=Hamimeha

Mengenal Sosok Ketua KADIN (Kamar Dagang dan Industri Indonesia) 2021-2026

Posting Komentar
Konten [Tampil]
Hai Sobat Hamim, masih adakah yang hafal dengan UUD 1945 pasal 33? Yups, poin dalam ayat tersebut adalah fundamental sistem perekonomian nasional.

Tahukah Sobat Hamim, bahwa dalam UUD 45 pasal 33 ini menjadi landasan atas hadirnya Kamar Dagang dan Industri Indonesia atau KADIN. Peran KADIN adalah membantu mewujudkan perekonomian bangsa agar rakyat sejahtera serta memperkuat persatuan Indonesia khususnya berfokus pada perdagangan dan industri.

Nah, tahukan siapa yang menahkodai organisasi yang berfungsi sebagai satu-satunya payung bagi bisnis di Indonesia dan juga mitra strategis pemerintah periode 2021-2026 kali ini?

Yups, sosok berdedikasi sebagai seorang pemimpin puluhan tahun itu bernama Arsjad Rasjid. Sosok yang bersemangat dalam mewujudkan visi Indonesia Emas 2045 menarasikan pemikirannya di arsjadrasjid.com.

Siapa Ketua KADIN saat ini?

“Dengan semangat gotong royong, Kadin Indonesia hadir sebagai penggerak, menyatukan seluruh komponen bangsa menyusun Peta Jalan Indonesia Emas 2045,” Arsjad Rasjid
Hadir sebagai perwujudan pasal 33 UUD 45, KADIN memiliki peran sebagai wadah bagi pelaku usaha untuk saling terhubung dan mendukung serta ikut serta dalam pembangunan nasional ekonomi Indonesia.

KADIN merupakan perwakilan suara kepentingan dunia usaha dan juga stakeholders-nya dalam pembuatan dan implementasi kebijakan ekonomi di seluruh Indonesia. Wah, tentu tidaklah mudah untuk bisa mengakomodir pihak yang beragam.

Amanah tersebut saat ini diemban oleh sosok yang keaktifan dan kredibilitas kepemimpinannya di dunia bisnis tak diragukan lagi yakni Arsjad Rasjid.

Nah, penasarankah dengan pria penyuka jus sayuran ini? Yuks baca ulasanku di bawah ini!

Mengenal Arsjad Rasjid sebagai Ketua KADIN 2021-2026

Sosok yang akrab disapa Arsjad Rasjid ini memiliki nama lengkap Mohammad Arsjad Rasjid Prabu Mangkuningrat. Lahir di Jakarta pada 16 Maret 1970, kini usia ketua KADIN periode 2021-2026 adalah 53 tahun.

Kiprahnya dalam memimpin instansi besar tentu tak diragukan lagi. Hal ini terbukti dari riwayat sepak terjangnya menjadi pemimpin sebagaimana terlihat pada infografis di bawah ini.

Profil arsjad rasjid
Sumber : arsjadrasjid.com

Pencapaian Arsjad Rasjid terlihat dari caranya mengelola PT Indika Energi hingga mampu membesarkan aset menjadi 7 kali lipat dalam waktu 6 tahun. Tak hanya itu, putra dari pasangan H.M.N. Rasjid (Purnawirawan TNI AD) dan Hj. Suniawati pernah terpilih sebagai Young Global Leader dari World Economic Forum (WEF) tahun 2011 dan Best Executive di Indonesia pada tahun 2010 dari Asiamoney.

Wow, luar biasa ya Sobat Hamim! Mengulas sosok pemimpin KADIN 2021-2026 ini memperjelas bahwa kompetensinya sebagai pemimpin sudah tak diragukan lagi. Menilik latar belakang pendidikan yang sesuai dengan kiprahnya, Arsjad Rasjid pernah mengenyam pendidikan di Pepperdine University, California, Amerika Serikat pada tahun 1993 jurusan Administrasi Bisnis.

Sedangkan di tahun 2013, sosok Ketua Umum KADIN ini juga menuntaskan program Executive Education on Impacting Investing di Said Business School, University of Oxford, Inggris.

Besarnya  perhatian Arsjad Rasjid di bidang bisnis dan pembangunan ekonomi nasional meliputi tingkat regional juga. Keterlibatannya kini sebagai Ketua ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC) yang berperan dalam memimpin dan mengkoordinasikan berbagai inisiatif untuk mempromosikan kerjasama antar-negara anggota ASEAN.

Masya Allah, luar biasa atas produktivitasnya ya. Tak berhenti di dunia bisnis, Arsjad Rasjid juga dipercaya sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Panahan Indonesia (PB Perpani) Periode 2023-2027. Wow super sekali ya Sobat Hamim!

Jika menyimak sepak terjang banyak pihak yang mempercayakan kepemimpinan di pindah seorang Arsjad Rasjid ini tentu membuat kita penasaran. Nah, yuks simak inspirasi kepemimpinan yang bisa kita adopsi dari sosok visioner ini ya!

Inspirasi Arsjad Rasjid Sebagai Pemimpin melalui arsjadrasjid.com

Terkenal sebagai sosok pengusaha, pebisnis, mentor, dan tokoh masyarakat terkemuka Indonesia, Arsjad Rasjid sering berbagi hal-hal inspiratif melalui media sosial yang ia miliki.

Mengikuti catatannya sebagai pemimpin KADIN selama satu tahun. Arsjad Rasjid telah membuat capaian-capaian yang harus diapresiasi. Mulai dari suksesnya penyelenggaraan Musyawarah Nasional Khusus (Munassus) yang semakin memperkokoh posisi Kadin sebagai satu-satunya induk organisasi dunia usaha dan asosiasi di dalam negeri, terbentuknya kelompok kerja bersama dalam menjalankan rumusan peta jalan Indonesia 2045 hingga forum B20.

Wow, sungguh kerja cerdas yang produktif ya Sobat Hamim. Integritas dalam dirinya menjalankan peran rupanya terinspirasi dari kedua orang tuanya lho!

Salah satu pesan yang senantiasa dikenang oleh Arsjad Rasjid dari sang Ayah adalah sebagai berikut, "Saat kamu punya karyawan, kamu harus memastikan bahwa dapur mereka selalu ‘ngebul’. Bahwa mereka punya papan untuk tinggal."

Wah inilah yang membuat ia senantiasa bersemangat untuk mengembangkan dunia perindustrian khususnya memberdayakan UMKM dan pelaku usaha lainnya. Sikap disiplin, tanggung jawab, integritas, peduli, rendah hati, dan mencintai sesama adalah kolaborasi didikan militer ayah dan kelembutan sang ibunda.

Masya Allah, sejatinya rumah dan orang tua adalah tempat belajar pertama bagi seorang anak ya Sobat Hamim. Salut kepada kedua orang tua bapak Arsjad sehingga bisa membentuk karakter yang luar biasa.

Nah, lalu inspirasi apakah yang bisa kita ambil dari sosok pemimpin KADIN sekarang? Yups ada tiga hal yang coba aku rangkum dari ruang narasi beliau melalui web resmi beliau.

Pertama, kondisi prima dan sehat kunci menjalankan peran


Inspirasi arsjad rasjid
Tak heran ketika Ketum KADIN saat ini juga didapuk sebagai Ketua Umum PB Perpani. Di tengah kesibukan dan waktu yang terbatas, ia tetap memprioritaskan kesehatan dirinya.

Arsjad Rasjid menuturkan bahwa setiap orang memiliki cara sendiri untuk menjaga kesehatannya. Pasalnya, jika kondisi kesehatan terjaga maka produktivitas meningkat, konsentrasi terjaga, serta kekebalan imun tubuh lebih kuat. Satu lagi, hati lebih gembira sehingga melakukan apapun dalam suasana yang ceria.

Wah, perlu Sobat Hamim ketahui cara yang dilakukan oleh Ketua ASEAN-BAC dalam menjaga kesehatannya adalah setiap pagi minum jus sayur-sayuran, rutin minum vitamin C, istirahat cukup tepatnya menjaga kualitas tidur.

Hayooo siapa yang masih suka begadang dan sering mengalami kesulitan tidur nih?

Kedua, berpikir visioner dan dinamis

Pemimpin adalah nahkoda bagi perahu yang dipimpinnya. Pemikiran seorang pemimpin harus jauh ke depan. Inilah yang diterapkan oleh Arsjad Rasjid dalam menjalankan amanah kepemimpinannya.

Menurutnya, kunci mencapai kesuksesan jangka panjang seorang pemimpin adalah visioner dan inovatif. Ia meyakini dan membuktikan bahwa visi yang kuat dan kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan pasar adalah faktor penting dalam mengelola bisnis maupun apapun.

Pandai membaca peluang dan kesempatan di masa depan adalah bakat yang perlu ada dalam diri seorang leader. Zaman akan terus melakukan perubahan, maka kemampuan bersikap dinamis juga diperlukan seorang pemimpin.

Tak terkecuali dalam organisasi, khususnya perusahaan, ada yang disebut sebagai manajemen perubahan. Transformasi adalah upaya organisasi agar tidak statis dan bergerak secara dinamis mengikuti arus perubahan tersebut.

Ketiga, manajemen diri yang baik

Tantangan bagi seorang pemimpin adalah mengendalikan banyak hal. Namun sebelum bisa mengendalikan di luar dirinya pastikan untuk bisa mengendalikan diri sendiri. Yups, aku mencoba menuliskan kembali bagaimana seorang pemimpin bisa mengendalikan dirinya salah satunya adalah dengan cara coping stress dan retrospeksi melalui laman online arsjadrasjid.com.

Aku tertarik membaca kedua artikel inspiratif ini. Serta bisa mengasumsikan bahwa ini pula yang diimplementasikan sosok Arsjad Rasjid selama menjalankan kepemimpinannya.

Tahukan Sobat Hamim apa itu coping stress dan restropeksi?
Coping stress adalah proses dalam mengatur atau mengatasi tekanan secara internal maupun eksternal, yang dianggap membebani batas kemampuan dari individu.
Sedangkan restropeksi atau sederhananya renungan ini adalah Suatu kemampuan manusia untuk melihat balik sebuah situasi atau keputusan yang telah diambil.

Aku tak memungkiri bahwa menjadi pemimpin pasti ada banyak tekanan. Maka pengendalian diri yang baik akan mempengaruhi bagaimana seorang pemimpin membuat sikap, tindakan, bahkan kebijakan hingga keputusan yang tepat bagi organisasi dan orang yang dipimpinnya.

Terima Kasih Pak Arsjad Rasjid!

Luarbiasa! Aku menemukan banyak pelajaran dan mencatat hal-hal inspiratif dari arsjadrasjid.com. Selain semakin mengenal sosok ketua KADIN periode 2021-2026, aku juga belajar bagaimana menjadi pribadi dengan kepemimpinan yang berintegritas setidaknya untuk memimpin diri sendiri. Terima kasih Pak Arjsad Rasjid!

Jujur, aku makin kagum dengan bapak ketua KADIN ini? Bagaimana dengan Sobat Hamim setelah membaca ulasanku?

Agar tidak penasaran dan menyimak versi lengkap pemikiran beliau. Silakan kunjungi laman resminya di arsjadrasjid.com ya. Semangat menemukan inspirasi penuh positive vibes!

Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

Posting Komentar

Popular