=Hamimeha

Kursus Komputer Berapa Lama Sampai Siap Kerja?

Posting Komentar
Konten [Tampil]
Kursus komputer berapa lama
Hai Sobat Hamim, kursus komputer berapa lama sampai siap kerja? Bisakah jadi jalan ninja untuk mengais rupiah? Yuks kita ngobrol di ulasanku selanjutnya!

"Suamiku di PHK Mbak, jadi sekarang masih nganggur."

"Aku kena pengurangan karyawan."


Dan masih banyak pernyataan serupa dari curhatan orang-orang disekitarku. Tak bisa kita pungkiri bahwa Covid-19 menghantam semua bidang khususnya sisi ekonomi. Tercatat bahwa angka pengangguran meningkat di Indonesia sejak dilanda badai pandemi. Dan sektor yang cukup stabil bertahan adalah pekerjaan di ranah digital.

Bahkan, pandemi membuat proses digitalisasi semakin cepat. Nyaris semua hal membutuhkan kemampuan literasi digital. Dengan kata lain, penguasaan terhadap ilmu komputer menjadi poin penting di era saat ini.

Namun pertanyaannya, apakah ada jalan ninja menguasai ilmu komputer? Yup, ada! Sobat Hamim bisa mengikuti kursus komputer. Lalu kursus komputer berapa lama sampai siap kerja?

Nah, inilah topik yang akan aku ulas kali ini. Sobat Hamim akan mendapatkan penjelasan tentang alokasi waktu kursus komputer beserta langkah praktis hingga siap kerja. Penasaran gak? Yuks simak yuk!

Kursus Komputer Berapa Lama?

Arti kata kursus menurut kbbi
Untuk kursus komputer berapa lama? Pada dasarnya alokasi waktu belajar di tempat kursus itu tergantung pada kemampuan awal kita. Intinya yang namanya kursus jelas lebih singkat waktunya dibanding menempuh jalur akademik di jenjang pendidikan. 

Namun umumnya ketika kita mengambil kursus dipengaruhi oleh beberapa hal yaitu materi yang diambil, kemampuan kita memahami materi, dan target yang ingin dicapai selama kursus. Maka berdasarkan pertimbangan di atas setiap instansi memiliki alokasi waktu yang berbeda.

Akan tetapi, kebanyakan belajar di kursus komputer itu menggunakan real time. Artinya, jika ada 8 pertemuan dalam sebulan. Ini menunjukan 8 x 60 menit. Maka ada 480 menit waktu belajar ilmu komputer di tempat kursus tersebut.

Sebagai gambaran bagi Sobat Hamim, aku akan memberi referensi jangka waktu belajar ilmu komputer di beberapa tempat beserta materinya.

Alokasi Waktu Belajar Kursus Komputer Sampai Siap Kerja

Lamanya waktu belajar di kursus komputer umumnya dipengaruhi oleh materi yang ingin dipelajari. Adapun rincian kursus komputer berapa lama sebagai berikut:

Pertama, Kursus Ms Office

Kemampuan mengoperasikan Ms Office hampir dibutuhkan di banyak bidang pekerjaan perkantoran. Buat Sobat Hamim yang ingin kursus komputer dan langsung kerja, maka pilihan materi yang fokus ke penguasaan Ms Office adalah keputusan yang bijak.

Waktu yang dibutuhkan untuk kursus komputer materi Ms Office rata-rata 2 jam per pertemuan. Dari berbagai referensi kursus komputer yang aku baca, jumlah pertemuan ideal 8 – 17 kali pertemuan untuk belajar dan praktik.

Dengan kata lain, jika sepekan ada 2 kali pertemuan maka dibutuhkan waktu 2-5 bulan untuk bisa menguasai kemampuan mengoperasikan Ms Office yang meliputi :

a. Program kursus komputer Microsoft Office Word
b. Program kursus komputer Microsoft Excel
c. Program kursus komputer Microsoft Powerpoint

Berdasarkan pengalaman orang-orang yang aku kenal. Dengan kita bisa mengoperasikan ketiga program tersebut maka Sobat Hamim sudah bisa menjadikan sertifikat kursus komputer yang kalian punya untuk melamar pekerjaan seperti administrator, sekretaris, tim rental, dan sejenisnya.

Insya Allah banyak instansi yang membutuhkan sumber daya manusia dengan keahlian mengoperasikan Ms Office.

Kedua, Kursus Coding

Yups, di era digital dengan kemajuan teknologi yang begitu cepat membuat kita saling berlomba untuk bisa terjun di dunia kerja yang kompetitif. Nah, salah satu bidang pekerjaan dengan gaji yang menggiurkan adalah sebagai seorang programer dan web developer.

Adapun materi belajar coding untuk pemula adalah pemahaman bahasa pemrograman, seperti PHP, C, Java, C++, Python, JavaScript, C#, dan Visual Basic. Untuk penggunaanya bergantung pada jenis program yang dibuat. Misal, Java dibuat untuk membuat aplikasi di android, merancang sebuah website, dan lain sebagainya.

Sedangkan lama waktu dan biaya yang dikeluarkan Sobat Hamim selama mengikuti kursus. Umumnya alokasi waktu belajar kursus komputer dengan materi pencodingan adalah 6-12 bulan dengan durasi waktu pertemuan 1-2 jam perhari.

Perlu Sobat Hamim ketahui, bahwa menjadi seorang programer membutuhkan ketekunan dalam berlatih dan jam terbang yang tinggi. Hal ini bertujuan agar skill tetap terjaga bahkan terus meningkat. Karena bahasa pemrograman maupun framework jaman sekarang terus berkembang sangat pesat, maka latihan dan belajar terus menerus sangat wajib hukumnya, dan tidak bisa dibantah.

Arti bootcamp
Kabar baiknya, selain mengikuti kursus komputer. Sobat Hamim juga bisa mengikuti bootcamp untuk menjadi programer atau web developer. Tak sedikit perusahaan menawarkan bootcamp secara online. Tak hanya materi seputar coding akan tetapi peserta bootcamp juga diajarkan mengaplikasikannya dalam dunia kerja. Wah menarik bukan?

Apalagi, daya tawar program bootcamp adalah jalinan kerjasama pemilik program dengan berbagai perusahaan untuk lulusannya. Wow, auto langsung dapat kerja nih! Sayangnya, untuk biaya bootcamp memang terbilang relatif mahal. Jadi bersiaplah menabung untuk investasi skill ini.
Bootcamp merupakan program pelatihan yang mengajarkanmu tentang fundamental tentang coding. Keuntungannya adalah bootcamp terbuka untuk berbagai latar belakang pendidikan.

 

Ketiga, Kursus Edit Video atau Gambar

Nah, keahlian mengedit gambar maupun video tampaknya memiliki peminat yang cukup besar sejak dulu. Ditambah lagi dengan mulai menjamurnya profesi content creator baik selebgram maupun youtuber di era digital saat ini.

Meski sudah banyak aplikasi edit gambar dan video yang bermunculan. Akan lebih baik jika Sobat Hamim mengikuti kursus komputer dengan materi spesialis edit gambar dan video agar lebih profesional.

Adapun materi yang dipelajari ketika mengambil kursus edit video adalah penguasaan aplikasi Adobe Premiere dan Adobe After Effect, kedua software tersebut merupakan standar SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia) untuk aplikasi pengolah video, sedangkan untuk Edius atau Final Cut biasanya untuk kelas kursus edit video yang lebih profesional.

Lalu berapa lama kursus komputer dengan materi edit video ini?

Berdasarkan referensi yang aku baca dan amati dari berbagai instansi yang menawarkan kursus edit video dan foto adalah 6-12 kali pertemuan dengan durasi 1-2 jam per pertemuan. Hal ini juga dipengaruhi oleh faktor pengetahuan awal kita ya Sobat Hamim.

Aku pribadi pernah ikut kelas edit video untuk youtube membutuhkan waktu 4-6 kali pertemuan secara online lho! Padahal aku menggunakan aplikasi sederhana saat itu. Nah, berdasarkan pengalaman pribadiku ini maka bisa ditarik kesimpulan bahwa kursus komputer dengan materi edit video yang lebih profesional membutuhkan waktu lebih lama.

Namun hasilnya pasti akan lebih memuaskan bukan? Sobat Hamim bisa langsung siap kerja setelah lulus dari kursus komputer tersebut. Kebutuhan digital talent saat ini meningkat tajam, jadi bersiaplah jadi terkenal.

Keempat, Kursus Digital Marketing

Yups!

Bekerja di ranah digital sebagai digital marketing saat ini cukup menjanjikan. Nyaris semua bisnis mengalihkan metode marketing dari konvensional ke media digital.

Akan tetapi, pola marketing media digital ternyata tidaklah sembarangan. Para pebisnis membutuhkan orang-orang dengan keahlian khusus di bidang ini. Nah, inilah kesempatan yang bisa Sobat Hamim ambil. Umumnya ada lima skill yang perlu dikuasai oleh seorang digital marketer.

Skill digital marketing
Empat dari lima kemampuan diatas membutuhkan ilmu komputer. Maka penting untuk Sobat Hamim mengambil kursus komputer saat ini. Adapun lama waktu belajar kursus digital marketing rata-rata tiga bulan.

Biasanya untuk kursus digital marketing jauh lebih kompleks yang dipelajari. Namun materinya lebih familiar dengan kehidupan sehari-hari kita sehingga waktunya bisa jadi tidak selama kursus coding.

Nah, kabar baiknya ada juga kursus digital marketing dengan free biaya lho! Aku pernah ikutan namun dengan materi dan pertemuan terbatas tentunya. Jadi, buat Sobat Hamim yang ingin fokus sebagai digital marketer maka pilihlah kursus digital marketing secara profesional.

Kelima, kursus desain grafis

Di era industri 4.0 saat ini, mensukseskan penjualan suatu produk ataupun event, pemasaran dan periklanan dengan konten visual yang menarik sangat dibutuhkan. Inilah alasan mayoritas perusahaan membutuhkan tenaga ahli yang spesifik menggarap desain mereka.

Nah, peluang besar bagi para milenial yang memiliki daya kreativitas yang tinggi untuk mengambil kesempatan ini. Sobat Hamim yang saat ini berada di usia produktif menambah skill melalui kursus desain grafis adalah pilihan cerdas.

Berapa lama kursus desain grafis
Untuk alokasi waktu belajar kursus komputer dengan keahlian desain grafis mungkin agak berbeda dengan kursus komputer lainnya. Sebab kita dituntut untuk lebih memperbanyak jam terbang dibanding kebutuhan teori yang banyak.

Di beberapa tempat bahkan memberikan akses materi desain grafis sekali bayar bisa untuk selamanya. Akupun pernah mencoba ikut kelas mendesain menggunakan salah satu aplikasi. Hanya dengan harga kurang dari 100 ribu rupiah, aku bisa mengakses materi dengan leluasa.

Namun, saranku buat Sobat Hamim yang ingin serius menjadi desain grafis profesional sebaiknya mengikuti kursus khusus. Sebab bagi seorang desain grafis atau calon desain grafis penting untuk memiliki kemampuan menggunakan perangkat lunak seperti corel draw, adobe pagemaker, adobe photoshop dan sejenisnya.

Jadi, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk kursus desain grafis? Dari berbagai referensi, aku menarik kesimpulan minimal 12 pertemuan dengan durasi 2 jam/pertemuan. Hal ini dipengaruhi juga oleh pilihan program desain grafis yang ingin kita pelajari.

Nah, sekali lagi perlu Sobat Hamim ketahui bahwa kursus komputer berapa lama waktu belajarnya dipengaruhi oleh banyak faktor ya. Bisa jadi, pencapaian satu orang berbeda dengan orang lainnya. Akan tetapi, gambaran yang telah aku berikan di atas bisa menjadi referensi bagi Sobat Hamim ketika memutuskan untuk mengambil kursus komputer.

Selain waktu, ada beberapa hal yang perlu Sobat Hamim pertimbangkam ketika memilih kursus komputer. Seperti, apakah kursus komputer harus memiliki komputer? Aha, yuks kita lanjutkan diskusi di bawah ini!

Pertimbangan Memilih Kursus Komputer yang Tepat

Memutuskan untuk mengambil kursus komputer sebagai jalan ninja Sobat Hamim untuk mendapatkan peluang kerja lebih besar adalah pilihan cerdas. Sebab di era digital saat ini kemampuan mengoperasikan komputer adalah skill yang nyaris jadi syarat di setiap lowongan kerja.

Namun, Sobat Hamim perlu mempertimbangkan beberapa hal sebelum memutuskan memilih tempat untuk kursus komputer yaitu:

1. Kursus dengan materi yang sesuai kebutuhan

Yups, alih-alih mengikuti trend namun ternyata kita terjebak dengan euforia. Maka penting bagi Sobat Hamim rumuskan dan analisa potensi dan minat apa yang ingin kalian butuhkan.

Sobat Hamim perlu juga memastikan kurikulum atau rancangan belajar dari kursus komputer tersebut. Dengan demikian kita sudah ada gambaran apa saja materi yang akan kita peroleh beserta output setelah mengikuti kursus.

Hal ini memudahkan Sobat Hamim untuk terjun ke dunia kerja bahkan sebelum lulus dari kursus lho! Sembari belajar kita bisa mulai menjajaki peluang pekerjaan yang sesuai dengan ilmu yang akan kita peroleh. Taktis dan strategis bukan!

2. Alokasi waktu belajar

Nah, bicara soal waktu atau berapa lama kursus komputer hingga siap kerja memang agak tricky ya. Rerata lembaga kursus pasti juga mempertimbangkan alokasi waktu belajar dengan biaya yang dikeluarkan.

Jadi, Sobat Hamim bisa memilih waktu belajar yang disesuaikan dengan kesibukan saat ini. Jika kalian adalah pekerja atau mahasiswa yang sedang menambah skill maka pilih waktu yang lebih fleksibel.

Beberapa instansi kursus komputer menawarkan kelonggaran dalam bab waktu belajar. Peserta kursus diberi kemudahan untuk memilih waktu kursus sesuai jam luang mereka. Dengan kata lain semi privat.

Akan tetapi, untuk Sobat Hamim yang menjadikan kursus komputer sebagai batu loncatan mencari kerja dalam waktu cepat maka pilihlah kursus komputer intensif. Lebih fokus dengan frekuensi belajar yang konsisten.

3. Fasilitas yang disediakan

Ohoo, ada pertanyaan menarik seperti ini, "Apakah kursus komputer harus punya komputer?" Wah kira-kira jawabannya apa ya?

Yup, aku rasa ini poin penting bagi pemilik kursus untuk mempertimbangkan fasilitas ketersediaan komputer di kursus komputer mereka.
Apakah kursus komputer harus punya komputer
Meski komputer ataupun laptop sudah bukan barang mewah. Bahkan sudah banyak yang memiliki laptop pribadi. Namun dengan mempertimbangkan adanya fasilitas komputer atau laptop dengan spek memadai dan terupdate menjadi pertimbangan penting bagi kita memilih tempat kursus.

Termasuk fasilitas bisa diskusi di luar jam belajar. Layanan konsultasi arahan para lulusan untuk bisa langsung kerja.

4. Pengajar atau Mentor

Yups! Peran mentor atau pengajar di sebuah kursus adalah poin penting. Sobat Hamim perlu memastikan juga bagaimana latar belakang pengajar di kursus tersebut.

Minimal ada klaim dari pihak kursus bahwa di lembaga mereka didukung dengan pengajar yang kompeten di bidangnya. Aku pribadi adalah tipe orang yang suka survey dan mencari rekomendasi dari pengalaman orang-orang yang aku kenal.

Dengan demikian aku punya referensi tentang tempat tersebut. Minimal tidak balas membaca review jika ada.

5. Biaya yang terjangkau

Wah, ini poin penting sekali. Meskipun kita idelais dengan mempertimbangan empat poin di atas. Namun kita harus tetap realistis dengan kemampuan finansial kita.

Ibarat sebuah semboyan "Jer Basuki Mawa Bea." Bahwa setiap cita-cita atau kesuksesan membutuhkan biaya.
Selaras dengan ungkapan seorang pemateri webinar yang pernah aku ikuti. "Mancing duit dengan duit." Maksudnya mau berkorban biaya untuk meningkatkan skill yang lebih baik.

Sebelum memutuskan memilih tempat kursus komputer sebaiknya Sobat Hamim melakukan perbandingan dari beberapa referensi agar benefit dan biaya yang dikeluarkan sesuai.

6. Jaminan untuk para lulusan

Ingat slogan salah satu iklan mie instan komersial seperti ini, "Harga nambah dikit, manfaat nambah banyak."

Dengan memberikan penawaran mie instan dengan bahan lebih sehat. Sebuah produk tersebut dibanderol lebih mahal dari mie instan biasa. Bagi orang yang concern dengan investasi kesehatan jangka panjang tentu mie instan ini wort it bagi mereka.

Nah, sama dengan memilih kursus komputer. Jika Sobat Hamim mendapati kursus dengan biaya yang mungkin lebih mahal namun memberikan jaminan lulus langsung kerja. Maka hal ini bisa jadi poin lebih. Setidaknya, kursus tersebut menyediakan fasilitas diskusi untuk referensi dan rekomendasi peluang kerja.

Yups itulah enam poin pertimbangan yang bisa Sobat Hamim jadikan pegangan sebelum memilih tempat kursus komputer. Selain waktu berapa lama kursus komputer siap kerja, biasanya kita paling worry bab biaya ya.

Nah, aku akan membantu Sobat Hamim untuk referensi biaya kursus komputer saat ini?

Variasi Biaya Kursus Komputer Saat ini

Biaya kursus komputer di setiap kota cukup bervariasi. Hal ini dipengaruhi oleh aktivitas ekonomi kota tersebut. Biaya kursus di ibu kota berbeda dengan kota kecil di beberapa wilayah.

Biaya kursus komputer
Nah, tidak berlama-lama silakan menyimak variasi biaya kursus komputer di bawah ini:

A. Biaya kursus Ms Office lengkap

Berkisar dari Rp 450.000,- s.d Rp 4.000.000,-

B. Biaya kursus coding

Berkisar dari Rp 2.000.000,- s.d Rp 20.000.000,-

C. Biaya kursus desain grafis

Berkisar dari Rp 400.000,- s.d Rp 8.000.000,-

D. Biaya kursus digital marketing

Berkisar Rp 200.000,- s.d Rp 17.000.000,-

E. Biaya kursus edit video

Berkisar Rp 350.000,- s.d Rp 15.000.000,-

Yuhuii, itulah referensi biaya kursus komputer yang coba aku rangkum dari beberapa lembaga serta area kota yang berbeda.

Umumnya, biaya yang dikeluarkan juga sangat dipengaruhi oleh materi kursus apa yang ingin diambil, jenisnya reguler atau privat, ada juga biaya kursus yang diambil berdasarkan kategori level pemula, advance atau lanjut, hingga profesional.

Oke, sekarang pilihan ada di tangan Sobat Hamim semua. Mengambil kursus dalam rangka meningkatkam skill merupakan investasi bagi kita di masa depan. Jadi, tetap worth it ya meski harus merogoh isi dompet kita saat ini.

Mari Tentukan Pilihan Sesuai Kebutuhan!

Kursus komputer berapa lama siap kerja
Yupi, setelah aku jabarkan gambaran tentang kursus komputer berapa lama serta pertimbangan ketika memilih kursus komputer. Ditambah gambaran biaya yang perlu Sobat Hamim siapkan maka langkah selanjutnya adalah mengambil keputusan.

Sekali lagi, sesuaikan dengan potensi, minat, dan goals yang ingin Sobat Hamim capai. Idealis boleh saja tapi harus tetap realistis ya. Ikut kursus apapun memang bisa jadi jalan ninja dan senjata kita untuk memperoleh peluang kerja lebih besar.

Akan tetapi kemampuan mengoperasikan komputer serta ilmu-ilmunya adalah bagian dari keterampilan. Dan keterampilan akan semakin meningkat jika terus di asah. Dengan kata lain, setelah lulus dari kursus komputer jangan merasa puas ya, melainkan teruslah berlatih.

Semakin sering berlatih akan membuat kita menjadi orang yang semakin ahli. Bisa jadi bukan kita yang mencari pekerjaan melainkan pekerjaan yang antri ingin merekrut kita. Nah lho, asyik sekali kan jadi orang dengan kompetensi tinggi.

Sudah siap belajar dan berkarya? Tunggu apa lagi, tentukan pilihan kursus komputer bidang apa yang Sobat Hamim kuasai? Semangat belajar tiada henti!
Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

Posting Komentar