=Hamimeha

7 Aktivitas Olahraga Bersama Anak Di Rumah, Hidup Sehat Yuks!

13 komentar
Aktivitas olahraga bersama anak di rumah

Hai Sobat Hamim, masih betah di rumah saja ya? Kabar baiknya beberapa daerah level PPKM sudah menurun nih! Tempat wisata juga sudah mulai dibuka, sekilas terlihat aktivitas liburan berseliweran di beranda media sosial.

Meski demikian tetap aku ingatkan selama keluar rumah pastikan untuk taat protokol kesehatan ya. Hindari kerumunan dan tetap jaga kondisi agar imun terus meningkat. Salah satu upaya menjaga kesehatan adalah olahraga.

Pasalnya, olahraga bukankah aktivitas yang disukai sebagian orang apalagi anak-anak. Wah, padahal kita tahu olahraga banyak manfaatnya ya? Bagaimana cara agar anak-anak suka olahraga? Mungkin bisa kita siasati dengan memilih aktivitas olahraga yang menyenangkan.

Nah, ini dia 7 aktivitas olahraga bersama anak di rumah yang bisa kita lakukan, yuks ikhtiar hidup sehat!

Seputar Hidup Sehat


Berbicara hidup sehat maka kita akan mengulas tentang gaya hidup. Yang mana erat kaitannya dengan aktivitas sehari-hari seseorang. Jadi, apakah pengertian gaya hidup sehat?

Dilansir dari halodoc ditulis arti gaya hidup sehat adalah sebuah komitmen jangka panjang untuk menjaga atau melakukan beberapa hal agar mampu mendukung fungsi tubuh, sehingga berdampak baik bagi kesehatan.

Adapun, gaya hidup sehat ini bisa kita upayakan dengan cara menjaga asupan tubuh dengan makanan sehat, menghindari hal-hal yang bisa menimbulkan stress karena bisa memicu psikosomatik, dan olahraga.

Nah, olahraga ini seringkali terlewat apalagi sekarang era rebahan. Oh, jangan demikian ya terkhusus anak-anak sebab bisa menjadi habbit mereka di masa depan. Upayakan mengenalkan olahraga itu salah satu cara menjaga kesehatan kita

Sekilas tentang Olahraga dan Manfaatnya


Menurut KBBI, olahraga memiliki arti gerak badan untuk menguatkan dan menyehatkan tubuh (seperti sepak bola, berenang, lempar lembing);

-- memanah panahan;
-- tarung olahraga adu kekuatan dengan tujuan berusaha menjatuhkan lawan ke tanah dengan pegangan dan gerakan tertentu
Definisi olahraga
Untuk anak usia dini, olahraga ini bisa dilakukan dengan cara menyenangkan sesuai dengan aktivitas yang mereka sukai. Pada dasarnya anak usia dini menyukai eksplorasi lingkungan di sekitarnya. Kita bisa menjadikan ini kesempatan membangun habit suka olahraga pada anak.

Apa manfaat olahraga khususnya untuk anak-anak?

Bagi anak-anak olahraga memiliki segudang manfaat, apalagi saat usianya memasuki fase tumbuh kembang. Yakni;

1. Meningkatkan kekuatan tulang, otot, dan koordinasi

2. Merangsang kemampuan motorik

3. Mengoptimalkan fungsi jantung

4. Meningkatkan rasa percaya diri

5. Membangun bonding antar anak dan orang tua


Sebenarnya masih banyak manfaat dari olahraga bagi anak-anak. Karena itu perlu bagi orang tua untuk menumbuhkan kesukaan pada olahraga sejak dini. Target kita adalah memberikan pengalaman menyenangkan bahwa olahraga itu asyik.

Dan lagi, memberi pemahaman bahwa dengan olahraga membuat tubuh kita menjadi lebih sehat. Perlu Sobat Hamim ketahui bahwa di era digital tantangan anak-anak zaman now adalah mager alias malas gerak.

Kali ini aku ingin berbagi 7 aktivitas olahraga yang bisa dilakukan di rumah bersama anak-anak nih. Simak yuks!

7 Aktivitas Olahraga Bersama Anak di Rumah

Memilih aktivitas olahraga yang menyenangkan tak harus mahal. Kita bahkan bisa tanpa biaya untuk melakukannya. Seperti 7 aktivitas olahraga bersama anak di bawah ini:

Pertama, Senam

Bermodal lagu anak atau jika ada sound yang bisa digunakan kita bisa melakukan senam bersama anak dengan menyenangkan

Kedua, Menari

Alih-alih sebagai permainan sebenarnya menari bisa kita jadilahbsalah satu aktivitas olahraga bersama anak. Dengan gerakan yang teratur maka menari ini mirip dengan aktivitas senam.

Ditambahlah sekarang sedang marak adanya joget-joget ala tiktok bukan?

Ketiga, Melompat

Aktivitas ini juga bisa gunakan sebagai salah satu kegiatan bermain yang sebebarnya olahraga. Syaratnya upayakan anak melakukannya dengan pengawasan.

Keempat, Lempar den menendang bola

Manfaat aktivitas melempar
Melempar bola adalah salah satu milestone yang harus dicapai oleh anak usia dini di usia tertentu. Selain itu salah satu cara merangsang kemampuan motorik kasar anak.

Lempar bola bisa juga masuk kategori permainan sepakbola, voli, basket, kasti, dan lain sebagainya.

Kelima, Jalan dan lari

Aktivitas yang mulai digandrungi sejak pandemi. Kesadaran masyarakat untuk berolahraga adalah kebutuhan untuk menjaga kesehatan semakin meningkat.

Anak-anak bisa diajak jalan sehat santai atau lari-lari kecil di dalam maupun luar rumah yakni area halaman.

Keenam, Bersepada

Ahah, siapa yang menyangka jika bersepeda menjadi olahraga favorit semasa pandemi. Pasalnya bersepada adalah olahraga yang bisa menggerakan semua otot kita.

Wah, tak hanya anak-anak yang suka lho. Orang dewasapun menggandrunginya.

Ketujuh, Berenang

Ini bisa dilakukan di rumah dengan menggunakan kolam portable atau jika di rumah sudah tersedia kolam renang maka bisa diupayakan untuk rutin renang dengan anak.

Pasalnya, bermain air itu banyak manfaatnya juga lho buat anak-anak.

Nah, dari ketujuh aktivitas di atas sebenarnya masih banyak ide untuk olahraga yang menyenangkan bersama anak. 
Kunci dari terbangunnya habit suka olahraga pada anak adalah pembiasaan dan keteladanan dari orang tua.
Luangkan waktu minimal 5-10 menit setiap hari untuk olahraga bersama anak. Maka anak akan terbiasa untuk olahraga di hari-hari berikutnya. Anak adalah peniru ulung, apa yang mereka lihat dari sekitarnya itulah yang mereka contoh.

Taraa, jadi selain 7 aktivitas olahraga bersama anak di rumah yang aku contohkan di atas. Adakah ide lain dari Sobat Hamim?

Sharing yuk!
Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

13 komentar

  1. Bener juga nih, olahraga di rumah bareng anak akan memperkuat sel saraf sensorik dan motorik. Wajib banget ditiru buat para orang tua yang punya waktu lebih di rumah.

    BalasHapus
  2. halo kak,
    aku sama anak-anak paling suka main sepeda, berenang dan jalan kaki. sederhana dan murah, hehehe. kalau berenang sih yang paling disukai ya karena main air dna piknik

    BalasHapus
  3. Olahraga adalah aktivitas yang menyehatkan. Akhir-akhir ini saya sering yoga di depan ponakan yang berusia 1.5 tahun, meski belum bisa ikutan, tapi dia seneng nontonin saya olahraga, semoga setelah besaran dikit bisa diajak yoga bareng.

    Karena ponakan sedang aktif-aktifnya, dia lagi suka lati-lari keliling rumah dan main lempar bola. Selain sehat juga bisa meningkatkan kualitas hubungan antara tante damn ponakan. Alhasil ponakan saya nempel terus sama saya, hahha

    BalasHapus
  4. Wah kalau kasih tahu ini keponakan, dia bakal suka nih sama lompat-lompat, hehe. Soalnya pelajaran olahraga yang ada lompatnya dia antusias banget. Dan memang olahraga bagus untuk jaga kebugaran tubuh ya kak

    BalasHapus
  5. Saya juga suka ngajak anak2 bergerak di rumah sekalian olahraga. Biasanya klo lg ngasuh yg batita kadang setel YT aa workout Baby Shark seruuu keringet keluar banyak .Tp kalo sama anak yg SMP biasanya main pingpong

    BalasHapus
  6. Suka sama ilustrasi di blognya. Ini nggambar sendiri? Pakai aplikasi apakah? Saya olahraganya dalam rumah aja. Kadang jalan pagi/sore keluar rumah, tapi belakangan mendung dan hujan.

    BalasHapus
  7. ah oya, meski di rumah tetap ajak anak rutin berolahraga y mbak
    biar tetap sehat

    BalasHapus
  8. olahraga bareng anak yg sering ku lakukan adalah nemenin dia naik sepeda. Selain bikin sehat juga bisa punya waktu berkualitas bareng anak ya kan

    BalasHapus
  9. Jafi ingat,waktu kecil enggak suka sekali olah raga karena jadi gerah dan keringatan. Paling dari 7 kegiatan di atas, yg disukai adalah renang, sepedaan dan lompat tali. Karena dulu menganggap itu adalah permainan,bukan olah raga.

    Sekarang, setelah bekerja barulah suka olah raga karena mulai terbuka pemikiran tuk hidup sehat.

    BalasHapus
  10. aku pun baru sadar pentingnya memulai dan merutinkan pola hidup sehat, ya dari makanan dan olahraga, karena bukan musiman ya harus continue dilakukan utk mendapatkan hasilnya, semoga kelak pas punya momongan juga bisa terus nerapin healthy life style dan olahraga2 tsb yg bisa dijalanin bareng suami dan anak ya

    BalasHapus
  11. Olah raga sederhana yang sering dilakukan sama Nak Bujang, jalan keliling fasum perumahan setiap minggu pagi sih mbak. Kadang dilanjut dengan badminton jika emaknya nggak kelelahan, hehe.

    BalasHapus
  12. Kalau kami sekarang lagi suka main badminton di depan rumah saat sore hari mbak. Lumayan bisa olahraga walaupun di rumah aja. Terutama bagi emak-emak macam saya yang punya bayi

    BalasHapus
  13. kalau olahraga di rumah ini pastinya kita memilih yang nggak ribet dan tanpa alat ya kayak lari atau senam. tapi kalau anak-anak kayaknya nggak jauh-jauh dari sepeda atau sepak bola deh olahraganya

    BalasHapus

Posting Komentar