=Hamimeha

Peran Digital Marketing dalam Meningkatkan Bisnis di Era Digital, Wajib Tahu!

38 komentar
Konten [Tampil]
Peran digital marketing dalam meningkatkan bisnis
"Bisnis hanya memiliki dua fungsi, pemasaran dan inovasi”. – Milan Kundera


Percepatan digitalisasi ketika pandemi terjadi di semua lini tak terkecuali dalam bisnis. Pengguna internet semakin meningkat dan berbagai aktivitas beralih via online dalam memenuhi kebutuhan mereka-mereka.

Yups, inilah yang mendasari pentingnya para pebisnis untuk menyesuaikan strategi pemasaran mereka dengan kebiasaan masyarakat di era digital.

Nah, sayangnya tidak banyak pebisnis yang memahami apa itu pemasaran digital atau yang familiar dengan istilah digital marketing. Maka dalam kesempatan kali ini, izinkan aku sedikit mengulas tentang digital marketing dalam meningkatkan bisnis di era digital. Semoga Sobat Hamim mendapatkan insight dari tulisan ini ya!

Yuks simak sampai bawah!

Tentang Digital Marketing

Saat ini, hampir semua kehidupan kita tidak terlepas dari teknologi. Berbagai aktivitas terhubung dengan internet. Dengan demikian, pelaku bisnis harus mempertimbangkan cara baru untuk menjangkau konsumen mereka.

Nah, pemasaran digital (digital marketing) menjadi metode baru yang sangat berperan penting dalam memasarkan suatu bisnis, terutama bisnis seperti jual beli online (online shop). Adapun tujuan digital marketing dapat membangun, meningkatkan, dan mempertahankan reputasi suatu bisnis secara online, pada semua platform digital.

Yups tak berlama-lama mari kita bahas apa definisi dan jenis-jenis digital marketing yang bisa kita manfaatkan untuk meningkatkan bisnis kita.

Apa itu Digital Marketing?

Sejatinya pemasaran digital atau digital marketing telah ada sejak lama, akan tetapi pandemi mendorong transformasi digital melakukan percepatan di semua lini salah satunya sektor pemasaran.

Hadirnya pandemi Covid-19 membawa dampak yang besar bagi perkembangan pelaku usaha dan generasi muda yang memulai bisni. Pelaku bisnis dipaksa untuk kreatif dalam mencari strategi agar bisa mempertahankan bisnis mereka.

Salah satu upaya pelaku bisnis kala itu adalah melakukan digital marketing yang memungkinkan pelaku usaha dan bisnis dapat memasarkan produknya tanpa terkendala kebijakan-kebijakan selama pandemi. Nah, jadi apakah digital marketing itu?
Menurut Ridwan Sanjaya & Josua Tarigan (2009), digital marketing adalah kegiatan pemasaran termasuk branding yang menggunakan berbagai media seperti blog, website, e-mail, adwords, dan berbagai macam jaringan media sosial.
Sederhananya, digital marketing adalah suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah brand atau produk menggunakan media digital atau internet.

Jenis-Jenis Digital Marketing yang Populer

Yoi Sobat Hamim, apakah semakin tercerahkan setelah mengetahui apa itu digital marketing? Selanjutnya kita akan bahas apa saja jenis digital marketing yang bisa kita gunakan dalam meningkatkan bisnis kita?

Sebenarnya ada banyak jenis digital marketing, seperti terlihat dalam infografis di bawah ini!

Jenis jenis digital marketing
Namun dikutip dari laman online bisnis tempo.co, Jessica Rogers, Pengajar marketing Southern New Hampshire University, menyampaikan ada lima digital marketing yang semakin populer yaitu:

Pertama, Search Engine Optimization (SEO)


Salah satu strategi marketing yang concern pada kata kunci dalam daftar hasil penelusuran yang berkaitan dengan pencarian konsumen. Hal ini disesuaikan dengan kebiasaan konsumen yang seringkali mencari informasi melalui online (daring).

Kedua, Pay-per-click (PPC) Advertising

Pernah membuka situs laman online dan mendapati ada iklan yang gerak di bagian atas atau bawah dari situs tersebut? Nah, itu adalah PPC.

Jadi, PPC merupakan iklan berbayar yang muncul di bagian atas hasil pencarian. Umumnya PPC menggunakan teknik copywriting yang menarik untuk memikat orang-orang dengan produk dan layanan perusahaan. PPC bergantung pada seberapa banyak pencarian yang ada untuk kata kunci yang dicari.

Ketiga, Social Media Marketing

Social media marketing merupakan strategi pemasaran digital yang memanfaatkan berbagai platform media sosial. Menariknya, kelebihan dari strategi digital marketing ini adalah menjangkau konsumen dengan lebih personal.

Wah jadi makin spesifik ya Sobat Hamim!

Keempat, Content Marketing

Fokus dari content marketing adalah memberikan nilai kepada konsumen, umumnya menggunakan postingan di blog, e-book, video digital, podcast.

Strategi digital marketing ini biasanya tak hanya memasarkan merek atau mencoba melakukan penjualan. Akan tetapi, content marketing bertujuan brand awareness dan membangun hubungan saling percaya dengan pelanggan.
Sebagaimana ungkapan dari Andrew Davis, "Konten membangun hubungan. Hubungan dibangun di atas kepercayaan. Kepercayaan mendorong pendapatan”.

Kelima, Influencer Marketing

Strategi digital marketing melibatkan orang-orang yang memiliki pengaruh penting. Pada umumnya, Influencer (jasa pemengaruh) memiliki banyak followers (pengikut) dalam media sosial.

Nah, di strategi influencer marketing ini berguna untuk menyebarkan produk melalui konten yang dilakukan oleh influencer tersebut. Sehingga followersnya bisa melihat dan ikut terpikat dengan produk yang dipakai oleh influencernya.

Keunggulan Penggunaan Digital Marketing dalam Bisnis


Menarik ya Sobat Hamim, jika diamati digital marketing ini menuntut kreativitas yang tinggi dan lebih memahami target pasar kita lebih detil. Meskipun demikian, ada banyak keunggulan dari digital marketing dalam meningkatkan bisnis kita kok. 

Seperti terlihat di infografis di bawah ini!

Kelebihan digital marketing
 


Pentingnya Menerapkan Digital Marketing dalam Bisnis

Wah, kita sudah panjang lebar membahas apa itu digital marketing, jenis serta keunggulannya. Nah, hal tersebut memang bukan omdo (omong doang) kok.

Manfaat digital marketing dalam bisnis
Hasil riset yang dilakukan oleh Mondo (provider teknologi dan digital marketing) menunjukkan bahwa semakin banyak perusahaan yang memiliki perencanaan untuk menambahkan budget digital marketing perusahaan mereka.

Dinyatakan bahwa sekitar 80% perusahaan akan meningkatkan budget digital marketing selama setahun sampai 18 bulan ke depan, yang mana 40% perusahaan akan meningkatkan budget sebanyak 5-10%, 32% perusahaan akan meningkatkan budgetnya 10-25% dan sisa perusahaan yang lain akan menaikkan budget digital marketing mereka setara dengan 0-5%.

Wah wah, keren bukan Sobat Hamim. Melalui hasil riset tersebut jelaslah bahwa digital marketing disadari menjadi kebutuhan di era digital saat ini. Sehingga perusahaan memberi budget khusus untuk strategi tersebut.

Secara tidak langsung kita bisa melihat, bahwa upaya perusahaan dalam meningkatkan bisnisnya sesuai dengan alokasi dana yang dianggarkan. 
Sebab ketika perusahaan menerapkan digital  marketing dalam bisnis mereka sejatinya tak hanya berorientasi pada sisi komersial saja namun brand awareness yang diberikan kepada target pasar sampai dengan pembelian produknya.
Lagi-lagi, membangun kepercayaan pada konsumen atas value yang produk kita akan membangun loyalitas. Betul tidak?
 

Jangan Asal Pilih Digital Agency Indonesia!

Menyoal tentang digital marketing memang tidak semua pelaku bisnis memahami alur kerjanya. Namun jangan khawatir sebab ada digital agency marketing yang membantu bisnis Sobat Hamim.

Meskipun demikian saranku jangan asal pilih jasa digital marketing agency ya. Pastikan dulu track recordnya. Rajinlah mencari tahu melalui review maupun rekomendasi dari berbagai pihak. 

Nah, aku mencoba memberikan salah satu digital agency Jakarta yang bisa membantu meningkatkan bisnismu. Apakah itu? Yuks simak di bawah ini!

Redcomm Sebagai Jasa Digital Marketing Agency yang Kompeten

Terbukti dalam kinerja yang handal di bidang digital marketing, Redcomm Indonesia adalah sebuah digital marketing agency Indonesia yang berpusat di Jakarta dan berhasil meraih Campaign Asia Agency of the Year untuk tahun 2022 selama lima tahun berturut-turut.

Wow track record yang tidak diragukan lagi bukan?
Perlu Sobat Hamim ketahui bahwa Penghargaan Campaign Asia Agency of the Year melakukan penilaian dari aspek kombinasi umpan balik dari klien, pengakuan industri, dan kinerja bisnis secara keseluruhan.
Ajang bergengsi yang dilakukan setiap tahun di Singapura ini memang diselenggarakan untuk memberikan penghargaan kepada agensi-agensi terbaik di kawasan Asia Tenggara dari berbagai disiplin ilmu, termasuk digital, kreatif, media, dan PR.

Dan terpilihnya kembali Radcomm Indonesia sebagai pemenang menjadi bukti nyata bahwa Redcomm Indonesia memang kompetenl dalam memberikan pelayanan sebagai penyedia jasa digital marketing agency dan social media agency.

Hal ini dikuatkan oleh portofolio klien yang pernah bekerjasama dengan Redcomm Indonesia berasal dari berbagai bidang industri lho. Beberapa klien Redcomm Indonesia diantaranya terlihat di bawah ini!


Redcomm Indonesia digital agency Indonesia



Nah, jelas banget ya track record dari Redcomm Indonesia sebagai penyedia jasa digital marketing agency yang handal. Jadi jangan asal pilih ya! Buat Sobat Hamim yang mencari digital marketing agency Jakarta bisa langsung ke Redcomm Indonesia saja.

Imbangi Perkembangan Zaman dengan Digital Marketing yang Handal


"Pekerjaan pemasaran tidak pernah selesai. Ini tentang gerakan abadi. Kita harus terus berinovasi setiap hari." - Beth Comstock

Wow aku sepakat dengan quote Beth Comstock di atas deh Sobat Hamim. Pergeseran strategi pemasaran dari konvensional ke digital adalah sebuah keniscayaan atas perubahan zaman.

Sebagai pelaku bisnis, kita harus fleksibel dengan dinamika kebiasaan para target pasar kita dalam melakukan pembelian, yakni melalui online.

Yups!

Dalam hal ini, proses digital marketing tidak harus kamu yang terjun langsung menanganinya. Sobat Hamim bisa mempercayakan strategi digital marketing bisnismu pada digital marketing agency yang handal seperti Redcomm Indonesia.
Sebagaimana ungkapan berikut, "Merekrut pemasar hebat harus menjadi prioritas nomor satumu." - Kipp Bodnar
Nah, bersiaplah merasakan keuntungan besar dari peran digital marketing dalam meningkatkan bisnismu sekarang!
Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

38 komentar

  1. Bisnis di era digital seperti saat ini pastinya membutuhkan support sistem terbaik, salah satunya dengan bantuan digital marketing seperti Redcomm yang membuat bisnis kita lebih luas lagi jangkauan marketingnya

    BalasHapus
  2. Awal punya online shop cuma tahu social media marketing dan ternyata banyak banget jenis marketing lain ya. Dunia marketing memang seru banget.

    BalasHapus
  3. sekarang memang untuk marketing sebuah usaha atau produk itu rata-rata menggunakan digital marketing yaa makanya nih kita perlu banget mempelajari ilmu digital marketing atau menggunakan jasa digital agency untuk usaha kita

    BalasHapus
  4. Ternyata banyak ya mba jenis digital marketing. Kalau bingung bisa langsung pakai jasa digital agency seperti Redcomm biar bisa fokus atur yang lain

    BalasHapus
  5. Bener iniii digital marketing udah jadi kebutuhan primer sih menurutku yaa kalo buat bisnis saat ini nihh.. bakal ngga bertahan lama kalo bisnis dibiarin aja nggapake strategi digital marketing

    BalasHapus
  6. Artikel yang menarik. Digital marketing ini penting untuk mengembangkan bisnis agar makin maju dan dikenal

    BalasHapus
  7. Biar bisnis yg dijalankan makin berkembang perlu jasa seperti ini. Karena dikerjakan langsung oleh ahlinya ya

    BalasHapus
  8. Di era digital seperti ini, digital marketing punya peran besar terhadap pengembangan bisnis ya mbak

    BalasHapus
  9. Jaman terus berkembang dan setiap pelaku bisnis mau nggak mau perlu merambah ke bidang pemasaran secara digital biar bisnisnya tetap bertahan alias nggak ketinggalan jaman. Sepakat sih buat memilih marketing agency yang mumpuni biar bisnisberjalan baik karena dukungan profesional.

    BalasHapus
  10. Jaman yang udah berkembang gini, pergeseran sistem marketing pun berubah. Para pembeli yang biasa terjun langsung ke market, lebih memilih online.

    BalasHapus
  11. Yes, digital marketing emang besar benget perannya di masa kini. Jika nggak mau tertinggal ya wajib beradaptasi.

    BalasHapus
  12. Semua brand, merk, dan produk kayaknya harus punya strategi digital marketing ya

    BalasHapus
  13. Jaman sekarang serba Digitalisasi. Tentu saja penasaran juga menyesuaikan diri. Digital marketing apalagi lebih banyak memberikan kemudahan dan kepraktisan.

    BalasHapus
  14. Peran digital marketing memang penting sekali untuk meningkatkan bisnis. Memanfaatkan digital marketing sebuah bisnis dapat menjangkau target market yang luas dan tertuju sesuai dengan produk.

    BalasHapus
  15. Ternyata digital marketing sangat berperan dalam suksesnya suatu bisnis ya. Kalau misalkan kita tidak mau ikut berkembang dan terus ketinggalan tren, bisnis kita lama-lama bakalan ikut terkubur juga. Oleh karena itu pengusaha-pengusahan zaman now wajib banget untuk memahami pentingnya digital marketing.

    BalasHapus
  16. wah banyak banget ternyata, selama ini taunya yang cuma familiar di telinga aja ternyata masih banyak

    BalasHapus
  17. Menerapkan digital marketing emang penting ya saat ini. Selain bisa menjangkau pasar yang lebih luas, juga bisa lebih kompetitif di persaingan pasar yang sekarang emang ketat banget

    BalasHapus
  18. Emang sejak ada internet gini, digital marketing wajib banget dipelajari ya. Apalagi sama pebisnis soalnya emang teknik pemasaran gini jauh lebih efektif dan efisien. Beruntung ada Redcomm Indonesia, kalau gapaham digital marketing tinggal pake jasanya aja, beres!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepakat Kak Arai, keberadaan digital agency kaya Redcomm pastinya akan sangat membantu dalam meningkatkan bisnis, ya

      Hapus
  19. Content marketing ini masih jarang y dilakukan padahal lumayan oke buat naikin awareness brand n memperluas target market

    BalasHapus
  20. Selama ini, kalau punya bisnis sih ya memang harus menerapkan digital marketing. Secara ya, banyak banget keuntungan dari digital marketing ini.

    BalasHapus
  21. Hadirnya Redcomm di era digital ini menjadi angin segar ya untuk para pembisnis agar dapat mempromosikan produk yang lebih digital, sesuai dengan perkembangan zaman.

    BalasHapus
  22. dengandigital marketing maka penjualan akan meningkat apalagi kalau dilakukan oleh perusahaan yang berpengalaman tentu saja akan memperluas pasar dan membuka kesempatan mendapatkan pelanggan baru

    BalasHapus
  23. Digital marketing ini memang sudah jadi andalan promo bisnis di era digital. Hanya memang, tidak semua bisa maksimal, karena promo digital ini banyak hal juga yang harus dibenahi. Mulai dari desain web dan pengembangannya, SEO, sampai campaign promo di media sosial.

    BalasHapus
  24. Di zaman yang serba digital seperti sekarang, digital marketing menjadi salah satu hal yang penting buat para pebisnis. Kalau mau bisnisnya berkembang wajib banget nih mempelajari dan menerapkan digital marketing.

    BalasHapus
  25. Semua bisnis sekarang harus melibatkan digital marketing buat promosi dan penyampaian informasi ke calon pelanggan. Di era digital ini sudah seharusnya memang didampingi digital agency yang mumpuni

    BalasHapus
  26. Digital marketing penting banget ya kak terutama sejak awal pandemi, di mana ada beberapa orang yang baru paham manfaat internet untuk pemasaran produk mereka. Dengan digital marketing maka pasarnya jauh lebih luas daripada marketing konvensional.

    BalasHapus
  27. Saat ini memang hampir semua bisnis pasti memakai digital marketing rasanya ya. Kalau tidak bisa ketinggalan dengan yang lain. Soalnya cara konvensional sudah mulai ditinggalkan juga

    BalasHapus
  28. Dalam memasarkan produk bisa diketahui ya yang jadi kebutuhan dan tekniknya bagaimana dengan menggunakan jasa digital marketing ini

    BalasHapus
  29. kalau digital marketing untuk meningkatkan bisnis kita sudah pasti sangat berpengaruh yaa mba, terutama kalau bisnisnya memang fokus di dunia digital

    BalasHapus
  30. Memang ya, digital marketing saat ini menjadi hal yang sangat penting dalam dunia bisnis. Terutama di jual beli online. Perlu banget deh digital marketing ini.

    BalasHapus
  31. Di era digital seperti ini, kalau bisnis ingin berkembang maka harus pintar pintar memanfaatkan digital marketing seperti ini ya mbak

    BalasHapus
  32. Redcomm ini pilihan untuk pebisnis yang ngga sempet megang "sendirian" jadi nggandengin redcomm udah paling bener sih menurutku

    BalasHapus
  33. Digital marketing emg paling efisien saat ini. Karena semuanya serba digital jd menyerahkan pekerjaan marketing ke digital afency adalah pilihan terbaik

    BalasHapus
  34. Setuju banget ama yang dikatakan Andrew Davis, ada hubungan antara konten dengan pendapatan ya, noted. Penting banget melek SEO bagi seorang bloger dan content creator lainnya ya.

    BalasHapus
  35. Banyak sekali ya ternyata jenis-jenis Digital Marketing ini, saya ingin mempelajarinya secara fokus mudah-mudahan bisa, karena berbicara digital marketing ini sangat lah menarik dan sangat potensial kedepannya

    BalasHapus
  36. Setuju banget sih soal digital marketing ini emang gak pernah selesai. Tiap hari akan selalu ada hal baru. Untuk itu bagi kita yang sehari-harinya dekat dengan tentang digital marketing emang kudu wajib banget sih mengikuti perkembangannya. Kalau cuma diam ditempat yang ada malah banyak ketinggalannya.

    BalasHapus
  37. Amazing banget sama Digital marketing yang saat ini daya jangkaunya gak hanya di dalam negeri saja, dengan teknik SEO yang tepat, maka akan bisa menjangkau hingga pangsa luar negeri dan memungkinkan lebih banyak yang mengenal produknya. Sangat efisien dalam sebuah branding yang ingin ditampilkan.

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular