=Hamimeha

Atasi Sariawan Dengan Betadine Kumur

29 komentar
Konten [Tampil]
Atasi sariawan dengan betadine kumur
Hai Sobat Hamim?

Semoga dalam kondisi sehat ya. Aku lagi bermasalah dengan gigi berlubang plus sariawan nih. Meski sariawan bukan hal pertama yang aku rasakan tapi disertai dengan kondisi gigi cenut-cenut membuat drop juga.


Yup!

Tapi alhamdulillah, atas saran teman-teman aku mencoba salah satu cara atasi sariawan dengan betadine kumur. Biasanya sih aku pakai cara alami saja. Namun karena kondisi ini cukup mengganggu karena gigi berlubang jadi aku perlu cara lain donk.


Nah, bagaimana hasilnya?

Yuks deh ikuti pengalamanku mengatasi sariawan kali ini ya! Semoga bermanfaat.

Tentang Sariawan

Yuhuii, aku tanya dulu sama Sobat Hamim nih. Adakah yang belum pernah mengalami sariawan? Wah keren banget jika belum pernah sariawan. Jujur, nyaris setiap orang pasti pernah mengalami sariawan baik anak-anak hingga orang dewasa.

Pasalnya sariawan ini bisa terjadi pada siapapun. Karena penyebab sariawan ini juga bermacam-macam. Nah, untuk pembahasan lebih lanjut mari kita kupas apa itu sariawan dan penyebabnya serta cara mengatasinya.
Apa itu Sariawan?

Menurut KBBI, sariawan adalah penyakit pada gusi, bibir bagian dalam, langit-langit mulut, atau lidah (tampak merah atau putih dan melepuh). Sedangkan, menurut istilah medisnya sariawan adalah luka atau peradangan di bibir dan di dalam mulut. Luka ini dapat menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman.

Sariawan
Umumnya, sariawan memang tidak berbahaya. Itulah kadang beberapa orang menyepelekan sariawan. Pasalnya, sariawan akan berangsur sembuh setelah 14 hari. Meskipun demikian sariawan ini membuat aktifitas kita menjadi tidak maksimal antara lain makan, bicara, atau bahkan menelan.

Bagaimana jika lebih dari dua pekan ternyata sariawan tak kunjung sembuh? Sebaiknya segera periksa ke dokter ya Sobat Hamim.

Yup! Jadi apa sih penyebab sariawan ini?

Penyebab Sariawan

Sariawan umumnya mumcul di bagian dalam mulut, seperti di area dalam pipi, gusi, lidah, bibir, dan langit-langit mulut. Bentuknya bisa oval atau bulat, warnanya cenderung putih kekuningan dan disertai warna merah dipinggirannya. Biasanya hal ini terjadi karena peradangan. Jika sudah sampai di kondisi ini, rasanya sakit banget lho Sobat Hamim. Serius bikin emosi hwkakaka.

Nah, sebenarnya apa sih faktor penyebab sariawan yang mungkin bisa kita hindari ya. Yuks baca poinnya di bawah ini!

Pertama, cedera

Cedera yang dimaksud adalah luka yang disebabkan oleh kerusakan pada lapisan dalam mulut yang biasanya terjadi karena bibir tergigit secara tidak sengaja, gigi yang terlalu tajam, memakai kawat gigi, atau mengunyah makanan yang keras.

Kedua, kekurangan nutrisi tertentu seperti kekurangan vitamin, kekurangan zat besi atau vitamin B12, serta melemahnya sistem imunitas dan muncul infeksi.

Ketiga, infeksi jamur, bakteri, atau virus di mulut atau bagian tubuh yang lain.

Keempat, perubahan hormon. Umumnya terjadi pada wanita, sariawan rentan menyerang selama periode menstruasi. Selain itu, sariawan juga bisa disebabkan oleh perasaan tertekan, gelisah, atau stres.

Kelima, konsumsi makanan yang terlalu pedas dan berminyak. Misal kopi terlalu panas atau sambal yang terlalu pedas bisa memicu luka sariawan lho!

Yuhuuii, itulah kelima penyebab pada umumnya masalah sariawan yang sering terjadi. Sobat Hamim pernah mengalami yang mana nih?

Oke, agar sariawan tak berlama-lama bersarang di mulut maka biasanya aku mengatasinya dengan cara-cara alami. Karena beberapa bahan juga mudah didapatkan dari stok yang ada di dapur. Nah apa saja cara mengatasi sariawan dengan cara alami ala aku?

Atasi Sariawan Dengan Cara Alami

Meskipun sariawan bisa sembuh sendiri dalam jangka waktu tertentu namun kondisi tidak nyaman bisa sangat mengganggu sekali. Maka ada beberapa cara alami yang pernah aku lakukan Sobat Hamim, yaitu:

1. Madu

Berdasarkan berbagai referensi madu dipercaya memiliki sifat anti radang dan anti bakteri sehingga bisa membantu mempercepat proses pemulihan sariawan.

Pasalnya pada kasus sariawan, madu terbukti efektif dalam mengurangi rasa nyeri yang timbul, ukuran, kemerahan, serta mencegah terjadinya infeksi sekunder.

Pengaplikasiannyapun mudah, Sobat Hamim cukup mengoleskan madu pada bagian yang terdapat sariawan. Reaksinya mungkin agak perih namun lebih aman jika madunya tertelan hehe, manis!

2. Air Garam


Yups, tak hanya sariawan ya Sobat Hamim. Air garam juga biasa dipakai untuk meredakan sakit gigi. Pasalnya, garam bisa membantu menarik cairan luka sariawan sehingga proses pengeringan luka sariawan akan lebih cepat diatasi.

Caranya, larutkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Lalu berkumurlah larutan tersebut sampai dua menit sebanyak tiga kali sehari.

Atau bisa juga dengan mengoleskan garam pada luka sariawan lalu bilas. Lakukan secara rutin sampai sariawan hilang.

3. Tomat

Yups! Buah yang dikenal dengan kaya kandungan vitamin A ini juga ampuh atasi sariawan secara alami lho. Sebab tomat juga memiliki kandungan vitamin C di dalamnya sehingga bisa bantu mempercepat kesembuhan sariawan.

Caranya, konsumsi tomat 3-4 kali sehari dapat membantumu menyembuhkan sariawan secara alami. Sebaiknya dimakan langsung dalam bentuk buah tanpa diolah terlebih dahulu.

4. Yogurt

Ehmm yummy, alih-alih untuk mengatasi sariawan sebenarnya yogurt adalah minuman yang enak untuk dinikmati.

Nah, ternyata Yogurt dikenal memiliki kandungan probiotik alami.

Probiotik ini bisa bantu mencegah pertumbuhan jamur dan menghambat peradangan sariawan. Dengan Sobat Hamim rutin mengkonsumsi yoghurt maka akan membantu mempercepat kesembuhan sariawan.

Tak hanya itu, yoghurt juga mengandung bakteri Lactobacillus. Bakteri ini mampu menyebar ke dalam tubuh dan meningkatkan kekebalan tubuh. Sehingga, pemulihan sariawan lebih mudah dan aman.

Wah, asyik ya hehehe.

Dan masih banyak lagi, seperti kayu manis, kunyit, minyak kelapa, teh chamomile, serta buah dan sayur yang tinggi vitamin C. Namun dari semua itu empat yang aku sebutkanlah yang pernah aku coba ya Sobat Hamim. Bagiku cukup mempercepat penyembuhan sariawan yang aku alami. Setidaknya sariawan bisa sembuh kurang dari dua pekan.

Namun tidak efektif karena memang bahan alami biasanya bekerja lebih lama. Nah, kebetulan dua pekan ini aku mengalami sariawan sekaligus gigi berlubang. Jadi cukup menyiksa bagiku untuk melakukan aktivitas mulut. Apalagi aku dalam kondisi masih menyusui.

Alhasil atas rekomendasi teman aku mencoba menggunakan obat kumur. Dan obat kumur yang aku coba kali ini adalah salah satu produk dari Betadine.

Produk betadine
What? BETADINE, obat merah? Hwakkaa iya sih awalnya aku pikir juga obat merah rupanya betadine punya berbagai macam produk lho. Dan brand akan produk yang dipercaya selama lebih dari 50 tahun oleh banyak kalangan ini cukup menarik perhatianku. Maka daripada itulah aku berani mencobanya.

Yups kali ini aku menggunakan produk betadine kumur atau BETADINE® Mouthwash & Gargle. Yuks simak pengalamanku atasi sariawan dengan betadine kumur!

Pengalamanku Atasi Sariawan dengan Betadine Kumur


Sebagaimana yang aku sampaikan di awal. Alasanku memilih karena rekomendasi dari beberapa orang yang aku kenal. Dan aku ingin membuktikannya sendiri.

Perlu Sobat Hamim ketahui bahwa betadine di Indonesia memiliki beberapa produk yaitu Wound Care (Produk Penanganan Luka), URTI Care (Produk untuk Mulut, Hidung dan Tenggorokan), Feminine Care (Produk untuk Area Kewanitaan), Protective Care (Produk untuk Membersihkan Tubuh), untuk memenuhi berbagai kebutuhan pelanggan untuk mencegah dan mengatasi infeksi.

Yoi, kita kenalan dulu yuks dengan betadine kumur!

Sekilas Tentang Betadine Kumur atau BETADINE® Mouthwash & Gargle

Betadine obat kumur atau BETADINE® Mouthwash & Gargle salah satu produk dari BETADINE kategori URTI Care.

Betadine kumur

Manfaat Betadine Kumur atau BETADINE® Mouthwash & Gargle


Adapun manfaat dari obat kumur ini adalah untuk mengatasi masalah mulut seperti, bau mulut, sariawan, sakit tenggorokan, gusi bengkak, napas tak segar. Bahkan betadine kumur bisa diresepkan oleh dokter untuk mengatasi infeksi akut pada mulut dan tenggorokan seperti perawatan sebelum atau sesudah operasi gigi dan mulut.

Nah, banyak juga ya manfaatnya. Meskipun demikian, tidak dianjurkan penggunaan betadine kumur ini pada anak usia di bawah 6 tahun.
 

Aturan Pakai Betadine Kumur atau BETADINE® Mouthwash & Gargle


Tak kalah penting, Sobat Hamim harus menggunakan betadine kumur ini sesuai dengan aturan pakainya ya. Ingat, ini obat kumur jadi hanya untuk berkumur dan jangan ditelan hehee.

Mudah kok cara pakainya, langkahnya sebagai berikut:


Pertama, tuangkan 15 ml ke dalam tutup botol

Kedua, masukkan ke dalam mulut dan berkumurlah pada umumnya lalu buang

Ketiga, lalu tuang dan masukkan lagi betadine kumur ke dalam mulut namun kemudian mendongaklah kurang lebih 45 derajat dan tahan di tenggorokan dan keluarkan udara melalui mulut selama 30 detik

Keempat, buang cairan. Ingat, obat kumur tidak untuk ditelan!

Sobat Hamim bisa menggunakan betadine kumur ini selama 3-5 kali sehari. Fyi, ini obat kumur antiseptik ya jadi buat Sobat Hamim yang baru mengenal obat kumur ini tak perlu khawatir jika ada aroma semacam obat setelah menggunakannya, hehehe.

Yupi, setelah menggunakannya jangan lupa untuk menyimpan betadine kumur ini di suhu ruang atau sebaiknya di bawah 25 derajat. Jauhkan dari paparan sinar matahari langsung atau ruang lembap ya. Pastikan, semua obat-obatan jauh dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Impresiku menggunakan Betadine Kumur


Taraa, bagaimana kesanku setelah menggunakan betadine kumur atau BETADINE® Mouthwash & Gargle?

Menurutku menggunakan obat kumur khususnya betadine kumur untuk mengatasi sariawan ternyata cukup efektif. Untuk beberapa kali penggunaan saja, sariawan yang ada di beberapa titik mulutku jadi mereda lebih cepat.

Tak hanya itu, sakit pada gigi yang berlubang juga berkurang lho! Sehingga aku mendapatkan dua manfaat sekaligus saat menggunakan betadine kumur ini.

Memang untuk orang yang cukup sensitif dengan bau, betadine kumur memiliki aroma yang cukup kuat saat diaplikasikan hehehe. Saranku, setelah menggunakan obat kumur segera berkumur kembali dengan air dan aromanya akan berangsur-angsur menghilang kok.

Alhamdulillah, sekarang di rumah kami jadi stok betadine kumur atau BETADINE® Mouthwash & Gargle untuk atasi masalah mulut. Oh ya, betadine kumur ini cukup mudah di dapat karena dijual di berbagai apotik kok Sobat Hamim.

Wah, gak sampai 50K Sobat Hamim bisa menghadirkan betadine kumur ukuran jumbo untuk atasi berbagai masalah mulut yang mengganggu nih. Info lebih detil tentang produk betadine bisa Sobat Hamim simak di laman online berikut—> https://betadine.co.id/

Bye bye masalah mulut! 
Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

29 komentar

  1. Zaman saya masih susah makan sayur dan buah, sariawan suka hinggap dan obat kumur seperti ini mesti jadi stock di rumah. Jadi ingat kalau stock obat kumurnya habis, apalagi betadine ini merek andalan dah, di rumah

    BalasHapus
  2. wah, betadine gargle ganti kemasan toh? baru tahu. dulu seingatku warna hijau, sekarang makin cakep warna biru.. emang andalan sih betadine untuk sariawan.

    BalasHapus
  3. Ini produk kesukaan papa ku kalau beliau sedang sariawan. Emang ampuh sih. Soalnya setauku kalau lagi sariawan lagi banyak kuman di mulut, jadi ya betadine ini bantu membersihkan

    BalasHapus
  4. Mbak kalo berkumur gitu pas kena sariawannya nyess gitu nggak? >,< kebayang perih dan nyut-nyutan biasanya kalo sariawan kena obat kumur. Hihi. Tapi dulu kalau saya sakit gigi, saran dari drg juga rajin kumur pakai betadine loh..

    BalasHapus
  5. Selalu suka dengan grafis pendukung Mbak Hamim di setiap artikelnya. Btw, dulu taunya betadine itu untuk obat luka luar, sekarang betadine banyak berinovasi, salah satunya dengan hadirnya obat kumur ini

    BalasHapus
  6. Wah, khasiat Betadine memang mantap ya :D

    BalasHapus
  7. Rekomemnded ya Betadine Obat Kumur ini. Saya soalnya lagi sakit gigi plus sakit tenggorokan juga. Ternyata Betadine Obat Kumur ini ampuh ya buat yang sariawan. Kayanya perlu punya nih buat persediaan di rumah

    BalasHapus
  8. Setujuu, madu dan garam pas banget jadi andalan ketika sariawan.. Selain aman, pengaplikasiannya pun mudah, cukup dioleskan.. Tapi ketika sariawan agak berat dan tak kunjung sembuh, obat ampuhnya ya betadine :)

    BalasHapus
  9. Syok sama fakta dipakai NASA buat bersihin Apollo 11. Kebayang bahkan NASA sekalipun sudah percaya sama produk antiseptik Betadine

    BalasHapus
  10. Saya suka yoghurt, baru sadar Probiotik pada yoghurt bisa bantu mencegah pertumbuhan jamur dan menghambat peradangan sariawan. Tapi kalau mau lebih cepat sembuh sariawannya saya juga pakai Betadine kumur ini

    BalasHapus
  11. Ngebayangin luka sarianwan diolesi garam, apa nggak perih banget itu? Kayaknya mending pakai betadine, biar cepet sembuh.

    BalasHapus
  12. Laily Fitriani11 Juni 2022 05.44

    Memang sariawan ini bikin semuanya nggak berjalan lancar ya Mbak? Makan, menelan, minum, bicara jadi susah. Selama ini daku lebih mengobatinya pakai madu dan vitamin aja. Wah, sekarang ada Betadin obat kumur ya? Rekomeded lagi. Insya Allah akan coba.

    BalasHapus
  13. Wah Betadine ternyata tidak hanya obat luka ya. Ada juga obat kumurnya. Baiklah entar saya coba beli dan nyetok di rumah di kotak P3K.

    BalasHapus
  14. Pas banget nih aku lagi sariawan. Entah kenapa dah jadi langganan, tiap mau datang bulan, aku sariawan. Untungnya sedia Betadine kumur, jadi bisa mengurangi rasa sakitnya yang ehm banget.

    BalasHapus
  15. Baru tahu kalau yogurt salah satu cara alami buat mengatasi sariawan
    Bakal jadi barang wajib buat mengatasi sariwan nih, suami suka sering sariawan kalau salah makan

    BalasHapus
  16. Kebayang rasanya saat sariawan, mengunyah susah. Setuju mba, betadine kumur ini bisa diandalkan untuk atasi sariawan, aku pernah coba dan manjur :)

    BalasHapus
  17. Aku selalu ingat kisah Ibuku, kak Hamim. Ada tetanggaku yang dokter spesialis sariawan. Berbagai kasus pernah ia tangani dari mulai yang berat hingga yang B aja. Tapi qodarulloh, meninggalnya karena sariawan.

    Wallahu 'alam kisah lengkapnya bagaimana..
    Tapi ini jadi warning khusus bagi siapa saja yang mulai merasakan "alarm" dalam tubuhnya, jangan diabaikan hingga berlarut-larut.

    Untuk sariawan, harus banget sedia Betadine Kumur atau BETADINE® Mouthwash & Gargle di rumah. Aku pun pakai sejak pandemi ^^

    BalasHapus
  18. Kayaknya pernah denger kalau betadine ini emang bermanfaat buat sariawan deh, tapi saya belum pernah coba metode ini sih

    BalasHapus
  19. Aku pernah ikut seminar tentang kesehatan, salah satunya membahas tentang sariawan.. Emang bener kalau sariawan itu bisa sembuh sendiri dalam kurun waktu tertentu. Bisa cepat bs juga lambat. Tapi aku kadang ga sabar wkwk.. Periih banhet.. Ya akhirnya emang Betadine Mouthwash jadi jalan ninjaku sih.

    BalasHapus
  20. Saya mah sariawan dah langganan. Seringnya karena kegigit pas lagi makan atau ketusuk sikat gigi pas lagi bersihin gigi. Salah satu cara yang dipake, banyakin minum air putih hangat. Klo betadine di rumah, nyetoknya yang obat luar bukan obat kumur. Mungkin kudu nyetok juga.

    BalasHapus
  21. Ada rekomendasi baru yang bisa dicoba nih. Sariawan ini meski kecil tapi menganggu kesehatan mulut ya mbak. Coba deh next bisa pakai Betadine kumur

    BalasHapus
  22. Sariawan nih penyakit tidak berbahaya tapi kalau kena bisa bikin pusing juga. Soalnya buat makan juga jadi gak enak. Memang harus selalu menjaga kebersihan gusi dan mulut dengan Betadine nih.

    BalasHapus
  23. Aku nih tipe yg gampang bgt sariawan, entah kegigit pas makan atau ketusuk makanan yg tajam. Tapi seringnya kuobati pake alami aja dan emang lama sih. Kli pake betadine jdi cepet sembuh ya mba

    BalasHapus
  24. Izin bagi pengalaman ya Kak, selain pakai obat kumur, biasanya selama sariawan saya memakai siwak. Sehingga ketika gosok gigi jadi tidak sakit dan cepat sembuh. Hehehe...

    BalasHapus
  25. Aku pernah nih pake betadine kumur ini karena emang disaranin sama dokter gigi. Harganya emang terjangkau dan aku pakai setelah operasi gigi bungsu.

    BalasHapus
  26. Suami yg stok betadine kumur di rumah ini mba.. Apalagi pas awal pandemi kemarin, kayaknya menjadi barang yang langka juga ya mba

    BalasHapus
  27. Inget dulu zaman di pondok sering banget sariawan. Mungkin nggak sih karena stress juga?
    Alhamdulillah sekarang ada yang praktis ya, meskipun tetap berharap jangan sariawan ah...

    BalasHapus
  28. Mbak Hamim gimana si kecil udah disemprot betadine juga sariawannya? Semoga cepat sembuh ya.

    BalasHapus
  29. Iya sih rasanya memang aneh kalau pas dipake kumur-kumur hehehe... tapi ampuh banget untuk mengatasi berbagai permasalahan kesehatan di mulut. Saya juga beberapa kali menggunakan Betadine mba, terutama saat puasa ataupun setelah cabut gigi.

    BalasHapus

Posting Komentar