=Hamimeha

Peluang Belajar Bersama Anak Selama Liburan di Ancol, Asyik dan Edukatif!

Posting Komentar
Konten [Tampil]
Liburan bersama anak
Hai-hai Sobat Hamim

Menyimak berita sudah mulai menginfokan seputar mudik dan libur lebaran ya.Setelah nyaris 2 tahun kita dihantam pandemi dan tidak bisa menikmati momen lebaran bersama keluarga dan sanak suadara. Di tahun ini tentu menjadi momen istimewa untuk kembali merayakan kemeriahan Idul Fitri bersama keluarga.

Eits, tak hanya itu. Kebetulan cuti bersama kali ini terhitung panjang menurutku. Sebuah kesempatan emas untuk bisa menghabiskan waktu bersama anggota keluarga khususnya anak-anak bukan? Wah, aku jadi teringat tiap kali menentukan destinasi liburan salah satu pertimbangan kami adalah tujuan wisata yang tak hanya menyenangkan tapi berisi edukasi. Sebab ketika kita mengunjungi tempat wisata bisa menjadi peluang belajar bersama anak lho!

Nah, kali ini aku mau kasih tips dan rekomendasi tempat wisata yang asyik tapi tetap edukatif nih. Yuks simak ulasannya di bawah ini!

Memahami Dunia Anak melalui Bermain yang Menyenangkan

Yups, masa kecil adalah masa penuh warna dan begitu menyenangkan. 
Bermain adalah sifat naluriah anak pada umumnya. Sebagai orang tua pun kita sepakat bahwa dengan bermain anak menemukan kebahagiaan sebab anak-anak bisa mengekspresikan berbagai perasaannya.
Seringkali, ketika liburan kita menjadikan pertimbangan banyaknya wahana bermain sebagai tujuan wisata untuk anak-anak.

Padahal nih ya Sobat Hamim, liburan bisa dijadikan sarana belajar anak lho! Mulai dari merencanakan liburan hingga memilih tujuan wisata yang tak hanya sekadar hiburan tapi ada nilai pembelajaran. 

Memang benar ketika anak bermain sejatinya mereka sedang belajar. Jadi, menurutku memilih tempat wisata sebaiknya tak hanya mempertimbangkan untuk hiburan namun ada nilai edukasinya. Nah, menarik bukan!

“ Bunda, itu kan onta yang seperti di kebun binatang ya,!” seru anakku yang masih usia batita. Kenangannya bertemu gajah langsung ternyata melekat lho! Hal ini sesuai dengan prinsip kerja otak dalam menyimpan memori jangka panjang melalui hal-hal yang berkesan dan menyenangkan. Nah, jadi liburan bisa menjadi peluang belajar bersama anak kan!


Tips Liburan Bersama Anak Agar Nyaman dan Seru


“Liburan dengan dua balita kok aman-aman saja sih,Mim?”

Pertanyaan di atas seringkali terlontar dari teman maupun kerabat. Jujur sih aku menggunakan tips berikut ini:

Pertama, memastikan kondisi anak fit

Kunci liburan bersama anak agar nyaman dan seru adalah pastikan kondisi kesehatan anak maupun anggota keluarga yang ikut fit. Kesehatan adalah poin pertama yang harus diperhatikan sebab liburan itu meski menyenangkan tetapi bikin capek hehehe.

Kedua, biasakan sounding sejak awal

Yoi, ini jurus kedua yang aku terapkan pada anak-anak. Melakukan sounding jauh sebelum melakulan perjalanan liburan bersama anak adalah penting.

Sounding memudahkan kita memberikan pemahaman kepada anak tentang apa yang perlu disiapkan, bagaimana diperjalanan, serta tujuan wisata apa yang akan kita tuju dan bagaimana sikap kita ketika di tempat tersebut.

Aku bersyukur di poin kedua ini membuatku sukses mengajal dua balita untul liburan maupun camping.

Ketiga, memastikan kelengkapan anak aman

Nah, tips ke-3 liburan bersama anak agar nyaman dan aman tentunya adalah memastkkan kelengkapan anak aman ya Sobat Hamim.

Misal, perlengakapan baju ganti jika menginap, cemilan, obat-obatan, atau bahkan mainan jika diperlukan.

Keempat, interaktif selama di perjalanan

Wah, ini poin yang krusial tapi seringkali diabaikan oleh para orang dewasa ketika liburan bersama anak. Tahukah Sobat Hamim, perasaan anak-anak itu sejatinya sama dengan orang dewasa pada umumnya.

Bisa jadi, anak-anak lebih excited dan terus memikirkan bagaimana kondisi liburan nanti. Seringkali, orang tua mengeluhkan anak rewel sepanjang perjalanan.

Nah, tips dari aku adalah lakukan aktivitas menyenangkan bersama anak selama perjalanan. Misal bernyayi, bercerita, tebak-tebakann, atau membahas tentang tempat wisata yang akan dikunjungi.

Suasana interaktif ini akan mengurangi rasa bosan pada anak. Dampaknya, anak bahagia, tidak rewel, dan tentu saja lebih kooperatif sebab kita melibatkan mereka dalam aktivitas liburan ini.

Kelima, menentukan destinasi wisata bersama

Nah, aku sudah menyingung untuk melibatkan anak dalam aktivitas liburan kita akan memupuk rasa percaya diri, tanggung jawab, serta membangun nilai kerjasama dengan anak.

Termasuk dalam pemilihan tempat wisata ya Sobat Hamim. Biasanya, orang tua menentukan sendiri tujuan wisata dengan alasan agae cepat dan lain sebagainya

Padahal, jika kita melibatkan anak-anak akan membuat anak-anak merasa dihargai. Selain itu, mereka juga belajar bermusyawarah dan menyampaikan pendapat. Tips dari aku, biasanya aku mendengarkan dulu pendapat mereka.

Jika memang usulan mereka tidak realistik, tugas kita adalah memberikan pemahaman dan arahan. Tak jarang aku juga menunjukkan tempat wisata pilihan mereka lewat video. Sehingga mereka jiga bisa membuat pertimbangan.

Menyoal tentang tujuan wisata nih. Aku ada rekomendasi tempat wisata asyik dan edukatif nih Sobat Hamim. Yuks simak di bawah ini!

Taman Impian Jaya Ancol, Rekomendasi Wisata Asyik dan Edukatif

"Nanti kita ke Seaword ya Bunda setelah kompetisi." Demikian ucap salah satu rekan kerjaku di salah satu sekolah. Saat itu aku dan beberapa siswa terpilih sebagai finalis olimpiade matematika untuk siswa dan guru di Bogor.

Dan serunya, sepulang kompetisi kami jalan-jalan dulu yakni ke Ancol tepatnya di Seworld. Masya Allah pengalaman yang tak terlupa meski duah berselang 7 tahun lho!

Tempat wisata rekomendasi ancol: Dufan
Aku sangat merekomendasikan Taman Impian Jaya Ancol ini sebagai tujuan wisata keluarga yang asyik tapi tetap edukatif. Pasalnya, Ancol merupakan salah satu destinasi wisata yang difavoritkan di Jakarta Utara lho!

Gak heran sih, sebab banyak pilihan dari mulai pantai, beragam wahana seru, serta pemandangan yang menentramkan menjadi pilihan tepat liburan keluarga apalagi anak-anak.

Buat Sobat Hamim yang berencana liburan di Jakarta, rasanya gak afdol jika tidak menjelajahi keseruan theme park pertama di Indonesia ini. Apakah itu? Dunia Fantasi (Dufan).

Sejak dibuka pada tahun 1985, Dufan terus berinovasi dengan berbagai wahananya yang seru mengasyikkan lho! Mulai dari Kereta Misteri, Baling-Baling, Paralayang, Turbo Drop, Zig-Zag, Kolibri, Karavel, Ontang-Anting, Hysteria, Halilintar, Poci-Poci, Rumah Miring, Istana Boneka, Tornado hingga Kora-Kora..

Dengan harga tiket dufan yang terjangkau, kita bisa menikmati banyak wahana beragam bersama anak-anak dan keluarga. Seperti Bianglala, Ice Age Arctic Adventure, Dream Playground, Galactica, Rumah Jahil, The Mysterious Land, Burung Tempur, Arung Jeram, Kontiki dan lain sebagainya.

Wah menarik semua ya!

Eits selain Dufan, rekomendasi tempat wisata di Jakarta Utara lainnya adalah Sea World, Atlantis Adventure, Ocean Dream Samudra, Allianz Eco Park, Augustine Pinishi, Faunaland, dan lain sebagainya.
Melihat beragamnya tempat wisata di Jakarta Utara, tentu liburan bersama anak akan berkesan dan menyenangkan. Sebagaimana pengalamanku mengenal banyak ikan dan suasana seakan di bawah laut ketika memasuk Seaworld.
Nah, Sobat Hamim bisa memasukkan Ancol dalam daftar list tujuan wisata nih di lebaran kali ini hehehe.

Liburan Sebagai Sarana Belajar untuk Anak

Yups, liburan sejatinya mengajarkan banyak hal pada anak mulai dari persiapan, perjalanan, maupun ketika berada di lokasi wisata. Peluang belajar bersama anak delama liburan ini akan semakin optimal dengan pemilihan tempat wisata yang bisa memberikan pengalamaj berkesan, menyenangkan, apalagi jika ada sisi edukasi yang bisa diperoleh anak-anak.



























Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

Posting Komentar

Popular