=Hamimeha

Sundance Film Festival: Asia 2022, Digelar Offline Guys!

Posting Komentar
Konten [Tampil]
Sundance film festival asia 2022
Hai Sobat Hamim, insan perfilman!

Kabar baik hadir dari IDN Media, pasalnya Sundance Film Festival: Asia persembahan dari Sundance Institute dan XRM Media akan dilakukan secara offline lho! Catat tanggalnya ya, SFF 2022 akan diselenggarakan pada tanggal 25-28 Agustus 2022 di Jakarta, Indonesia

Wah, menarik sekali bukan! Aku teringat dengan Sundance Film Festival:Asia 2021 yang diselenggarakan secara virtual di bulan September lalu berlangsung seru. Acaranya begitu padat dan penuh inspirasi dengan sajian program yang edukatif untuk dunia perfilman. Nah, aku tak bisa membayangkan bagaimana meriahnya Sundance Film Festival yang digelar offline kali ini.

Yuks deh simak ulasanku selanjutnya ya!

Tentang Sundance Film Festival

Yups, sebelum aku jabarkan bagaimana Sundance Film Festival Asia 2022 yang akan digelar offline ini. Mari kita menyimak apa itu Sundance Film Festival.

Sundance Film Festival adalah sebuah festival film di AS, dan merupakan salah satu festival film paling bergengsi di Dunia bersama dengan Festival Film Cannes, Mostra Internazionale d'Arte Cinematografica di Venezia, Internationale Filmfestspiele Berlin, dan Toronto Film Festival.

Tentang sundance institute
Sebelum berganti menjadi Sundance Film Festival pada tahun 1990, ajang bergengsi ini diberi nama United State Film Festival. Perlu Sobat Hamim ketahui bahwa Sundance Film Festival ini sudah eksis selama 36 tahun di bawah naungan Sundance Institute. Dan pertama kali digelar pada tahun 1985 yang bermula dari tiga tempat, yaitu Park City, Salt Lake City, dan Sundance, Utah, AS.

Alasan lain, besarnya antusias para insan perfilman pada ajang bergengsi ini adalah Sundance Film Festival tidak hanya berfokus pada film, tetapi juga memberi ruang bagi programer musik dan inovator bentuk media baru.
Pasalnya, kreator film independen yang berhasil tembus hingga tampil di Sundance Film Festival akan mendapat kesepakatan distribusi bisa mencapai 80 persen. Oleh karena itu, bisa disebut hampir semua film yang masuk ke festival ini bisa laris mendapat distributor. Terbukti pada tahun 2016, Nate Parker sebuah film yang bercerita tentang pemberontakan budak ini dibeli oleh Fox Searchlight laku dengan harga US$17.5 juta atau sekitar Rp249,77 miliar. Fantastis bukan?

Apalagi, setiap sosok di balik karya yang berhasil menembus Sundance Film Festival akan berpotensi menjadi bintang. Apalagi Sundace sudah bisa membuktikan bahwa film dengan anggaran kecil juga mampu bersaing.

Layaklah jika pendaftarnya mencapai belasan ribu untuk bisa ikut ajang bergengsi ini. Ada 143 negara yang berlaga dari seluruh dunia. Nah, apakah Sobat Hamim tertarik untuk mengumpulkan karyamu ke festival ini?

Yups lanjut ke ulasanku di bawah ya!

Kabar Baik Insan Perfilman, Sundance Film Festival Asia 2022 Digelar Secara Offline



Harapan untuk sundance film festival asia 2022

Kabarnya, Sundance Film Festival: Asia 2022 yang dilakukan secara offline ini akan ada pemutaran film, diskusi panel dan serangkaian acara lainnya yang special diramu untuk audiens Indonesia. Info lengkap terkait acara SFF Asia 2022 ini diumumkan di pertengahan tahun ini. Jangan sampai kelewat ya guys!

Tabitha Jackson selaku Festival Director Sundance Film Festival menuturkan jika mereka sangat senang untuk kembali bekerja sama dengan XRM Media dalam menghadirkan festival ini secara offline di Jakarta. Sebab ini merupakan kesempatan berharga untuk membagikan film-film independen favorit kita semua pada penonton di Indonesia. Wow, berasa istimewa ya!

Dalam rangka mengulang kesuksesan Sundance Film Festival tahun lalu, Mike Plante, Senior Short Film Programmer Sundance Film Festival menyebutkan bahwa mereka semakin antusias untuk mencari karya film pendek dari filmmaker berbakat di seluruh dunia.

Dan untuk terus mendukung filmmakers Indonesia, Short Film Competition Sundance Film Festival: Asia yang disponsori oleh Argo pun akan kembali diadakan. Para filmmakers bisa mendaftarkan film pendek genre apapun karya mereka yang sudah selesai diproduksi pada atau sesudah 1 Januari 2020, dengan durasi film selama 3-20 menit.

Pernak Pernik Sundance Film Festival Asia 2022

Yups, selanjutnya aku ingin sedikit mengulas seputar Sundance Film Festival Asia 2022 mendatang. Semoga info yang aku kasih bermanfaat ya Sobat Hamim!

Pertama, info pendaftaran Short Film Competition Sundance Film Festival: Asia 2022

Tentang Short Film Competition Sundance Film Festival: Asia 2022
Pendaftaran dibuka mulai 18 April hingga 31 Mei 2022 untuk Warga Negara Indonesia berusia 18 tahun ke atas yang tinggal di dalam maupun luar negeri. Informasi mengenai cara pendaftaran serta syarat dan ketentuan secara lengkap bisa di cek melalui website SundanceFilmFestivalAsia.org .

Kedua, Jajaran Dewan Juri

Di kesempatan kali ini, jajaran dewan juri yang mengkurasi karya yang masuk merupakan kolaborasi yang merupakan perwakilan dari Sundance Institute, IDN Pictures, dan Argo.

Adapun nama-nama dewan juri adalah sebagai berikut:

1. Kim Yutani, Director of Programming, Sundance Film Festival

2. Heidi Zwicker, Senior Programmer, Sundance Film Festival

3. Mike Plante, Senior Programmer, Short Film, Sundance Film Festival

4. Susanti Dewi, Head of IDN Pictures

5. Amanda Salazar, Head of Programming and Acquisitions, Argo

Ketiga, Hadiah dan Peluang bagi Pemenang

Ajang bergengsi kali ini disponsori oleh Argo. Bagi pemenang pemenang penghargaan Jury Award yang akan menerima hadiah 2.000 dolar AS. Tak hanya itu, film pendek yang terpilih juga berkesempatan untuk ditayangkan di platform Argo saat Sundance Film Festival: Asia 2022 bulan Agustus nanti.
Fyi, Argo adalah platform streaming dengan misi mengubah cara masyarakat menonton, membagikan, dan mengeksplorasi konten film. Argo juga membangun komunitas yang menghubungkan filmmakers dengan para audiens serta menampilkan berbagai genre film pendek yang dikurasi oleh para festival film, filmmakers, dan influencers dari seluruh dunia.
Selain tayang di SFF Asia 2022, film pendek terpilih juga didistribusikan secara global melalui platform Argo setelah festival berlangsung. Bahkan, mereka juga berpeluang mengikuti seleksi untuk ditayangkan di Sundance Film Festival 2023.

Wah menarik sekali ya hadiah dan kesempatan emasnya! Bagi Sobat Hamim yang berkecimpung di dunia perfilman jangan sampai melewatkan ajang bergengsi ini. Eits, buat kamu yang hanya bisa menjadi penikmat seperti aku catat tanggalnya ya, 25-28 Agustus 2022 di Jakarta.


See you!
Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

Posting Komentar

Popular