=Hamimeha

Pakai Aplikasi Kasir, Kiat Sukses Bangun Bisnis!

40 komentar
Konten [Tampil]
Pakai aplikasi kasir kiat sukses bangun bisnis
100 ribu ya Bu totalnya,” ucap pelayan toko setelah memainkan hp-nya. Aku sempat melirik apa yang pelayan toko tersebut lakukan, ternyata toko tersebut menggunakan aplikasi kasir untuk melakukan pencatatan penjualan mereka.

Wah, aku senang sekali sebab para pedagang di era digital saat ini semakin melek teknologi. Hal ini merupakan tuntutan zaman, jika ingin sukses membangun bisnis maka harus pandai memanfaatkan teknologi dan internet.

Salah satu hal yang krusial dalam membangun bisnis adalah administrasi. Pencatatan barang maupun keuangan menjadi tolak ukur keberhasilan sebuah bisnis. Apalagi saat ini banyak berkembang UMKM yang dirintis oleh pengusaha muda. Nah, jangan sampai melewatkan pakai aplikasi kasir untuk membangun bisnismu ya!

Gimana caranya? Yuks baca ulasanku di bawah ini!

Cara Membuat Bisnis Plan Sederhana

Yups, Sobat Hamim perlu tahu bahwa sekecil apapun bisnis yang akan kita bangun tetap membutuhkan perencanaan. Sebab perencanaan yang baik akan memudahkan dalam pelaksanaan dan evaluasi bisnis yang kita bangun.

Berikut lima langkah membuat rencana bisnis sederhana:

Pertama, lakukan riset bisnis

Yups, riset bisnis akan memudahkan kita merumuskan produk apa yang sedang dibutuhkan saat ini.

Kedua, merumuskan goals bisnis

Dengan merumuskan apa “goals” yang ingin dicapai dalam sebuah bisnis bahkan dari skala kecil sekalipun. Layaknya sebuah organisasi, goals akan menjiwai pergerakan seorang pebisnis dalam menjalankan bisnis mereka.

Ketiga,membuat company profile

Yoi Sobat Hamim, banyaknya kemudahan teknologi saat ini. Kita bisa menggunakan berbagai media yang ada untuk membuat company profile agar lebih persuasif dan mendukung strategi marketing kita.

Keempat, membuat strategi marketing

Menyusun strategi marketing dan rencana eksekusinya, meliputi konsep strategi, channel promosi, hingga anggaran biaya dibutuhkan.

Kelima, rapi dalam hal administrasi

Menyoal tentang administrasi tentu saja tak hanya bicara tentang catat mencatat barang melainkan juga perihal keuangan. Poin paling krusial namun juga sering terlupakan. Padahal dengan administrasi yang rapi akan memudahkan pelaku bisnis maupun UMKM mengontrol dan mengevaluasi pergerakan bisnis mereka.

Nah, belajar dari pengalamanku dulu menjalankan online shop. Aku melakukan pencatatan manual dan jujur itu melelahkan. Kabar baiknya, saat ini hadir berbagai aplikasi kasir POS yang bisa Sobat Hamim manfaatkan.

Apa sih aplikasi kasir POS?

Aplikasi kasir POS adalah software yang digunakan oleh toko untuk membantu transaksi layaknya mesin kasir pada toko ritel namun kegunaannya lebih canggih dibandingkan mesin kasir, aplikasi kasir Point of Sale digunakan untuk mencatat penjualan, mencatat order barang, membantu menghitung profit per item yang terjual, pembelian barang, perhitungan stok, dan lain sebagainya.
Fyi,  Poin Of Sale adalah waktu dan tempat di mana transaksi dari pelanggan ritel selesai.

Manfaatkan Aplikasi Kasir Agar Lebih Profesional

Perlu Sobat Hamim ketahui bahwa aplikasi kasir pos atau yang familiar dengan aplikasi pos bisa dimanfaatkan oleh pelaku bisnis apapun lho! Mulai dari toko ritel minimarket, warung kelontong, Kedai Kopi, Toko Roti, Restoran Cepat Saji, Counter Kuliner, Franchise Kuliner,Toko Ritel Fashion,Barbershop, Salon, Klinik dan Layanan Kecantikan,Restoran dengan Layanan Penuh,Layanan Jasa Professional seperti Jasa Fotographer, Jasa Digital Marketing.

Manfaat aplikasi POS
Wow banyak ya! Mengapa perlu menggunakan aplikasi POS? Cek manfaatnya di bawah ini!


Aplikasi Kasir Gratis, iReap POS Lite Saja!


Yuhuii, dari uraian di atas aku merasa inilah keuntungan kita hidup di era kecanggihan teknologi seperti saat ini. Aku bisa membayangkan bahwa aplikasi kasir POS ini adalah kasir toko virtual.

Eits, jangan khawatir soal biaya atau bingung mengaplikasikannya ya. Sobat Hamim bisa memanfatkan iReap POS Lite gratis sebagai kasir virtual bahkan dalam kondisi offline lho yang membantu mengembangkan bisnismu. Sebagai pemula iReap POS user friendly.

Kelebihan iReap POS Cocok bagi Pemula

Ada tiga alasan utama aku merekomendasikan iReap Pos, yakni;

1. Praktis

iReap POS bisa dioperasikan melalui smartphone, sehingga lebih praktis dalam hal transaksi penjualan. Serta dapat diproses lebih cepat dengan scan barcode menggunakan kamera HP. Wah anti ribet ya!

Nah, kepraktisan dari iReap POS adalah aplikasi ini bisa diinstall di perangkat android tanpa koneksi internet lho! Jadi sesuai donk jika digunakan untuk pencatatan transaksi penjualan di toko.

2. Gratis selamanya tanpa iklan

Nah, sebelkan kalo pakai gratisan tapi iklannya bejibun.  Integrated Retail Application  (iReap)  ini bebas iklan sehingga pengguna menjadi lebih nyaman dalam penggunaannya.

3. User Friendly dengan fitur handal

Selain praktis, aplikasi kasir gratis yang dikembangkan oleh PT. Sterling Tulus Cemerlang telah tersedia dalam 5 bahasa, yaitu Indonesia, Inggris, Perancis, Jepang, dan Rusia. Jadi, buat Sobat Hamim yang ingin transksi lintas negara user friendly kan?

Fitur aplikasi iReap POS Lite
Yang tak kalah pentingnya, Sobat Hamim akan mendapati fitur yang dibutuhkan sejak pertama membuka aplikasi iReap Lite seperti berikut:

Kunci Sukses Bangun Bisnis adalah Dinamis

Dunia sudah banyak berubah. Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi memberikan dampak yang signifikan dalam kehidupan kita tak terkecuali bisnis. Tugas kita untuk bisa bersikap dinamis mengikuti perubahan zaman ini.

Membangun bisnis memang tidak mudah, namun dengan kecanggihan teknologi melalui aplikasi kasir iReap pelaku bisnis pemula khususnya ritel dan UMKM sangat terbantu. Namun untuk progres bisnis yang lebih baik di saat bisnismu semakin berkembang misalnya membuka cabang banyak sebaiknya menggunakan iReap pro.

Sebab ada dua kelebihan Aplikasi Kasir Berbayar iReap POS Pro yaitu pertama, tidak ada batasan produk, transaksi, dan iklan. Kedua, tersedia fitur product set (produk yang mengandung resep atau formula bahan baku, seperti makanan di restoran), customer price list, hingga harga spesial untuk masing-masing toko.

Yups, bisnis itu dinamis. Jika ingin sukses kita harus mengikuti progres perkembangannya bukan? Sebagaimana poin satu dalam merancang rencana bisnis yang telah aku sampaikan di awal. Nah, tunggu apa lagi yuks buat bisnismu menjadi lebih profesional dengan download aplikasi kasir iReap POS sebagai kasir toko andalamu sekarang juga!



























Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

40 komentar

  1. Bisnis hari ini ini berbasis digital ya Mbak? makin mudah juga bertransaksinya, walaupun harus belajar banyak, terutama bagi saya generasi peralihan masa.

    BalasHapus
  2. Zaman serba digital semua serba praktis ya, Mbak. Hitung-hitungan kasir saja sudah bisa pake hape. Tinggal kita yang pintar menyesuaikan diri dan terus belajar, supaya tak ketinggalan kereta kemajuan teknologi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak ada lagi cerita harus hitung manual, terus laporan dulu sama atasan baru pulang heheheh

      Hapus
  3. Keren ya aplikasi kasir POS karena bisa menghitung profit dan banyak fitur lainnya. Yg punya usaha wajib banget sih pakai aplikasi kasir ini. Satu aplikasi doang bisa dipakai untuk berbagai kebutuhan

    BalasHapus
  4. Kelebihan aplikasi iReap Pos aw..aw..aw..
    Penggunaannya tanpa memerlukan koneksi internet dan tanpa terjeda sama iklan, menggiurkan ini...

    BalasHapus
  5. Ish recommended banget ya aplikasinya bagus yang ingin serius dalam bisnis

    BalasHapus
  6. Wah ini aplikasinya bisa sangat membantu keuangan bisnis kecil atau UMKM yang baru pertama berjalan

    BalasHapus
  7. Cakep bener iReap POS ini.
    Karena dengan layanan gratis, semua fitur terbaik bisa dimanfaatkan untuk membantu dalam merancang rencana bisnis yang sedang digeluti.

    BalasHapus
  8. Buat yang punya bisnis sendiri atau pelaku UMKM sangat terbantu sekali dengan aplikasi kasir Ireap ini. Biar bisa mengatur atau merencanakan keuangan lebih baik soalnya kalau pakai manual kadang banyak missnya

    BalasHapus
  9. Aplikasi kasir ini sangat memudahkan para pebisnis dalam melakukan pencatatan jadi keluar masuk uang dapat terkontrol dengan baik

    BalasHapus
  10. Menarik nih untuk usaha kecil saya. Gratis selamanya tanpa iklan, cool banget. Biasanya kan aplikasi saja penuh iklan lewat

    BalasHapus
  11. Aplikasi kasir iReap ini kayak yang digunakan temenku sebagai pencatat transaksinya. Dan memang mudah digunakan, user friendly banget ya Mbak.

    BalasHapus
  12. Kayak.y asik nih kalau dalam bisnis pake ginian jd nggak perlu itung-itungan manual pendapatan sehari-hari dari hasil penjualan bisnis tersebut. Matep kah

    BalasHapus
  13. Zaman now, memang wajib menyesuaikan diri dengan perkembangan ya, Mbak. termasuk soal pembayaran. Dulu urusan kasir ini kadang jadi masalah. Sekarang urusan kasir lebih cepat, termasuk tidak perlu mengantre lama.

    BalasHapus
  14. iReap nih ngedukung banget ambisi pemerintah buat UMKM go digital. Karena dengan digitalisasi manajemen keuangan gini, UMKM pasti bisa naik kelas dan ningkatin omzet

    BalasHapus
  15. saya juga senang banget lho Mbak semakin banyak toko kecil yang sudah mulai menerapkan sistem digital, mencatat keuangan mereka dengan aplikasi kasir kan lebih mudah ya, memudahkan penjual dan juga pembeli.
    keren ya iReap POS ini karena bebas iklan dan user friendly, praktis pula ya, cocok bagi siapa aja terutama yang pemula menggunakan aplikasi ya.

    BalasHapus
  16. Praktis banget ya kak sekarang udah ada aplikasi kasir. Meski bisnisnya masih level UMKM tapi berusaha profesional dengan bantuan aplikasi tersebut. Mempermudah juga untuk pengaturan bisnis dan dijamin pelanggan makin banyak karena puas.

    BalasHapus
  17. Mantap nihh, pelaku usaha perlu digitalisasi kayak gini kalo mau bisnisnya lebih maju dan berkembang yaa mbaa.

    BalasHapus
  18. Saya juga sudah unduh aplikasi iReap ini, Mbak Hamim. Ternyata versi gratisnya saja sudah banyak kelebihannya dan bisa banget membantu berjalannya bisnis yang sedang kita usahakan

    BalasHapus
  19. Keren ni aplikasi kasir. Recommended buat pebisnis biar mempermudah transaksi..

    BalasHapus
  20. Bisnis sekarang jadi lancar kalau pakai apliaksi kasir iReap ya. Itung itungan jadi lancar dan benar. Gak salah itung lagi deh

    BalasHapus
  21. Berbagai kemudahan yang diberikan aplikasi kasir iReap POS ini sangat recommended bagi para pelaku bisnis agar manajemen bisnis dapat teratur dan efisien

    BalasHapus
  22. satu poin lagi nih mba hamim saat bikin bisnis plan, yaitu bikin analisa usaha juga biar jelas BEP nya diangka berapa jadi bisa ngukur produksian berbanding lurus dengan margin. aku udah coba soalnya, hehe. aku juga udah pake aplikasi kasir iReap nih, tapi baru yang lite. itu juga cukup sih buatku mengingat usaha ku masih berskala kecil. insyallah kalo buka cabang pasti pake yang pro.

    BalasHapus
  23. Benar nih, kunci sukses bisnis adalah dinamis, termasuk mengikuti dinamisasi perkembangan teknologi yang bisa memudahkan dalam pengelolaan bisnis. Seperti dekat dengan iReap POS ini

    BalasHapus
  24. Enak banget nih buat para owner bisnis. Jd bisa memantau pemasukan dan pengeluaran langsung secara online. Apalagi yang punya babyak outlet nggak perlu rempong dateng atau telp toko hihi

    BalasHapus
  25. seneng ya kalau ada yang mempermudah bisnis kita nih, aplikasi kasir ini bisa dipakai buat yang pemula biar membantu ya :)

    BalasHapus
  26. makasih kak sharingnya. inshaAllah pengen juga menekuni bisnis yang lebih serius sekarang cari ilmunya dulu. aplikasi kasir iReap ini akan sangat membantu untuk pemula seperti saya ya

    BalasHapus
  27. Punya aplikasi kasir seperti ini jadinya tuh, "Mau kapan mulai bisnis gaes? Cuss laksanakan punya software yang mendukung bisnis banget nih"

    BalasHapus
  28. bener banget kak setuju sekali soal dinamis mengikuti perkembangan zaman maka bisnis niscaya bakal bisa bertahan

    BalasHapus
  29. nah, klo mau ngembangin usaha emang harus tertata ya perencanaan dan pembukuannya juga, aplikasi kasir ini bisa jadi salah satu penunjang nih

    BalasHapus
  30. enaknya jaman digital, semua bisa jadi lebih praktis dan efisien. aplikasi kasir ini pastinya memudahkan para pengusaha :D

    BalasHapus
  31. Aplikasi kasir POS ini membantu para pemilik bisnis untuk mengelola keuangan dengan mudah dan efisien ya mbak

    BalasHapus
  32. Wah dengan menggunakan aplikasi kasir ini berarti pemilik bisnis bisa fokus aja buat ngembangin bisnis ya, sementara untuk finansialnya dibantu profesionalitas kasir deh!

    BalasHapus
  33. Dengan menggunakan aplikasi kasir ini jadi makin memudahkan para pebisnis ya kak. Untungnya sekarang berbagai fitur yang tersedia di aplikasi ini juga banyak banget ya untuk menunjang agar bisnis berjalan dengan lancar.

    BalasHapus
  34. Harus diketahui banyak pebisnis agar memudahkan konsumen
    Apalagi pelanggan setia tentu ingin kemudahan sama halnya membangun dari awal
    Kuatkan semangat untuk tetap bangkit

    BalasHapus
  35. Pastinya para pebisnis akan terbantu dan termudahkan sekali ya dalam urusan pencatatan keuangan dengan adanya aplikasi kasir iReap ini

    BalasHapus
  36. Pastinya pedagang akan terbantu banget kalau pakai iReap Pos ini ya..

    BalasHapus
  37. Aku jadi suka banget memerhatikan Aplikasi kasir POS zaman sekarang.
    Rasanya masing-masing Aplikasi kasir POS memiliki keunggulan. Dan iReap POS bisa dicoba kenyamanannya untuk membantu keuangan bisnis yang sedang dijalankan.

    BalasHapus
  38. Bakalan nyobain aplikasi ini, kebetulan perlu banget utk bisnis kecil2an di rumah. Makasih ya infonya

    BalasHapus
  39. Wah oke nih dipakai ibu di toko, bisa membantu banget kalau pas pembeli lagi rame ramenya

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular