=Hamimeha

Read Aloud Surabaya Sambut World Read Aloud Days 2022

11 komentar
Konten [Tampil]
Read aloud surabaya sambut world read aloud days 2022
Hai Sobat Hamim!

Sudah membaca buku apa hari ini? Masih ingat donk tulisanku seputar read aloud? Nah, kali ini aku ingin memperkenalkan salah satu komunitas yang concern dalam mengkampanyekan read aloud atau membacakan nyaring khususnya di area Surabaya.

Kabar baiknya, komunitas yang belum sampai setahun berdiri ini telah membuat event offline bersama puluhan member di salah satu hotel di Surabaya bertajuk "Lebih dekat dengan Read Aloud".

Acaranya seru lho! Pasalnya event ini diadakan dalam rangka menyambut world read aloud days 2022. Kegiatan yang total berlangsung selama tiga jam ini sangat padat. Ada seminar, praktik read aloud, bookish play, game, dan lain-lain.

Nah, daripada makin penasaran yuks simak ulasanku tentang Read Aloud Surabaya sambut World Read Aloud Days 2022 yuks!

Sekilas Tentang Read Aloud Surabaya


Read Aloud Surabaya adalah salah satu komunitas yang merupakan bagian dari Read Aloud Indonesia. Yangmana salah satu pendiri read aloud ini adalah ibu Rosie Setiawan, penulis buku Membacakan Nyaring.

Tentang komunitas read aloud
Melalui membacakan nyaring, anak akan terbiasa untuk berinteraksi dengan buku sehingga secara tidak langsung menumbuhkan minat baca pada anak sejak dini.

Saat ini ada puluhan komunitas read aloud yang tersebar di seluruh nusantara. Aku teringat event satu tahun lalu saat memperingati WRAD 2021 secara online, ada bintang tamu yang merupakan aktivis read aloud dari Indonesia Timur.

Semangat mereka dalam membangun minat baca melalui read aloud membuatku tergugah. Sehingga aku berminat untuk bergabung dengan komunitas read aloud aku tinggal yakni kota pahlawan.

Nah, tepat di bulan juli tahun lalu. Secara kebetulan, seorang kawan ternyata sudah bergabung dengan komunitas read aloud Surabaya dan membuatku berminat ikut serta. Ternyata, read aloud surabaya merupakan salah satu komunitas yang terhitung baru.
Berawal dari tiga perempuan yang memiliki semangat membumikan literasi khususnya dalam hal membaca lahirlah komunitas Read Aloud Surabaya. 
Ketiga foundernya yakni Bunda Inge yang juga berkecimpung lama di komunitas Kumpul Dongeng, dua lainnya adalah Kak Yuliana dan Kak Ellen yang merupakan aktivis literasi dari rotary.

Keren ya ketiganya!

Eits, jadi jangan heran ya kalau ada kegiatan dari Read Aloud Surabaya sering kali muncul juga logo dua komunitas lainnya. Baik itu kumpul dongeng maupun rotary. Sebab hal tersebut adalah bagian dari sinergi yang dilakukan oleh para foundernya. Kompak ya!

Program di Read Aloud Surabaya

Program read aloud surabaya
Meskipun terbilang baru, tapi dalam waktu 7 bulan Read aloud Surabaya cukup menarik perhatian. Tak jarang beberapa peminat untuk bergabung jadi member berasal dari luar Surabaya. Dan tercatat saat ini member Read Aloud Surabaya sudah mencapai puluhan lho!

Kegiatannya pun beragam. Pandemi tak menghalangi Read Aloud Surabaya untuk terus berkembang dan membumikan literasi melalui membacakan nyaring.

Adapun kegiatan yang rutin dan pernah diselenggarakan adalah IG Live, Workshop Menulis Cerita dengan Canva, Training of Trainer Read Aloud secara online, Seminar Dyxlexia, Kegiatan kreatif membuat Pupet, Bermain Asyik dengan Koki Cilik, serta mengadakam virtual Tour ke Perpustakaan, dan berbagai kerjasama lainnya.

Ehem, karena padatnya agenda yang sudah diadakan oleh komunitas dengan logo dominan biru ini membuatnya jadi cepat bertumbuh. Tak hanya itu, akun media sosialnya pun cukup edukatif untuk memberikan informasi seputar read aloud. Boleh mampir dan follow ya Sobat Hamim!

Selama ini event yang diadakan baru via online. Dan untuk pertama kalinya, di bulan Januari 2022 Read Aloud Surabaya bersama para pengurus dan member melakukan event offline di Hotel Best Wester Papilio yangmana juga salah satu kegiatan dalam rangka menyambut World Read Aloud Days 2022. Seru!

Apa itu World Read Aloud Days

Yup, apakah Sobat Hamim penasaran tentang apa sih World Read Aloud Days atau biasa disingkat dengan WRAD. WRAD atau Hari Membacakan Nyaring Sedunia adalah salah satu peringatan untuk mengkampanyekan manfaat dan pentingnya membacakan nyaring.

Tentang world read aloud days
Pasalnya, WRAD diperingati pertamakali pada tahun 2010. Organisasi yang mencetuskan lahirnya World Read Aloud Days ini adalah LitWorld (organisasi nonprofit) yang percaya akan kekuatan membaca nyaring. Membaca nyaring membantu dalam skill literasi, membangun komunitas dan juga menghubungkan antara satu dan yang lainnya.

Sebab Read Aloud atau membaca nyaring merupakan kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan oleh siapa saja, tanpa memandang usia dan pekerjaan. Selain itu, membaca menggunakan suara, memainkan ekspresi, intonasi, serta juga melibatkan anak-anak untuk interaktif menjadikan membaca lebih menarik.

Inilah target yang diharapkan dari Kampanye World Read Aloud Day ini yaitu menyebarkan betapa penting dan betapa serunya aktivitas membaca tersebut. Sedangkan kita sebagai pembaca buku yang aktif maka diharapkan bisa menularkan kebiasaan kita kepada orang lain yang ada di sekitar kita, terutama anak-anak.

Hal ini semakin diperkuat dengan pernyataan Ibu Roosie Setiawan yang dilansir dari laman online Bernas.id ketika perayaan WRAD 2021 lalu , pemateri training of trainer read aloud ini menuturkan bahwa awalnya ia memulai gerakan membaca nyaring ini setelah membaca buku The Read Aloud Handbook dari Jim Trelease.
Beliau merasa bahwa membaca nyaring inilah yang dibutuhkan oleh anak-anak di Indonesia agar mereka cinta buku dan cinta membaca.

Ehem, Sobat Hamim tertarik ikut mengkampanyekan Membacakan Nyaring?

Read Aloud Surabaya Sambut World Read Aloud Days 2022


Yeay, sampailah di acara Read Aloud Surabaya sambut world read aloud days 2022. Karena ini merupakan tahun perdana bagi komunitas baru ini, serangkaian acaranya masih sederhana tapi tetap menyenangkan.

Dimulai dengan challenge membacakan nyaring selama 7 hari berturut-turut kemudian berlanjut dengan open member batch 2 yang diadakan di bulan Januari 2022.

Serangkaian acara meet n greet read aloud surabaya
Puncaknya, event offline yang dilakukan pada tanggal 16 Januari lalu. Dihadiri puluhan member beserta keluarga, acara meet m greet berjalan meriah. Mulai dari seminar parenting dengan tema "Membangun Bonding dengan Read Aloud" menghadirkan pemateri yang sudah expert di bidangnya yaitu Meutia Mega Syahputri, S.Psi, M.Psi, Psikolog yang berprofesi psikolog dan juga read aloud enthusiast.

Tak hanya itu, kegiatan yang bersinergi dengan kumpul dongeng ini terdiri dari dua area. Selain seminar ada sesi pojok baca anak yang berisi acara yang tak kalah seru. Kolaborasi apik yang dilakukan oleh anggota read laoud surabaya dan kumpul dongeng membuat suasana lebih hidup.

Di awali dengan mencuri perhatian anak melalui boneka, anak-anak terkondisikan sehingga lebih rapi dan semakin antusias di sesi read aloud bersama kak Qiqi. Setelah membaca buku, anak-anak membuat crown yang dipandu oleh Kak Woro dan Kak Jeva. Terlihat anak sangat happy.

Di penghujung acara, orang tua dan anak melakukan praktik membaca read aloud berantai cerita yang diambil dari Lets Read dengan judul "Pangeran dan Inyiak si Harimau". Mengasyikkan dan meriah! Tak terasa selama sekitar tiga jam acara meet n greet member read aloud surabaya berlangsung lancar, sukses, dan menyenangkan.

Bagaimana tidak? Karena selain acara yang seru juga bertabur hadiah. Fyi, komunitas yang ternyata pengurusnya saja tak sampai 10 orang ini bisa menggaet sponsor yang lumayan untuk ikut berpartisipasi lho!

Wah, bisa membayangkan bagaimana serunya acara read aloud surabaya sambut world read aloud days 2022 kali ini bukan? Jika kamu tertarik belajar sepurat literasi bisa juga mengunjungi blog hamimku.

Semangat menebarkan cinta membaca sejak dini!
Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

11 komentar

  1. Seru sekali kayanya Mbak Hamim acara read aloud di Surabaya. Kemarin di Sukabumi juga ada acara serupa, tapi kayanya ga segebyar Surabaya. Makin banyak sosialisasi tentang read aloud, makin banyak yang paham kemanfaatannya.

    BalasHapus
  2. Dulu waktu anak-anakku masih kecil, aku sering mendongeng sambil tidur. Kadang membacakan buku cerita bergambar. Alhamdulillah mereka senang banget. Bahkan nagih lo... Tiap mau tidur pinginnya didongengin sambil dipijat bagian kepalanya.
    Terus, tiap ngemal... Selalu jatah beli buku baru. Seneng deh lihat mereka milih2 buku di gra**dia

    BalasHapus
  3. Masya Allah keren yaa Read Aloud Surabaya! Jadi tertarik pengen ikutan komunitasnya

    BalasHapus
  4. Seneng deh sama acara terkait literasi gini. Apalagi tujuan Read Aloud tuh bagus deh menurutku, membiasakan anak mencintai buku ditengah kemajuan jaman. Kadang tuh suka sedih kalau lagi ada pameran buku, liat anak-anak malah asyik sama gadget dibandingkan hunting buku.

    BalasHapus
  5. Sempat ikutan Training for Trainer Read Aloud Surabaya, EH bener ga mb Hamim, yang aku ikut itu TFt? HEhe

    BalasHapus
  6. Uhuy, dapat bocoran dari mbak Hami berdirinya RAS read me Aloud. aku kemarindaftar jadi member juga mbak.karena boleh dftr 🤭 seru ya mbak, ingin hadir sebenarnya...apalah daya jauh dan pada saat itu suamik ada tugas. ya sudah belum berjodoh. karena impian dalam bulan ini pengen main ke SBY

    BalasHapus
  7. Masya Allah, komunitasnya padahal masih baru yaa, tapi acara offline-nya bikin mupeng niiih..
    Semangat penyelenggaranya semoga menular ke anak-anak untuk lebih dekat dengan literasi yaa..

    BalasHapus
  8. Ini makin kesini makin rame ya, bagus sih buat kecerdasan literasi

    BalasHapus
  9. Read Aloud, aku belum ikut jadi membernya tapi udah baca bukunya dan anak-anak emang sangat happy dengan dibacakan nyaring. Seneng ya kalau anak-anak jadi suka buku.

    BalasHapus
  10. Aku cukup sering ikut kegiatan story reading di beberapa tempat di sini. Awalnya aku nggak ngeh kalau itu teknik read aloud. Aku cuma berusaha ngikutin apa2 yg dilakukan orang sini aja (karena emang lagi beradaptasi sama kebiasaan mereka). Ternyata memang dampaknya bagus ke anak2 ya. Bakal lebih seru kalau ada komunitasnya dan ikut kegiatan khusus kayak meet and greet ini ya hehe

    BalasHapus
  11. Wah seru banget kegiatannya mba, sayangnya pas ada oprec gak ikutan entah di region mana. Semoga kalau ada oprec mau ikutan region mana aja kalau boleh wkwkw

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular