=Hamimeha

Tips Belajar Fisika Agar Mudah Dipahami, Buktikan Yuks! 

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Hai Sobat Hamim! 

Beberapa waktu lalu aku menemukan sebuah reels menarik perhatian. Singkat cerita, ada video yang ingin membuktikan frekuensi atau berapa kali Presiden Jokowi mengangguk ketika melewati jalanan bergelombang di salah satu kota yang beliau kunjungi.

Menariknya, si pemilik akun memang menghitung menggunakan rumus  f= 1/T secara manual. Apakah berhasil? Yups, si pemilik akun berhasil membuktikan bahwa rumus tersebut aplikatif. Sederhana tapi bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari ya Sobat Hamim. 

Seringkali anak-anak mengalami kecemasan ketika belajar fisika sebab dipenuhi dengan khawatir dengan perhitungan matematis dan hafalan rumus-rumus. Nah, apakah fisika semenyeramkan matematika? 

Oho, perlu Sobat Hamim ketahui bahwa ilmu fisika itu sangat dekat dengan kehidupan kita. Sehingga, belajar fisika  harusnya lebih mudah dibanding matematika. Gak percaya? Yuks simak ulasanku tips belajar fisika mudah dipahami yang aku tulis ya!

Ketahui Bahwa Fisika Bukan Matematika 

"Ah, males belajar fisika banyak menghitungnya. Hafalan rumusnya banyak," keluh seorang siswa yang diamini oleh siswa yang lain. 

Yups, tak jarang aku menemui siswa yang tidak suka belajar berhitung berdampak pada motivasi dan prestasi belajar mereka. Hal ini jika dibiarkan maka akan memberi efek jangka panjang di masa depannya. 

Mayoritas orang khususnya siswa berpikiran bahwa fisika itu sama dengan matematika. Padahal, fisika bukan matematika. Matematika adalah ilmu hitung sebagai ilmu dasar bukan hanya untuk fisika tapi untuk semua mata pelajaran yang ada hitungannya. 

Sedangkan fisika adalah sebuah ilmu pengetahuan dimana didalamnya mempelajari tentang sifat dan fenomena alam atau gejala alam dan seluruh interaksi yang terjadi didalamnya. Dengan kata lain, fisika tidak selalu berisi perhitungan matematis. Di dalam fisika kita belajar fenomena atau gejala alam, fisika menggunakan proses dimulai dari pengamatan, pengukuran, analisis dan menarik kesimpulan.

Penerapan ilmu fisika dalam kehidupan sehari-hari
Artinya, belajar fisika itu belajar tentang kehidupan sehari-hari kita. Kalaupun ada perhitungan ketika belajar fisika maka pahami konsepnya terlebih dahulu. Sebagai contoh, belajar tentang tekanan. Simak ilustrasi di bawah ini!

Alasan lain belajar fisika itu seharusnya mudah adalah fisika bersifat konkret. Misal, belajar tentang perubahan fisika dari cair ke padat, perpindahan kalor seperti konduksi, menghitung besarnya gaya yang dipengaruhi oleh berat benda dan percepatannya, serta lain sebagainya. 

Jika kita amati pelajaran dalam fisika sejatinya dekat dengan kehidupan sehari-hari kita dan bisa kita rasakan bahkan saksikan. Artinya, kunci pertama tips mudah belajar fisika adalah mindset dan perspektif kita terhadap pelajaran fisika. 

Law of attraction (hukum ketertarikan) adalah keyakinan yang mengafirmasikan nilai-nilai positif dan kejadian yang akan kamu alami di masa depan. Jika mindset Sobat Hamim positif ketika belajar fisika maka akan ada jalan kemudahan ketika mempelajarinya.

Yups, penjelasan tersebut masih merasa kesulitan? Coba baca tips dan trik belajar fisika versi aku di bawah ini ya!

Tips Belajar Fisika Mudah Dipahami dan Menyenangkan

Sekali lagi, persepsi kita mempengaruhi tindakan kita selanjutnya. Jadi, sebisa mungkin mari kita mulai tanamkan dalam diri bahwa belajar fisika itu mudah. Selanjutnya ikuti tips belajar fisika mudah dan menyenangkan berikut ini : 

Tips belajar fisika mudah dan menyenangkan
Pertama, belajarlah secara kontekstual dan relevan

Belajar secara kontekstual atau bisa disebut pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning) merupakan konsep belajar yang mengaitkan antara materi yang dipelajari dengan situasi dunia nyata. Wah, pas banget untuk belajar fisika ya!

Pun dengan arti relevan, biasakan untuk mencari contoh yang tidak jauh dengan kehidupan dan sekitar kita. Misal belajar tentang kecepatan. Dengan rumus, V = jarak per waktu. Kita bisa mempraktekkan ketika kita melakukan perpindahan dan waktu yang kita miliki maka bagaimana kecepatannya. Menarik bukan!

Kedua, hindari menghafal tapi pahami konsepnya

Yups, sebagaimana contoh pada tips pertama belajar fisika di atas. Sejatinya, rumus pada fisika akan secara otomatis kita hafal manakala kita memahami konsep berpikirnya. 

Biasakan juga dengan mencatat. Aktivitas ini akan memperkuat memori tersebut menjadi longterm memori. Secara tidak langsung, kita sedang memasukkan ingatan terkait konsep fisika menjadi ingatan yang mudah direcall oleh otak.

Ketiga, rajinlah latihan dan praktik

Aku tidak bisa bohong ya Sobat Hamim bahwa belajar fisika butuh banyak latihan dan praktik. Learning by doing akan jauh melekat secara alami dalam otak kita. Atur jadwal latihan dan praktik dengan rapi dan konsisten. Hal ini akan membangum habit belajarmu.

Saranku, langkah belajar fisika adalah mulailah dari materi yang mudah dan bisa dipraktikkan. Selanjutnya, tentukan materi apa saja yang belum dikuasai. Hal ini memudahkan Sobat Hamim untuk memetakan materi mana yang bisa dipelajari sendiri dan materi yang butuh bantuan. 

Keempat, jangan malu bertanya 

Berkaitan dengan pemetaan materi fisika yang belum dikuasai di atas. Pastikan Sobat Hamim tidak malu bertanya, baik kepada teman sebaya yang lebih paham maupun orang tua dan guru.

Mendapatkan penjelasan dari yang berpengalaman jauh memudahkan kita untuk memahami konsep-konsep dalam ilmu fisika.

Kelima, temukan circle yang mendukung

Wah, lingkungan belajar juga mempengaruhi lho Sobat Hamim. Tips mudah belajar fisika yang kelima ini adalah temukan circle yang mendukung baik dalam bentuk belajar kelompok atau mengikuti bimbingan belajar yang recomended

Tips ini cukup manjur buat Sobat Hamim yang sering kesulitan belajar secara mandiri. Umumnya, kita membutuhkan tempat untuk bertanya ketika mengalami kesulitan bukan? 

Nah, pilihlah bimbel belajar fisika yang tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut. Jadi, atur jadwal belajarmu dengan baik ketika ingin belajar dengan serius. Temukan guru yang handal sebagai tempat kamu bertanya dan memberi penjelasan. Jangan asal pilih bimbel ya!

Nah, aku memiliki rekomendasi les privat fisika yang handal untuk Sobat Hamim semua. Simak yuks ulasannya di bawah ini!

Rekomendasi Les Privat Fisika Andalan, Terbukti Hasilnya! 

"Tutor di Ruangguru Privat OK banget. Aku jadi lebih paham materi yang diajarkan dan jadi lebih PD saat ujian.Tutornya jiga baik banget, mengajarnya juga jelas. Alhasil nilai fisika aku pun bagus. Terima kasih Ruangguru Privat!" (Carysaa, kelas 10 SMA Sudirman)

Yups, demikianlah satu dari sekian testimoni yang diberikan peserta Ruangguru Privat setelah mengikuti bimbelnya. Sobat Hamim bisa mengikuti jejak Caryssa dalam kesuksesannya belajar fisika melalui les privat fisika di Ruangguru.

Lima Keunggulan Les Privat Fisika di Ruangguru

Rekomendasi les fisika privat di ruangguru
Ada lima alasan mengapa les privat fisika di Ruangguru pilihan yang tepat yakni:

1. Pengajar berkualitas

Guru atau tutor merupakan salah satu kunci keberhasilan belajar. Di Ruangguru Privat, Sobat Hamim akan dibimbing pengajar-pengajar berkualitas yang telah lulus seleksi ketat dari universitas terbaik dari dalam maupun luar negeri.

Tutor yang memiliki kompetensi di bidangnya, selain itu tutor les privat di Ruangguru telah memiliki pengalaman mengajar yang tidak diragukan. Sehingga Sobat Hamim tidak perlu khawatir dengan kemampuan para tutor yang handal. 

2. Bebas atur kebutuhan belajar

Wah menarik sekali jika kita bisa mengatur jadwal belajar secara fleksibel dengan menyesuaikan kebutuhan kita ya. Tak hanya jadwal, Sobat Hamim juga bisa mengatur materi bahkan kriteria pengajar lho! Proses belajar pun bisa memilih mau online maupun offline. 

Intinya, les privat di Ruangguru Privat dapat menyesuaikan dengan kebutuhan belajarm. Jika demikian, pas dengan tips mudah belajar fisika poin ke-3 ya Sobat Hamim.

3. Semua jenjang dan kurikulum

Ops, aku lupa menyampaikan bahwa les privat Fisika di Ruangguru Privat tersedia mulai dari jenjang SMP, SMA, SBMPTN, hingga Universitas, Umum. Wah, lengkap ya!

4. Harga lebih murah

Kabar baiknya, les privat Fisika-Ruangguru tersedia banyak pilihan paket belajar lho! Paket les privat Fisika lebih hemat hingga 40% dengan fasilitas lengkap, seperti tryout, video dan laporan belajar.

Sobat Hamim juga bisa mendapatkan bonus strategi tes belajar dan koin di Roboguru plus. Asyik ya!

5. Jaminan puas

"Saya sangat senang belajar di Ruangguru Privat. Pelajaran yang awalnya saya tidak mengerti jadi mengerti. Terkadang saya kesulitan saat mengerjakan tugas dari sekolah akan tetapi penjelasan dari Kakak Pengajar akhirnya saya bisa mengerjakan tugas tersebut dan mendapatkan nilai bagus." (Daniella P, Kelas 7 SMPK Penabur)

Wow, bukti nyata testimoni dari pengguna Ruangguru Privat yang merasa puas belajar melalui les privat di Ruangguru ya Sobat Hamim. Ternyata, 90% pengguna Ruangguru menyatakan ingin belajar kembali di Ruangguru Privat.

Adikku dan keponakan dari suami juga bagian dari pengguna layanan di Ruangguru. Alhamdulillah mereka berhasil memasuki kuliah setelah belajar di Ruangguru. Aku senang sekali dengan hadirnya Ruangguru dengan berbagai layanannya bisa membantu banyak pelajar dan mahasiswa dalam memahami materi yang mereka butuhkan.

Menentukan pilihan bimbel yang tepat juga menjadi kunci keberhasilan belajar ya Sobat Hamim. Jadi, pastikan memilih bimbel yang handal. Rekomendasi les privat fisika ya Ruangguru Privat! 

Fisika Adalah Ilmu Sehari-Hari

"Jika seluruh kebencian dihatimu bisa diubah menjadi aliran listrik, maka dia akan menerangi seluruh dunia." (Nikola Tesla)

Menarik sekali quote dari Bapak penemu listrik ini ya Sobat Hamim. Namun, benar adanya bahwa ketika marah memang membutuhkan energi besar. Kira-kira bisakah kita memghitung memggunakak konsep ilmu fisika? 

Yups!

Belajar fisika seharusnya mudah dan menyenangkan ya Sobat Hamim. Sebab hal-hal yang dipelajari dalam ilmu fisika hakikatnya berkaitan dengan kehidupan dan sekitar kita.

Namun, aku memahami bahwa proses belajar itu butuh waktu dan seringkali memerlukan lingkungan belajar serta pembimbing yang tepat. Nah, itulah aku memberikan rekomendasi les privat fisika di Ruangguru bagi Sobat Hamim yang membutuhkan. 

Tips belajar fisika mudah dan menyenangkan yang aku tulis di artikel ini sebagian besar adalah pengalaman pribadiku sebagai siswa dan guru ketika bekerja dulu. Semoga bermanfaat ya Sobat Hamim, belajar fisika itu asyik kalau sudah klik!

Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

Posting Komentar

Popular