=Hamimeha

Mengapa Memilih Investasi di Reksadana Pasar Uang? Cek Alasannya

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Mengapa memilih investasi reksadana pasar uang
Ingin menabung untuk dana darurat? Daripada menabung di rekening, Anda bisa memanfaatkan investasi Reksadana Pasar Uang. Berbeda dengan tabungan berbunga rendah, dengan investasi Anda bisa memperoleh potensi keuntungan yang lebih besar.

Apa itu Reksadana Pasar Uang sendiri adalah salah satu jenis Reksadana berisi portofolio jangka waktu investasi kurang dari satu tahun. Jangka waktu yang pendek ini membuat Reksadana Pasar Uang memiliki risiko lebih rendah.

Supaya lebih yakin untuk berinvestasi, cek dulu apa saja alasan Anda sebaiknya memilih Reksadana Pasar Uang.
 

Alasan Investasi Reksadana Pasar Uang Lebih Menguntungkan

Alasan memilih reksadana pasar uang
Reksadana merupakan jenis investasi yang cara kerjanya adalah dengan menghimpun dana dari investor. Dana ini nantinya akan dikelola oleh Manajer Investasi ke berbagai portofolio efek contohnya saham, obligasi, deposito, dan lainnya.

Jenis Reksadana ada empat macam, salah satunya adalah Reksadana Pasar Uang. Hal yang membedakan jenis Reksadana ini adalah jumlah alokasi dana pada portofolio efek. Khusus Reksadana Pasar Uang, instrumen investasi yang dipilih adalah produk pasar uang sebanyak 100%.

Sudah paham bukan apa itu Reksadana Pasar Uang? Apakah Anda cocok untuk memiliki Reksadana ini bisa simak dulu beberapa alasannya.

1. Memperoleh Potensi Imbal Hasil Lebih Tinggi

Keuntungan menjadi tujuan utama mengapa seseorang menabung atau berinvestasi. Namun jika dibandingkan dengan bunga tabungan, tentu saja investasi imbal hasilnya relatif lebih tinggi. Pada Reksadana Pasar Uang saja, jumlah keuntungan yang diperoleh tiap tahunnya berpotensi lebih tinggi dari deposito apalagi hanya bunga dari rekening tabungan.

Meskipun produk pasar uang yang dipilih juga deposito, namun ketika Manajer Investasi membuka deposito bunga yang diperoleh akan jauh lebih besar. Alasannya dana yang didepositokan lebih besar belum lagi adanya keuntungan dari surat utang yang tenornya kurang dari satu tahun.

2. Dana Bisa Dicairkan Kapan Saja Dibutuhkan

Reksadana Pasar Uang tidak memiliki batasan jatuh tempo, jadi Anda bisa mencairkan dana kapan saja sewaktu-waktu dibutuhkan. Tidak ada biaya penalti ketika harus mencairkan sebelum jatuh tempo atau biaya tambahan lainnya.

Hanya biasanya Anda akan mendapatkan biaya transfer apabila rekening bank yang dimiliki tidak sama dengan bank tempat deposito. Keuntungan ini tentu membuat Anda akan merasa aman untuk investasi kapan saja.

3. Bukan Objek Pajak

Alasan yang ketiga ini tidak hanya terjadi di Reksadana Pasar Uang saja tetapi juga Reksadana juga bukan merupakan objek pajak. Pada saat Anda memilih menggunakan deposito untuk menyimpan uang, maka ada pajak yang harus dibayarkan yaitu sekitar 20%, hal inilah yang membuat keuntungan jauh lebih kecil.

Berbeda dengan Reksadana Pasar Uang yang sama sekali tidak akan terkena pajak meskipun Anda sudah berulang kali investasi. Jadi tidak ada potongan pajak atas dana pokok maupun keuntungan yang diperoleh.

4. Investasi untuk Mempersiapkan Dana Darurat

Alasan ini berhubungan erat dengan keuntungan yang didapatkan lebih stabil jika dibandingkan dengan Reksadana saham. Anda tidak perlu khawatir nilai investasi tiba-tiba jatuh padahal sedang membutuhkan dana darurat.

Selain itu, proses pencairannya yang cepat yakni sekitar 7 hari kerja saja tidak akan memberatkan ketika Anda membutuhkan dana hasil investasi ini mendadak. Uang pun akan langsung ditransfer ke rekening Anda.

Investasi Reksadana Pasar Uang Melalui DBS Treasures

Setelah memahami dengan baik apa itu Reksadana Pasar Uang serta alasan mengapa Anda harus memilihnya, kini tinggal mencari dimana harus berinvestasi. Perbankan prioritas DBS Treasures adalah mitra finansial untuk Anda berinvestasi Reksadana Pasar Uang yang transparan dan dapat dipercaya.

Dbs treasures
DBS Treasures menghadirkan beberapa kemudahan kepada nasabah prioritasnya yang telah bergabung. Apa saja keuntungan yang akan diterima nasabah bisa Anda cek berikut ini.

1. Dana Investor akan Dikelola Profesional

Memilih layanan untuk investasi memang tidak mudah, apalagi jumlah dana investasinya di DBS Treasures minimal AUM 500 juta rupiah. Namun selama Anda berinvestasi di DBS Treasures tidak perlu khawatir soal perkembangannya, karena semua akan dikelola oleh Manajer Investasi yang berpengalaman.

Pilihan investasi yang Anda tentukan, misalnya Reksadana Pasar Uang maka akan dioptimalkan oleh Manajer Investasi tersebut. Anda bisa lebih fokus untuk aktivitas rutin sehari-hari dalam bekerja dan investasi akan jalan terus dengan baik.

2. Memperoleh Informasi Investasi Lengkap

Keuntungan lainnya adalah adanya tim ahli finansial khusus yang akan memandu Anda dalam hal investasi. Bukan sekedar menyampaikan informasi produk saja tetapi lengkap bersama kelebihan dan kekurangan produk serta peluang pasar yang sedang terjadi, semua sudah disesuaikan dengan preferensi dan kebutuhan Anda.

Anda yang sibuk bekerja tentu akan sangat terbantu dengan dukungan yang diberikan oleh tim ahli finansial dari DBS Treasures. Tidak perlu takut lagi untuk salah mengambil keputusan saat investasi.

3. Adanya Diversifikasi Investasi

Risiko yang terdapat pada setiap investasi akan diminimalisir oleh DBS Treasures dengan diversifikasi. Maksudnya adalah semua dana akan dialokasikan ke berbagai aset investasi sehingga jika salah satu aset mengalami penurunan, investor akan tetap memperoleh keuntungan dari aset lainnya.

Usai memahami investasi Reksadana Pasar Uang, Anda bisa mulai merencanakan dan mempersiapkan dana untuk investasi dari sekarang. Pastikan untuk tetap berinvestasi melalui DBS Treasures yang memastikan semua ketiga keuntungan tersebut akan diperoleh.

Saatnya bergabung menjadi nasabah prioritas di DBS Treasures dengan yakin karena berbagai keuntungan akan menanti Anda. Selain Reksadana Pasar Uang, Anda juga berkesempatan untuk memilih Reksadana lain seperti Reksadana Saham, Reksadana Pendapatan Tetap dan Reksadana Campuran.

Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

Posting Komentar

Popular