=Hamimeha

Utamakan Keselamatan dengan Service Motor Secara Berkala

23 komentar
Konten [Tampil]

Pentingnya service motor secara berkala
Mau nanya nih ibu-ibu. Benarnya berapa bulan sekali sih normalnya servis rutin dan ganti oli motor? Dipakai buat anter jemput anak jajan bakso doang motornya,” tulis seorang teman di beranda Fb miliknya.

Aku menyimak terdapat beragam jawaban yang disertai alasan mengapa sering ataupun jarang melakukan servis motor mereka. Namun, rata-rata menuliskan satu bulan sekali bagi pemakaian normal dan 2 bulan sekali bagi yang jarang berkendara.

Yups, aku pribadi menyerahkan urusan perawatan motor ke suami. Doi lebih jago dan “telaten” untuk urusan yang bersifat rutinan itu. Alasannya, “Biar awet dan enak saat dipakai kan. Apalagi ntar kamu harus kuliah jauh.” Ah, aku jadi meltingkan. Aku memahami bahwa segala sesuatu jika dilakukan perawatan secara tepat memang jauh lebih tahan lama.

Namun, poin yang tak kalah penting tujuan dari merawat kendaraan yakni melakukan servis secara rutin adalah keselamatan kita ketika berkendara. Dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa Kecelakaan lalu lintas dapat terjadi karena beberapa faktor yang saling berinteraksi yaitu faktor pengemudi (manusia), lalu lintas, jalan, kendaraan dan lingkungan (Sulistio, 2006).

Faktor penyebab kecelakaan yang berasal dari faktor kendaraan antara lain : kondisi rem yang kurang baik, ban pecah, selip, serta tidak ada atau tidak menyalanya lampu kendaraan terutama ketika mengemudi pada malam hari. Kecelakaan lalu lintas yang diakibatkan oleh kerusakan rem (rem blong) sering terjadi karena kurangnya pengawasan dan perawatan pada rem sepeda motor.

Nah, perlu kita garis bawahi ya Sobat Hamim terkait kurangnya pengawasan dan perawatan pada rem sepeda motor berakibat laka lho! Jadi, yuks kita utamakan keselamatan dengan service motor secara berkala ya! Lalu apa saja yang perlu dicek ketika service? Yuks simak ulasanku di bawah ini!

Manfaat Service Kendaraan Motor Secara Berkala

Service motor adalah
Sebaiknya perlu kita ketahui ya Sobat Hamim, apa sih manfaat melakukan service motor secara rutin?

Pertama, Menjaga performa kendaraan agar tetap optimal

Umumnya, kendaraan yangs sering digunakan akan mengalami penurunan fungsi. Namun dengan melakukan perawatan rutin, kita bisa mendeteksi dini jika ada gejala permasalahan yang muncul. Sehingga servis secara berkala bisa menurunkan risiko kerusakan parah pada komponen sepeda motor. Hal ini akan berdampak pada kondisi kendaraan akan tetap bekerja secara optimal.

Kedua, berkendara lebih nyaman dan aman

Yups, manfaat kedua ini merupakan hasil dari poin satu. Perawatan kendaraan bermotor secara rutin membuat kendaraan kita jadi lebih optimal kerjanya, kita pun menjadi nyaman dan aman ketika menggunakannya. Poin paling penting yakni keselamatan ketika berkendara.

Ketiga, menekan biaya operasional yang lebih besar

Aku pernah abai dengan gejala kecil yang muncul pada motorku dengan alasan masih bisa dipakai dan tidak terlalu mengganggu saat aku berkendara. Akibatnya, setelah beberapa waktu berlalu gejala kerusakan terlihat lebih parah.

Akhirnya, kami harus mengeluarkan uang lebih besar dari biaya yang seharusnya bisa dihemat ketika kerusakan terjadi di awal. Itulah penjelasan dari montir yang menangani kendaraan kami, hal ini dikarenakan kerusakannya berdampak pada kerusakan-kerusakan yang lain. Sejak itu, suamiku selalu mengingatkanku untuk lebih hati-hati dan bersegera melakukan servis secara berkala.

Keempat, konsultasi kendaraan

Yups, poin yang merupakan bonus bagi kami. Ketika melakukan perawatan sebaiknya memang kita bisa mengawal atau mendampingi proses pengerjaan. Sebab dalam kondisi tersebut kita bisa sekaligus konsultasi tentang kendaraan kita. Selain itu, kita akan mendapatkan ilmu dan wawasan terkait mesin dan komponen kendaraan kita.

Kelima, membuat kendaraan lebih awet

Poin terakhir dari melakukan servise motor teratur adalah menjadikan kendaraan kita lebih tahan lama atau awet. Bahkan jika Sobat Hamim ingin menjual kembali motor kita, maka motor yang memiliki mesin terawat, tampilan baik, dan minim masalah akan memiliki daya jual tinggi.

Bagian Penting yang Perlu Diservice

Bagian apa sajakah yang perlu kita servise? Umumnya, ada 8 bagian penting yang perlu diperiksa yakni oli mesin, oli gardan, busi, kampas rem, filter udara, aki, ban, dan tune up rutin . Penjelasan lengkapnya simak ulasan di bawah ini!

1. Oli Mesin

Oli mesin merupakan salah satu komponen vital pada kendaraan. Oleh karena itu perawatan rutin adalah kewajiban bagi si pemilik kendaraan. Ada tiga fungsi utama oli mesin yakni sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung mesin. Umumnya, oli mesin diganti setiap 2 bulan sekali atau ketika motor sudah mencapai jarak tempuh 2500 km menurut rekomendasi pabrikan. Terkait biaya yang perlu Sobat Hamim bayar meliputi biaya pembelian oli (harga tergantung merek) dan biaya jasa ganti olinya. 

Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km / 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli.

2. Oli Gardan

Wah, oli gardan ini tak kalah pentingnya dengan oli mesin khususnya buat pengguna motor matic macam aku. Oli garda memiliki peran melumasi gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT). Dibandingkan dengan oli mesin, oli gardan lebih awet. Sobat Hamim bisa mengganti oli gardan setelah dua kali mengganti oli mesin.

Sobat Hamim pastikan tidak salah dalam memilih oli motor matic kesayangannya ya! 


3. Kampas Rem

Yups jangan sepelekan untuk pemeriksaan kampas rem. Komponen penting dalam menjaga keamanan dan keselamatan kita ketika berkendara ada pada sistem pengereman. Kondisi rem rem yang cakram dan pakem akan mengurangi resiko kecelakaan namun sebaliknya Jika kampas rem sudah tipis, rem pun jadi kurang pakem, dan bisa menyebabkan bahaya kecelakaan. Jadi, pastikan untuk selalu mengecek kondisi kampas rem saat melakukan service motor.

4. Busi

Busi memiliki fungsi mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin dapat menyala. Nah, apabila busi tak berfungsi baik, maka bisa menyebabkan motor sulit dinyalakan. Untuk itu diperlukan penggantian busi.

4. Filter Udara

Filter udara berfungsi menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran. Sebaiknya diupayakan agar tidak ada sumbatan pada filter udara akibat adanya kotoran yang masuk sehingga menyumbat sistem injeksi dan karburator.

Nah, apakah setiap kali melakukan service rutin maka filter udara harus ganti? Belum tentu ya Sobat Hamim. Biasanya mekanik akan menginfokan apakah hanya perlu dibersihkan atau diganti.

5. Aki

Idealnya dalam kondisi mati aki berada pada tegangan 12,3-12,6 Volt. Sementara jika mesin menyala, maka tegangan aki berada pada 13,7 - 14,2 Volt.

Nah, kalau tegangan aki tak sesuai ketentuan tersebut, ditemukan ada kebocoran, atau kondisi terminal berkarat, mau tidak mau mekanik harus melakukan pemeriksaan detail. Kondisi aki yang sudah tidak layak harus segera diganti agar kamu tetap bisa menggunakan motor dengan nyaman.

6. Ban

Ban adalah bagian penting yang perlu diperhatikan dan periksa ketika melakukan service motor secara berkala. Namun sama dengan filter udara, tiap melakukan service belum tentu harus ganti.

Mekanik akan memfokuskan pemeriksaan pada tekanan udara di dalam ban, kondisi ban secara keseluruhan (bannya gundul atau tidak), dan sebagainya.

8. Tune Up

Service motor tune up adalah serangkaian servis rutin yang meliputi pemeriksaan semua komponen, terutama komponen-komponen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan. Pemeriksaan biasanya fokus pada tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator (saringan udara), memeriksa tegangan rantai, rem, dan klakson.

Sobat Hamim akan mendapatkan informasi dari pihak mekanik jika memang ada perbaikan kok. Biasanya tune up disertai dengan ganti oli, ganti oli gardan, atau penggantian spare part.

Langkah Cerdas Kendaraan Awet Adalah Pilih Service Motor yang Handal


Sobat Hamim sudah menyimak bahwa service motor memiliki banyak manfaat ya. Aku juga sudah menjelaskan terkait bagian-bagian yang perlu diservice dengan pertimbangan kapan waktu yang tepat gantinya.

Nah, ada satu hal yang perlu dipertimbangkan juga ya Sobat Hamim dalam service motor secara berkala yakni tempat service. Suamiku pernah memilih tempat service sembarang karena kondisi terdesak akibatnya "boncos" donk. Tak hanya itu, hasil servicenya pun gak memuaskan dan tidak menyelesaikan masalah kami.

Duh, benar-benar menjadi pengalaman berharga bagi kami. Jadi, aku sarankan untuk memilih tempat service motor yang handal ya. Aku merekomendasikan planet ban.

Sebab Planet Ban merupakan toko suku cadang otomotif roda dua yang memiliki lebih dari 1100 toko, melayani servis dan penggantian oli dengan oli X-Ten yang Tahan Lama untuk segala jenis dan tipe sepeda motor. Wow, cabangnya sudah ada dimana-mana lho!

Alasan pilih planet ban
Apakah hanya itu? Yuks baca ulasan di bawah ini!

Bedanya Servis Motor di Planet Ban dengan di Tempat lain


Planet Ban tak hanya menyediakan produk berkualitas ya Sobat Hamim. Namun Planet Ban juga menyediakan layanan bebas biaya pasang untuk ganti oli, servis motor, dan ganti ban motor. Jadi, poin hemat tentu sangat tepat jika memilih service motor secara berkala di Planet Ban.

Nah, menariknya lagi adalah kondisi bersih pasca service adalah layanan unggulan di Planet Ban. Sebab selama service akan dibersihkan juga kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang tertinggal di bagian mesin motor bahkan hingga di bagian CVT yang biasanya membuat motot berat.

Jadi tagline service di planet ban berasa baru itu terbukti ya! Sebab seluruh bagian atau part mesin akan dibersihkan hingga seperti baru. Bahkan kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran sehingga terlihat seperti mesin baru.

Nah, kondisi bersih ini juga berdampak pada tarikan mesin yang lebih ribgan, emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM, dan mesin jadi bersih total.

Menyoal tentang biaya, perlu Sobat Hamim ketahui bahwa harga service motor di Planet Ban masih terjangkau meski yang selengkap itu lho! Untuk service motor injeksi cuma Rp20.000,- service CVT sekaligus rantainya Rp19.500,- bahkan service throttle body juga cuma Rp20.000,-

Nah, bagaimana Sobat Hamim? Pastikan untuk melakukan service motor secara berkala ya dan jangan sampai salah tempat service juga ya. Service motor rasa mesin baru ya di Planet Ban saja!

Sumber :

Sulistio, H. 2006. Kecelakaan Lalulintas Fenomena Global. Diakses melalui http://prasetya.ub.ac.id/ berita/Kecelakaan-Lalulintas-Fenomena-Global8868-id.html tanggal 20 September 2013.

Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

23 komentar

  1. Aku dulu sebelum nikah urus motor sendiri, ke bengkel tiap sekali sebulan service teross. Padahal yang penting tiap bulan mah ganti oli ya. Service mah 2x sebulan juga Gpp. Apalagi kalau servicenya Planet Ban, bisa makin awet deh motornyanya. Btw, olinya Planet Ban emang bagus lho, bikin tarikan motor ringan banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku bahkan nyaris g pernah service motor sendiri semasa single. Sampai2 kakakku yg turun tangan kala itu. Manjalita sekali yak hahaha.. iya suamiku bilang motor dia yg laki dulu juga beli di planet ban

      Hapus
  2. Wah planet ban bisa juga untuk service motor ya, ta kira hanya melayani jual beli ban aja, pas nih lengkap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak.. dan bersih berasa punya motor baru hehehe

      Hapus
  3. Perhatian suami bikin melting ya mba, semelting mesin kalao dapet siraman oli, hehe. Motor juga barang yg harus diperhatikan yaa ..servicenya teratur efeknya mesin juga jadi enak dipakai. Yang terpenting pilih tempat service terpercaya. Planet ban bisa jadi pilihan, nih. SDH tersebar di banyak kota, dan harganya juga terjangkau.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hwkakakaka... iya doi emang actionove language nya..

      Hapus
  4. Wah ternyata di Planet Ban bisa juga servis motor ya
    Motor emang harus rajin di servis ya

    BalasHapus
  5. Aku pas jaman kuliah termasuk yg rutin servis motor. Rutin banget tiap bulan, padahal motor cuma dipake Keputih-ITS dan sekitarnya mbak. Kadang sampe mas2 servisnya bilang, ini masih bagus mbak gak perlu diservis. Wkwkwk..

    Lha tapi gimana, kayak nggak enak aja gitu kalo gak rutin ke servisan.. 🥲😂

    Btw, baru tahu juga kalo ternyata bisa servis di PlanetBan, aku pikir cuma ganti ban aja..

    BalasHapus
  6. Waah sepakat, emang bener sih kalo motor kita harus di-service secara berkala demi keselamatan juga kenyamanan pemakainya. Terima kasih mba remind nya, oh yaa kalo Planet Ban ini juga pastinya sudah banyak yaa mba di surabaya?

    Jadi inget kalo waktunya service motor 😁 di Planet Ban aja kali yaa lebih rekom 🤩

    BalasHapus
  7. Pernah sekali dalam beberapa bulan gak pernah cek motor karena sibuk banget pas motornya macet ditengah jalan dan dibawa ke bengkel terdekat jadi bxk banget ongkosnya huhuhi, tobat dan kapok banget mmg Haris cek berkala sih, apalagi di planet ban servicenya itu mantap, gak mau pindah ke tempat lain lagi.

    BalasHapus
  8. Jangan sampai tiba-tiba mogok di jalan, sepertinya ini tujuan utama rutin service ya, Mbak. Intinya, pengendara selamat sampai tujuan tanpa kendala apa pun.

    BalasHapus
  9. Wah murah banget biaya service nya mba, kalau murah gini sebulan bisa beberapa kali servis motor nih. Di kota mana ini si Planet Ban?

    BalasHapus
  10. Service kendaraan berkala penting banget ya Mbak, agar mesin kendaraan awet dan aman terkendali.

    BalasHapus
  11. Ya Allah! Baru nyadar! Aku lupa emang belum servis motor udah hampir 5 bulan. Teringat karena baca postingan ini. 😭

    BalasHapus
  12. Ini benar banget kita butuh disiplin dalam merawat motor agar tidak banyak pengeluaran

    BalasHapus
  13. Suamiku langganan banget nih di Planet Ban

    BalasHapus
  14. Baru saja kejadian, motor adik ipar yang terlambat diganti olinya akhirnya mogok ketika dikendarai. Dan akhirnya biaya perbaikan pun jadi membengkak. Memang service rutin ini penting sekali untuk kendaraan. Setidaknya kendala-kendala di kendaraan akibat onderdil yang sudah habis masa pakainya bisa jauh-jauh hari diantisipasi.

    BalasHapus
  15. Agar kondisi motor selalu terjaga, memang penting tuh servis motor secara berkala. Jadi ingat nih kalau udah lama enggak servis motor. Mau ke Planet Ban dulu deehhh klo gitu.

    BalasHapus
  16. Pengingat diri saya ini biar lebih rajin lagi, memnag kita mesti utamakan keselamatan dengan service motor secara berkala ya..apalagi ada Planet Ban yang bisa bantu service motor rasa baru

    BalasHapus
  17. Aku termasuk jarang ngurusin service motor bisanya cuma pake wkwkwk tapi suami yang rutin tiap bulan cek kondisi motor dan nyaris ngak pernah lupa, kebetulan kalau kata suami service motornya di Planet Ban juga soalnya dekat dari rumah.

    BalasHapus
  18. Oli termasuk bagian yang servicenya berkala jadi bagu banget kalau punya langganan service motor. Sayang banget, sevice satu ini belum ada di kotaku.

    BalasHapus
  19. Asa serem banget ya.. kalau sampai kendaraan ada apa-apa.
    Tapi semoga dengan ikhtiar terbaik, service rutin di Planet Ban bisa membantu menjaga mesin tetap awet dan bisa aman dalam perjalanan.

    BalasHapus
  20. setuju mba hamim, kita harus service motor dengan rutin. Aku pribadi takut aja motor mogok di jalan euy :)) Bingung lah aku klo kejadian xD

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular