=Hamimeha

Harga Franchise Es Teh Indonesia Modal 100 Jutaan Lho!

Posting Komentar
Konten [Tampil]
harga franchise es teh Indonesia
Hai Sobat Hamim!

Beberapa waktu lalu di tempat tinggalku sedang ada pembukaan outlet baru minuman kekinian. Apa itu? Es.Teh Indonesia uey. Aku jadi penasaran nih, harga franchise es teh Indonesia berapa yak. Outletnya cukup banyak tersebar di beberapa kota Kabarnya, modal untuk buka outlet franchise Es Teh Indonesia mulai 100 jutaan lho! Wuih terjangkau donk apalagi jika bisa BEP sebelum satu tahun. Bagaimana ulasannya? Baca sampai habis ya tulisanku kali ini. Aku bantu bongkar dan semoga Sobat Hamim makin bersemangat untuk memulai bisnis.

Aku pernah iseng tanya kepada murid di sekolahku ketika ada program bisnisday. Menu yang cukup populer untuk dijadikan ide jualan simple untung melimpah adalah es teh yang dikemas dengan gelas plastik. Rupanya, mereka telah memperhitungkan dengan modal minim dan cara membuat yang tak begitu sulit. Jualan es teh kemasan gampang lakunya, dengan kata lain mudah menjual es teh dibanding ide jualan minuman ataupun makanan lain. Apalagi jika dijual di area tempat orang berkumpul seperti car free day, jalan sehat, dan agenda di luar ruangan lainnya.

Aha, inilah yang mendasari aku jadi penasaran donk dengan bisnis yang lagi naik daun yaitu es teh Indonesia. Aku sempat mengincipi segarnya es teh saat grand opening bulan lalu. Dibanding dengan es teh yang dijual ketika Sobat Hamim di car free day tentu kemasan Es Teh Indonesia lebih kece dan kekinian sih. Secara kemasan emang menjual jadi layak jika harganya agak lebih dari es teh pada umumnya.

Wah gak berlama-lama yuks kita ulas yak, Sebenarnya bagaimana peluang franchise es teh Indonesia sebagai usaha minuman kekinian?

Harga Franchise Es Teh Indonesia

Memiliki brand yang receh tetapi dekat dengan masyarakat merupakan kekuatan bagi Es Teh Indonesia, demikian tutur CEO Es Teh Indonesia Haidhar Wurjanto. Sebelum dia kemudian digantikan oleh Nagita Slavina sebagai CEO baru Es Teh Indonesia pada 14 Juli 2022 yang lalu. Nah, makin penasarankan Sobat Hamim bagaimana sih peluang usaha minuman receh tapi dekat dengan masyarakat ini? Berapa harga franchise Es Teh Indonesia yang kabarnya bisa meraup omset 5 juta perharinya?

Dilansir dari laman onlinehypeabis.id menyebutkan, terkait investasi awal yang dibutuhkan untuk membuka cabang Es Teh Indonesia, dibutuhkan investasi sebesar Rp120 juta termasuk franchise fee, bahan baku, dan perlengkapan. Jika ditambah biaya sewa dan renovasi tempat bisa mencapai hingga Rp200 juta sampai Rp250 juta.

Nah lho, kira-kira dengan omset 5 juta perhari maka balik modalnya butuh waktu berapa lama ya? Yups tak berlama lagi, yuks kita simak sekilas tentang Es Teh Indonesia terlebih dahulu di bawah ini!

Sekilas Tentang Es Teh Indonesia

Oke Sobat Hamim, sebelum aku jabarkan rincian harga franchise Es Teh Indonesia. yuks kita kenalan sekilas dengan bisnis minuman receh dengan visi go internasional ini. Esteh Indonesia adalah perusahaan F&B yang memiliki produk utama teh dengan konsep Grab & GO serta Dine in, sekaligus pelopor minuman teh di Indonesia dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Bisnis Es Teh Indonesia semakin meroket ketika pandemi sejak didiriakan pada tahun 2018 oleh Haidhar Wurjanto. Lahirnya ide yang terkesan biasa ini rupanya menjadi langkah awal melesatnya brand Es Teh Indonesia sehingga bisa menyabet Rekor Muri dengan dengan tema opening outlet terbanyak, yaitu 50 outlet dalam satu bulan.

Hal ini terjadi tentu berkat kepercayaan seluruh masyarakat Indonesia terhadap brand Es Teh Indonesia sehingga tumbuh dengan sangat cepat. Es Teh Indonesia bisa membuka dan melakukan Grand Opening Pemotongan Pita 50 Outlet dalam waktu sehari. Menariknya, kegiatan ini tercatat dalam sejarah baru yang diabadikan dalam Museum Rekor Dunia MURI.

Dikenalnya Es Teh Indonesia di banyak kalangan dengan cepat dikarenakan segi marketing yang dilakukan oleh Haidhar yakni marketingnya menggunakan media sosial TikTok. Melalui video singkat yang dibuat Haidhar berhasil viral dan ditonton jutaan kali. Akhirnya, Esteh Indonesia pun semakin populer dan diminati masyarakat Indonesia.

Wah unik ya Sobat Hamim!

Saat ini Es Teh Indonesia memiliki lebih dari 22 varian rasa serta telah memiliki lebih dari 700 cabang Es Teh Indonesia di berbagai wilayah di Indonesia. Bahkan, rata-rata penjualannya pun kini mencapai 600 cup per hari. Esteh Indonesia bahkan berhasil meraup omzet mencapai Rp50 miliar per bulan. Wah, jadi makin penasaran gak sih berapa harga franchise Es Teh Indonesia sehingga banyak yang berminat untuk mecoba peluang usaha bisnis minuman kekinian ini?

Mengapa Es Teh Indonesia Peluang Besar Usaha Minuman Kekinian

tentang es teh
Yups, “es teh” tentu bukanlah istilah asing di kalangan masyarakat Indonesia. Nyaris semua mengenal bahkan familiar dengan es teh dalam kehidupan sehari-hari. Dan peluang ini ditangkap dengan jeli oleh Haidhar untuk membuat brand yang dekat dengan masyarakat. Sehingga lahirlah Es Teh yang kemudian diiringi nama negara kita yakni Indonesia.

Brand “Es Teh Indonesia” yang istilahnya dipilih sebab dekat dengan kehidupan sehari-hari masyarakat ini membuat Es Teh Indonesia jadi mudah dikenal oleh banyak kalangan. Inilah alasan pertama, Es Teh Indonesia menjadi peluang besar untuk dijadikan bisnis bagi Sobat Hamim. Sstt, harga franchise Es Teh Indonesia juga terjangkau kok hahaha!

Kedua, di dukung dengan strategi marketing yang unik melalui tiktok dan Es Teh Indonesia juga membuat kaos dengan tulisan yang unik dan berkolaborasi dengan brand besar di Indonesia juga. Semakin menarik di akhir video, pihak Es Teh Indonesia juga meminta dukungan masyarakat agar bisa go international. Wow banget ya, down to earth kan! Di era saat ini, membuat strategi marketing yang dekat dengan kalangan milenial membuat suatu brand lebih mudah melesat.

Kabarnya, varian yang sering digemari atau best seller yaitu thai tea dan brown sugar. Sedangkan di kalangan remaja, Chizzu series, Creamy serta Original teh yang menjadi favorite. Namun tenang saja Sobat Hamim, Es Teh Indonesia memiliki lebih dari 20 varian rasa dengan ukuran medium, large, dan 4 toppings yang menjadikannya lebih kekinian. Nah, alasan ketiganya adalah hadirnya berbagai varian pada produk Es Teh Indonesia sehingga menyuguhkan banyak pilihan bagi customer.

Adapun untuk harganya sendiri dimulai dari Rp6.000 hingga Rp22.000. Yups, ini poin keempat. Wah makin tertarik untuk join bisnis anak muda inikah? Masih penasaran berapa harga franchise Es Teh Indonesia? Yuks kita simak langkah membuka franchise Es Teh Indonesia di bawah ini!

Alasan Franchise Es Teh Indonesia Pilihan Bisnis Berpeluang Besar

Tak hanya keempat alasan di atas ya Sobat Hamim, aku juga akan memberikan gambaran dari fakta-fakta melalui infografis di bawah ini!
kenapa pilih franchise es teh indonesia


Langkah Melakukan Franchise Es Teh Indonesia

Mengusung misi “Menjadi Market Leader Perusahaan F&B yang Menghasilkan Pengusaha Indonesia Berkualitas Melalui Media Pengembangan dan Pembelajaran Berbasis Teknologi”. Es Teh Indonesia adalah salah satu brand di bawah naungan PT. Esteh Indonesia Makmur yang bisnisnya bergerak dalam dua kategori yaitu Kemitraan dan penjualan product minuman berbahan dasar teh indonesia.

Memiliki misi untuk mewujudkan 7000 pengusaha berkualitas di tahun 2026 dalam Semangat Gotong Royong. Wah buat Sobat Hamim yang ingin membuka usaha waralabar memilih Es Teh Indonesia adalah pilihan tepat nih. Eits, tapi bagaimana langkah bergabung dengan kemitraan Es Teh Indonesia? Berapa harga franchise Es Teh Indonesia, apakah benar-benar terjangkau?

Syarat Mendaftar Franchise Es Teh Indonesia

Sebagaimana prosedur membuka bisnis waralaba, pihak Es Teh Indonesia memiliki tahapan untuk menyeleksi pihak-pihak yang akan bergabung bersama mereka lho! Yuks simak beberapa syaratnya di bawah ini:

Pertama, pastikan Sobat Hamim memiliki lokasi usaha yang strategis. Misalnya saja di tempat keramaian seperti mal, bandara, atau stasiun, pinggir jalan atau dekat area publik yang sering dikunjungi orang-orang seperti ruko, kantor, rumah, atau pun pekarangan. Pastikan juga lokasi gerai nantinya mudah diakses pembeli langsung ataupun melalui ojek online.

Kedua, Sobat Hamim jjuga harus menyesuaikan standar desain interior gerai dengan konsep yang telah ditetapkan dari manajemen Es Teh Indonesia.

Ketiga, dana yang harus kamu persiapkan jika ingin bergabung menjadi franchise yakni sebesar Rp120 juta. Biaya tersebut mencangkup lisensi brand, modal untuk konstruksi outlet seperti peralatan, stok bahan baku, dan lainnya. Wow, harga franchise Es Teh Indonesia cukup terjangkau kan ya? Bisa dibayangkan jika omset 5 juta perhari maka BEP bisa kembali dalam jangka waktu berapa lamakah?

Keempat, mempunyai visi misi yang sama dan beberapa persyaratan-persyaratan lainnya yang dapat Sobat Hamim ketahui lebih detail dengan menghubungi pihak manajemen atau bagian marketing Es Teh Indonesia.

Nah, salah satu misi dari Es Teh Indonesia menunjang lingkungan belajar enterpreneur dan interpreneur yang bermanfaat. Maka dalam hal ini orientasi dari kemitraan Es Teh Indonesia ini lebih dari sekadar keuntungan lho. Apakah Sobat Hamim makin tertarik? Gak sabar nih, berapa sih harga franchise Es Teh Indonesia?

Cara Pendaftatan Franchise es Teh Indonesia

Selanjutnya, jika sudah memenuhi syarat di atas maka silakan melakukan cara pendaftaran seperti di bawah ini!

1. Hubungi Call Center Es Teh Indonesia

Jika Sobat Hamim tertarik membeli dan mendaftar menjadi mitra franchise Es Teh Indonesia, kamu bisa menghubungi kontak tim marketing di nomor 0812 7731 744. Kamu juga dapat menghubungi melalui email di lewat esteh indonesia.id@gmail.com atau franchise@estehindonesia.com.

2. Mengisi Formulir Kemitraan di Website

Jika Sobat Hamim tertarik menjadi pengusaha dan berkontribusi membuka lapangan pekerjaan untuk ikut serta memajukan perekonomian Indonesia, bergabunglah bersama menjadi mitra Es Teh Indonesia berikutnya dan bertumbuh besar bersama-sama. Harga franchise Es Teh Indonesia gak sampai milyaran kok, hehehe!

3. Penandatangan Kontrak Franchise, Survey dan Pembayaran

Apabila pengajuan kemitraan kamu sudah disetujui, maka langkah selanjutnya, yakni menyetujui commitment fee, melakukan survei lokasi, melakukan design pembangunan outlet (kebun), dan melunasi lisensi fee.

4. Proses Persiapan dan Launching

Selanjutnya, tunggu hingga pihak Es Teh Indonesia mengirim alat dan bahan baku, melakukan training kepada karyawan, dan terakhir siap untuk opening outlet (kebun) Es Teh Indonesia.

Wah, sangat rapi dan tersistem ya Sobat Hamim jadi layak jika brand Es Teh Indonesia bisa memecahkan Rekor Muri untuk pembukaan outlet terbanyak. Masih penasaran dengan rincian harga franchise Es Teh Indonesia? Yuks simak detail penjelasannya di ulasan berikutnya ya!


Harga Franchise Es Teh Indonesia Terjangkau

Menggandeng tim profesional dan anak-anak muda kreatif memiliki visi dan misi yang sama dengan Es Teh Indonesia, Haidar menuturkan jika Es Teh Indonesia bisa sebesar saat ini juga tidak lepas dari keja keras seluruh tim. Selain di harga franchise Es The Indonesia yang cukup terjangkau dengan modal 100 jutaan lho!

Dengan kata lain, kerjasama tim adalah salah satu keunggulan yang diharapkan dapat mewujudkan misi Es Teh Indonesia untuk menciptakan merek F&B yang bertaraf internasional. Yups, di bawah ini akan dijabarkan dengan jelas terkait rincian harga franchise Es Teh Indonesia hingga proyeksi keuangannya ya Sobat Hamim.

Rincian Harga Franchise Es Teh Indonesia

Berikut rinciian yang Sobat Hamim bisa simak dan perhatikan catatan di bawahnya ya!

Tabel 1. Rincian Harga Franchise Es Teh Indonesia

No

Deskripsi

Biaya

1

Biaya Franchise

Rp120 juta (lisensi, perlengkapan, bahan baku)

2

Modal (booth/ruko)

Rp200 juta–Rp250 juta

3

Penjualan (rata-rata/hari)

Rp4 juta–Rp5 juta

4

Penjualan (rata-rata/bulan)

Rp100 juta–Rp150 juta

5

Keuntungan bersih

Rp20 juta–Rp30 juta (20%)

6

BEP

6 bulan hingga 1 tahun


Perlu Sobat Hamim ketahui bahwa harga 120 juta dengan license fee sebesar 4 tahun beserta dengan perlengkapan. Menariknya, selain dengan termasuk biaya perlengkapan, Sobat Hamim akan mendapatkan marketing tools (roll banner, es teh flyer dan desain untuk opening dan menu), dan mendapatkan seragam (baju polo, apron dan topi). Nah, akan tetapi perlu Sobat Hamim ketahui bahwa biaya ini belum dengan pembangunan atau renovasi outlet. Meskipun demikian harga franchise Es Teh Indonesia cukup terjangkau ya Sobat Hamim, apalagi setelah kita simak proyeksi keuangan berdasarkan sales dibahasan berikutnya.

Prosedur Pembuatan Outlet Franchise Es Teh Indonesia

Setelah Sobat Hamim mengetahui harga franchise Es Teh Indonesia secara rinci. Selanjutnya bagaimana prosedur pembukaan outlet? Yuks simak rancangannya di bawah ini!

Berikut untuk prosedur dalam pembukaan outlet;

Tabel 2. Prosedur Pembuatan Outlet Franchise Es Teh

No

Langkah

Keterangan

1

Pembayaran commitment fee

(DP Rp25 juta) 

2

Membuat WhatsApp Group 

 

3

Survei lokasi 

 

4

Pelunasan

Jangka waktu pelunasan minimal 14 hari dari melakukan DP dan maksimal 30 hari)

5

Mulai renovasi pembangunan outlet

 

6

Update pembangunan outlet

30%

7

Update pembangunan outlet

50%

8

Pengiriman equipment dan bahan baku, dan order tambahan bahan baku

 

 

9

Update pembangunan outlet

100%

10

Training Karyawan

Training karyawan selama enam hari

11

Opening Outlet

 

Proyeksi Keuangan Franchise Es Teh Indonesia

Setelah menyimak rincian harga franchise Es Teh Indonesia. Berikut merupakan proyeksi keuangan berdasarkan sales, dengan harga rata-rata pembelian sebesar Rp14.000. Dengan rincian sebagai berikut:

Tabel 3. Rincian Keuangan Franchise Es Teh dalam Satu Bulan

No

Deskripsi

Biaya (%)

1

Biaya tetap ( gaji 3 karyawan) dengan operasional dan biaya variable yang termasuk HPP

45%

2

Bonus pegawai

2% dari sales

3

Royalty fee

5%

4

Pajak (PB1/PPN)

10%


Simulasi Keuangan Penjualan dari Harga Franchise Es Teh Indonesia

Tabel 4. Simulasi Proyeksi Keuangan Franchise Es Teh Indonesia

No

Deskripsi

Biaya

Asumsi Sales Rendah

Pemasukan

Pengeluaran

1

Jumlah Cup 150 @14k x 30 (sebulan)

63000000

 

2

Biaya Tetap

 

10900000

3

Biaya Variabel

(HPP sebesar 45 persen)

 

28350000

4

Bonus Pegawai

 

1260000

5

Royalti fee

 

3150000

6

Pajak  (PB1/PPN)

 

6300000

 

Total

63000000

49960000

 

Laba Bersih

13040000

Kemungkinan BEP  dalam waktu 20 bulan

Asumsi  Sales Tinggi

 

 

1

Jumlah Cup 300 @14k x 30 (sebulan)

126000000

 

2

Biaya Tetap

 

10900000

3

Biaya Variabel

(HPP sebesar 45 persen)

 

56700000

4

Bonus Pegawai

 

2520000

5

Royalti fee

 

6300000

6

Pajak  (PB1/PPN)

 

12600000

 

Total

126000000

78120000

 

Laba Bersih

36980000

Kemungkinan BEP  dalam waktu 7 bulan


Wah, tidak sampai satu tahun lho bisa BEP untuk satu outlet franchise Es Teh Indonesia dengan asumsi outlet high sale ya hehehe. Ehm, siapa nih yang berencana membuka bisnis?

Setiap Peluang Membawa Faktor Resiko

Yuhuii, bagaimana Sobat Hamim perasaanya setelah menyimak pemaparan secara detail tentang harga franchise Es Teh Indonesia beserta prosedur-prosedur lainnya? Apakah semakin tertarik untuk bergabung dengan brand receh yang dekat dengan masyarakat ini?

Mengutip salah satu quote bijak berikut, 
“Kekuatan tidak hanya ditunjukkan pada kemampuan untuk bertahan, tetapi juga pada kemampuan untuk memulai kembali.” — F. Scott Fitzgerald.
Aku merasa hal ini akan terjadi pada seseorang yang akan memulai sesuatu khususnya dalam hal bisnis. Meskipun aku tekah menguraikan kesuksesan dari usaha minuman kekinian dari Es Teh Indonesia. Akan tetapi, Sobat Hamim perlu memahami bahwa setiap peluang senantiasa membawa faktor resikonya masing-masing.

Meskipun demikian, jangan takut memulai dan bangkitlah kembali jika memang resiko itu kemudian hadir dihadapan kita. Tantangan seorang pebisnis memang selain kesuksesan adalah kegagalan. Namun dari kegagalan inilah Sobat Hamim belajar.

Semoga dengan rincian yang cukup jelas aku sampaikan pada tulisan kali ini, menjadi bekal bagi Sobat Hamim untuk memulai bisnis dengan harga franchise Es Teh Indonesia yang cukup terjangkau ini. Bermodal 120 juta bisa BEP bahkan sebelum satu tahun lho!

Semangat memulai bisnis kawan!



Sumber Pustaka:

[1] https://www.estehindonesia.com/

[2] https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/06/26/esteh-indonesia-cetak-rekor-muri-pembukaan-toko-dengan-pemotongan-pita-serentak-di-lokasi-terbanyak

[3] https://hypeabis.id/read/883/ingin-ikut-kemitraan-es-teh-yang-lagi-viral-ini-dia-perhitungan-usahanya

[4] https://entrepreneur.bisnis.com/read/20220218/263/1501992/cek-biaya-franchise-es-teh-untung-dan-prosedurnya





Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

Posting Komentar

Popular