=Hamimeha

5 Tips Mudik Lebaran dengan Kendaraan Pribadi bersama Keluarga Kecil

39 komentar
Konten [Tampil]
Tips mudik lebaran dengan kendaraan pribadi
Hai Sobat Hamim, siapa yang nyimak berita nih? Sudah terpantau berita arus mudik dimana-mana ya. Aku melihat teman-teman semasa kuliah juga berbagi status sedang perjalanan mudik menggunakan kendaraan pribadi.

Menyoal mode transport yang dipilih untuk mudik, Sobat Hamim pilih kendaraan pribadi apa umum? Nah, buat yang lebih suka kendaraan pribadi yuks simak ulasan tentang tips aman mudik lebaran dengan kendaraan pribadi bersama keluarga.

Pasalnya, Mudik ketika lebaran dengan kendaraan pribadi bersama keluarga kecil menjadi pilihan yang lebih aman dan nyaman daripada menggunakan transportasi umum. Akan tetapi, agar perjalanan mudik tetap lancar dan nyaman, persiapan sebelum berangkat sangatlah penting.

Persiapkan Kendaraan sebelum Berangkat Mudik


Nah, Sobat Hamim berikut adalah beberapa tips dalam mempersiapkan mobil sebelum berangkat mudik:

1. Pastikan melakukan perawatan rutin pada mobil

Yups, Pastikan untuk melakukan servis berkala pada mesin mobil, mengecek tekanan ban, dan mengecek kondisi rem dan kaki-kaki mobil. Melakukan perawatan rutin pada mobil sebelum berangkat mudik dapat mengurangi risiko kerusakan pada mobil selama perjalanan.

Aku jadi teringat pengalamanku di awal nikah, ketika arus balik setelah mudik mobil kami sempat mogok dijalan yang ternyata kampas remnya aus. Hiks sedih deh! Dampak dari mobil yang kurang diservis kala itu.

2. Cek kebersihan dan ketersediaan aksesori

Sebaiknya, pastikan mobil dalam keadaan bersih dan rapi sebelum berangkat. Bersihkan kaca depan, jendela, dan spion dari debu atau kotoran lainnya. Selain itu, pastikan juga aksesori seperti ban cadangan, alat pemadam kebakaran, dan segitiga pengaman tersedia di dalam mobil.

3. Pastikan membawa dokumen lengkap


Kelengkapan administrasi mobil harus selalu disiapkan, seperti STNK, BPKB, dan surat jalan jika diperlukan. Dokumen-dokumen tersebut sangat penting karena bisa digunakan sebagai identitas ketika melewati pos penyekatan saat mudik.

5 tips mudik lebaran
Waktu Keberangkatan yang Tepat

Nah, poin memilih waktu yang tepat untuk berangkat mudik agak tricky ya Sobat Hamim. Kadang kita memghindari waktu sibuk, eh ternyata orang lain berpikiran sama hehehe. Tapi gak masalah sih!

Memilihan waktu keberangkatan yang tepat sangat penting dalam perjalanan mudik menggunakan kendaraan pribadi. Tujuan memilih waktu yang tepat dapat menghindari kemacetan dan membuat perjalanan lebih efisien.

Berikut adalah beberapa tips dalam menentukan waktu keberangkatan saat mudik:

1. Pilih hari kerja atau malam hari

Sebaiknya menghindari berangkat pada akhir pekan atau hari libur nasional karena biasanya jalanan akan lebih padat. Sebaiknya, berangkatlah pada hari kerja atau malam hari untuk menghindari macet.

2. Gunakan aplikasi peta digital

Wah, aku teringat pengalaman mudik di awal nikah hanya berdua sama suami. Eh nyasar donk karena modal ingatan saja.

Jadi, sebaiknya gunakan aplikasi peta digital seperti Google Maps atau Waze untuk mengetahui kondisi lalu lintas di jalan. Aplikasi tersebut akan memberikan informasi terkini tentang kepadatan lalu lintas dan memandu rute tercepat dalam perjalanan.


Satu lagi, pantau kondisi perjalanan melalui radio atau media sosial ya. Ini tips jitu untuk update kondisi kekinian di perjalanan mudik kita.
 

3. Hindari waktu-waktu sibuk

Jika tidak bisa menghindari hari libur atau hari besar, hindari waktu-waktu sibuk seperti jam pulang kantor atau waktu makan siang. Lebih baik berangkat di pagi hari atau malam hari untuk menghindari kemacetan.

Bawa Perlengkapan Berkendara yang Cukup


Yups, mudik dengan keluarga apalagi bersama anak-anak. Penting untuk membawa perlengkapan berkendara yang cukup dalam perjalanan mudik menggunakan kendaraan pribadi. Perlengkapan ini berguna untuk keperluan darurat dan menjaga keselamatan selama perjalanan.

Berikut adalah beberapa perlengkapan berkendara yang harus dibawa saat mudik:

1. Ban cadangan dan alat-alat ganti lainnya


Pastikan membawa ban cadangan dan alat-alat ganti lainnya seperti dongkrak, kunci roda, dan segitiga pengaman. Perlengkapan tersebut dapat membantu mengatasi kerusakan atau masalah pada mobil selama perjalanan.

2. Kotak obat-obatan

Sediakan kotak obat-obatan untuk mengatasi sakit kepala, mual, muntah, atau pilek. Jangan lupa membawa obat-obatan yang biasa dikonsumsi oleh anggota keluarga seperti obat untuk darah tinggi atau diabetes.

3. Makanan dan minuman ringan

Bawa makanan dan minuman ringan seperti snack, air mineral, atau jus untuk menghindari kelaparan saat perjalanan. Hal ini juga berguna jika terjadi kemacetan sehingga perjalanan menjadi lebih lama dari yang diperkirakan.

Jika membawa balita, bawa juga mainan kesukaan anak-anak agar mengurangi rasa bosan mereka selama perjalanan. Ini cukup ampuh kami lakukan sehingga anak-anak tidak merasa jenuh.
 

Tetap Patuhi Protokol Kesehatan


Wah poin gak kalah penting adalah patuhi protokol keseharan ya Sobat Hamim. Meskipun sudah divaksinasi, dinyatakan negatif Covid-19, atau masa pandemi telah lewat, semestinya semua harus tetap patuh pada protokol kesehatan selama perjalanan mudik.

Patuhi protokol kesehatan ketika mudik
Dalam rangka mencegah terjadi lonjakan kembali pasca lebaran khususnya maka sebaiknya kita menghindari penularan virus ini dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Perlu Sobat Hamim ketahui bahwa kiita sendiri yang harus bertanggung jawab pada diri kita.

Berikut adalah beberapa tips dalam menjaga protokol kesehatan selama perjalanan mudik:

1. Gunakan masker

Pastikan untuk menggunakan masker dengan benar selama perjalanan, terutama jika berinteraksi dengan orang lain di luar anggota keluarga yang sama. Usahakan membawa cadangan masker yang cukup.

2. Bawa hand sanitizer

Biasakan untuk sediakan hand sanitizer agar tangan tetap bersih dan terhindar dari kuman. Gunakan hand sanitizer setiap kali selesai berinteraksi dengan orang lain atau setelah memegang barang yang mungkin terkontaminasi.

3. Lindungi diri dan keluarga

Jaga jarak saat berinteraksi dengan orang lain di luar keluarga. Hindari kerumunan dan tempat-tempat yang ramai. Usahakan untuk tidak berhenti di tempat yang terlalu padat seperti rest area atau stasiun pengisian bahan bakar.

Catatanku jika mudik menggunakan kendaraan pribadi bersama anak-anak adalah melakukan sounding kepada mereka itu penting. Termasuk dalam menjalankan protokol kesehatan ketika di luar rumah di saat ini.
 

Menyiapkan Mental dan Fisik Sebelum Berangkat


Yoi, mudik itu capek meskipun menyenangkan. Apalagi jika mudik lebaran menggunakan kendaraan pribadi bersama keluarga kecil bisa menjadi perjalanan yang melelahkan, terutama jika jarak tempuhnya jauh. Oleh karena itu, menyiapkan mental dan fisik sebelum berangkat sangatlah penting.

Hal yang selalu aku tekankan pada suami dan anak-anak adalah pastikan jika kesehatan mereka baik dan siap melakukan perjalanan jauh. Ini kunci agar mudik aman dan nyaman. Nah di bawah ini ada ulasan lengkapnya.

Berikut adalah beberapa tips dalam menyiapkan mental dan fisik sebelum berangkat mudik:

1. Istirahat yang cukup

Pastikan telah istirahat yang cukup sebelum memulai perjalanan agar tubuh tetap segar dan terhindar dari kelelahan.

2. Siapkan playlist atau hiburan lainnya

Siapkan playlist lagu atau hiburan lainnya seperti game atau film untuk mengisi waktu selama perjalanan. Hal ini dapat membantu mengurangi rasa bosan dan melelahkan selama perjalanan.

3. Berdoa sebelum berangkat

Sebagai muslim, berdoa sebelum berangkat adalah hal yang wajib dilakukan. Doa tersebut bisa membantu meningkatkan konsentrasi saat berkendara dan memberikan ketenangan pikiran dalam menghadapi perjalanan yang panjang.

Manfaat Internet IndiHome dan Wifi.id


Yups, poin penting lainnya ketika mempersiapkan mudik dengan kendaraan pribadi adalah manfaatkan internet juga sangat diperlukan saat melakukan perjalanan jauh. IndiHome dan wifi.id adalah dua layanan internet yang dapat membantu memudahkan perjalanan mudik kita. 

IndiHome menyediakan akses internet dengan kecepatan tinggi dan stabil. Dengan IndiHome, Anda dapat menonton film atau series favorit selama perjalanan menggunakan kendaraan pribadi. Selain itu, IndiHome juga menyediakan paket pascabayar yang fleksibel dan mudah diatur sesuai dengan kebutuhan Anda.

Wifi.id adalah layanan akses internet publik yang dapat digunakan di berbagai tempat seperti bandara, stasiun kereta api, dan rest area. Dengan wifi.id dari Telkom Indonesia, Sobat Hamim dapat tetap terhubung dengan keluarga atau mengakses informasi terbaru tentang kondisi lalu lintas tanpa harus khawatir dengan kuota internet Sobat Hamim
 

Ketika bersama anak-anak, sejatinya kita sedang menciptakan pengalaman berkesan bukan? Nah hal imi bisa terwujud jika mudik lebaran dengan kendaraan pribadi bersama keluarga kecil dipersiapankan dengan baik. 

Beberapa tips yang telah dibahas di atas, seperti mempersiapkan kendaraan, menentukan waktu keberangkatan yang tepat, membawa perlengkapan berkendara yang cukup, dan tetap patuh pada protokol kesehatan selama perjalanan adalah upaya untuk menghadirkan perjalanan yang aman dan nyaman. Semoga dapat membantu memudahkan perjalanan mudik Sobat Hamim ya!


Seperti dilansir dari situs review gadget, manfaat internet dari IndiHome dan wifi.id juga dapat membantu memudahkan perjalanan mudik Anda. Dengan akses internet yang stabil, Anda dapat tetap terhubung dengan keluarga atau mengakses informasi terbaru tentang kondisi lalu lintas selama perjalanan.

Penting untuk diingat ya Sobat Hamim!

Pastikan untuk selalu menjaga keselamatan dan kesehatan selama perjalanan mudik. Semoga tips-tips di atas bermanfaat bagi Sobat Hamim dan keluarga, serta membuat perjalanan mudik menjadi lebih aman dan nyaman.

Semangat menjalin silaturahmi bersama sanak saudara!
Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

39 komentar

  1. Mudik naik kendaraan pribadi memang paling menyenangkan. Meski demikian wajib banget untuk teliti sebelum melakukan perjalanan. Apalagi perjalanannya jauh sangat. Very nice sharing 😊

    BalasHapus
  2. Persiapan matang, perjalanan mudik juga jadi lebih tenang dan menyenangkan. Apalagi kalau bawa anak kecil. Stok makanan dan minuman untuk bekal mesti aman.

    BalasHapus
  3. Mudik menggunakan kendaraan pribadi memang jadi banyak pilihan banyak orang. Hanya memang persiapannya harus ekstra, Mbak. termasuk kondisi kendaraan harus prima. Tapi plusnya, bisa lebih enjoy, karena misalnya bisa mampir-mampir ke tempat indah yang dilalui selama perjalanan.

    BalasHapus
  4. Mudik pakai kendaraan probadi emang lebih santai sih di jalan. Ga keburu buru waktu. Dna yang paling dinantikan adalah menikmati perjalanan hehe. JAdi harus segala dipersiapkan dari rumah yaa

    BalasHapus
  5. memang kalau mau mudik persiapannya ada banyak yaa mba, saya sendiri juga ngerasain nih karena tahun ini insyaa allah bakal mudik ke jawa tengah

    BalasHapus
  6. Zaman anak-anak kecil, kami harus perjalanan Lebaran ke Jakarta. Sebelumnya aku disuruh suami ke bengkel untuk cek mobil sebelum perjalanan jauh.
    Ternyata krn aku cewek engga paham, ditipu montir dong. Jadi pas di jalan, kok kata suami, rem-nya engga enak. Jadi aja...mampir bengkel dooong di jalan (untung ada yg buka).
    Kapok deh kalau cewek ke bengkel...hehe. Tapi memang harus sih cek kendaraan sebelum perjalanan jauh...

    BalasHapus
  7. Gak hanya dana dan fisik, mental pun juga kudu kuat dalam melakukan perjalanan jauh ya, karena kalau gak kuat mental bisa marah² terus alias gak sabaran

    BalasHapus
  8. Asyik banget ya kak mudik bersama keluarga dekat pake mobil. Mudik jadi lebih hemat. Plus urusan hiburan lancar jaya berkat internet cepat IndiHome.

    BalasHapus
  9. Kalau aku biasanya menghindari mudik pas liburan. Berangkatnya lebih suka pas hari kerja, biar nggak terlalu padat dan kena macet. Sayangnya tahun ini nggak bisa mudik lebaran.

    BalasHapus
  10. pas banget yaa, udh mau mudik lusa nih. Alat tempur mudik harus lengkap yaa, termasuk hiburannya selama perjalanan ya biar ga bo boring apalagi ngantuk yang bawa kendarannya

    BalasHapus
  11. Tambahan kak, selain taat prokes juga sebaiknya vaksin booster dulu sebelum berangkat mudik, biar aman dan sehat.

    Mudik pakai kendaraan pribadi memang menyenangkan ya tapi kudu dipersiapkan juga bbiar gak kesusahan di jalan.

    BalasHapus
  12. Sebelum berangkat mudik, persiapan memang harus diperhatikan. Bukan hanya barang bawaan, tapi kesehatan, mental, juga fisik, harus kuat. Sehat-sehat.

    BalasHapus
  13. Mudik lebaran, apalagi membawa kendaraan sendiri, memang harus betul-betul dipersiapkan agar kendaraan berada pada performa yang baik. Sehingga perjalanan tidak menemukan kendala. Jika butuh informasi selama mudik bisa berhenti di tempat aman, gunakan internet untuk mendapatkan informasinya

    BalasHapus
  14. Mudik apalagi waktu lebaran memang harus dipersiapkan dengan baik agar semua berjalan aman dan nyaman. Perlengkapan berkendara, bekal jangan sampai lupa. Untungnya IndiHome juga siap menyediakan internet gratis jadi bisa beristirahat dan memantau kondisi lalu lintas di jalan

    BalasHapus
  15. Mudik bawa keluarga terutama si kecil itu pasti tantangan banget kayanya, ya. Harus usaha banget gmana caranya agar anak-anak merasa nyaman selama perjalanan jauh menuju kampung halaman di mana nenek kakek berada

    BalasHapus
  16. kalau mudik bawa anak wajib banget sedia snack dan juga tontonan menarik bisa di mobil atau lewat hape supaya anak nggak rewel selama perjalannanya

    BalasHapus
  17. Aku lebaran nanti mudik meggunakan kendaraan pribadi
    Peta digital jadi andalan agar perjalanan mudik lancar

    BalasHapus
  18. Mental dan fisik sangat dibutuhkan sehat saat mudik
    Kalau tidak akan memancing orang sekitarnya juga panik
    Makanya kalau pas badmood saat mudik, didiamkan dulu

    BalasHapus
  19. mudik bersama keluarga terutama bawa anak-anak tuh banyak banget persiapannya, ribet sih tapi bakal jadi perjalanan mudik yang menyenangkan. emang butuh banget persiapan yang mendetail terutama terkait kepulangan, bener banget jangan cari jam sibuk. tapi kalau milih malam juga, ternyata semua orang mikir gitu! hahahaha

    BalasHapus
  20. Kalau lebaran gini malam hari tetap macet nggak sih mbak? Aku belum pernah mudik malam pakai kendaraan pribadi jadi pengen tau.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pribadi sih menghindari perjalanan malam sih mbak. Apalagi kalo bawa anak. Tapi saudaraku dr jogja ke madura suka sekali menempuh perjlanan malam katanya dih jalanan lebih lenggang

      Hapus
  21. Ya allah nggak kepikiran bawa obat2an nggak mikir macam2 sih selama perjalanan..

    BalasHapus
  22. Kesehatan mobil penting banget diperhatikan kalau akan menempuh perjalanan jauh apa lagi sekeluarga.

    BalasHapus
  23. Aku penasaran, kak Hamim.. karena IndiHome ini terkenal dengan jaringan wifi rumah, ketika mudik menggunakan Wifi.id ini apakah berarti ada layanan seperti jaringan provider kah?

    Mudik tetap sehat, selamat sampai tujuan dengan bantuan IndiHome yang setia menemani selama perjalanan mudik.

    Selamat mudik.
    Mohon maaf lahir batin ya, kak Hamim.

    BalasHapus
  24. Yup, aku kemarin mudik ke bojonegoro bareng anak dan suami juga pakai kendaraan pribadi
    Banyak yang harus dipersiapkan
    Yang nggak boleh lupa tuh obat obatan

    BalasHapus
  25. Walaupun menggunakan kendaraan pribadi persiapan tetap harus matang ya. Jangan sampai ada kendala di jalan yang seharusnya bisa dihindari. Terima kasih banyak untuk tipsnya. Sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  26. Aku nih yang mudiknya pakai kendaraan pribadi, dari Jakarta ke Madiun dan Kediri. Sejak anak-anak kecil hingga kini dan SMP dan SMA. Memang butuh persiapan khusus apalagi saat mereka masih kecil..Makasih tipsnya:)

    BalasHapus
  27. Keluarga adalah segalanya, untuk itu penting banget mempersiapkan segala sesuatunya saat mudik dengan perencanaan yang matang agar mudik berjalan lancar tanpa kendala yang berarti.

    BalasHapus
  28. Nah itu, apalagi tahu akan mudik. Jadi kendaraan sudah dicek dan dipersiapkan sebelum hati H. Termasuk perlengkapan pribadi seperti obat, pakaian lengkap juga dipersiapkan ya

    BalasHapus
  29. Bener banget, sebelum berangkat ada banyak hal yang harus disiapkan terutama mengecek kondisi kendaraan agar perjalanan mudik nyaman. Suamiku kalau berencana mudik ke kampung halamannya yang dujung pulau jawa selalu mengecek kesehatan kendaraan jauh-jauh hari sebelum keberangkatan.

    BalasHapus
  30. mudik naik mobil ini memang harus detail ya persiapannya termasuk persiapan fisik juga karena perjalanan bisa memakan waktu belasan jam

    BalasHapus
  31. Mudik pakai kendaraan pribadi banyak hal yang perlu dipersiapkan ya Mba. Kondisi kendaraan, fisik juga harus terjaga. Jangan lupa bawa obat-obatan atau makanan buat di perjalanan.

    BalasHapus
  32. Kadang2 pake aplikasi peta online malah kesasar hehehee... Ngasih jalurnya masuk ke perkebunan punya orang. 😁

    Yes, internet yang stabil memang jadi andalan kita untuk selalu terhubung dengan keluarga, meskipun sedang dalam perjalanan sekalipun.

    BalasHapus
  33. noted bangettt mba
    pastinya banyak hal detail yg kudu disiapkan

    semoga lancar dan sehaattt

    BalasHapus
  34. Persiapan penting sekali saat mudik apalagi bagi yang membawa anak-anak. Karena tentu banyak sekali tantangannya dalam menghadapi semua keadaan yang tidak terduga

    BalasHapus
  35. Memang kalau mudik itu persiapannya harus ekstra apalagi mudik lebaran. Dulu saya memilih jauh-jauh hari pulangnya bersama anak. Nanti suami balik kerja lagi baru ketika mendekati lebaran pulang lagi. Supaya lebih aman di jalan dengan anak. Ya mudik nya tidka jauh banget juga sih

    BalasHapus
  36. Mudik bersama keluarga dengan menggunakan kendaraan pribadi adalah salah satu hal yang memudahkan dan menyenangkan, banyak waktu bercengkerama dengan keluarga selama perjalanan, tapi dengan cara seperti ini juga harus sangat matang persiapan nya, apalagi soal kesehatan mobil yang akan digunakan.

    BalasHapus
  37. Tiap mau jalan panjang, pasti mobil masuk bengkel dulu. Namun, aku tu skip bgt soal bawa dokumen lengkap. STNK sih pasti ya karena nempel di kunci mobil. BPKB ada di brankas arsip dokumen. Mungkin nyiapin soft copy harusnya cukup ya

    BalasHapus
  38. Emang ya mudik itu diperlukan persiapan yang matang sehingga bisa menyenangkan. apalagi jika mudiknya lumayan jauh.

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular