=Hamimeha

Fitur IDN Live Di IDN App Membuka Potensi Ekonomi Kreatif Masa Kini

15 komentar
Konten [Tampil]
Fitur IDN Live di IDN App
Seorang siswa taman kanak-kanak menuliskan ingin menjadi youtuber review mobil. Menarik sekali bukan?

Bahwa saat ini cita-cita tak selalu orang dengan profesi dengan aturan waktu dan tempat yang mengikat. Sebab sebagai seorang youtuber ataupun vlogger, jam kerja mereka lebih fleksibel namun menyenangkan. Akan tetapi hasilnya juga menggiurkan.

Nah, tak heran jika anak-anak usia dini sudah mengimpikan menjadi youtuber kelak. Selain terlihat menyenangkan sejatinya aktivitas seorang youtuber atau saat ini biasa kita kenal dengan content creator itu sesuai dengan karakter generasi Alpha yang merupakan native teknologi.

Yup!

Kabar baiknya, IDN Media meluncurkan sebuah inovasi yang mewadahi para pekerja kreatif yang suka tampil di layar kaca untuk bergabung menjadi streamer. Wow, asyik bangetkan?


Yuhui, di kesempatan kali ini aku ingin membuka satu pintu peluang bagi para generasi muda agar terus produktif sesuai karakter mereka. Dengan hadirnya fitur IDN Live di IDN App yang membuka potensi ekonomi kreatif masa kini.


Wah mau tahu ulasan lengkapnya? Yuks simak selanjutnya dibawah ini ya!

Fitur IDN Live Di IDN App

IDN media sebagai perusahaan media berita dan hiburan multi platform untuk Milenial dan Gen Z di Indonesia terus melakukan inovasi tiada henti. Salah satu media yang terus berkembang dengan fitur-fitur menarik adalah IDN App.

Ada yang sudah download IDN App? Atau bahkan baru tahu nih Sobat Hamim? Oke, jadi IDN App adalah sebuah aplikasi membaca berita yang diluncurkan oleh IDN Media pada 16 Juni 2020 yang memiliki banyak fitur menarik serta disesuaikan dengan karakter generasi milenial dan gen Z.


Di IDN App, Sobat Hamim tak hanya membaca berita lho, bahkan bisa menghasilkan uang juga melalui tulisan di platform yang dulu pernah bernama IDN Times ini.


Yups, lalu apakah fitur baru dari IDN App yang makin seru tahun ini? Yuhuiii buat kamu yang hobi ngevlog, telah hadir IDN Live di IDN App yang mewadahi semangatmu sebagai seorang streamer lho!

Langsung cuss baca ulasanku di bawah ini ya!

Apa itu IDN Live?

Taraaa, sudah penasaran dengan fitur terbaru IDN App yang bisa mengembangkan potensimu menjadi seorang streamer?


Inilah Fitur IDN Live di IDN App yang membuat aktivitas live streaming mu lebih asyik dan menarik. Lha kok bisa? Iya, karena melalui IDN Live kita bisa berinteraksi langsung dengan para penonton. Tak hanya itu, keunggulan dari fitur IDN Live ini adalah memiliki topik yang beragam setiap harinya.


Wuih asyik banget kan ya, aku pribadi sudah beberapa kali mengikuti live streaming dengan topik kesehatan. Menariknya lagi, kita bisa memberi gift-gift lucu kepada para streamer. Pokoknya asyik deh!


IDN Live salah satu fitur IDN App (mobile apps based) yang menyediakan layanan live streaming berkualitas oleh kreator konten guna membantu milenial dan gen Z untuk mendapatkan tayangan yang bermanfaat dan berkualitas yang dapat dilihat melalui IDN App.


Apakah IDN Live Termasuk Ekonomi Kreatif?

Nah, kita menyoal tentang ekonomi kreatif nih Sobat Hamim. Apakah live streaming ini bagian dari ekonomi kreatif? Sebelum kita menjawab iya atau tidak, mari kita intip sekilas tentang ekonomi kreatif.

Sekilas Tentang Ekonomi Kreatif


Di tahun 2004 tepatnya pada masa pemerintahan presiden Susilo Bambang Yudhoyono, ekonomi kreatif mulai dikenal di Indonesia ketika pada masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono atau lebih tepatnya pada tahun 2004.

Menurut definisinya, menurut Departemen Perdagangan RI, ekonomi kreatif adalah sebuah industri yang bersumber dari ide-ide kreatif , keterampilan, dan bakat-bakat yang dimiliki oleh setiap individu dengan tujuan untuk menciptakan kesejahteraan serta membuka lapangan pekerjaan lewat penciptaan dan pemanfaatan kreativitas yang dimiliki.

Orientasi ekonomi kreatif ini adalah kreatifitas. Ditambah lagi dengan perkembangan teknologi seperti sekarangi ini. Melalui kecanggihan teknologi, kita dituntut untuk turut berkembang khususnya untuk kemajuan perekonomian bangsa.


Hal ini selaras dengan definisi dari ekonomi kreatif menurut UNCATD yakni ekonomi kreatif adalah suatu konsep ekonomi yang di mana sangat bergantung terhadap kreativitas, penggunaan teknologi, pengetahuan, dan penggunaan ide agar dapat menciptakan suatu produk terutama dalam sektor industri kreatif serta bisa berperan dalam mengembangkan ekonomi.


Wah, jadi seperti apakah ciri-ciri ekonomi kreatif itu?


1. Bersumber dari Kreativitas Individu


2. Bisa Didistribusikan Secara Langsung dan Tidak Langsung


3. Bisa Diganti atau Diubah dengan Mudah


4. Tidak Ada Batasan


5.Bisa Mengikuti Trend dengan Mudah


6. Memerlukan Kerja Sama


7. Memiliki Nilai Budaya


Sedangkan jenis-jenis ekonomi kreatif bisa bermacam-macam antaralain kerajinan tangan, musik, desain, fashion, game atau aplikasi, film, fotografi, dan video.


Wah lumayan banyak ya Sobat Hamim. Jadi apakah IDN Live merupakan bagian dari ekonomi kreatif?
 

IDN Live Bagian dari Ekonomi Kreatif

"Melalui program ini diharapkan bisa terus mengembangkan konten live streaming di IDN Live, baik dari segi kreator maupun kreativitas konten yang dihadirkan. Sekaligus ikut membangun kreator ekonomi di Indonesia," Ungkap Co-Founder & CEO IDN Media Winston Utomo kepada DailySocial.id.
Dan tak tanggung-tanggung lho, pasalnya telah disiapkan dana sebesar Rp50 miliar untuk apresiasi bagi para streamer sekaligus memotivasi mereka untuk terus berkreasi dalam membuat konten live streaming.


Tak hanya itu lho, bagi para streamer terpilih yang dinilai memenuhi kriteria tertentu akan mendapatkan keuntungan lainnya yakni media coverage, strategi promosi, dan iklan berbayar di ekosistem IDN Media. Selain itu juga akses untuk menggunakan studio profesional IDN yang terletak di kantor Jakarta dan Surabaya untuk pembuatan konten.


Ditambah lagi nih Sobat Hamim, buat kamu yang ikut menjadi streamer akan mendapatkan kesempatan sebagai berikut:


1..Para kreator memiliki kesempatan brand sponsorship yang difasilitasi oleh ICE (platform creator marketing milik IDN Media)


2. Mendapatkan pelatihan dan mentoring dari tim IDN Media


3..Mendapatkan perangkat untuk mendukung sesi live streaming, seperti kamera, mikrofon, mixer, dll.

Luar biasa, dukungan IDN Media dengan hadirnya IDN Live ini sangat totalitas ya Sobat Hamim. Apakah kalian tertarik? Yuks bergabung jadi streamer!

"Kami di IDN Media sangat percaya dengan potensi dari kreator ekonomi. Jika melihat dari tren yang ada, saat ini Gen Z juga sangat mendominasi kreator ekonomi di Indonesia. Karena itu kita juga mau mendukung generasi muda untuk bisa berkarya melalui konten yang bermanfaat dan berkualitas. One step at at time, for a better Indonesia," kata Winston.

Bergabunglah Menjadi Streamer di IDN Live di IDN App

Kabar gembira buat kita semua nih Sobat Hamim. Sebab, melalui IDN Live dari IDN App ini maka siapapun bisa menjadi streamer lho, asal memenuhi ketentuan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Lalu, bagaimana cara menjadi streamer di IDN Live?


Pertama, lakukan proses pendaftaran di Pendaftaran IDN Live New Streamer


Kedua, silahkan mengisi formulir pendaftaran yang disediakan


Ketiga, formulir kalian akan memasuki proses koreksi dan kurasi


Keempat, formulir yang memenuhi kriteria sebagai streamer maka akan dihubungi oleh tim IDN Live


Kelima, Bersiap lanjut ke tahap berikutnya.


Yeay, bersiaplah menjadi seorang streamer IDN Live.


Wow prosedurnya simpel ya ternyata hehehe. Peluang besar nih bagi Sobat Hamim yang memiliki potensi besar sebagai publik speaking.

Eh ternyata, IDN Live ini juga bisa menjadi sarana Sobat Hamim terus berkembang lho.


Apalagi jika topik yang disajikan beragam kok. Mulai dari tutorial, sharing, hingga tanya jawab dengan psikolog, lelang barang, dan masih banyak lagi. Bakal seru dan mewadahi potensimu!


Eh, kalau hanya ingin jadi penonton? Ehem, bisa boleh banget kok dan awas kecipratan hadiah ya saat live streaming bareng para streamer hihihi.

Seperti pengalamanku di bawah ini!

Kesan Menggunakan Fitur IDN Live


Yup! Kesibukan sebagai ibu rumah tangga kadang begitu monoton dan perlu sedikit hiburan ya hwkaaka. Dan aku senang sekali ketika mendapat kabar hadir fitur IDN Live apalagi ada program IDN Live Streamer Fund pada April 2022.

Meski masih level sebagai user, aku tetap happy.


Lima alasan happy menggunakan fitur IDN Live



1. Live streaming makin asyik dan menarik karena interaksi langsung

2. Sungguh ini hiburan sekali buatku, apalagi sejak pandemi sudah jarang keluar rumah. Bertemu dengan orang baru bagiku menjadi keasyikan tersendiri. Apalagi jika bisa interaksi dua arah, asyik gitu lho!


3. Bisa Live streaming sambil membaca berita


Nah, asyiknya lagi saat kita sedang live streaming akan ada waktu jeda. Di sela waktu jeda ini, aku biasanya menggunakannya untuk membaca artikel dari berita terbaru atau yang sedang ingin aku cari.


5. Adanya virtual gift bikin makin akrab


Bagiku virtual gift ini gemoy banget. Fyi? virtual gift adalah bentuk apresiasi yang diberikan oleh audience kepada streamer dalam bentuk animasi bergerak yang akan tampil di dalam live streaming room. Bentuknya berupa animasi dengan berbagai macam bentuk yang lucu dan unik.

Caranya, audience dapat membeli virtual gift menggunakan gold pada saat live streaming berlangsung.

Kesempatan mendapatkan hadiah ketika live streaming 


Aha, saat aku ikut live streaming tempo hari. Streamer yang aku ikuti sedang berbagi tentang tips sehat mengurangi lemak pada tubuh.

Dan menariknya, acara live streamingnya di meriahkan dengan berbagi hadiah berupa THR dalam amplop hihi. Lucu kan!


Gratis dan user friendly


Wah, gratis ini yang bikin aku betah menjadi pengguna setia IDN App sejak tahun 2019. Pun pengunaan fitur di dalam IDN App cukup mudah di pahami.


Jika kita belum punya akun IDN, maka download terlebih dahulu aplikasi IDN App di playstore atau appstore. Kemudian kita cukup mendaftar menggunakan email kita. Jadi deh!


Nah, setelah kita sudah masuk ke akun kita. Maka itu artinya fitur IDN Live sudah siap digunakan. Sobat Hamim, cukup tekan fitur berlogo IDN Live lalu memilih kategori live streaming mana yang ingin diikuti.


Ketika live streaming, ada fitur chat untuk bisa langsung berinteraksi dengan streamer. Dan logo kota hadiah untuk gift. Sedangkan tanda plus di sebelah kiri atas menu follow.


Tak hanya itu, kita juga bisa melihat berapa jumlah penonton live streaming melalui menu dengan icon mata. Wah seneng gak sih karena kita bisa dengan fitur IDN Live di IDN App membuat live streaming makin asyik!


Kesanku ketika menggunakan fitur IDN live ini adalah asyik. Sebagai ibu rumah tangga yang lebih banyak aktivitas di rumah membuatku mudah bosan. Dan live streaming unik versi IDN Live ini cukup menghiburku.


Para streamer selalu punya cara menarik untuk terus berinteraksi dengan para user. Mas Ricco Habil yang saat itu aku ikuti live streamingnya cukup ramah berbagi tips dengan para user termasuk aku. Jadi asyik gitukan akrab.


Apalagi ada hadiahnya hwkakaka. Pokoknta tak hanya para streamer yang dimanjakan oleh IDN Media melalui program Live Streamer Fund sebesar Rp 50 miliar rupiah. Akan tetapi juga para user pengguna fitur IDN Live di IDN App.


Aku suka sekali dengan kreativitas yang dimunculkan di oleh para streamer di IDN Live. Ini artinya mereka adalah calon generasi penerus yang memajukan ekonomi kreatif di negeri ini.


"Kami sangat terbuka dengan berbagai jenis konten live stream yang sesuai dengan kreativitas masing-masing. Mulai dari lifestyle, travel, kuliner, horor, musik, K-Pop, dan masih banyak lagi. Namun tentu tetap ada community guideline yang harus diikuti," kata Winston.



Yuhuii Sobat Hamim, itulah ulasanku tentang Fitur IDN Live di IDN App membuka potensi ekonomi kreatif masa kini.




Sumber :

1. https://www.gramedia.com/literasi/ekonomi-kreatif/

2. https://dailysocial.id/post/idn-live-streamer-fund-2022

Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

15 komentar

  1. keren deh anak tk udah bisa menuliskan cita-cita. Asyik ya di IDN bisa live streaming juga ternyata.

    BalasHapus
  2. Mantap nih app, semoga dengan hadirnya beragam aplikasi pendukung gini ekonomi kreatif warga bisa di lirik dan pastinya berkembang.

    BalasHapus
  3. makin eksis produk, cuan makin mendekat dan juga hubungan dengan customer makin lengket

    BalasHapus
  4. Eh, keren juga ya sekarang IDN makin meluas dengan adanya IDN App.. Bahkan membuka pendaftaran untuk kita kalau ingin jadi streamer yaa.. Boleh juga nih kalau mau dicoba :D

    BalasHapus
  5. sebagai perusahaan media berita dan hiburan multi platform yang gaungnya udah keras banget, masalah fitur dan kualitas aplikasonya gak perlu diragukan lagi ya kak. Pasti the best pokoknya

    BalasHapus
  6. Kerennya sekarang bisa dapet penghasilan tambahan juga dengan memanfaatkan fitur dari aplikasinya ya, Mbak. Jadi gak cuma bisa baca2 berita, tapi skrg bisa berkarya juga. Apalagi di zaman live streaming kayak sekarang bisa berkarya sesuai dengan minat juga.

    BalasHapus
  7. Yang bikin saya senang itu meski cuma nonton, tapi kita bisa kecipratan hadiah ya saat live streaming bareng para streamer. Mana bagus bagus juga acara yg dibawakannya

    BalasHapus
  8. belum penrnah nih aku nonton live streaming, apalagi kepikiran jadi streamer, hehehe. tapi jadi streamer di IDN banyak bonusnya ya, yang jadi audience juga. tertarik nih pengen kepo kepo

    BalasHapus
  9. artikelnya Mba Hamim selalu lengkap dan runut ya hihi. Jadi tahu tentang IDN dan manfaatnya. Kalau ada waktu bisa coba pelajari IDN ini lebih jauh siapa tau bisa jadi sumber penghasilan tambahan juga

    BalasHapus
  10. IDN Live Stream Fund 50 Miliar ini makin mendorong para konten kreator untuk menghasilkan konten live streaming yang berkualitas ya mbak

    BalasHapus
  11. Jadi kangen nulis di platform IDN. Kini makin banyak fiturnya. Bahkan udah ada IDN Live nya. Makin semangat dan tanpa batas untuk para kreator nih.

    BalasHapus
  12. Format dalam melakukan streaming di IDN Live ini bisa beragam yaa..
    Dan membentuk image atau branding dengan membuat kreator yang disukai ini butuh jam terbang. Semoga bersama IDN Live, bisa semakin banyak belajar dan menggali ide kreatif.

    BalasHapus
  13. Jadi pengen stremer di IDN, bonus nya lengkap kayak di fasilitasi gitu... Ijin kepoin apps ya kak..

    BalasHapus
  14. aku suka nonton IDN live karena disitu kita bisa diskusi langsung sama streamernya melalui kolom chat beragam informasi menarik juga bisa kita pilih tergantung minat yang kita suka

    BalasHapus
  15. platform live streaming makin banyak aja ya, mantap. makin banyak tempat kreator berkarya :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular