=Hamimeha

Rincian Modal Usaha Donat Rumahan, Mulai 50Ribu Bisa?

Posting Komentar
Konten [Tampil]
Modal usaha donat rumahan
Hai hai Sobat Hamim, beberapa waktu lalu aku membaca sebuah artikel menarik terkait ide sederhana dengan modal kurang dari seratus ribu saat ini bisa menghasilkan omset puluhan juta rupiah. Wow banget ya! Ini kisah nyata lho, seorang ibu rumah tangga di kota Malang.

Apakah usahanya? Yups, makanan yang disukai banyak kalangan yakni donat! Beliau memiliki usaha donat mungil yang saat ini sudah banyak dikenal dan menghasilkan keuntungan yang lumayan besar.

Wah jadi penasaran gak sih, bagaimana rincian modal usaha donat rumahan sehingga bisa mencapai keuntungan puluhan juta? Apa mungkin? Aha, pertanyaan seperti itu memang akan berputar-putar di kepala Sobat Hamim. Nah, agar tidak penasaran mari kita kulik lebih jauh terkait peluang usaha donat ini yuks!

Modal Usaha Donat Rumahan

Seringkali ketika kita bicara soal bisnis atau membuka usaha dibenturkan dengan kata “modal”. Namun benarkah kita bisa memiliki bisnis tanpa modal?Jadi berapa modal usaha donat rumahan? Di era digital saat ini, membuka bisnis tanpa modal sangatlah mungkin.

Sebab saat ini menjamur platform e-commerce yang merekrut sebanyak-banyaknya reseller atau dropshipper untuk memperluas jangkauan marketing mereka. Nah, akan tetapi kali ini aku tak membahas soal bisnis tanpa modal yak. Akan tetapi belajar dari kisah inspiratif usaha rumahan donat mungil di perumahan Oma View, Pinggiran Timur, Kota Malang, dengan modal Rp50 ribu kini sudah menjadi kuliner buruan di kota Malang yang aku baca, membuatku penasaran dengan rincian modal usaha bisnis rumahan. Apakah benar bisa mulai dari 50 ribu rupiah saja?

Mengamati bahwa sebenarnya membuat donat memang cukup mudah dan bisa dibuat sendiri. Sebenarnya bukanlah hal mengherankan jika modal 50 ribu lebih dari cukup untuk dijadikan modal usaha dengan catatan hanya membeli bahan. Perlengkapan bisa menggunakan peralatan dapur yang ada di rumah masing-masing bukan?

Untuk bisnis rumahan dan pemula, sebenarnya tidak harus mengolah sendiri ya Sobat Hamim. Kalian sangat bisa dengan “kulakan”, memulai usaha donat dengan menjualkan produk yang telah dibuat oleh orang lain. Modal usaha donat rumahan seperti ini bisa sangat lebih hemat donk!

Sobat Hamim bisa mencari pembuat donat rumahan kemudian repacking atau mengemasnya kembali agar lebih menarik. Bahkan Sobat Hamim pun bisa berkreasi dengan topping atau filling yang dirasa bisa meningkatkan keunggulan produk. Untuk menambah nilai jual, Sobat Hamim bisa melakukan pengemasan yang lebih menarik kemudian lakukan strategi marketing melalui foto produk dengan ciamik.

Lakukan strategi pemasaran melalui media sosial. Atau jika ingin dijual langsung, maka carilah tempat yang strategis, ramai, seperti depan swalayan, pusat jajanan, atau depan sekolah. Menariknya, keunggulan dari usaha donat adalah donat bukanlah jenis cemilan musiman.

Yups, umumnya orang – orang memang menyukai makanan manis satu ini. Inilah yang membuat usaha donat nantinya akan berjalan terus. Hanya dibutuhkan kesungguhan dalam menjalankan usaha tersebut. Dengan terus membuat inovasi dan kreasi tanpa henti terus menerus terhadap produk Sobat Hamim maka produk donatmu akan selalu menjadi lebih unggul dari kompetitor lain.

Hal inilah yang dilakukan oleh beberapa temanku yang kuamati masih terus berjualan donat dan selalu laris tiap kali open pre order untuk donat buatannya. Ehm, jika demikian bagaimana prospek bisnis donat ini? Benarkan modal usaha donat rumahan yang minim bisa menguntungkan?

Prospek Bisnis Donat

Yuhuiii, setelah menyimak penjelasan gambaran modal usaha dan bagaimana memulai usaha donat di atas tentu Sobat Hamim bisa memprediksi bagaimana peluang usaha donat ini bukan? Berapa modal usaha donat rumahan ?

Sebenarnya Sobat Hamim bisa memulai dengan donat seribuan ataupun donat dengan kualitas premium seperti merk ternama. Hal ini tergantung target pembeli seperti apa yang ingin Sobat Hamim sasar. Untuk donat harga terjangkau tentu lebih cocok untuk kalangan anak-anak di kantin sekolah.

Untuk donat premium maka bisa dijadikan bisnis katering atau pemesanan untuk acara-acara. Hal ini menguntungkan, karena target market Sobat Hamim jadi lebih luas. Bahkan bisa menyesuaikan dengan modal yang kita miliki. Misal modal usaha donat rumahan kita terbatas sehingga membeli atau kulakan donat murah saja. Itu tak masalah, artinya donat kita jangan dihargai mahal melainkan yang merakyat dengan sasaran anak-anak atau keluarga dengan ekonomi menengah ke bawah.

Dengan berjualan donat harga terjangkau tentu bisa membuat konsumen memburu donat kok, apalagi dengan rasa dan kualitas yang bagus, peluang untuk menjadi supplier donat juga terbuka lebar untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar lagi. Wah menggiurkan bukan?

Kuncinya, temukan produsen donat yang handal. Sebelumnya, memang perlu dilakukan survey ya Sobat Hamim. Inilah pentingnya riset sebelum memulai bisnis. Meskipun demikian prospek usaha donat rumahan tetap menjanjikan kok!

Tips Cara Membuka Usaha Donat Rumahan

Oke, sebelum kita bahas rincian modal usaha donat rumahan. Mari kita simak tips cara membuka usaha donat rumahan terlebih dahulu yuks!

Pertama, Dapatkan resep donat terbaik

Yups, bicara kualitas memang harus jadi poin pertama ya Sobat Hamim. Sebaiknya, lakukan trial error berbagai resep serta referensi yang diperlukan.

Atau Sobat Hamim bisa juga membuat donat dengan takaran bahan yang berbeda. Penting juga mencatat resep beserta takarannya agar bisa dibandingkan dengan resep lainnya. Hal ini agar kita bisa mengulang lagi jika menemukan donat yang pas menurut kita dan ternyata rasanya lezat, kita bisa membuat donat kembali dengan resep yang sudah kita tulis tadi.

Kedua, Membuat berbagai macam varian rasa dan topping yang unik

Biasanya yang berbeda dan memiliki keunikan akan membuat orang menjadi penasaran. Nah, hadirnya berbagai pilihan topping dan varian dari donat membuat produk donat kita menjadi berbeda dengan donat pada umumnya.

Seperti donat berukuran mungil milik Putri Priyanti dari Malang, pebisnis donat sukses yang hanya modal 50 ribu. Biasanya donat kan berlubang tengahnya. Nah Bu Putri melakukan hal berbeda. Selain Itu, doat mungilnya memiliki varian rasa yang bervariasi sehingga banyak pilihan buat para pembelinya.

Ketiga, Membuat branding melalui nama dan logo yang mudah diingat

Branding itu apalagi di era digital saat ini memudahkan kita melakukan marketing melalui media sosial. Dan nama usaha atau brand jika tidak kalah penting ketika akan membangun sebuah usaha. Jika Sobat Hamim ingin memberikan nama, saran saya menggunakan nama yang unik. Selain unik, sebaiknya gunakan kata yang pendek saja supaya mudah diingat oleh customer.

Nama ini akan erat kaitannya dengan pembuatan brand lho. Aku memiliki teman dengan brand rumah klopo dengan produk donat kentang enaknya. Topingnya donat dari produksinya juga bervariasi. Nah, Rumah Klopo dengan logo pohon kelapa dan ada bagian rumah di bawahnya membuatku pribadi mudah mengingat jika itu milik temanku itu. Selain rasa donat homemade milik dia emang enak sih.

Keempat, Menentukan kemana saja jalur distribusi dari produk donat rumahan

Yuhuiii, ini penting sekali buat bisnis apapun ya. Sebaiknya lakukan riset jika diperlukan. Siapakah pembeli dan dimana kita akan menjual donat yang akan kita produksi? Termasuk apakah donat kita bisa dibuat frozen juga?

Hal ini akan mempengaruhi juga strategi marketingnya. Apakah menggunakan akun media saja beserta iklan di internet atau cukup di lingkungan sekitar dulu melalui status WA atau kenalan kita.

Misalnya, target marketnya adalah anak – anak maka Sobat Hamim tidak bisa menggunakan harga yang terlalu mahal. Secara logika uang jajan anak – anak juga tidak banyak. Beda halnya kalau target penjualan kalian kepada remaja atau abg atau bahkan ibu rumah tangga untuk cemilan keluarga mereka.

Kelima, Mempersiapkan alat dan bahan sesuai dengan kondisi modal yang dimiliki

Nah, bicara soal uang maka kita akan sedikit menyinggung nih berapa modal usaha donat rumahan? Hal ini sangat erat kaitannya dengan alat apa saja yang diperlukan serta bahannya apa saja agar memenuhi resep donat yang telah kita siapkan di poin pertama.

Biasanya alat yang paling pokok untuk membuat donat adalah mixer. Tapi jika Sobat Hamim mampu mengaduk adonan secara manual dengan tangan itu juga tidak masalah. Tapi jika Sobat Hamim mengaduk adonan dengan tangan pasti hasilnya tidak akan selembut menggunakan mixer.

Saran, jika punya budget lebih sebaiknya Sobat Hamim membeli mixer sebagai alat untuk membuat donat. Karena dengan menggunakan mixer roti tidak akan capek dan hasilnya pun pasti lebih baik daripada menggunakan tangan.

Namun sekali lagi, jika modal masih minim sebaiknya disesuaikan saja dulu dengan seiring waktu menambah kebutuhan untuk upgrade bahan dan alat yang dibutuhkan.

Rincian Modal Usaha Donat Rumahan

Yuhuiii, Usaha donat rumahan memang menjanjikan keuntungan yang besar dengan pangsa pasar yang luas. Maka, berbisnis donat bisa jadi pilihan yang tepat dalam berniaga.. Di sesi kali ini sampailah kita pada mengupas rincian modal usaha donat rumahan yak. Dalam hal ini sebelumnya kita pastikan dulu nih. Mau buat donat sendiri atau cukup kulakan? Jika Sobat Hamim memilih kulakan makan modal 50 ribu sangat bisa lho!

Memang perlu banyak melakukan survey ya Sobat Hamim. Temukan produksi donat yang menurut kalian paling oke. Lalu jual kembali dengan sedikit tambahan toping atau kemasan yang lebih menarik. Sehingga kita bisa mengambil keuntungan penjualan yang lebih diatas harga beli.

Untuk donat produksi sendiri, jika memang modalnya masih terbatas maka sebaiknya menggunakan peralatan yang ada di rumah. Berikut rincian donat minimal dengan asumsi produksi dalam jumlah dan modal yang minimalis.

Tabel 1 Rancangan Modal Usaha Donat Rumahan Sederhana

No

Deskripsi

Biaya

1

Susu bubuk

75000

2

Kuning Telur

25000

3

Mentega

31000

4

Ragi Instan

8000

5

Gula Pasir

30000

6

Lain Lain

30000

Total Bahan

199000

 

Laba 100 pcs @1000/hari

100000

 

Laba perbulan  30 *100k

3000000


Asumsi produksi donat 100 pcs perhari.  Dengan modal diatas, penentuan harga jual  hasil diskusi dengan temanku yang jual menjalankan bisnis kuliner adalah minimal 50% modalnya. Dengan perhitungan sebagai berikut : 
Harga Jual =( Modal / jumlah produk ) +50% dari ( Modal / jumlah produk ) 
                  = ( 199000 / 100 )+  50% ( 199000/100)
                  =  1990 + 995
                  =   2985 ~ 3000 / pcs

Tabel 2 Rancangan Modal Usaha Donat Rumahan Middle

No

Alat

Jumlah

Harga Satuan

Total

1

Nota Kontan

2

3000

6000

2

Kardus

8

18000

144000

3

Pembungkus (pak) Plastik

6

6000

36000

4

Mixer

2

750000

1500000

 

TOTAL

1686000

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

B

Modal Bahan

 

 

 

 

Nama Bahan

Jumlah

Harga Satuan

Total

1

Terigu (kg)

25

9000

225000

2

Kentang (kg)

20

7500

150000

3

Mentega (dus)

2

10000

20000

4

Gula (kg)

40

11000

440000

5

Varmipan (bungkus)

6

3000

18000

6

Telur (kg)

10

18000

180000

7

Coklat (batang)

3

11000

33000

8

Ayam (kg)

1

25000

25000

9

Abon (kg)

1

20000

20000

10

Kacang (kg)

2

6000

12000

11

Meses (bungkus)

2

5000

10000

12

Minyak (liter)

9

20000

180000

 

TOTAL

 

 

1313000

 

Asumsi produksi 1000 donat dengan  harga 3000/pcs

 

 

 

C

Perhitungan Keuntungan

 

 

 

1

Laba 1000 @1500

1500000

 

 

2

Laba perbulan 3 x 1500K

45000000

 

 


Yoi, untuk rincian modal usaha donat rumahan skala tengah ini aku coba asumsikan sendiri ya Sobat Hamim. Namun Sobat Hamim bisa membuat rancangan sendiri sesuai kebutuhan saja. Bisa dibayangkan semakin besar jumlah produksi tentunya keuntunganpun semakin banyak.

Nah untuk skala besar tampaknya tidak memungkinkan jika tanpa pegawai dan kebutuhan listrik yang bertambah. Jadi laba yang tertera dalam tabel masih belum dikurangi biaya operasional perbulan ya Sobat Hamim.

Bisnis Bukan Sekadar Soal Modal


Yups, setelah mendapat gambaran rincian modal usaha donat rumahan di atas. Apakah Sobat Hamim semakin bersemangat nih untuk membuka bisnis? Sejujurnya, jika kita bicara soal bisnis atau usaha sebagai pemula maka modal bisa jadi bukan sekadar tentang dana. Melainkan lebih ke mental dan daya juang kita dalam berkreatifitas.


Belajar dari pebisnis sukse dari Malang, yakni bu Putri maka kita belajar kreatifitas beliau menciptakan donat mungil sesuai kebutuhan pasar serta rasanya diterima oleh kalangan masyarakat.Dengan memulai dari modal 50 ribu di masa itu membuatnya berhasil mendapatkan omset 25 juta perbulan.


Nah, artinya selama ada kemauan dan diiringi dengan kemampuan yang kita miliki berharap bisnis apapun yang kita jalani seiring berjalan waktu akan berkembang semakin besar. Hal ini banyak aku temukan di orang-orang sekitarku. Kesuksesan mereka memang diiringi dengan kesungguhan dan komitmen yang kuat membesarkan bisnis mereka.


Semangat pejuang bisnis rumahan!



Sumber:

[1] https://www.newsajajo.com/rincian-biaya-modal-usaha-donat-dan-keuntungannya/

[2] https://mylifemyid.org/peluang-usaha-donat-rumahan-untuk-pemula/

[3] https://economy.okezone.com/read/2016/02/18/320/1315864/modal-rp50-ribu-usaha-donat-mungil-raih-omzet-rp25-juta

Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

Posting Komentar

Popular