  65. Mari mulai berinvestasi dari leher ke atas buat pengembangan diri. Walaupun saya daftar prakerja gagal terus

    BalasHapus
  66. Wah saya baru tau ada platfom QuBisa, makasi ya ka cocok u saya yg ga bs kmana2 karena masih ada bocil

    BalasHapus

Posting Komentar