=Hamimeha

Langkah Cerdas Jual Mobil Bekas Cepat Laku Anti Rugi!

26 komentar
Konten [Tampil]






Langkah cerdas jual mobi bekas cepat laku anti rugi
“Hon, mobilnya sudah laku!” suara suamiku terdengar tidak bersemangat.

Aku tersenyum kecut menanggapi. Sebab aku tahu pasti hasil penjualan mobil yang sudah hampir 15 tahun menjadi kendaraan pribadi kedua orang tuanya itu tidak mendapatkan harga yang sepadan.
Yups!

Menjual mobil bekas memang tak semudah yang dibayangkan. Apalagi bagi orang awam seperti kami. Meski bukan aku dan suami yang melakukan transaksi penjualan mobil bekas bapak, namun kami mendapati cerita proses penjualan mobil bekas keluarga mertua yang laku dengan harga rendah.

Belajar dari pengalaman tersebut, aku jadi berpikir seharusnya mobil bekas keluarga dengan merk Avanza itu bisa mendapatkan harga jual yang tinggi. Mengingat kondisi mobil yang hanya digunakan untuk pemakaian pribadi, tampilan mulus, dan tentunya kelengkapan surat yang tidak ada cacatnya.

Ehm, kira-kira apa yang membuat harga jual mobil bekas kami kala itu rendah? Nah, sebaiknya Sobat Hamim baca deh ulasanku tentang langkah cerdas jual mobil bekas cepat laku anti rugi di bawah ini! Harapannya, Sobat Hamim tidak mengalami nasib yang sama dengan pengalaman jual mobil bekas yang terjadi pada kami.

Pilih Mobil Baru atau Mobil Bekas?

“Kakakmu mau beli mobil,” begitu kata Ayahku saat kami berkunjung di kampung halaman.

Setelah panjang lebar, kutarik kesimpulan bahwa kakakku berminat untuk membeli mobil bekas. Alasannya selain pertimbangan menyesuaikan budget , ternyata membeli mobil bekas minim kerugian jika ingin dijual kembali.

Wah jadinya prinsip bisnis nih ya hehehe, gak mau rugi. 
Perlu Sobat Hamim ketahui mengapa kebanyakan orang lebih suka membeli mobil bekas daripada mobil baru karena depresiasi harga mobil bekas jika dijual lagi tidak signifikan. Orang akan merasa diuntungkan dengan kondisi ini bukan?
Nah, meski demikian tetap ada catatan tertentu bagi orang-orang pada umumnya ketika ingin membeli mobil bekas.

Pertimbangan Umum Orang Beli Mobil Bekas

Yuhui Sobat Hamim, sebelum aku kasih tahu bagaimana cara cerdas yang bisa kita lakukan ketika jual mobil bekas. Maka ada baiknya jika kita tahu apa saja pertimbangan orang ketika beli mobil bekas?

Ada dua pertimbangan umum yang biasanya dilakukan oleh orang yang akan membeli mobil bekas, yaitu:

Pertama, kondisi Mobil

Yups, kondisi fisik maupun performa mobil biasanya dijadikan pertimbangan utama bagi pembeli. Riwayat pemakaian dan bagaimana mobil dirawat cukup berpengaruh pada ketertarikan seseorang membeli mobil bekas. Termasuk, apakah mobil tersebut pernah terkena banjir atau tidak. Nah, Sobat Hamim harus jujur ya!

Kedua, kelengkapan administrasi

Kelengkapan surat-surat mobil cukup krusial bagi pembeli mobil bekas. Sebab umumnya mereka lebih waspada dengan surat kepemilikan yang tersedia. Pasalnya, saat ini banyak sekali beredar surat-surat berharga palsu agar mobil curian laku dengan harga tinggi. Wah ngerikan ya!

Berdasarkan dua pertimbangan umum tersebut maka Sobat Hamim bisa merumuskan apa saja yang perlu dipersiapkan saat menjual mobil bekas sesuai kebutuhan pembeli. Nah, di bawah ini aku coba kasih tips jual mobil agar cepat laku ya!

Tips Jual Mobil Bekas Agar Cepat Laku, Wajib Tahu!

Tips jual mobil bekas cepat  laku

Berdasarkan pertimbangan umum yang aku jabarkan sebelumnya, maka kita bisa merumuskan hal apa yang bisa kita lakukan agar proses jual mobil bekas cepat laku dengan harga tinggi.

Berikut tips jual mobil bekas yang bisa dilakukan oleh Sobat Hamim ;

1. Pastikan kelengkapan administrasi mobil aman

Memastikan bahwa urusan administrasi terkait legalitas mobil, kepemilikan, dan bukti tertulis riwayat perawatan serta pemakaian mobil bekas lengkap dan tersedia maka akan meningkatkan kepercayaan pembeli. Selain STNK dan BPKB, adanya buku service yang kita siapkan ketika menjual mobil akan menunjukkan bagaimana mobil bekas itu diperlakukan.

Adapun surat-surat yang perlu Sobat Hamim siapkan antara lain; BPKB lama dan baru, STNK dan lembar pajak, Form A jika diperlukan ( Form A merupakan surat yang berlaku untuk kendaraan import merupakan bukti legal bahwa bea masuk dan pajak kendaraan tersebut sudah dibayar lunas), sediakan faktur sebagai bukti pembelian yang diberikan pada pembeli mobil baru.

Dengan kita memberikan layanan administrasi yang lengkap maka pembeli akan memberikan kepercayaan lebih kepada kita. Setidaknya, melalui kelengkapan administrasi ini kita menunjukkan kredibilitas kita dan mobil bekas yang kita jual.

2. Siapkan Mobil Kondisi Prima

Wah, kondisi prima untuk mobil bekas seperti apa ya? Ada dua pertimbangan mobil bekas dikatakan prima dilihat dari kondisi fisik dan performa mobil. Jadi hal yang perlu Sobat Hamim lakukan adalah

Pertama, tampilkan kondisi eksterior dan interior yang bersih


Mulailah membersihkan interior dan eksterior mobil dengan hati-hati. Sebab apa yang terlihat mata akan memberikan kesan pertama yang memikat pembeli. Pasalnya tampiilan luar mobil adalah poin pertama yang dilihat oleh calon pembeli. Bersihkan secara menyeluruh untuk menampilkan kesan apik dan baru. Meskipun itu mobil sudah bertahun-tahun, setidaknya warna dan tampilannya masih terlihat anyar.

Kedua, pastikan kepada pembeli bahwa aksesoris lengkap, AC berfungsi dengan baik, head unit responsif. Jika perlu tunjukkan pula bahwa stir mobil yang tidak berat saat digunakan.Apa indikasi jika stir mobil berat? Biasanya stir mobil berat mengindikasikan ada beberapa komponen pada mobil yang rusak.

Ketiga, Cek kondisi mesin


Yups, ini berkaitan dengan kondisi mesin berkarat atau tidak. Apakah mobil pernah terkena banjir? Termasuk jarak tempuh dan penggunaan oli bisa jadi cara untuk menjaga performa mobil agar stabil.

Penggunaan oli mobil yang kita pakai menunjukkan bagaimana kita merawat mobil kita agar kondisi tetap prima. Hal ini tentu menaikkan kepercayaan kepada pembeli tentang mobil bekas yang dirawat dengan baik. Sehingga pembeli dijamin tidak kecewa dengan mobil bekas yang mereka beli.

Yoi Sobat Hamim, ketiga poin yang menunjukkan bagaimana kondisi mobil bekas yang prima dan siap berpindah tangan. Bukankah kesan pertama hadir dari tampilan yang mempesona? Maka itulah yang perlu dilakukan Sobat Hamim ketika mobil bekas.

3. Mencari Harga Pasaran

Salah satu kesalahan kami saat jual mobil bekas bapak mertua adalah kurang maksimal mencari referensi harga pasaran. Selain tidak mempersiapkan kondisi mobil bekas yang prima.

Nah, tips ketiga adalah rajinlah mencari referensi harga pasaran. Sobat Hamim bisa memanfaatkan akses internet untuk mencari informasi. Pastikan kita membandrol sesuai dengan biaya yang telah kita keluarkan juga. Umumnya, orang akan rela membayar mahal jika memang kondisi mobil prima meskipun sudah berstatus mobil bekas.

4. Tentukan Media Penjualan

Ada beberapa pilihan membeli media penjualan yakni dijual mandiri (perseorangan ) antara kita dengan pihak pembeli langsung, bisa juga menggunakan dealer dengan sistem tukar tambah, atau bisa juga melalui platform jual beli mobil bekas yang terpercaya.

Dengan menggunakan media platform sebenarnya kita banyak terbantu lho! Ada tim dari pihak platform tersebut yang akan mempermudah proses jual mobil bekas yang akan Sobat Hamim lakukan.

Pastikan Memilih Platform Jual Beli Mobil yang Handal dan Terpercaya




platform jual beli mobil handal dan terpercaya

Yuhuuii, aku telah menyinggung tentang pilihan media penjualan melalui platform. Nah, Sobat Hamim pastikan memilih platform jual mobil bekas yang handal dan terpercaya ya. Pilihlah platform yang memang telah terbukti memiliki track record baik dalam jual beli mobil bekas.

Kabar baiknya, Sobat Hamim bisa menggunakan Caroline dari PT Autopedia Sukses Lestari Tbk.(ASLC) yang bergerak di usaha jual beli kendaraan bekas dan tercatat di Bursa Efek Indonesia sejak awal 2022. Caroline adalah platform jual beli mobil bekas dan baru yang menawarkan beragam pilihan mobil berkualitas sesuai dengan keinginan dan kebutuhan customer.

Kualitas mobil yang ditawarkan di Caroline terbukti dengan adanya transmisi selama 1 tahun, garansi 5 hari uang kembali, unit lulus inspeksi di 150 titik, bebas dari terendam banjir dan kecelakaan besar. Tak hanya itu lho, Caroline juga memastikan kemudahan dalam proses pelayanan melalui layanan test drive gratis, pengantaran unit gratis dan kemudahan pengajuan pembiayaan dengan leasing company rekanan Caroline.

Yupi, jadi pastikan pilihan platform jual beli mobil bekas yang berkelas ya!

Biasakan Bertindak Cerdas dan Berkelas!


sikap jujur ketika jual mobil bekas

Panjang lebar aku menguraikan langkah cerdas jual mobil bekas agar cepat laku ini harapannya adalah pengalaman kami tidak terjadi pada Sobat Hamim. Selain itu, prinsip orang jualan itu kan menginginkan keuntungan. Namun bagaimana bisa untung jika kita menjual barang yang tidak berkelas.

Meskipun kita jual mobil bekas, kita tetap bisa menjadikan mobil bekas tersebut berkelas dengan memberikan tampilan prima terbaik mobil tersebut. Bisa jadi kita memang membutuhkan dana awal untuk persiapannya, namun dampaknya mobilpun akan cepat laku.

Poin penting yang tak kalah penting ketika melakukan jual mobil bekas adalah kejujuran. Sebaiknya, kita menyampaikan kondisi mobil apa adanya. Misalnya, kondisi AC yang tidak terlalu diingin dan perlu diganti beberapa bulan ke depan.

Hal semacam ini sebuah integritas kita sebagai manusia. Selain menghindari komplain dari pembeli di kemudian hari. Manfaat lain yang bisa kita rasakan dengan kejujuran kita akan dijadikan rekomendasi bagi si pembeli untuk membeli mobil bekas kepada yang lain.

Yups mobil yang dijual boleh bekas tapi sikap kita harus cerdas dan berkelas!



Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

26 komentar

  1. Beli mobil bekas juga okey sebenarnya, asal bisa dipastikan kondisi mesin utamanya. Kalau belum paham bagaiman permesinan, dan konsisi mobil, sebaiknya pilih yang bisa membantu dan sudah terpercaya, seperti Caroline ini ya mbak

    BalasHapus
  2. Kondisi mesin yang masih dalam keadaan baik dapat menjadi nilai jual ketika hendak dipasarkan. Ini perlu diperhatikan sebelum menjual

    BalasHapus
  3. Awal punya mobil, samma sih, belinya mobil bekas. Berkali-kali pindah mobil bekas, memang jadi tahu deh, sebelum membeli cek-cek dulu kondisi dan persyaratan lain.
    Beruntung sekarang ada aplikasi jual mobil, sebelumnya cara info dulu kan, supaya engga tertipu...

    BalasHapus
  4. Selama ini keluarga saya juga selalu membeli mobil bekas hehehe
    Selain berhubungan dengan budget juga ada beberapa pertimbangan termasuk harga ketika nanti mau dijual lagi.
    Memang perlu kehati-hatian kalau mau beli mobil bekas. Harus tau kondisi mobil dan perlengkapan surat-suratnya.

    BalasHapus
  5. wah rekomen banget nih kalau mau nyari mobil bekas atau jual di Caroline.id aja. aku barusan auto klik situsnya dan menemukan banyak banget pilihan mobil bekas yang dijual. maklum aku emang agak ijo kalo lihat sign JUAL MOBIL BEKAS, insyallah lagi nabung pengen punya mobil tapi beli yang second aja dulu. lagi naksir nissan serena nih karena termasuk mobil keluarga. sayang di situsnya udah sold, hehehe. maybe later available lagi ya. aamiin

    BalasHapus
  6. Emang jual atau beli mobil bekas tuh susah2 gampang. Bisa memilih langsung menghubingi pemilik pertama atau dengan memilih lwat aplikasi seperti Caroline. Menurutku itu lebih mudah karena pasti terjamin aman dan terpercaya.

    BalasHapus
  7. Iya sih Kak, terkadang membeli kendaraan ... apalagi kan ini tuh masuknya barang konsumtif ya sebab dia lebih mudah mengalami depresiasi alias penurunan nilai, makanya banyak yang lebih tertarik membeli kendaraan secondhand. Selain harganya yang juga lebih cocok di kantong atau bisa juga dilakukan melalui pembayaran tunai karena harganya yang cenderung nggak terlalu memberatkan calon pembeli. Baru nih aku tahu tentang Caroline. Boleh nih dilirik-lirik jika kapan hari aku merasa butuh beli kendaraan.

    BalasHapus
  8. Wah mau bangeett..antirugi. selama ini medsos aja sihh..dan banyak suka nawar sadisss

    BalasHapus
  9. Beli mobil bekas memang harus teliti ya, jangan sampai membeli kucing dalam karung. Kalau teliti, kita prefentif tak merugi dengan sejumlah uang yang kita siapkan untuk memiliki mobil

    BalasHapus
  10. Kalau mau bosan sama mobil yang sudah ada, bisa nih jual dulu di Caroline ini
    Uang penjualan mobil bekasnya buat beli mobil baru ya mbak

    BalasHapus
  11. Wah ada platform untuk menjual mobil bekas. Jadi bisa lebih mudah dan cepat. Harganya juga ga kebanting banget ya

    BalasHapus
  12. emang bener sih kalo nyari mobil bekas gabisa sembarangan, kalo aku mending lewat Caroline gini, jadi yang ahli bisa bantu cek kann.. apalagi perempuan kek kita wkwkwk dikibulin yg ada

    BalasHapus
  13. Pantesan mba saudaraku waktu mau jual mobil kijang inova nya kalo ga salah, itu dia poles dulu ke bengkel. Jadi maksudnya biar nilai jualnya juga bertamba ya

    BalasHapus
  14. Aku pernah beli mobil bekas. Gegara gopoh dan ceknya pas malem jdnya zonk. Eh, ternyata mesinnya udh tua. Baru pake beberapa bulan udh harus ganti. Maklum yak belinya langsung ke orangnya, nggak pake pihak lain jd gada yg bantu cek

    BalasHapus
  15. Sekarang tu sangat dimudahkan ya kita....ditawar gamau h

    BalasHapus
  16. Mobil bekas masih worth to buy, asalkan calon pembeli nya ngerti mobil atau paling nggak bawa temen yg ngerti, yg pasti bisa di percaya soal pendapat nya

    BalasHapus
  17. Menjual mobil baru sekarang mudah ya mba . Tinggal memasukkan aplikasi jual beli.mobil.😭

    BalasHapus
  18. Lagi di-stalking sama adekku
    Soalnya pas baca ini langsung ku-forward
    Biarkan adekku yang merasakan kenyamannya menjual mobil bekas

    BalasHapus
  19. Sebenarnya ya kalau bisa mendapatkan mobil bekas yang bagus dan dari penjual terpercaya, mending beli mobil bekas saja. Karena harga jual kembalinya nggak terlalu jatuh kayak beli mobil baru. Cuma ya itu, mesti pastiin kondisinya bagus juga

    BalasHapus
  20. wah sekarang alternatifnya makin banyak yaa, jadi jual mobil ga perlu capek dan ribet ke sana-sini :D

    BalasHapus
  21. Waah, baru tau ada platform untuk jual mobil bekas biaa cepat terjual ya, Mbakyuu. Emang terlihat lebih mudah jika melalui tempat yang tepat ya, Mbak

    BalasHapus
  22. wah penting nihkalau punya barang yang sekiranya masih bisa punya nilai jual lagi, emang kudu dipelihara dengan baik, biar harga jualnya gak turun drastis ya

    BalasHapus
  23. Dimudahkan sekali ya jaman sekarang mencari mobil bekas online harga bersaing.

    Inget ga dulu jual beli mobil bekas di ceknya di surat kabar yaa

    BalasHapus
  24. Ingin aku merekomendasikan Caroline ke keluarga di Surabaya. Karena ada mobil Bapak rahimahullah yang jarang digunakan. Alhamdulillah, jual-beli mobil bisa lancar ketika bertemu dengan Caroline.

    BalasHapus
  25. Mobil bekas gak selalu jelek kok. Banyak yang bagus dan sangat layak untuk digunakan. Ada riwayat pemakaian juga yang bisa jadi pertimbangan kita beli. Mesinnya bisa dipakai perjalanan jauh gak? Awet gak, dll. Jadi ada testimoni gitu.

    BalasHapus
  26. Setuju nih, sekalipun jual mobil bekas kita bisa jadikan mobil tersebut berkelas ya dengan memberikan perawatan yang prima terlebih dahulu. Dan lagi gak perlu pusing kalau mau jual beli mobil bekas karena udah ada platform seperti Caroline yang bisa kita manfaatkan

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular