=Hamimeha

Tips Sukses Bisnis Online Agar Cepat Berkembang

Posting Komentar
Konten [Tampil]
Tips sukses bisnis online agar cepat berkembang
"Produknya sih bagus tapi menunggu barangnya sampai lama."
"Kak, paketku sudah sampai mana ya? Kok gak bergerak ini barangnya?"
"Mbak, apakah pesananku sudah dikirim?"
"Kalo ke kota X berapa ongkirnya mbak? Baiknya pakai ekspedisi apa ya biar cepat sampai? "

Yups, itu adalah sederet drama yang dihadapi oleh pebisnis online. Jujurly, aku pun pernah mengalami permasalahan komplain customer dan hal tersebut bikin capek bahkan down.

Nah, sebenarnya menjalankan bisnis online itu gampang-gampang susah sih. Susah jika kita tak menemukan strategi yang tepat dan supporting yang handal.

Oke di kesempatan kali ini aku akan berbagi tips sukses bisnis online agar cepat berkembang. Belajar dari pengalamanku dan teman-teman yang sudah menekuni bisnis online selama ini, mari kita belajar bersama yuks Sobat Hamim.

Layanan adalah Kunci Keberhasilan Berbisnis

Jika Sobat Hamim amati review dari beberapa toko di marketplace ataupun google tentang sebuah toko selain berkomentar seputar produk, poin kedua yang sering mendapat feedback adalah pelayanannya.

Begitu pula after sale yang ditawarkan suatu produk dari brand tertentu biasanya menjadi pertimbangan besar customer memutuskan untuk melakukan pembelian barang. Yups, hal itu pun yang aku lakukan ketika kemarin melakukan pembelian barang elektronik.

Ada lagi, pengalaman berdagang yang dilakukan oleh keluargaku selama ini adalah selain menunjukkan sikap ramah biasanya kakak atau ibuku melontarkan humor kepada pembeli. Rupanya hal ini yang membuat hubungan pembeli menjadi merasa dekat dan nyaman.

Nah, berdasarkan uraian di atas serta pengalaman dan pengamatanku maka bisa kita tarik benang merah bahwa sejatinya dalam berbisnis itu kuncinya adalah layanan yang baik. Pelayanan yang baik akan melahirkan loyal customer.

Lalu, apakah tips dari ilustrasi di atas berlaku bagi pebisnis online? Yups kita akan kupas di ulasan selanjutnya yuks!

Lima tips sukses bisnis online
Tips Sukses Bisnis Online Agar Cepat Berkembang

Menyoal tentang kesuksesan itu sejatinya tidak ada yang tiba-tiba. Namun segala hal itu butuh proses tak terkecuali dengan membangun bisnis. Nah, pertanyaannya adalah berapa lama proses yang perlu kita habiskan untuk sampai pada tahap sukses?

Jawabannya ya tergantung usaha kita sejauh mana ya Sobat Hamim. Mari kita belajar lima tips sukses bisnis online agar cepat berkembang di bawah ini?


Pertama, buat produk sesuai dengan kebutuhan pasar

Yoi, poin pertama tentu tentang riset pasar. Jangan sampai kita menjual produk yang tidak tepat sasaran sebab produk tidak memenuhi kebutuhan pembeli kita.

Seringkali hal ini terjadi dikarenakan pebisnis pemula sekadar mengikuti trend atau ikut-ikutan. Sebenarnya gak salah sih, tapi akan lebih baik jika kita menyesuaikan dengan siapa yang akan jadi calon customer kita.

Contoh, Sobat Hamim tinggal di area kos mahasiswa. Menjual makanan siap saji atau makanan siap makan akan lebih bermanfaat dibanding menjual sayur atau bahan mentah. Sebab, umumnya mahasiswa kos tidak mendapatkan fasilitas dapur. Selain itu, nilai kepraktisan makanan siap saji lebih besar bagi mahasiswa daripada masak sendiri.

Kedua, ciptakan produk yang unik dan bervalue


Memulai bisnis online atau mengembangkannya dari sesuatu yang sedang trend bukanlah masalah. Namun, sesuatu yang unik dan memberi nilai tambah dalam bentuk manfaat akan menjadi daya tarik.

Misalnya, jualan lilin hias. Lilin hias akan menjadi unik jika ditambah dengan aroma terapi sehingga tak sekadar sebagai pajangan tapi juga kesehatan.

Nilai tambah ini akan menjadikan bisnis onlinemu jadi lebih cepat berkembang dalam menarik minat pembeli. Apalagi pasca pandemi, kesadaran masyarakat akan kesehatan semakin meningkat.

Ketiga, memanfaatkan digital marketing


Yupi, di era digital saat ini metode pemasarannya pun juga berbeda. Hadinya bisnis online adalah impact kehadiran internet dan teknologi yang berkrmbang pesat.

Hal ini pula yang kemudian menggeser segala sesuatu yang bersifat konvensional atau manual beralih ke digital. Salah satunya dalam strategi pemasaran.

Yup, namanya saja bisnis online ya Sobat Hamim. Maka pemasaran pun kebanyakan media online juga. Tingkat keberhasilan dalam menarik customer mengenal hingga membeli produk kita adalah adanya pengaruh dari strategi pemasaran.

So, penting bagi bisnis online dalam bidang apapun memanfaatkan digital marketing untuk menjangkau customer yang lebih luas. Seperti, penggunaan media sosial, web, iklan ads, dan lain sebagainya.

Keempat, memberikan layanan yang optimal

Yups!
Sebagaimana aku jelaskan di awal tulisan ini. Tantangan dalam bisnis online seringkali berkaitan dengan layanan. Hal ini tidak bisa dipungkiri karena kondisi pembeli dan penjual tidak bisa bertemu langsung.

Cenderungnya, penyampaian tulisan kadang tidak sepenuhnya bisa mewakili maksud dari yang bersangkutan. Inilah poin penting yang perlu diperhatikan baik-baik bagi pebisnis pemula maupun lama.

Pastikan untuk senantiasa ramah, sabar, bersikap jujur, dan bermakna dalam setiap pengalaman melayani pelanggan.
Maksudnya apa nih pelayanan bermakna? Artinya kita sekalian mengedukasi dan membantu memberikan panduan manakala customer memang merasa kebingungan.

Tak jarang aku temui orang-orang yang loyal pada suatu produk brand tertentu dikarenakan layanan mereka yang baik. Raja adalah pembeli menjadi ungkapan yang bijak untuk dimaknai.

Baik selama proses calon pembeli bertanya hingga closing. Tak berhenti di closing, bagi bisnis online manajemen pengiriman barang adalah komponen penting yang harus diperhatikan.

Jangan sampai pelanggan kita kabur dikarenakan kendala pengiriman.

Kelima, pilih manajemen pengiriman jasa yang handal

Nah, bagi pebisnis online perlu mempertimbangkan untuk melakukan manajemen pengiriman barang yang handal untuk dijadikan partner kerja. Perfoma bisnis online seringkali diukur tak hanya kualitas produk tapi kualitas layanan mereka salah satunya proses pengiriman barang.

Dengan memiliki supporting system pengiriman manajemen jasa yang handal makan akan meningkatkan performa bisnis online kita. Dampaknya, bisnis online akan menjadi cepat berkembang.

Lalu, apakah ada rekomendasi manajemen jasa pengiriman yang handal untuk Sobat Hamim? Yuks baca ulasannya do bawah ini!


Review KiriminAja Sebagai Manajemen Pengiriman Jasa Para Pebisnis Online

Memilih manajemen jasa pengiriman yang handal ini secara tidak langsung adalah upaya agar performa bisnis online kita menjadi meningkat lho. Kok bisa?
Yups! Karena masalah pengiriman paket merupakan hal yang sangat pelik bagi pebisnis online. Hal ini tentu berdampak pada penilaian dan performa bisnis kita bukan?

Sehingga menjadi penting untuk menggunakan menggunakan manajemen jasa pengiriman merupakan proses perencanaan dan pelaksanaan juga pengendalian kegiatan pengiriman barang atau dokumen dari satu tempat ke tempat lainnya melalui jasa pengiriman secara praktis.

Nah, KirimAja adalah platform manajemen jasa pengiriman yang menyediakan berbagai produk dan layanan untuk pengiriman domestik dan pengiriman internasional serta bisnis gudang untuk pelanggan.

Wow, bisa dibayangkan kalau dalam satu aplikasi bisa mengakses berbagai ekspedisi. Praktis bukan? Menariknya lagi, .manajemen jasa pengiriman biasanya akan melibatkan pengaturan proses serta sistem dan memastikan kualitas pengiriman barang dan layanan yang memuaskan pelanggan dengan cepat, aman juga efisien.

Jadi, dengan trend belanja online yang semakin meningkat seperti saat ini. Bisnis online juga akan cepat berkembang asalkan memiliki supporting system yang handal seperti aplikasi kirim paket #1 Indonesia sebagai manajemen jasa pengiriman yang bisa diandalkan kualitasnya.

Tujuh Keunggulan KiriminAja

Selain praktis, ada 7 keunggulan KiriminAja cocok sebagai manajemen jasa pengiriman andalan bisnis online Sobat Hamim.

Pertama, menyediakan layanan terintegrasi

Tak hanya praktis karena bisa kirim paket berbagai ekspedisi dalam satu aplikasi. Namun, KiriminAja telah memiliki layanan terintegrasi sehingga mudah dalam mengontrol dan monitoring melalui Dashboard, API, dan Mobile yang tersedia.

Kedua, fitur lengkap

Ada berbagai fitur yang melengkapi kepraktisan penggunaan KiriminAja sebagai manajemen jasa pengiriman. Salah satu fiturnya adalah kirim paket masal yang bisa Hemat waktu dan tenaga untuk kelola pengiriman hingga ratusan paket dalam 1x upload data excel.

Wow, jika pelayanan seperti ini customer pasti suka nih! Langkah untuk mengembangkan bisnis online jadi lebih muda.

Ketiga, menyediakan sistem otomatis

Tak hanya lengkap, KiriminAja sebagai Manajemen jasa pengiriman memiliki sistem otomatis yang memudahkan pebisnis online mau pun online seller untuk mengecek ongkir seluruh ekspedisi yang bergabung di layanan KiriminAja.

Keunggulan kiriminaja
Keempat, menyiapkan ekspedisi terbaik

Jaringan ekspedisi yang tergabung dalam KiriminAja adalah ekspedisi berpengalaman. Layanan terbaik ekspedisi-ekspedisi tersebut adalah layanan SameDay, Next Day, Reguler, Ekonomi, Kargo maupun Instan.

Asyiknya, para pelaku bisnis online tinggal memilih ekspedisi dan layanan yang diinginkan dengan pengecekan ongkos kirim terlebih dahulu.

Bukti nyata hadirnya fitur undelivery yang merupakan kerjasama antara KiriminAja dengan ekspedisi pilihan untuk memastikan paket tidak langsung kembali (hold package) dan bisa diantar ulang sampai ke penenerima.

Kelima, memfasilitasi cash flow monitoring dan real time

Wah, proses administrasi sering menjadi tantangan pelaku bisnis online. Namun tenang saja, sebab KiriminAja memberikan kemudahan pantau paket, pencairan COD, saldo, semuanya secara faktual.

Ditambah lagi, hadirnya layanan cash flow monitoring sangat membantu pebisnis online atau online seller dalam memantau serta memahami arus kas bisnis untuk setiap pengeluaran.

KiriminAja membuat #CashFlowAman sehingga bisnis jadi tenang. Artinya, tantangan bisnis online selama ini bisa teratasi dengan manajamen jasa pengiriman handal KiriminAja.
Jadi, sudah siap berkembangkah bisnis Anda?

Keenam, hadir untuk support 24/7

Sebagaimana aku sampaikan di atas ya Sobat Hamim, layanan dan after sale adalah poin penting dalam memutuskan pembelian.

Dan KiriminAja telah didukung layanan support 24/7 sehinga ketikaada masalah dalam pengiriman paket, online seller maupun buyer bisa menghubungi CS yang ramah dan cekatan selama 24 jam 7 hari.

Wah, andalan banget kan ya! Udah, tenang, KiriminAja deh untuk urusan manajemen jasa pengiriman bisnis onlinemu.

Ketujuh, manajemen staff

KiriminAja sangat memanjakan dengan fitur-fiturnya. Termasuk dalam manajemen staff dengan akses tertentu bisa membantu menyelesaikan segala proses manajemen order hingga reporting.

Ehm, tujuh keunggulan ini tentu menjawab tantangan terkait layanan pengiriman yang sering jadi masalah klasik pelaku bisnis online bukan?

Jadi, jangan risau ya dengan KiriminAja #BisnisJadiTenang dan #CashflowAman.

Keberhasilan Bisnis Online Sejatinya Tentang Pelayanan

Yups, aku tak memungkiri bahwa di era digital saat ini tak mudah membangun kepercayaan pelanggan kepada pelaku bisnis online. Akan tetapi kita bisa mengerjakannya kok!

Hadirnya KiriminAja menjadi angin segar bagi pelaku bisnis online untuk meningkatkan performa bisnis mereka. Sehingga kepercayaan pembeli terhadap bisnis online yang kita jalankan meningkatkan.
Penting untuk kita pahami bersama bahwa layanan yang baik akan meninggalkan kesan yang berharga. Inilah yang akan melahirkan pelanggan yang loyal untuk bisnis online kita.

Sobat Hamim tak perlu bingung apalagi khawatir. Sobat Hamim bisa memilih KiriminAja sebagai manajemen jasa pengiriman handal dalam meningkatkan bisnis online kalian. Udah, tenang aja, pilih ekspedisi KiriminAja untuk menjadi bagian dari bisnis dalam pengiriman paket ke seluruh Indonesia.


Sudah siap memgaplikasikan tips sukses mengembangkam bisnis onlinemu!




Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

Posting Komentar

Popular