=Hamimeha

Cara Jadi Blogger Pemula Agar Konsisten Ngeblog Sampai Pro

11 komentar
Konten [Tampil]
Cara jadi blogger pemula agar konsisten ngeblog sampai pro
Hai Sobat Hamim,

Dii penghujung tahun 2022 ini aku ingin sedikit merefleksikan diri seputar perjalanan ngeblogku sejak 1,5 tahun yang lalu. Beberapa orang memberi komentar yang serupa tentang progres ngeblogku yakni “Hamim ini blogger pemula yang pesat sekali perkembangannya.”

Ohho, sejujurnya aku gak mau ke-GR-an apalagi kepedean dengan pujian mereka. Aku gak mau besar kepala meski sejujurnya tidak hanya satu atau dua kali pertanyaan tentang “Cara jadi blogger pemula agar konsisten itu seperti apa?”, kerap mampir memenuhi ruang chatku.

Yups, gak berlama-lama deh. Aku mau kasih bocoran kepada Sobat Hamim agar lebih konsisten seperti yang aku lakukan ya. Asli, cara ini sudah aku buktikan sendiri sehingga Sobat Hamim bisa mengadopsinya sesuai dengan kondisi masing-masing. Oke!

Ssst, tahukah kalian jika sejak awal tahun 2022 ini penghasilanku dari ngeblog mencapai belasan juta rupiah lho! Ini adalah buah dari komitmen dan konsistensi. Yuks simak sedikit tips dari aku tentang cara menjadi blogger pemula yang konsisten hingga pro!

Semua Blogger Pernah Jadi Pemula

"Setiap yang mahir berawal dari amatir" petuah seorang gurunda di kelas ngeblog.
Yups, tidak ada kesuksesan yang tiba-tiba ya Sobat Hamim. Setiap dari kita berusaha berproses menjadi lebih baik. Termasuk perjalanan ngeblog, semua blogger yang mungkin saat ini kalian kagumi sejatinya mereka juga melewati masa menjadi blogger pemula. Masing-masing dari mereka bisa jadi memiliki cara jadi blogger pemula agar konsisten ngeblog versi mereka.

Seringkali, orang-orang tergiur ngeblog karena prospek untuk bisa menghasilkan uang lewat tulisan. Padahal, job-job dari ngeblog bisa kita dapatkan manakala kemampuan menulis kita oke, performa blog kita kece, dan personal branding kita menarik.

Nah, sayangnya semua itu gak ada yang instan. Ada anak tangga yang harus dilalui step by step. Itulah yang aku lakukan hingga akhirnya mengantarkanku masuk dalam jajaran nama pemenang lomba blog skala nasional.

Sungguh, sebuah keberhasilan itu berawal dari pengalaman pertama yakni pemula. Jangan berpikir selama 18 bulan berkecimpung di dunia blog langsung menyulap ku jadi blogger seperti saat ini.

Oh tentu tidak!

Pertama kali ngeblog aku pernah dikritik habis-habisan terkait tulisan, pernah begadang belajar memecahkan kode di html, ikut kelas dan webinar sana sini meski dengan materi yang sama namun penyaji yang berbeda, serta jungkir balik yang gak perlu aku jelasin ya Sobat Hamim. Ntar jadi novel hehehe.

What for?

Alasanku melakukan itu semua sebab aku ingin menjalankan komitmen dan membangun konsistensi di dunia blogging. That's it!

Urusan job jadi makin mengalir dan bisa menang lomba blog itu adalah bonus yang berbanding lurus dengan usahaku untuk komitmen dan konsisten.


Kunci Sukses Blogger Pemula adalah Komitmen dan Konsisten

Tips konsisten ngeblog
Aku rasa quote di atas tidak berlebihan ya Sobat Hamim. Sebab banyak yang memilih ingin jadi blogger akan tetapi ketika di tengah jalan ada saja alasan yang membuatnya mundur teratur hingga akhirnya tak berprogres dalam waktu yang lama.

Inilah pentingnya komitmen sebagai kunci sukses ngeblog para blogger pemula. Ibarat sebuah pohon yang berakar kuat, meski diterjang angin topan sekalipun jika akarnya menghujam ke tanah maka akan sulit membuat pohon goyah.

Kedua adalah konsistensi. Dalam kehidupan seorang muslim, ada sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Aisyah dan menginspirasiku yakni "Amalan yang paling dicintai oleh Allah Ta’ala adalah amalan yang kontinu walaupun itu sedikit."

Yup!

Konsisten itu digambarkan sesuatu yang dilakukan terus menerus. Sedikit demi sedikit namun berkelanjutan. Inilah sebuah proses yang membentuk kita untuk menjadi blogger pro. Jadi bagaimanakah cara jadi blogger pemula agar konsisten ngeblog?

Cara Jadi Blogger Pemula Agar Konsisten Ngeblog Sampai Pro

Oke Sobat Hamim, kita telah sampai pada kiat-kiat yang sudah aku lakukan dalam berproses dari blogger pemula hingga di titik sekarang ini. Yuks simak yuks!

Pertama, temukan Big Why-mu

Yups, seperti yang aku sampaikan sebelumnya. Big why yang tepat akan mengarahkan kita membentuk komitmen yang kuat.

Mulailah dari menata niat, merumuskan tujuan, dan menentukan target apa yang bisa Sobat Hamim capai dalam jangka waktu-waktu tertentu. Dengan memulai aktivitas blog melalui rencana yang rapi dan terarah maka akan membuat kita lebih mudah untuk konsisten. Jika perlu buatlah journal blogging.

Kedua, cari trigger-mu buat ngeblog

Nah, jurus jitu keduaku ini memang agak bersifat subyektif ya. Buat aku yang memang suka dengan aktivitas memacu adrenalin. Maka aku mencari trigger untuk ngeblog dalam bentuk ikut challenge, ikut kelas, lomba-lomba, dan komunitas yang mendorongku untuk aktif ngeblog terus.

Buat Sobat Hamim, kalian bisa menemukan trigger versi kamu sendiri. Intinya, apa yang mendorongmu untuk terus ngeblog bahkan dalam kondisi terpaksa sekalipun. Bisa jadi itulah trigger-mu! Dari terpaksa lama-lama akan terbiasa.

Ketiga, bersikaplah selayaknya blogger profesional

Poin ketiga dari cara jadi blogger pemula agar konsisten ngeblog ini terinspirasi dari para blogger senior yang aku kenal. Umumnya, mereka yang bekerja secara profesional di dunia blogging adalah memiliki perencanaan yang apik untuk pengelolaan blognya, minimal berkaitan jadwal posting, ikut kelas, riset keyword, dan masih banyak sih.

Blogplan cara konsisten ngeblog
Nah, buat Sobat Hamim yang masih blogger pemula mungkin bisa dimulai dari membuat perencanaan posting secara konsisten. Jika perlu dijadwalkan secara teratur. Untuk mengapresiasi diri sendiri, Sobat Hamim bisa menerapkan reward dan punishment.

Misal, di tiga bulan pertama ngeblog berhasil posting minimal 4 tulisan dalam sebulan maka Sobat Hamim mau jajan ke resto favorit. Nah, ini bisa menyemangati kita sendiri lho!

Pun sebaliknya, jika tidak tercapai perlu evaluasi. Untuk menerapkan kedisiplinan pada diri sendiri maka bolehlah kita membuat hukuman sederhana yang mengarahkan kita untuk konsisten kembali.

Keempat, buat blog kamu tampil pro

Masih nyambung dengan poin ke-3 sih. Jika Sobat Hamim ingin bersikap seperti blogger pro dalam rangka membangun konsistensi ngeblog. Saranku buatlah blogmu ber-TLD alias Top Level Domain. Pon keempat ini adalah jurus jitu cara jadi blogger pemula agar konsisten ngeblog.

Jujurly, cara ini cukup efektif buatku dan sebagian orang. Sejak blog kita memakai domain berbayar maka semangat untuk konsisten menulis semakin terpacu. Ada dorongan untuk mengisi blog agar kita tidak merasa rugi sebab membayar domain.

Istimewanya, blog dengan domain berbayar memang terlihat lebih profesional. Peluang untuk dilirik klien menawarkan job pun lebih terbuka lebar. Umumnya, teman-temanku yang blog mereka menggunakan domain berbayar tampak lebih percaya diri ketika menulis dan membagikan tulisannya. Nah, ini bisa jadi bagian dari personal branding kan?

Apakah blogger pemula boleh pasang TLD?

Ohho.. 100% bolehlah!. Siapapun bisa tampil sebagai blogger profesional dengan langkah awal membeli domain untuk blog mereka.
Tips dari aku bagi blogger pemula yang masih dalam proses belajar sebaiknya carilah penyedia domain yang memang recomended. Jangan malas mencari info atau referensi penyedia domain melalui blogger lainnya. Biasanya, ada kabar baik yang diberikan blogger senior tentang promo pembelian domain.


DomaiNesia Rekomendasi Penyedia Web Hosting Murah Terbaik


Nah, kabar baik nih buat Sobat Hamim semua. Yang ingin menjadikan blog kalian tampil profesional namun terkendala dengan biaya. Jangan khawatir, ada info menarik tentang pembelian domain murah 1 tahun yang bisa Sobat Hamim manfaatkan yakni DomaiNesia.

DomaiNesia menyediakan berbagai pilihan domain dengan harga terjangkau sejak 2009 lho! 
Selama lebih dari 1 dekade DomaiNesia berusaha memberikan proses pelayanan terbaiknya dalam rangka memberikan kemudahan bagi semua orang untuk membuat proses registrasi domain dan hosting dengan fokus pada kualitas, serta tanpa biaya yang terlalu mahal.

Bahkan harga domain termurah yang ditawarkan oleh DomaiNesia mulai dari 10K per tahun lho! Wow seharga bakso Sobat Hamim!

Hanya dengan 10K bisa menjadi investasi jangka panjang dengan membuat blog kita lebih profesional lho! Tak hanya murah, tapi ada berbagai pilihan ekstensi domain populer seperti .com; .net; .xyz; .online; .id; dan .co.id dan lebih dari 80 ekstensi domain murah. Wah, aku jadi mupeng buat nambah blog lagi nih hehehe.

Tak hanya menyediakan domain murah 1 tahun, DomaiNesia juga menyediakan hosting murah dengan NVMe SSD berperforma tinggi dalam infrastruktur cloud yang mampu meningkatkan performa website serta mendukung banyak aplikasi web dan bahasa pemrograman.

Domain murah 1 tahun dari domainesia
Dan asyiknya lagi di DomaiNesia saat ini sedang ada penawaran special nih! Yakni Sobat Hamim bisa beli hosting murah gratis domain. Wah asyik ya! Buat Sobat Hamim yang saat ini menapaki tangga menjadi blogger pemula yang serius untuk menjadi blogger profesional, pilihan beli hosting murah gratis domain di DomaiNesia adalah langkah cerdas.

Dengan blog Sobat Hamim menggunakan hosting maka pengelolaan blog secara teknis akan lebih praktis. Sehingga, kalian bisa lebih fokus untuk meningkatkan kualitas tulisan dan rutin mengisi konten blog. Nah, hal tersebut akan mendorong Sobat Hamim membangun konsistensi ngeblog.

Dan lagi, buat Sobat Hamim yang memiliki bisnis jangan khawatir ya. Sebab di layanan hosting DomaiNesia menyediakan layanan personal dan pebisnis. Bagi Sobat Hamim yang membangun bisnis bisa beli hosting gratis domain jika ambil paket minimal mikro. Sedangkan untuk personal, Sobat Hamim bisa beli hosting gratis domain jika ambil paket minimal paket super.

Lalu berapakah harganya? Tenang, harga hosting termurah dari DomaiNesia masih sangat ramah bagi kantong blogger pemula kok! Mulai dari 12,5K rupiah saja Sobat Hamim bisa merasakan pengalaman terbaik dalam memiliki website dengan server berbasis Cloud yang andal dan cepat. Wah makin terlihat pro donk!

Yupiii, itulah ulasan cara jadi blogger pemula agar konsisten ngeblog yang bisa aku bagikan kepada Sobat Hamim di penghujung tahun 2022 ini. Semoga bermanfaat ya!

Rahasia Kesuksesan Ngeblog adalah Dirimu Sendiri

Kunci sukses ngeblog
Yup! Meraih kesuksesan itu ibarat orang yang sedang mengayuh sepeda. Untuk mencapai tujuan sepeda harus terus bergerak dengan cara dikayuh oleh si pengendara. Nah, si pengendara itu adalah kamu sendiri, Sobat Hamim!

Jangan pernah berpikir untuk bisa meraih suksesmu dalam dunia blogging jika kamu sendiri tidak bergerak meraih kesuksesan itu. Sebanyak apapun motivasi atau referensi tentang cara jadi blogger agar konsisten sampai pro yang kamu peroleh, jika tanpa praktik sama dengan nol.

Sejatinya, meski teorinya sama namun dalam praktik setiap orang bisa jadi mencapai hasil yang berbeda-beda. Artinya rahasia kesuksesan itu adalah tergantung pada usahamu mencapainya. Apakah sudah siap berproses dari blogger pemula menjadi blogger profesional!?

Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

11 komentar

  1. benar sekali, mau jadi bloger pro atau ngakunya pemula terus belum terbukti bila belum menemukan big why nya.Kwkkwkw, dan dan butuh konsisten tingga juga sebagai bukti kekokohan atas apa yg dipilih. Yaitu bloger pro.

    BalasHapus
  2. Luar biasa memang Mbak Hamim ini. Penghasilan ngeblognya sudah meroket. Semoga semakin berlimpah dan berkah di tahun selanjutnya ya, Mbak!

    Betul sekali, supaya bisa jadi bloger profesional perlu rencana yang terstruktur dan terkonsep. Dan semua ini tidak terjadi dalam waktu singkat. Perlu komitmen dan konsistensi.

    Wah, promonya bikin mupeng punya blog baru nih hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah..
      Targetnya blog menghidupi dirinya sendiri. Dan ternyats lebih-lebih hehehe..

      Tapo target utams adslsh menulis yang bermnfaat. ..

      Hapus
  3. Masya Allah sudah mencapai belasan juta donk.. Ya Allah jadi pengen juga kayak Mbak Hamim. Ini emang Bunda panutanque. Meski sibuk tetap profesional nyelesain pekerjaan. Keren banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hwkakaka...

      Belasan juta rupiah sejak 2022, mari kita akumulasi dari januari -desember 2022 hwkakaka.

      Alhamdulillah ya

      Hapus
  4. Masha Allah semoga semakin produktif ya kak, dan bisa nabung emas berlian wkwk canda. Tapi jadi blogger pro memang butuh konsisten dan belajar terus alias update ilmu. Rasanya juga nggak bisa sebulan dua bulan, huhu. Semangat teruuus ^^

    BalasHapus
  5. Menjadi blogger dah setahun lebih nih, makasih mbak hamim di akhir tahun ini bisa memberikan artikel yang kembali menjadi penguat untuk menguatkan big why

    BalasHapus
  6. Beruntung nya aku jdi sobat hamim, jdi ikut termotivasi terus lhoo, apalagi udah 2digit gitu. Bener2 salut sama ibu 1 ini, luar biasa komitmen dan konsistensinya dalam ngeblog.

    BalasHapus
  7. ya ampun kayanya baru kemarin nyusun mau ngapain di 2022 target blognya, kok udah mau ganti taun lagi aja

    BalasHapus
  8. Betul banget, setiap bloger pasti pernah menjadi "bloger pemula" termasuk aku.
    Jadi ingat saat-saat menimba ilmu blogging di blogspedia... Masih terngiang-ngiang kata Coach Marita: Konsistensi adalah koentji

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular