8 Fakta Menarik Ikatan Cinta, Gak Kalah Sama Drakor!

Sinetron fenomenal

Pandemi yang tak kunjung usai memberikan banyak sekali perubahan dalam sisi kehidupan. Bahkan sejak diberlakukan anjuran dari pemerintah #dirumahsaja, nyaris semua kegiatan dilakukan dari rumah. Hal tersebut jelas memberi efek bosan. 


Namun fakta menarik datang dari dunia hiburan, sinetron Indonesia produksi MNC Pictures yang ditayangkan perdana tanggal 19 Oktober 2020  di RCTI mendapatkan penghargaan dari Kementrian Perekonomian RI. Sinetron Ikatan Cinta adalah program TV yang paling banyak ditonton dan menghibur masyarakat selama landemi.


Wah, aku jadi penasaran deh! Kok bisa sih?

Yuks kita cari tahu fakta menarik ikatan cinta yang ternyata gak kalah sama drakor (drama korea).



Sinopsis Ikatan Cinta

Ikatan Cinta merupakan sinetron yang mengangkat tema roman. Andin dan Elsa adalah saudara adik dan kakak. Sayangnya, keduanya jatuh cinta kepada lelaki yang sama yaitu Nino.


Cinta Andin gayung bersambut terhadap Nino, bahkan keduanya mendapat restu ayah Andin untuk menikah. Sayangnya, masalah terjadi sebab perasaan cemburu dan tidak terima dari Elsa dan mama Andin. Akibatnya, Elsa menjebak Andin dalam peristiwa pembunuhan Roy sehingga Andin harus di penjara.


Setelah keluar dari penjara Andin dinikahi oleh Aldebaran dalam rangka balas dendam. Diketahui bahwa Aldebaran adalah adik Roy. Al sebagai sosok yang awalnya angkuh dengan segala kelebihan yang dimiliki, seiring berjalan waktu Al jatuh hati kepada Andin. 


Kisah ikatan cinta semakin menarik ketika dipertemukan dengan bayi kecil bernama Reyna. Anak dari Andin dan mantan suaminya. Bagaimanakah cerita selanjutnya?


Wah, kabarnya alur dari cerita ikatan cinta ini susah ditebak lho!



8 Fakta Menarik Ikatan Cinta

Bagaimana sobat Hamim, masih penasaran apa yang membuat ikatan cinta mendulang rating yang tinggi? Inilah faktanya!


  1. Alur cerita yang beda

Alur cerita yang membuat penasaran dan susah ditebak menunjukkan jika film tersebut layak ditonton. Inilah yang terjadi pada sinetron garapan Doddy Djanas. Bahkan disebutkan jika ikatan cinta berani membuat alur cerita yang berbeda dari biasanya. 


Mengangkat tema semi thriller atas terbunuhnya Roy menjadikan Ikatan Cinta didapuk mirip drama korea. Selain itu, beberapa adegan juga disajikan serupa dengan adegan dibeberapa drakor pilihan. 


  1. Bertabur Bintang


Fakta menarim ikatan cinta bertabur bintang

Selain alur cerita yang disukai oleh banyak kalangan. Ikatan Cinta juga bertabur bintang. Pemeran dalam sinetron produk MNC TV ini bukan artis kemarin sore. 


Ada Amanda Manopo sebagai Andin, Arya Saloka sebagai Aldebaran, Glencha Cysara sebagai Elsa,  Evan Sanders sebagai Nino,

Surya Saputra sebagai papa Surya, dan masih banyak artis papan atas lainnya.


Dampak dari peran yang menjiwai, tak jarang di dunia nyata peran para artis terbawa di dunia nyata di mata para penonton. Surya Saputra memgaku jika sekarang lebih dikenal sebagai papa surya. Kehadiran Elsa yang diperankan olej GLencha tak kalah memukau. Setiap kemunculannya sering membuat darah mendidih.


Pernah suatu kali, aku berkunjung ke rumah ibuku di luar kota. Kami menginap beberapa hari. Dan terbukti setiap pukul.19.30 ibuku stand by di depan TV menyaksikan 8katan Cinta tayang


Tak hanya itu, aku juga mendapati ibuku berekspresi kesal setiap kemunculan Elsa. Lain waktu mimik muka ibu berubah senyum-senyum sendiri ketika adegan Al dan Andin. Ah, ternyata emang sebegitunya ya mereka hehehe.


  1. Sutradara Pengalaman

Pasalnya, Ikatan Cinta ini digarap oleh sutradara berpengalaman yakni Doddy Djanas. Sutradara yang berkecimpung di dunia hiburan Tanah Air sejak 1996 ini sudah membidani beberapa sinetron sebelum Ikatan Cinta.


Beberapa deretan sinetron tersebut adalah      sinetron Intan dan Cahaya yang diperankan oleh Naysilla Mirdad, sampai sinetron Cinta yang Hilang, yang diperankan oleh Citra Kirana. Rata-rata sinetron yang digarap Doddy Djanas ngehits dan populer merajai rating TV di Indonesia.


Wah, luarbiasa ya!


  1. Soundtrack-nya

Tak hanya ide, artis, dan sutradara yang memiliki peran besar membuat para penonton jatuh cinta pada sinetron Ikatan Cinta.


Soundtrack Ikatan Cinta yang diciptakan dan dipopulerkan oleh Gouvinda ddan Fadly Padi memang sangat patut diapresiasi. Selain musik, lirik, dan vokal yang oke membuat lagu "Tanpa Batas Waktu" ini mendulang jutaan viewer.


Bahkan dicover oleh berbagai kalangan. Luarbiasa bukan!


  1. Fanbasnya


  1. Fakta menarikikatan cinta

Nah, ini dia yang bikin heboh. Jika drakor punya fans yang fanatik maka begitu pula ikatan cinta. 


Bahkan di sebuah daerah terekam ada kumpulan ibu-ibu yang melakukan nonton bareng Ikatan cinta. Fakta menarik lainnya, mereka juga sampai mengadakan syukuran atas gagalnya perceraian Andin dan Mas Al. Dan fanbas ini tidak hanya satu daerah melainkan tersebar di berbagai daerah lho!


Tak hanya nonton bareng melalui layar kaca, bahkan ada yang langsung menghadiri lokasi syutingnya. Wow banget kan!


Segitunya ya, begitulah kalau sudah fans banget!


  1. Ratingnya

Setelah 15 tahun, dunia persinetronan di Indonesia menobatkan Ikatan Cinta sebagai sinetron oeraih rating tertinggi. Dengan capaian, rating 14,1 dan audience share 48,3.


Capaian tersebut mengungguli rekor musim ketiga sinetron Cinta Fitri yang mendapatkan rating 12,6 dan audience share sebesar 39,2. Layak Ikatan Cinta mencetak rekor Muri!


  1. Peraih Penghargaan dari Kemenkraf RI


Fakta menarik  ikatan cinta meraih banyak penghargaan

Capaian rating yang luarbiasa membawa sinetron Ikatan Cinta mendapat rekor MURI sebagai Sinetron Prime Time dengan penonton Share National Tertinggi.


Di bulan Juli, sinetron Ikatan Cinta kembali mendapat penghargaan dari Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartanto sebagai sebagai Program TV Yang Paling Banyak Ditonton dan Menghibur Masyarakat Selama Pandemi.


Pasalnya, Sinetron Ikatan Cinta mampu untuk terus berkreasi meski di tengah situasi pandemi covid-19. Hal ini tentu sangat membantu masyarakat dalam mengatasi kebosanan mereka di rumah.


Tampaknya Ikatan Cinta menjadi berjasa di era pandemi ini ya, hehehe.


  1. Menjadi Inspirasi 

Melihat antusias para penonton Mas Al dan Andin, lahirlah lagu bergenre dangdut house berjudul "Gara-Gara Mas Al" yang dinyanyikan oleh Putri Sagita.


Lagu dengan lirik dan video klip yang mennggambarkan kehebohan para penonton ikatan cinta ini sempat trending di Twitter. Hal ini mengundang kekaguman warganet pada pencipta lagu yang pandai memanfaatkan momen. 


Emang seapik itu sih Arya Saloka memerankan Mas Al sehingga mengaduk emosi para hati emak-emak dalam video klipnya hehehe.


Tak hanya menjadi  inspirasi sebuah lagu, beberapa program TV dan akun-akun resmi di media sosial juga membuat parodi ikatan cinta. Ada OVJ memparodikan sinetron ini dengan judul "Ikatan Mantan", ada Santuy  Malam di Trans TV memparodikan dengan judul "Ikutan Cinta", dan lainnya. 


Sedangan akun resmi di media sosial yang cerdas memparodikan Ikatan Cinta adalah akun resmi Bank digibank by DBS Bank juga membuat poster parodi serupa. Dengan judul " Ikatan Penipu", adapaun tujuan parodi ini agar para nasabahnya mewaspadai penipuan mengatasnamakan customer center digibank. 


Wah wah, ternyata ikatan cinta ini memang patut diapresiasi ya. Viralnya gak kalah sama drama korea hehehe yang juga sering dibuat parodinya.


Nah, bagaimana sobat Hamim, berdasarkan 8 fakta menarik ikatan cinta di atas maka layak jika banyak kalangan yang mengulas tentang sinetron garapan MNC ini ya. Memang fenomenal! 



Apakah kamu jadi tertarik menonton Mas Al dan Andin di Ikatan Cinta episode selanjutnya?

Kita nikmati dulu yuks ost-nya :)


Komentar

  1. Jadi mau nonton nih... Racun euy... 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hwkakakkaa Bunda, aku tidak bermaksud demikian.hahahhaa.

      Diambil hikmahnya aja deh 🙈

      Hapus
  2. Baru tahu ceritanya bikin pusing emak-emak wkwk... Tapi semua penggemarnya rata-rata emak-emak sih. Untung aku ga pernah nonton wkwk

    Takut kecanduan ikatan cinta juga, bahaya! bisa bubaarr jalan anak-anak krucilku mba.

    Film ikatan cinta ini kan emang bikin penasaran, wajar ratingnya tinggi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alurnya mbak, macam drakor gtu. Makanya gayanya Al itu sering disamakan dngan oppa oppa.

      Penampilan si andin dan elsa pun sering dimirip.miripin sama pemain drakor.

      Hapus
  3. Sebagai seorang dokter anak, saya biasanya mengikuti alur, apa saja yang v iran di kalangan emak-emak, saya harus ikuti. Minimal harus tahu inti masalahnya. Biar gak dibilang dokter kurang gaul. Ujung-ujungnya kan praktik jadi sepi. Tapi untuk urusan sinetron, atau drakor... Saya angkat tangan deh! Cukup tahu aja arya saloka itu yang mana, andin itu diperankan sapa. Cukup itu deh kayaknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hwkakaka gitu ya dok hehehe. Iya deh emang gitu buat emak emak nyambung ma kita ya jadi isinya g curhat aja

      Hapus
  4. Sinetron fenomenal tahun ini yaa, smpe para artis pun dibkin ngefans sama pemain utamanya..
    Bahkan smpe ada kumoulan ibu2 yg bkin slametan looh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah betul mbak. Itu viral juga lho. Hahahaha

      Syukura karena andin dan al gak jadi cerai

      Hapus
  5. Sampai detik ini aku belum tertarik menonton sinetron ikatan cinta mbak, gakntaunya, cap sinetron yang gak banget masih melekat di alam bawah sadar aku. Btw, tulisannya menarik loh menurutku. Saat membaca tadi hampir terbersit rasa penasaran tentang ikatan cinta ini... Hehehe.... Kerennnn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awas kepleset mbak.. jangan goyah. Aku nulis ini pun kondisiku belum pernah nonton episode 1 sekalipun hehehe.. paling liat cuplikan2 aja yg emang adegannya kayak bikim baper gtu

      Hapus
  6. Hahahahaha aku mau ngakak dulu akhirnya tema ini yg diangkat :') tapi kuakui salit bgt sama fanbasenya IC deh yang super solid sampe bikin episodenya supeeerrrr puanjang wkwk. Sampai dapet penghargaan. Keren keren. Ulasannya okay mbak ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hwakakaka akupun muter otak mbak wid haduh aku nulis apa ini.. anakku pada nempel kayak prangko hiks... udahlah nyerah nulis hal2 receh gini lah yg aku bisa. maafkan ya, aku menulis sesuatu yg akupun g menontonnya huhu

      Hapus
  7. Sampai sekarang aku gemash dg sinetron ini. Hhhhhe

    BalasHapus

Posting Komentar

Maturnuwun sudah berkomentar dengan baik. Kata-katamu cerminan kepribadianmu :)

Postingan populer dari blog ini

Tummy Time, Penting Gak Sih?