=Hamimeha

Cara Menghilangkan Rasa Pahit di Mulut Karena Asam Lambung

Posting Komentar
Konten [Tampil]
cara menghilangkan rasa pahit di mulut
Mulut adalah panca indera pengecap yang bisa merasakan bermacam rasa, salah satunya rasa pahit. Namun rasa pahit yang berlebihan karena asam lambung akan sangat mengganggu. Jadi Anda perlu juga mengetahui bagaimana cara menghilangkan rasa pahit di mulut karena asam lambung.

Cara ini sangat sederhana karena tidak langsung diatasi dengan obat-obatan medis, namun memakai bahan herbal yang sering Anda temui di rumah. Silahkan disimak sampai akhir.

Penyebab Munculnya Rasa Pahit di Mulut

1. Ada bakteri yang menumpuk

    
Bakteri yang menumpuk berlebihan pada gusi dan gigi adalah salah satu faktor munculnya rasa pahit pada mulut. Apalagi kalau ada gigi yang berlubang, rasa pahit di mulut akan jauh lebih parah.

Selain rasa pahit pada mulut, bakteri yang menumpuk juga bikin bau mulut tidak sedap. Sehingga bikin rasa percaya diri menurun dan bisa ganggu orang sekitar..

2. Sedang konsumsi obat tertentu


Rasa pahit pada mulut bisa juga disebabkan karena sedang mengkonsumsi beberapa obat-obatan tertentu. Biasanya hal ini akan dirasakan oleh pasien yang sedang melakukan recovery.

Beberapa obat yang menimbulkan rasa pahit di mulut yaitu obat penyakit jantung, obat anti jamur, obat kemoterapi, obat pengontrol tekanan darah, suplemen tertentu, dan kortikosteroid.antibiotik


3. Sedang hamil


Wanita hamil seringkali merasakan pahit pada mulut yang disebabkan karena fluktuasi hormon kehamilan.

Umumnya, Dysgeusia saat kehamilan bersifat sementara dan akan hilang secara tiba-tiba atau hilang setelah melahirkan.

4. Mulut kering


Mulut kering bisa menimbulkan rasa pahit pada mulut, karena menurunnya produksi air liur di mulut.

Selain itu, mulut kering juga bisa disebabkan karena sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu, adanya riwayat penyakit autoimun, sindrom sjogren, dan memiliki kebiasaan merokok.

5. Riwayat penyakit asam lambung


Saat asam lambung naik ke kerongkongan bisa menimbulkan rasa pahit atau asam di mulut.

Beberapa faktor naiknya asam lambung yaitu merokok, porsi makan terlalu besar, obesitas, dan konsumsi alkohol secara berlebihan.


7 Cara Menghilangkan Rasa Pahit di Mulut Karena Asam Lambung


tips atasi  rasa pahit di mulut
Jika Anda membutuhkan cara menghilangkan rasa pahit di mulut karena asam lambung, ada baiknya untuk mencoba cara berikut ini:

● Banyak minum air putih dan kunyah permen karet yang bebas gula, tujuannya untuk meningkatkan produksi air liur di mulut.

● Larutkan garam dan baking soda ke segelas air, lalu gunakan sebagai obat kumur.

● Hindari mengkonsumsi makanan yang berlemak dan pedas, karena bisa membuat asam lambung naik.

● Disarankan untuk mengurangi atau berhenti merokok.

● Menyikat gigi secara teratur minimal 2x sehari dan berkumur dengan mouthwash.

● Disarankan untuk menambahkan rasa asam, seperti jeruk nipis, cuka dan lemon pada makanan dan minuman untuk wanita hamil.

● Menjaga pola makan yang sehat. Jika Anda memiliki riwayat penyakit GERD, disarankan untuk menjaga pola makan dan membuat pola makan yang sehat sesuai anjuran dokter.

● Konsumsi Sereal umbi garut secara teratur. Umbi garut adalah obat alami yang sangat ampuh untuk mengobati asam lambung dengan cepat.

Pastikan tidak telat makan dan makan sesuai porsi yang dibutuhkan, jika porsi makan terlalu banyak bisa membuat GERD kambuh sewaktu-waktu.

Jika cara diatas kurang membantu dan rasa pahit di mulut masih terasa, bahkan terasa lebih parah sehingga Anda sulit mencerna makanan dan berpengaruh pada asupan nutrisi. Disarankan mengunjungi dokter untuk berkonsultasi secara langsung.

Nanti dokter akan memeriksa lebih lanjut dan memberikan solusi bagaimana cara menghilangkan rasa pahit di mulut karena asam lambung yang cocok untuk Anda. Lalu ikuti arahan dari dokter sampai sembuh.

Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

Posting Komentar

Popular