=Hamimeha

4 Hal Ini Membuat QRIS Banyak Dipilih Untuk Transaksi Keuangan

1 komentar
Konten [Tampil]
Hai Sobat Hamim, siapa nih yang pengguna QRIS? Yup, kali ini kita bahas alat pembayaran kekinian. Simak ulasannya di bawah ini ya!

Istilah QRIS tentunya sudah tidak asing lagi bagi Anda, apalagi di zaman sekarang ini Anda bisa dengan mulai menjumpai banyak gerai atau merchant yang menawarkan layanan transaksi berbasis kode QR atau yang dikenal juga sebagai QRIS. Pada dasarnya layanan transaksi yang satu ini hadir untuk membantu mempermudah masyarakat yang ingin melakukan pembayaran, selain lebih mudah juga lebih praktis, dimana tidak perlu lagi menghitung uang serta memberikan kembalian.

Ada banyak merchant di Indonesia, bahkan jika dilihat bukan hanya gerai atau toko-toko besar saja, bahkan sekelas toko kelontong juga sudah menawarkan layanan transaksi berbasis QRIS. Anda yang sudah sejak lama menggunakan layanan perbankan digital atau ewallet tentunya bisa dengan mudah menikmati fasilitas tersebut untuk menunjang transaksi, sehingga tidak perlu khawatir. Mengingat pada dasarnya hampir semua perbankan digital atau ewallet sudah dilengkapi dengan fasilitas untuk scan QRIS, jadi lebih mudah menggunakannya.

QRIS ini sendiri hadir dalam 2 jenis, diantaranya adalah QRIS statis yang paling sering dijumpai atau digunakan pada saat melakukan transaksi pembayaran. Sedangkan satu lagi adalah jenis QRIS dinamis, dimana kodenya selalu mengalami perubahan setiap ada transaksi yang dilakukan.

Alasan Menggunakan QRIS

Alasan menggunakan QRIS
Banyak masyarakat yang mulai meninggalkan transaksi secara tradisional dan memilih menggunakan QRIS, berikut ini diantara alasannya, yaitu:

1. Transaksi menjadi lebih cepat

Faktanya memang layanan pembayaran berbasis scan kode QR ini dikenal jauh lebih cepat prosesnya, dibandingkan dengan transaksi tradisional. Dimana nantinya pembeli cukup menscan kode tersebut, selanjutnya bisa menuliskan nominal tagihan yang harus dibayarkan ke kasir dan selesai pembayaran akan langsung masuk ke rekening tujuan. Semakin cepat lagi karena disini kasir tidak perlu menghitung uang, sekaligus juga tidak perlu menyiapkan kembalian, sehingga meskipun antrian kasir tersebut panjang, namun tidak jadi masalah.

2. Membuat transaksi menjadi lebih mudah

Transaksi keuangan hanya dengan melakukan scan kode pada dasarnya memang jauh lebih mudah, Anda hanya membutuhkan aplikasi atau layanan perbankan yang mendukung saja, diantaranya adalah menggunakan ebanking sampai dengan ewallet. Dimana QRIS ini tidak hanya dapat digunakan di Indonesia, melainkan juga akan membantu mendukung pembayaran hingga lintas negara, belum lagi belakangan ini QRIS juga sudah mulai menawarkan fitur-fitur terbaru yang pastinya akan membantu mempermudah hidup Anda.

3. Transaksi menjadi lebih aman

Faktanya bertransaksi secara digital lebih minim terjadinya resiko kecurangan, dimana memang kondisi seperti kasir yang salah dalam memberikan uang kembalian juga tidak lagi terjadi, mengingat pembayaran dilakukan dalam jumlah yang pas. Bahkan bagi para pelaku usaha transaksi semacam ini menjadi jauh lebih aman karena memang tidak perlu lagi khawatir dengan peredaran uang palsu yang marak terjadi belakangan ini, meskipun yang beredar tidak banyak, namun tetap memberikan kerugian pada bisnis Anda, karena tidak semua kasir teliti di dalam mengecek keaslian uang.

4. Sistem yang handal untuk menunjang transaksi

QRIS ini memang sengaja diciptakan sebagai sebuah sistem yang pas atau handal digunakan untuk melakukan pembayaran. Sudah melalui pengujian serta penerapan sebelum mulai dipatenkan dan bisa digunakan oleh seluruh masyarakat. Di zaman sekarang transaksi non tunai memang sudah jadi kebutuhan masyarakat, jadi QRIS sendiri dapat diandalkan untuk menunjang hal tersebut.

Dimana layanannya sendiri juga tidak terbatas, yaitu dapat dilakukan selama 24 jam full, transaksi di dalam maupun luar negeri. Anda juga tidak perlu khawatir terjadi masalah, karena ketika kode tidak dapat digunakan atau bermasalah, pada dasarnya transaksi akan error atau tidak bisa dilakukan dengan QRIS, sehingga nantinya uang yang ada di dalam rekening atau dompet digital akan tetap aman.

Sebagai pelaku bisnis Anda juga dapat mengajukan permintaan untuk pembuatan QRIS usaha, diantaranya yaitu lewat merchant BCA, jika sudah tergabung bisa mulai menggunakan aplikasi Merchant BCA, di dalam aplikasi tersebut terdapat banyak fitur yang akan mempermudah transaksi, termasuk untuk mengajukan permintaan mesin EDC sekaligus juga pembuatan QRIS  bisnis, prosesnya jadi lebih mudah dan cepat, langsung saja download aplikasinya di sini --> download aplikasi QRIS.
Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

1 komentar

  1. sebagai pengguna merchant BCA pun aku related banget dengan artikel ini. Mereka bener-bener transparan perihal dana yg diterima dan dipotong ke merchant. Jadi bisa kira-kira untuk spare biaya adminnya..

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular