=Hamimeha

Harga Daycare Di Jakarta Bervariasi, Pilih Murah atau Terjangkau?

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Harga Daycare di Jakarta
"Kasih rekomendasi daycare donk!"

Dan biasanya akan berlanjut, harga daycare di Jakarta berapa ya?

Pertanyaan ini kerap aku dapat ada di beberapa komunitas whatsapp group yang aku ikuti lho Sobat Hamim. Dan rata-rata memang kebanyakan yang bertanya adalah peserta grup yang tinggalnya di area kota besar seperti Surabaya, Depok, dan Jakarta.

Nah, khususnya area Jakarta nih. Aku jadi tertarik untuk berbagi info tentang rincian biaya daycare di Kota Metropolitan. Mengingat cukup banyak yang berminat untuk merantau ke Ibu Kota. Menariknya, daycare di Jakarta ternyata banyak beud uey. Dan lagi harganya memang bervariasi ya mulai dari yang murah hingga harga kaum elit.

Biaya yang perlu dikeluarkan pun tergantung pada waktu dan layanan yang diberikan. Ada yang mematok harga perjam, perhari, bulanan, maupun insidentil. Wah, makin penasaran gak sih dengan harga daycare di kota dengan UMR Rp4.453.935 juta ini?

Yuks simak ulasanku di bawah ini ya!

Harga Daycare Di Jakarta

Harga daycare di Jakarta cukup variatif menurutku. Meski demikian Sobat Hamim bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan budget ya. Umumnya, orang tua memilih menitipkan anaknya di daycare karena relatif lebih aman, dilengkapi dengan fasilitas yang bisa bisa mendukung proses tumbuh kembang anak.

Namun, pada dasarnya daycare merupakan salah satu unit bisnis yang dikelola oleh sebuah instansi, yayasan, maupun perseorangan.
Meskipun daycare memiliki unsur pendidikan bahkan ada kurikulum tersendiri yang dibuat oleh penyelenggaranya. Namun untuk proses pembiayaan dilakukan secara mandiri tanpa subsidi pemerintah.
Inilah alasan kadang biaya daycare relatif terbilang cukup mahal bahkan setara dengan biaya sekolah. Nah berapa tarif yang dikenakan oleh pengelola untuk daycare di area Jakarta?

Faktor yang Mempengaruhi Harga atau Biaya Daycare

Berdasarkan referensi yang aku dapat ya Sobat Hamim. Umumnya harga yang dibandrol di setiap daycare dipengaruhi oleh beberapa faktor berikut:

Pertama, Alokasi waktu

Biaya yang perlu dikeluarkan untuk daycare dihitung berdasarkan lama waktu anak berada di daycare tersebut. Berkaitan pula dengan jumlah sumber daya manusia di daycare tersebut.

Misalnya hitungan per jam dengan tarif mulai dari Rp 35.000,- per jam hingga Rp 5.000.00,- per bulan.

Kedua, Fasilitas

Yup!

Alasan para orang tua memilih daycare adalah adanya kelengkapan fasilitas yang ditawarkan. Seperti arena bermain, kolam renang, field trip, ataupun adanya kunjungan dokter atau psikolog.

Ketiga, Kurikulum Penunjang

Wah, aku rasa ini poin kuat bagi seorang ibu bekerja menitipkan anaknya di daycare. Sebab daycare bisa menunjang kebutuhan anak khususnya selama usia golden age mereka.

Dilansir dari laman online alodokter, rupanya sebagian daycare dapat menerima bayi usia 6 minggu hingga anak yang memasuki usia Taman Kanak-Kanak (TK). Yup, mungkin hal ini disesuaikan dengan waktu cuti yang diberikan kepada para ibu bekerja setelah melahirkan ya Sobat Hamim.
Yup, kembali ke kurikulum. Daycare dengan kurikulum yang terperinci tentunya akan mempertimbangkan kebutuhan sumber daya manusia. Hal ini pula yang mempengaruhi harga daycare yang akan dituju.

Keempat, Usia anak

Nah, seperti yang aku sampaikan di atas. Bahwa daycare bisa menerima anak bahkan sejak usia bayi. Namun perawatan bayi dan balita tentu berbeda maka biaya daycare pun bisa jadi tak sama ya Sobat Hamim.

Hal ini mengakibatkan tarif daycare untuk bayi dan balita berbeda. Biasanya selisihnya tidak terlalu banyak kok hehehe.

Kelima, Lokasi

Wah, lokasi adalah faktor yang cukup tricky menurutku ya Sobat Hamim. Biasanya orang tua memilih daycare yang dekat dengan area tempat mereka tinggal dan bekerja. Meskipun demikian mungkin juga perlu dipertimbangkan memilih harga daycare yang sesuai budget.

Pilih yang memudahkan untuk dikunjungi maka pilihlah yang dekat area kantor. Akan tetapi jika ingin memudahkan saat mengantar dan menjemput maka pilihlah yang dekat dengan area tempat tinggal.

Wow banget ya Sobat Hamim mengulas tentang harga daycare di Jakarta yang ternyata tidak cukup murah. Namun jika Sobat Hamim tahu alasan mengapa para orang tua lebih memilih daycare dibanding baby sister tentu bisa memaklumi.

Yuk kita bahas sekilas tentang daycare.

Sekilas Tentang Daycare

Panjang lebar kita membahas tentang harga daycare eh kita belum tahu apa yang dimaksud dengan daycare hihihi, yuks kita kupas apa itu daycare dan mengapa para orang tua khususnya di area Jakarta dan kota besar memilih menitipkan anaknya di daycare? 

Bahkan seorang teman yang pernah aku kenal pernah menyampaikan, " Anakku masuk daycare Mim. Biar punya teman." 

Wah, alasannya unik bukan. Padahal aku tahu istrinya juga tidak bekerja lho! Ehem.. yuks deh simak ulasanku di bawah ini!

Apa yang dimaksud daycare?

Apa yang dimaksud daycare
Taman Penitipan Anak (Jakarta:2010) adalah salah satu bentuk PAUD pada jalur nonformal (PAUD nonformal) sebagai wahana kesejahteraan yang berfungsi sebagai pengganti keluarga untuk jangka waktu tertentu bagi anak yang orang tuanya bekerja.

Menurut Patmonodewo (2003:77), daycare adalah salah satu sarana pengasuhan anak dalam kelompok, biasanya dilakukan pada saat jam kerja. Day care adalah upaya untuk mengasuh anak-anak yang kurang dapat menerima asuhan orang tua secara lengkap, bukan untuk menggantikan tugas orang tua dalam mengasuh anak.

Daycare menyelenggarakan program pendidikan sekaligus pengasuhan dan kesejahteraan sosial terhadap anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun (dengan prioritas anak usia empat tahun ke bawah).

Yupi, apakah Sobat Hamim sudah mulai memahami nih mengapa orang tua khususnya yang bekerja memilih untuk menitipkan anaknya di daycare daripada mempekerjakan baby sitter atau pengasuh? Oke, agar semakin jelas yuks simak alasan memilih daycare di bawah ini!

Alasan Memilih Daycare

Alasan memilih daycare
Selain karena kesibukan dari para orang tua yang harus bekerja atau menyelesaikan urusan lain sehingga tidak bisa mengasuh anak di jam-jam tersebut. Alasan lain memilih daycare dengan segala sisi positif dan negatifnya adalah:

1. Praktis

Bagi orang tua bekerja, mereka tidak perlu menyiapkan menu makan anak-anak. Sebab di daycare umumnya sudah menyediakan termasuk dengan snacknya.

2. Menunjang Milestone Anak

Yup, aku rasa poin yang tak kalah penting adalah daycare sebagai supporting system bagi orang tua untuk mendampingi proses tumbuh kembang atau milestone anak.

Namun perlu Sobat Hamim ketahui bahwa daycare perannya mendukung ya. Orang tua tetap memiliki peran utama dalam mendampingi dan memantau pencapaian tumbuh kembang anak-anak mereka.

3. Anak belajar bersosialisasi sejak dini

Wah, semua pasti sepakat dengan poin ini. Sebab di daycare anak-anak segala usia bergabung menjadi satu. Jadi anak-anak di daycare akan belajar bersosialisasi dengan bermacam karakter anak dan usia.

Lingkungan seperti ini akan mengasah kemampuan anak dalam berinteraksi sosial. Satu hal yang mungkin bisa didapatkan ketika diasuh oleh baby sitter.

4. Aman

YUp!

Daycare dengan kualitas yang baik akan menjamin keamanan bagi peserta daycarenya. Biasanya ada CCTV untuk memantau apa saja kegiatan anak selama di daycare.

Yuhuiii itulah empat poin alasan yang biasanya dijadikan pertimbangan para orang tua memilih untuk menitipkan anak mereka ke daycare terdekat.

Pertimbangan lainnya mungkin terkait biaya. Meski tak semua sepakat, namun di beberapa kota lainnya harga daycare yang terjangkau tentu jauh lebih menghemat anggaran keluarga dibanding menyewa atau mempekerjakan pengasuh atau baby sitter.

Yup, menyoal tentang biaya daycare. Yuks kita simak bersama ulasan tentang kisaran harga daycare di Jakarta. Agar bisa persiapan ya Sobat Hamim, hihihi.

Kisaran Harga Daycare di Jakarta Dan Rinciannya

Biaya daycare di Jakarta
Di kesempatan kali ini, aku ingin menjabarkan biaya yang dikeluarkan berdasarkan rincian biaya yang perlu Sobat Hamim keluarkan jika memutuskan untuk memasukkan anak ke daycare.

Pertama, Biaya registrasi

Biaya registrasi atau pendaftaran, mulai Rp 500.000,- hingga Rp 3.500.000,-

Dibayarkan saat membeli formulir dan dilakukan di awal anak akan daftar di daycare.

Kedua, SPP

SPP adalah biaya per bulan berkisar Rp 1.000.000 – Rp 10.000.000,- per bulan

Besarnya biaya yang dibandrol oleh masing-masing daycare dipengaruhi oleh fasilitas serta layanan yang ditawarkan oleh daycare yang bersangkutan. Bisa juga, tergantung pada usia anak.

SPP atau biasa kita kenal dengan sumbangan pembinaan pendidikan ini umumnya dibayarkan setiap bulan. Namun tidak jarang kita temui di daycare juga menentukan tarif per hari atau bahkan insidentil dengan besaran biayanya tergantung masing-masing daycare.

Ada pula yang menerapkan sistem paket untuk perhitungan biayanya. Untuk SPP ini cukup bervariasi ya Sobat Hamim, jadi jangan kaget jika memang biaya daycare di Jakarta jauh lebih beragam. Ada yang sederhana langsung total pembayaran, sebaliknya ada yang sangat terperinci sehingga kita tahu post biaya yang dibayarkan.

Ketiga, uang pangkal

Uang pangkal atau sumbangan pengembangan institusi biasanya dikenakan ketika bersekolah. Namun ternyata, ada daycare yang menggunakan uang pangkal di awal pendaftaran lho!

Jumlahnya bisa mulai dari Rp 500.000,- hingga Rp 16.000.000,-

Keempat, Biaya Overtime

Nah, Sobat Hamim jangan kaget jika tagihan biaya daycare ada pembengkakan ya. Bisa jadi hal ini disebabkan oleh adanya biaya overtime.

Biaya overtime adalah biaya tambahan jika para orang tua mengantarkan sebelum jam atau menjemput sesudah jam operasional.

Tarifnya bisa beragam, ada yang mematok hitungan menit atau jam. Besarnya berkisar Rp 15.000,-/ 15 menit sampai Rp 50.000,-/ jam. Tergantung pada kebijakan masing-masing daycare.

Oke, ulasan tentang rincian harga daycare yang perlu Sobat Hamim siapkan sudah aku urai ya. Bagaimana jika kita cek daftar daycare di area Jakarta di masing-masing wilayah dan biayanya yuk!

Daftar Daycare di Jakarta dan Biayanya

Aha, agar Sobat Hamim memiliki gambaran harga daycare di Jakarta secara realnya seperti apa. Maka akan aku tuliskan 7 daftar daycare di Jakarta berdasarkan masing-masing wilayah ya.

A. Daycare di Jakarta Pusat


Anakita Childcare

Alamat : Jl. Cemp. Putih Timur XIII No.2, RT.1/RW.7, Cemp. Putih Tim., Kec. Cemp. Putih, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta


Fasilitas : Sun Bathing/Outdoor Activity, sosialisasi, bonding, kemandirian, tidur siang, makan 2x sehari, minum susu, baby gym, story telling


Biaya :

Full Daycare: Biaya Pendaftaran : Rp. 250.000, Uang Kegiatan : Rp. 5.000.000/tahun, Bayi (3 bulan – 1,5 tahun) Rp. 3.500.000/bulan, Toddler – Preschool (1,5 – 6 tahun) : Rp. 2.800.000/bulan. Daycare Harian: Bayi (3 bulan – 1,5 tahun) : Rp. 400.000/hari, Toddler – Preschool (1,5 – 6 tahun) : Rp. 350.000/hari.


B. Daycare di Jakarta Timur

1. Humble Bee Daycare

Alamat : Green Royal Residence Blok A2 No.3, Jl. Bambu Hitam RT 04/01, Bambu Apus, Cipayung, Jakarta Timur, 13890

Fasilitas : CCTV, edukasi untuk melatih sensorik dan motorik, kunjungan dokter untuk memeriksa kesehatan anak secara rutin, ruang bermain, tempat tidur personal dan higienis dan perangkat belajar audio visual

Biaya : Bayi : Rp 200.000/hari dan Rp 2.700.000/bulan. Balita : Rp 185.000/hari dan Rp 2.500.000/bulan. Biaya registrasi member bulanan : Rp 2.000.000/tahun

2. Daycare Ummi

Alamat : Jl. Masjid 1, RT 09/06, CIpayung, Kec. Cipayung, Jakarta Timur, 13840

Fasilitas : Memperkenalkan dan membiasakan adab-adab islami dan selama berkegiatan anak-anak diperdengarkan murrotal Al-Qur'an

Biayanya :

Paket 1, Jam 07.00-17.00, Bayi : Rp 100.000/hari dan Rp 1.800.000/bulan. Balita : Rp 100.000/hari dan Rp 1.500.000/bulan.

Paket 2, Jam 07.00-15.00, Bayi : Rp 100.000/hari dan Rp 1.300.000/bulan. Balita : Rp 100.000/hari dan Rp 900.000/bulan serta overtime Rp 30.000/jam

C. Daycare di Jakarta Barat


Al-Hadi Daycare

Alamat: Jl. Taman Aries Utama F/12, Meruya Utara, kembangan, Jakarta Barat

Fasilitas : Sarapan pagi, morning fresh, stimulasi perkembangan kognitif dan motorik, shalat dhuha, snack time, belajar diluar ruangan, belajar mengenal huruf hijaiyah dan do'a sehari-hari, tontonan edukatif, lunch, shalat dzuhur, tidur siang dan snack

Biaya : Daily Fee : Rp 175.000 (halfday), Rp 300.000 (fullday), Rp 1.050.000/weekly. Registrasi untuk daily daycare : Rp 800.000/3 bulan. Monthly fee 0-2 tahun : Rp 2.700.000 (fullday) dan Rp 2.200.000 (halfday). Monthly fee 2-3 tahun : Rp 2.300.000 (fullday) dan Rp 1.800.000 (halfday). Uang masuk untuk daycare bulanan : Rp 2.500.000/6 bulan dan Rp 3.500.000/tahun

D. Daycare di Jakarta Selatan


1. My Tootsie Bear Child Care and Learning Center

Alamat : Bellagio Residence, Tower B, Ground Floor Unit OG-20, Area Mega Kuningan Barat Kav. E4.3, Kuningan Timur, Setiabudi, Jakarta Selatan, 12950

Fasilitas :

Bayi: Baby Sunbathing, Baby Massage, Baby Gym, Program sesuai dengan perkembangan anak. Balita: Makan, Mandi, Story Telling, Song, dance, Belajar, Math, Language, Art and Craft.

Biaya :

Harian: Rp 400.000 untuk semua usia. Bulanan full day, Senin-Jum'at, Pukul 08.00-18.00 Rp 4.100.000 untuk bayi dan Rp 4.000.000 untuk balita

2. Sahabat Makola

Alamat : Jl. Alam Segar IV No.21, Pondok Indah, Kebayoran Lama, RT.7/RW.16, Pd. Pinang, Kec. Kebayoran Lama, Jakarta Selatan

Fasilitas : Stimulasi sensorik dan motorik, berenang, belajar bersosialisasi, jalan-jalan, bersepeda, art and craft, permainan indoor dan outdoor.

Biaya : Harian : Rp 300.000/6 jam, Rp 500.000/12 jam dan admin fee Rp 500.000/3 bulan. Mingguan : Rp 2.000.000 dan admin fee Rp 1.000.000/6 bulan. Bulanan : Rp 4.000.000/bulan dan admin fee Rp 3.000.000

E. Daycare di Jakarta Utara


1. Sunnyville Preschool & Daycare Jakarta

Alamat :Jl. Springhill Golf Residences II, RW.10, Pademangan Tim., Kec. Pademangan, Jakarta Utara

Fasilitas : Senam, belajar membaca, menulis dan menghitung, ruang terbuka hijau, art and craft, pemeriksaan dokter secara berkala

Biaya : Bayi, Pendaftaran : Rp 500.000/tahun dan Rp 4.000.000/bulan. Balita, Pendaftaran : Rp 500.000, Uang Pangkal : Rp 16.000.000, bulanan : Rp 7.200.000/bulan dan biaya aktivitas : Rp 3.000.000/tahun ajaran

2. Xaris Daycare

Alamat : Jalan Pluit Karang Indah V Blok X 8 U No.55, RT.3/RW.14, Pluit, Kec. Penjaringan, Jakarta Utara

Fasilitas : Sun Bathing, stimulasi sensorik dan motorik, baby massage, story telling, belajar menulis dan menggambar dan bermain yang menunjang pertumbuhan motorik halus dan kasar pada anak

Biaya : Registrasi : Rp 1.000.000. Fullday (10 jam) : Rp 230.000/hari, Rp 950.000/minggu dan Rp 3.500.000/bulan. Half Day (6 jam) : Rp 170.000/hari, Rp 700.000/minggu dan Rp 2.500.000/bulan. Keterlambatan menjemput : Rp 15.000/30 menit

Taraaa, Sobat Hamim sudah bisa menganalisa betapa beragamnya harga daycare di Jakarta dengan berbagai fasilitas serta rincian yang mereka berikan. Tinggal pilih yang murah atau terjangkau? Semoga gambaran di atas bisa menjadi referensi dan bahan pertimbangkan ketika memilih tinggal bersama anak di ibu kota, hehehe.

Aku berharap info yang aku jabarkan di atas bermanfaat ya Sobat Hamim. Biaya hidup memang mahal apalagi jika harus tinggal di pusat kota jadi bersemangatlah! Semoga diberikan kemudahan menemukan daycare terbaik untuk buah hati Sobat Hamim semua.

Nb: Daftar daycare yang dicantumkan bersumber dari pembantu.com
Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

Posting Komentar

Popular