=Hamimeha

9 Jenis Obeng, Fungsi, dan Cara Penggunaannya

23 komentar
Konten [Tampil]
Jenis obeng fungsi obeng cara menggunakan obeng
“Hon, ngapain sih beli obeng segini banyak?” kataku pada suami. “Iya buat melengkapi alat pertukangan di rumah.” Jawabnya singkat.

Yups! Sejak menikah,aku mulai memahami bahwa kebutuhan rumah tangga tak hanya soal urusan dapur dan furniture. Melainkan, alat-alat pertukangan merupakan barang wajib yang perlu disediakan di rumah.

Sobat Hamim tentu sudah familiar dengan alat yang disebut obeng. Obeng adalah alat untuk mengencangkan dan melepaskan baut atau sekrup. Umumnya, obeng dioperasikan secara manual tanpa keterlibatan mesin. Menariknya, jika kita perhatikan salah satu alat hand tools ini terdiri dari berbagai jenis lho!

Setiap jenis obeng memiliki bentuk dan fungsi yang berbeda. Nah, pada kesempatan kali ini aku ingin mengulas tentang jenis-jenis obeng dan fungsi obeng berdasarkan bentuk mata obeng. Yuks simak ulasanku di bawah ini ya Sobat Hamim!

Jenis-Jenis Obeng dan Fungsinya

Yups, sebenarnya ada banyak jenis obeng. Namun kali ini, aku ingin beragam jenis obeng berdasarkan bentuk kepala obeng ya Sobat Hamim. Bentuk kepala pada obeng disebut juga mata obeng. Ada sembilan jenis obeng berdasarkan bentuk kepala obeng sebagai berikut :

Jenis-jenis obeng
Pertama, obeng lurus

Obeng lurus adalah jenis obeng yang sering kita temui. Bentuk kepala obeng lurus adalah pipih lurus. Umumnya, obeng lurus disebut obeng minus atau obeng flat atau slot.

Penamaan tersebut sesuai dengan bentuk kepala jenis obeng ini yang hanya terdiri dari satu slot dan mudah dalam pembuatannya.

Fungsi obeng slot adalah untuk memasang baut, sekrup, dan paku yang memiliki permukaan kepala lurus. Kegunaan obeng jenis ini umumnya untuk memperbaiki peralatan elektronik, seperti laptop, handphone, PC, dan beberapa peralatan serta perlengkapan rumah tangga lainnya. Biasanya, obeng lurus digunakan untuk membuka casing berbagai perangkat dan mengakses komponen internal.

Kedua, obeng plus

Nah, Sobat Hamim tentu bisa menebak mengapa disebut obeng plus. Yups, penamaan obeng plus disesuaikan dengan bentuk mata obeng yang menyerupai tanda “plus”. Obeng plus juga dikenal dengan sebutan obeng philips atau obeng cross.

Fungsi dari obeng jenis ini adalah untuk mengencangkan atau melepas baut dan sekrup dengan kepala berbentuk salib atau silang. Obeng ini bekerja dengan cara memberikan torsi atau putaran pada baut atau sekrup agar bisa dipasang atau dilepas.

Ketiga, obeng Torx

Obeng Torx memiliki kepala obeng berbentuk bintang atau torx. Sesuai dengan namanya, obeng jenis ini didesain untuk melepas kepala baut atau sekrup yang memiliki bentuk bintang dengan enam lubang.

Meskipun fungsinya mirip dengan obeng plus, namun obeng torx memiliki fungsi tambahan yakni mencegah slip, obeng torx dirancang untuk memberikan torsi yang lebih baik pada baut atau sekrup dengan kepala bintang daripada obeng biasa. Tujuan dari desain ini adalah mengurangi risiko slip sehingga mencegah kerusakan pada kepala baut dan sekrup.

Mata obeng
Keempat, obeng segi enam

Bentuk kepala obeng jenis ini menyesuaikan fungsinya yakni untuk memberikan torsi atau putaran pada baut atau sekrup dengan kepala segi enam agar bisa dipasang atau dilepas. Nama lain dari obeng ini adalah obeng hex dan inbus.

Umumnya, obeng hex digunakkan di berbagai industri, termasuk otomotif, konstruksi, permesinan, peralatan rumah tangga, dan lainnya. Selain itu, obeng segi enam dirancang dirancang untuk memiliki kecocokan yang tepat sehingga mengurangi risiko kerusakan pada baut atau sekrup serta memastikan koneksi yang kuat.

Kelima, obeng pentalobe

Yupi, berdasarkan namanya maka Sobat Hamim bisa menebak ya! Obeng pentalobe adalah obeng dengan bentuk mata obeng yang sesuai dengan desain kepala baut atau sekrup pentalobe. Disebut juga obeng bintang penjara.

Obeng jenis ini memiliki fungsi yang eksklusif yaitu digunakan dalam aplikasi yang memerlukan tingkat keamanan tambahan. Desain kepala baut pentalobe lebih kompleks daripada baut dengan kepala standar seba bertujuan mempersulit akses oleh obeng konvensional.

Keenam, obeng tri wing

Obeng tri wing atau disebut obeng tiga sayap. Obeng jenis ini biasanya berfungsi dalam proses perakitan yang berguna untuk memberikan kontrol kualitas dan memastikan bahwa produk tersebut hanya dapat diakses oleh orang yang berwenang.

Umumnya, penggunaan obeng tri wing diaplikasikan pada produk-produk tertentu seperti produk elektronik, konsol permainan, dan perangkat lain yang memerlukan perlindungan terhadap pembongkaran oleh pengguna biasa.

Ketujuh, obeng klip

Apakah Sobat Hamim tahu klip kertas? Nah, obeng klip ini sering disebut paper clip screwdriver. Karena desain mata obeng yang unik maka fungsi dari obeng jenis ini cukup terbatas. Fungsi utama obeng klip ialah untuk memberikan torsi atau putaran pada sekrup dengan kepala klip.

Obeng klip kertas digunakan terbatas seperti pada peralatan atau perlengkapan kantor dan rumah tangga yang didesain memiliki kepala klip khusus yang mana merupakan sekrup-sekrup yang jarang digunakan dalam situasi tertentu. 

Kedelapan, obeng presisi

Bentuk mata obeng presisi memiliki ujung runcing, kecil, tajam, dan presisi. Selain itu, obeng jenis ini dilengkapi dengan berbagai kepala obeng yang variatif sehingga dapat diganti sesuai jenis sekrup yang akan dikencangkan atau dilepas.

Oleh karena itu, obeng presisi memiliki fungsi yang disesuaikan dengan pekerjaan-pekerjaan yang memerlukan akurasi dan ketelitian tinggi, terutama dalam pekerjaan elektronik, perbaikan peralatan, perakitan, dan pekerjaan mekanik halus.

Kesembilan, obeng bermagnet

Berbeda dengan kedelapan jenis-jenis obeng sebelumnya. Obeng magnet adalah jenis obeng yang memiliki ujung yang dilengkapi dengan magnet.

Magnet berfungsi mencegah sekrup atau baut jatuh atau hilang ketika kita mengoperasikan obeng. Hal ini sangat membantu Sobat Hamim ketika bekerja di tempat-tempat yang sulit diakses, seperti di dalam mesin atau perangkat elektronik.

Selain itu, obeng magnet dapat membantu pekerjaan kita menjadi lebih cepat dan efisien. Sebab Sobat Hamim tidak perlu khawatir kehilangan sekrup saat mengencangkan dan melepaskan sekrup atau baut.

Nah, itulah sembilan jenis-jenis obeng dan fungsi obeng yang telah kita ketahui. Lalu, bagaimana cara menggunakan obeng? Apakah ada perbedaan pada setiap jenisnya?

Cara Menggunakan Obeng

Pada dasarnya, obeng memiliki fungsi utama yakni untuk mengencangkan dan melonggarkan sekrup pada mesin atau kayu di berbagai bagian, sehingga dapat digunakan dalam berbagai situasi. Pada dasarnya cara menggunakan obeng sangat sederhana dan mudah yakni diputar sesuai dengan sekrup atau baut.

Namun, untuk hasil yang maksimal maka Sobat Hamim bisa mengikut langkah berikut; 

Pertama, dorong dan putar

Pastikan kita memutar obeng sehingga sejajar dengan sekrup. Sumbu rotasi tidak selaras dengan sekrup dapat berakibat obeng dapat terlepas tanpa kendali, alur sekrup dapat dihancurkan, atau sekrup dapat ditekan secara diagonal.

Kedua, gagang lurus saat memutar sekrup atau baut

Perlu Sobat Hamim ketahui, ketika memutar obeng, pastikan obeng harus tegak lurus dengan sekrup. Obeng tidak tegak lurus dengan sekrup akan berdampak tenaga yang dihasilkan oleh obeng kecil atau bahkan meleset sehingga, alur sekrup akan rusak, bisa jadi sekrup akan terpasang miring.

Ketiga, pastikan untuk menggunakan obeng sesuai dengan ukuran

Beragam jenis-jenis obeng didesain sesuai dengan bentuk sekrup. Hal ini bertujuan agar obeng tepat guna. Selain itu, ketidaksesuaian ukuran obeng dan sekrup/ batu akan menimbulkan masalah seperti melesetnya obeng pada saat penggunaan, kerusakan pada alur sekrup, atau tidak bisa mendapatkan tenaga yang cukup untuk mengencangkan sekrup.

Oke, jadi itulah cara menggunakan obeng ya Sobat Hamim. Selanjutnya aku mau spill nih rekomendasi obeng yang bisa jadi alat pertukangan yang handal di rumah.

Screwdriver Set Sebagai Alat Pertukangan Andalan di Rumah

Screwdriver Set
Sebagaimana aku buka tulisan ini dengan pertanyaanku pada suami. “Kok beli obeng banyak sih?” Nah hal tersebut tentu tidak perlu ditanyakan jika kita tahu bahwa jenis obeng memang disesuaikan dengan kegunaannya. Kini kita sudah tahu bukan apa saja jenis obeng, fungsi, dan cara menggunakannya. Maka aku ada kabar baik buat Sobat Hamim untuk merekomendasikan screwdriver set yang praktis.

Screwdriver set merupakan paket obeng yang berisi beragam variasi obeng. Dengan memiliki screwdriver set di rumah akan lebih efisien daripada membeli satuan dan harga jadi lebih murah, iya tidak?

Jangan asal pilih dan beli!
Pastikan untuk membeli obeng yang berkualitas. Sobat Hamim bisa mempertimbangkan mulai dari kebutuhan, cek material obeng, dan cek berat obengnya.
Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

23 komentar

  1. Sama ,,,, kami juga memandang peralatan rumah tangga bukan hanya furniture dan alat-alat dapur juga. Alat pertukangan juga penting banget, jadi kami memiliki alat pertukangan yang lengkap mulai dari obeng, gurinda, bor, dll

    BalasHapus
  2. Ya ampun suamiku punya beginian di rumah Screwdriver Set buat alat pertukangan andalan di rumah...sekoper itu kan, jadi mau jenis obeng apapun ada. Belinya di Aca Hardware by Kawan Lama. Lengkap banget segala rupa kebutuhan rumah ada di sana

    BalasHapus
  3. yaa ampun ternyata banyak banget ya jenis-jenis obeng hehe taunya cuman bentuk obeng yang kecil dan besar wkwk

    BalasHapus
  4. Rasanya yang saya kenal namanya hanya obeng min (obeng lurus) dan obeng plus Mbak. Dan biasanya tinggal ukurannya saja yang berbeda-beda. Mulai dari ukuran kecil untuk mur atau baut di kacamata, hingga untuk keperluan perangkat yang lebih besar. Akhirnya sekarang saya tahu istilah obeng torx dan pentalobe juga hehehe..

    BalasHapus
  5. Kayaknya dari 9 jenis obeng, yg belum pernah lihat tuh yg obeng klip deh. Unik banget sepertinya. Kalau yg lain sedikit banyak sudah pernah lihat dan pegang.

    BalasHapus
  6. Ternyata ada banyak ya jenis obeng itu ya
    Semuanya punya kegunaan masing-masing ya
    Kita jadi harus tahu mana yg sesuai kebutuhan

    BalasHapus
  7. Ini klo orang Jawa bilangnya 'drei'. Di rumah, saya hanya paham drei biasa dan drei kembang hehehe... Klo kembang tuh yang ujungnya bentuk cross tadi itu. Ternyata banyak ya jenis obeng. Ada yang sudah satu set juga ternyata, ntar tinggal ganti2 kepala obengnya gitu ya.

    BalasHapus
  8. Iya banget..
    Beli sepaket tuh selain nyimpennya juga mapan karena tempatnya satu, lebih rapih dan jadi kalau dibutuhin bisa satset.
    Aku paling penting obeng kecil yang bisa buat perbaiki kacamata. Terlihat simple yaa.. Tapi kalau ada, aku gak perlu ke optik deh..

    BalasHapus
  9. Waduh yang kayak gini2 beneran ga hapal aku namanya wkwkw sampe suamiku gemes sendiri karena aku ga hapal2 kalodimintai tolong ambilin obeng wkwkw

    BalasHapus
  10. Alat pertukangan ini suamiku suka banget klo beli. Tapi sayangnya ngga terlalu bisa pakainya. Kemarin pasang rak lemari saja juga aku yang masang.

    BalasHapus
  11. wuaaah ternyata ada banyak jenis obeng ya wkwk
    apalah aku yang cuma 1 obeng untuk semua hahaha
    soalnya jarang berkutat di dunia per-obeng-an

    BalasHapus
  12. Obeng ada bermacam-macam ya, Mbak. Ada baiknya jika disertai gambar ujung obengnya, Mbak. Supaya jadi tahu fungsinya untuk dimana saja.

    BalasHapus
  13. Saya pun pernah berpikir seperti mba Hamim ketika paksu beli satu set obeng, kunci, dan lain sebagainya. Sekarang malah ikut pakai jika ada yang urgent dan suami sedang tidak di rumah. Ya hitung-hitung nambah skill pertukangan dan perkakasan

    BalasHapus
  14. Saya pun pernah berpikir seperti mba Hamim ketika paksu beli satu set obeng, kunci, dan lain sebagainya. Sekarang malah ikut pakai jika ada yang urgent dan suami sedang tidak di rumah. Ya hitung-hitung nambah skill pertukangan dan perkakasan

    BalasHapus
  15. hehehe, saya tahunya cuma obeng plus, minus dan bintang, ternyata yang lain juga ada namanya sendiri-sendiri ya. terima kasih informasinya mbak, saya jadi tahu nama-nama obeng nih.

    BalasHapus
  16. Sejauh ini kucuma taunya obeng buat buka baut sama obeng buat test arus listrik, tapi ternyata banyak jg ya jenisnya

    BalasHapus
  17. Dulu taunya obeng lurus sama obeng kembang segi empat. Ternyata jenisnya lebih banyak dari itu, ya. Kita bisa menggunakan sesuai dengan kebutuhan nya kalau paham jenis-jenis obeng ini

    BalasHapus
  18. dari sekian banyak jenis obeng, prinsip mengetatkan dan melonggarkannya sama kan ya? saya sering lupa lo ini, kalau mau melonggarkan ke kanan atau ke kiri ya hehe
    suami sedia obeng yang bisa lepas dengan pegangannya, plus minus tinggal ditukar aja

    BalasHapus
  19. Jenis obeng aja banyak banget ya variannya. Emang paling pas beli obeng satu set gitu..karena kalau beli satuan bakalan banyak banget biaya nya, mending beli sekalian Gini lebih aman.

    BalasHapus
  20. Obeng merupakan perkakas yang wajib dan harus selalu ada di rumah

    BalasHapus
  21. Aku lumayan sering nukanh sendiri di rumah hahaha karena kelamaan kalau nunggu paksu atau panggil orang, tapi persediaan obengku ga selengkap ini sih. Wah informatif deh jadi tauu :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular