=Hamimeha

Shampo Scarlett Atasi Masalah Rambut Lepek, Wangi Sepanjang Hari!

6 komentar
Konten [Tampil]
Shampo scarlett atas masalah rambut lepek

Yuhui Sobat Hamim, lama rasanya aku tak bercerita seputar body care yak. Hari ini aku mau cerita seputar pengalamanku mengatasi rambut lepek.

Rambut lepek itu selain mengganggu secara visual juga bisa beraroma tidak sedap. Apalagi jika kamu seorang berhijab seperti aku. Banyaknya aktivitas, cuaca, tingkat polusi, bahkan cara keramas yang salah bisa mengakibatkan rambut Sobat Hamim lepek lho!

Nah, aku mau berbagi pengalaman menggunakan shampo scarlett atasi masalah rambut lepek yang mengganggu ke Sobat Hamim semua. Agar merasakan sensasi wangi sepanjang hari. Ehmmm,...

Oke, yuks simak pengalaman pribadiku selanjutnya!

Tentang Rambut Lepek

Apa sih definisi rambut lepek? Rambut lepek adalah kondisi rambut yang membuat tidak nyaman umumnya terlihat klimis dan berminyak. Rambut lepek timbul dikarenakan minyak berlebih pada kulit kepala sehingga rambut terlihat kurang bervolume, tipis, dan berminyak.

Yups, itu pula yang terjadi padaku Sobat Hamim. Pasalnya, rambut lepek ini dikarenakan oleh beberapa hal.

Penyebab Masalah Rambut Lepek

Berdasarkan berbagai referensi serta pengalaman, penyebab rambut lepek antara lain :
Penyebab rambut lepek

1. Perubahan cuaca dan iklim

Pasalnya, rambut lepek termasuk dalam tiga masalah rambut yang sering dialami oleh wanita yang tinggal di negara tropis seperti Indonesia.

Hal ini menyebabkan produksi keringat meningkat, termasuk di area kulit kepala kita. Nah, aliran keringat ternyata membawa minyak di kulit kepala dan mendistribusikannya ke seluruh rambut.

Itulah mengapa rambut lepek sering terjadi ketika kita beraktivitas padat di luar ruangan yang panas.

2.Perubahan hormon

Yups, buat Sobat Hamim yang sedang hamil atau menyusui jika sering mengalami kondisi rambut lepek ternyata adalah suatu hal yang wajar.

Sebab perubahan hormon dapat menyebabkan kelenjar sebasea memproduksi lebih banyak minyak. Akibatnya rambut lepek pun sulit dihindari.

Salah satu hormon yang memicu produksi minyak berlebih adalah hormon androgen yang terjadi pada masa pubertas, wanita ketika haid, bumil, dan busui.

3. Faktor lain

Dikumpulkan dari berbagai referensi yang aku baca nih Sobat Hamim, faktor selain dua di atas yang menyebabkan rambut lepek antara lain sering menyentuh rambut dengan tangan, menyisir dengan sisir kotor, terlalu sering keramas misal satu hari bisa 3 kali keramas rupanya ini tidak baik untuk rambut kita, menggunakan hijab atau topi dalam kondisi rambut masih basah, serta pemilihan dan cara merawat rambut yang kurang tepat.

Wah ternyata banyak juga ya faktor penyebab rambut lepek. Buat aku sendiri yang pada dasarnya memiliki tipe rambut yang tipis. Masalah rambut lepek ini sudah coba aku atasi dengan tidak menggunakan hijab dalam kondisi rambut masih basah.

Pun untuk pemilihan shampo, aku cenderung memilih produk shampo khusus untuk perempuan berhijab. Nah, saat dikabarkan bahwa scarlett mengeluarkan produk shampo anti lepek-lepek club, aku langsung mupeng.

Kenapa? Nanti aku ulas di penjabaran berikutnya ya! Yuks simak cara mengatasi rambut lepek.

Cara Atasi Rambut Lepek

Ada beberapa cara mengatasi rambut lepek berdasarkan berbagai referensi yang aku baca Sobat Hamim, antara lain:

1. Tidak sering menyentuh rambut dengan tangan
2. Menghindari mengikat rambut atau menggunakan hijab ketika rambut masih basah
3. Melakukan perawatan rambut menggunakan alami seperti lidah buaya, lemon, dan teh hijau yang mana kandungan alami dalam bahan alami tersebut membantu menghilangkan minyak berlebih pada kulit kepala.Misalnya lidah buaya, membantu detoksifikasi kulit kepala dari kotoran dan mengontrol sekresi minyak. Nah, akupun beberapa kali melakukan perawatan rambut menggunakan lidah buaya sejak aku kecil bahkan ketika aku menjadi emak-emak.
Sayangnya, perawatan dengan bahan alami kadang agak ribet. Bagi seorang ibu dengan dua balita sepertiku, memutuskan untuk perawatan rambut praktis menjadi lebih tepat.
4. Pilih shampo dan cara keramas yang tepat
Yup, alih-alih ingin membuat kondisi rambut lebih sehat namun jika salah memilih shampo maka hasilnya bisa sebaliknya. Maka, langkah awal mengatasi rambut karena berminyak adalah memilih produk sampo dan mengetahui cara mencuci rambut yang benar.

Dilansir dari hellosehat, dituliskan jika kulit kepala terasa berminyak, ahli merekomendasikan untuk memilih sampo yang bebas kandungan minyak, seperti sampo bayi. Selain itu, jangan lupa menggunakan kondisioner yang dibuat khusus untuk rambut dengan minyak berlebih.

Dan cara yang tepat untuk mengatasi produksi minyak pada kulit kepala adalah membilas sampai dengan air dingin. Serta jangan menggunakan conditioner sampai pangkal rambut. Sebab akan memicu produksi minyak di kepala.

Yups, dari penjelasan di atas nyaris semua sudah aku lakukan. Tapi tampaknya untuk poin keempat yang sepertinya baru kusadari. Akhirnya, aku mencoba mengatasi rambut lepekku menggunakan shampo scarlett.

Mengapa Memilih Shampo Scarlett?

Oke Sobat Hamim, sampai pada penjelasanku mengapa memilih produk scarlett untuk mengatasi rambut lepekku?

Karena sejak aku sudah membuktikan sendiri bahwa produk-produk besutan Felicya Angelista ini memang cocok buatku. Aku sudah menggunakan serangkaian body care scarlett mauapun skincare scarlett acne series untuk mengatasi bruntusan pada kulit wajahku. Dan hasilnya cukup memuaskan untukku.

Nah kali ini aku ingin menggunakan shampo scarlett tepatnya Scarlett Yordanian Sea Salt Shampoo dan Conditioner yang diklaim bisa mengontrol minyak berlebih pada kulit kepala. Wow banget kan? Apakah terbukti?

Simak ulasanku di pengalaman menggunakan shampo scarlett ataso masalah rambut lepek selanjutnya ya! Sebelumnya, aku menjelaskan lima alasan memilih shampo scarlett tepatnya Scarlett Yordanian Sea Salt Shampoo dan Conditioner ?

Alasan Menggunakan Scarlett Yordanian Sea Salt Shampoo dan Conditioner

Alasan menggunakan shampo scarlett

Pertama, belajar dari pengalaman pribadi

Sebagaimana aku sampaikan sebelumnya ya Sobat Hamim. Bahwa sejak tahun lalu aku sudah menggunakan produk dari brand lokal maka di kesempatan ini aku ingin membuktikan kembali.

Apakah berhasil?

Kedua, kandungan shampo yang sesuai kebutuhan rambut lepekku

Yes, dari uraianku sebelumnya bahwa cara atasi rambut lepek adalah memilih shampo yang benar bukan? Nah, hal ini terjawab di kandungan Scarlett Yordanian Sea Salt Shampoo dan Conditioner.

Pasalanya, sea salt dalam shampo scarlett diklaim bisa menyerap minyak kulit berlebih, membantu mengatasi penumpukan kotoran yang melekat di kulit kepala, dan membantu kutikel rambut sehingga perawatan selanjutnya akan menyerap dengan baik.

Nah, wow banget kan. Apalagi produk shampo scarlett ini memang dilengkapi dengan conditionernya untuk perawatan lebih maksimal.

Ketiga, aman

Pertimbagan aman ini karena produk shampo scarlett sudah halal MUI, BPOM, tidak diujicobakan pada binatang, bisa dipakai untuk ibu hamil ataupun menyusui. Nah pas bangetkan buat aku yang berstatus busui. Namun tidak disarankan untuk anak-anak di bawah 13 tahun ya Sobat Hamim.

Selain itu, kemudahan produk untuk cek keaslian produk dalam bentuk hologram pada kemasan membuatku tenang. Artinya, kita diberi ruang untuk memastikan keaslian produk secara mandiri dan no tipu-tipu.

Yups itu dia tiga alasan yang membuatku menjatuhkan pilihan pada masalah rambut lepekku. Lalu bagaimana hasilnya?

Pengalamanku Menggunakan Shampo Scarlett Atasi Masalah Rambut Lepek

Oke, sampai pada ajang pembuktianku saat menggunakan Scarlett Yordanian Sea Salt Shampoo dan Conditioner. Apakah cukup signifikan?

Hasil menggunakan shampo scarlett

Sejujurnya untuk penggunaan selama sekitar dua pekan dengan pengaplikasian 2-3 kali/pekan menurutku cukup worth it. Sebab aku merasa saat menguncir rambut volumenya bertambah. Artinya tampak lebih mengembang.

Selain itu, meskipun aku beraktivitas agak padat kondisi rambutku untuk lepek lebih berkurang. Hal ini sangat membantuku untuk lebih nyaman melakukan aktivitas. Perasaanku lebih fresh karena aroma Scarlett Yordanian Sea Salt Shampoo dan Conditioner menyegarkan.

Wanginya tahan lama lho!

Dan, satu hal lagi. Aku mempraktikan untuk melakukan cara keramas yang benar. Dan selama dua pekan ini aku membuktikan bahwa hal ini juga salah satu yang membuat masalah rambut lepekku teratasi.

Tak hanya aku sih, suamiku juga ikut mencicipi Scarlett Yordanian Sea Salt Shampoo dan Conditioner untuk rambutnya. Kesannya saat aku tanya rupanya memang mengakui aroma yang beda. Dia nyaman dengan wangi magnolia pada shampo dan bunga sedap malam di conditionernya.

Bagi rambut berketombenya, mungkin shampo scarlett ini tidak bekerja mengatasi masalahnya. Apalagi dia hanya menggunakannya sekali hehehe. Namun untukku, shampo scarlett cukup bekerja dengan baik atas masalah rambut lepek ku.

Nah, biar gak penasaran seperti apa sih Scarlett Yordanian Sea Salt Shampoo dan Conditioner? Yuks deh aku jelasin di bawah ini ya!

Tentang Scarlett Yordanian Sea Salt Shampoo dan Conditioner

Sebenarnya, Scarlett Yordanian Sea Salt Shampoo dan Conditioner ini bukanlah produk baru. Namun diproduksi ulang dengan kemasan yang lebih worth it. Di awal tahun 2021, shampo scarlett ini diluncurkan dalam kemasan jar.

Nah, kali ini dikemas dengan botol flip flop transparan. Warnanya juga khas produk besutan mama muda yang dipanggil mamoy ini, cerah ceria. Untuk Scarlett Yordanian Sea Salt Shampoo berwarna biru laut (ocean blu) sedangkan Scarlett Yordanian Sea Salt conditionernya berwarna pink candy, lucu kan!

Tak hanya lucu sih tapi manfaatnya juga oke. Kandungan sea salt memiliki manfaat sebagai berikut:
Kandungan  Scarlett Yordanian Sea Salt Shampoo dan Conditioner

Manfaat Shampo Scarlett Yordanian Sea Salt Shampoo dan Conditioner

Sampo dari Scarlett ini mengusung Sea Salt sebagai kandungan utamanya. Dengan klaim, shampo scarlett ini memiliki manfaat sebagai berikut:

●Mengontrol kadar minyak pada kulit kepala

●Membersihkan kulit kepala

●Menguatkan akar rambut

●Memberikan volume pada rambut

●Mencegah rambut rontok dan bercabang

●Menyehatkan folikel rambut dan kulit kepala

●Membuat rambut lebih berkilau


Dari 7 manfaat di atas aku merasakan 50%nya bekerja padaku. Cukup oke kan ya! Tampaknya jika penggunaan shampo scarlett ini dilakukan secara rutin dan benar, insya Allah hasilnya akan lebih baik lagi.

Tekstur dan kemasan Shampo Scarlett

Mengamati bahwa kandungan dalam Yordanian Sea Salt Shampoo dan Conditioner ini tidak ada kandungan silikon. Artinya, produk ini memang cocok untuk mengatasi rambut lepek.

Pasalnya, Silikon pada shampo dan produk perawatan rambut ternyata dapat menyebabkan penumpukan minyak di kulit kepala. Akibatnya, rambut pun terlihat kotor, lepek, dan terasa berat. Bahkan, silikon juga mencegah kelembaban yang dibutuhkan meresap ke batang rambut.

Nah, jelas bukan Sobat Hamim! Menjatuhkan pilihan pada Yordanian Sea Salt Shampoo dan Conditioner adalah pilihan yang tepat.

Tak hanya itu, menurutku teksturnya memang lebih gel-ly dibandingkan shampo pada umumnya. Sedangkan conditionernya lebih lembut meski agak padat dari shamponya. Tapi saat pengaplikasiannya cukup nyaman karena hemat air. Sebab shampo scarlett ini tak banyak mengeluarkan busa dan mudah dibilas.

Untuk kemasannya barunya kali ini terlihat lebih ringkas, dengan botol transparan ukuran 250 ml dilengkapi tutup flip top. Yang paling aku suka jika botolnya transparan adalah memudahkan kita untuk mengetahui kondisi shampo yang tersisa hehe.

Namun buat Sobat Hamim yang suka travelling kemasan yang sedikit lebih besar dan bulky ini kurang fleksibel. Semoga saja ada kemasan mini sizenya ya hahaha. Tapi sesuai sih, dengan harga 75k/item kita dapat kemasan jumbo.

Eits, tapi akan jadi lebih murah jika ada bundling. Mumpung ada diskon 4.4 lho hehhee.

Cara Pakai shampo scarlett ; Yordanian Sea Salt Shampoo dan Conditioner

Dikarena cara keramas juga merupakan salah satu faktor penyebab rambut lepek. Maka perlu sekali aku memgingatkan sobat Hamim untuk keramas dengan cara yang benar.

Dalam aturan cara pakai shampo scarlett ini adalah sebagai berikut:

Shampoo : tuangkan Scarlett Yordanian Sea Salt shampoo secukupnya ke telapak tangan lalu busakan ke akar rambut atau kulit kepala. Pijat secara lembut dan perlahan, lalu bilas dengan air dingin sampai bersih.
Perlu diingat, pastikan menguncir atau menggunakan hijab dalam kondisi kulit sudah benar-benar kering ya Sobat Hamim.
Conditioner : tuangkan scarlett Yordanian Sea Salt conditioner ke telapak tangan secukupnya lalu aplikasikan ke batang rambut hingga ujungnya (hindari bagian akar atau pangkal rambut/kulit kepala) dengan merata, lalu biarkan sejenak/ selama beberapa menit kemudian bilas.

Disarankan untuk tidak mencuci rambut dengan air tanpa sampo atau hanya menggunakan kondisioner rambut justru membuat minyak di kulit kepala menumpuk. Nah lho, maupun praktis tapi hasilnya miris hehe. Jangan ya sobat Hamim.

Menurutku hadirnya dua produk dari Scarlett ini sangat membantu kita mengatasi rambut lepek kita kok. Apalagi bagi kamu yang berhijab seperti aku. Yuhuiii, itu dia pengalamanku menggunakan shampo scarlett atasi rambut lepek. Aku sudah mencoba membuktikannya, kini giliranmu Sobat Hamim!

Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

6 komentar

  1. Oh.. Ternyata itu penyebab rambut lepek dan cara mengatasi nya.. Terimakasih atas rekomendasi nya.. Ini mungkin sangat berguna

    BalasHapus
  2. Wow... produk Scarlett makin lengkap ya... Aku paling suka wangi Scarlett, apa pun produknya. Sini tak bisikin... tapi jangan bilang-bilang ya... Aku sering nyobain scarlett punya istriku.... wanginya segar. Gak pake parfum juga tetap wangi seharian...

    BalasHapus
  3. Kebetulan saya punya masalah dengan rambut,, krn mungkin sering berada di luar lapangan sama murid,, rambut sering cepet bau,, belum pernah sih nyoba shampo scarlett,
    Seperti nya layak dicoba...

    BalasHapus
  4. Scarlett sudah ngeluarin produk shampo nih, waah keren banget. Semua produk body care aku juga pakai Scarlett. Wanginya enakeun!

    Aku mau juga ah nyobain shamponya Scarlett.. Aku paling suka wangi sedap malam, wanginya paling tahan dan memorable banget buat aku.

    BalasHapus
  5. Ikut ngebayangin gmana wangi aroma magnolia saat keramas. Duh aroma scarlett itu pas banget menurut saya, ga tajem, tapi cenderung soft dan menggoda.

    BalasHapus
  6. Wah produk scarlett semakin menarik ya mbak..
    Ada shampo juga...
    Rambut lepek..ingat rambutku jaman blm berjilbab..hehe
    Makasih infonya lengkapnya mba..

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular