=Hamimeha

Belajar dari Sosok  Naqiyyah Syam Founder Tapis Blogger

24 komentar
Konten [Tampil]



belajar dari sosok naqiyyah syam founder tapis blogger
Hai Sobat Hamim!

Kangen ya lama gak bersua hwkakaka. Kali ini aku ingin mengenalkan satu sosok inspiratif yang aku kenal. Melalui dunia maya rupanya membuat kami jadi dekat.

Yup!

Perempuan hebat itu bernama asli Sri Rahayu. Tapi sayangnya, di kalangan pegiat literasi maupun blogger pasti asing dengan namanya. Eits, tapi akan berbeda jika kusebut, Naqiyyah Syam. Pasti kalian udah mulai ngangguk-ngangguk atau bahkan mengingat-ngingat pernah tahu.

Blogger asal Lampung ini memang sudah menggeluti literasi sejak SD lho. Rupanya tak hanya tulis menulis tapi juga jago masak. Coba deh tengok tiktoknya hahaha.

Nah, karena multitalentanya tampaknya kita bisa nih belajar dari Sosok Naqiyyah Syam Founder Tapi Blogger.

What? Tapis Blogger?

Ada yang tahu? Yuks deh lanjut baca ulasanku di bawah ya!

Mengenal Sosok Naqiyyah Syam Blogger Asal Lampung


mengenal sosok naqiyyah syam
Perempuan kelahiran Jambi ini merupakan sosok yang sangat mencintai dunia tulis menulis. Sejak SD hingga lulus dari kampus kecintaannya pada literasi membawanya bercita-cita sebagai wartawan. Bahkan Mbak Naqy–panggilan akrabnya–juga mengikuti magang di Koran RB dan memagang rubrik Sastra Budaya selama 1 tahun bekerjasama dengan FLP Wilayah Bengkulu (saat itu, aku menjabat sebagai ketua FLP Wilayah Bengkulu).

Ehem keren ya!

Namun jalan takdir ternyata tak bersambut dengan cita-citanya. Meskipun demikian, ia tetap tumbuh dengan kecintaannya dengan dunia literasi sehingga banyak menghasilkan karya diberbagai media, melahirkan puluhan buku antologi, serta memenangkan beberapa kompetisi menulis.

Selain itu, ibu tiga anak ini juga sering didapuk sebagai pemateri maupun juri kepenulisan. Wah, rasa cintanya pada literasi membuatnya berkembang luarbiasa ya Sobat Hamim. Istri dari Pak Ahmad Suryanto ini rupanya adalah pendiri komunitas Tapis Blogger.

Wow, apakah itu Tapis Blogger?

Sekilas Tentang Tapis Blogger

Tapis blogger adalah sebuah komunitas para blogger yang berdomisili di Lampung. Apakah harus orang asli Lampung?

Ternyata tidak Sobat Hamim. Bagi kalian yang saat ini merantau di Lampung dan ingin menjadi bagian dari anggota Tapis Blogger boleh juga lho! Sebab visi dari komunitas ini adalah menjadi Komunitas Bloggernya Orang Lampung.

Nah, karena memang diperuntukkan bagi blogger lampung maka misi yang dibawapun antara lain menjadi wadah komunikasi blogger yang ada di Lampung dan mengenalkan Lampung lewat blog. Mendukung dan ikut menyukseskan kemajuan literasi di Lampung.

Wah mulia ya!
sekilas tentang tapis blogger
 
Nah, jadi wajar sekali sih perempuan lulusan kehutanan Universitas Bengkulu ini memiliki blog khusus dengan niche travelling. Sebab salah satunya adalah membawa misi mengenalkan berbagai destinasi wisata ataupun tempat ke masyarakat luas.

Komunitas Tapis Blogger rupanya sudah berdiri selama lima tahun lho! Kalian juga akan menemukan berbagai tips serta info seputar Lampung jika berkunjung ke websitenya. Nah, itu dia sekilas tentang Tapis Blogger yang didirikan oleh mbak Naqiyyah Syam.

Jujur sih, aku sendiri pertama kali berkenalan dengan Mbak Naqy di sebuah grup Whatsapp. Kala itu beliau menjadi pemateri menulis cerita anak. Yup! Beliau adalah penulis cerita anak yang sudah kawakan. Ilmunya banyak karyanya pun bejibun.

Kesanku setelah mengenal sosok Naqiyyah Syam selama satu tahun ini adalah pribadi multitalenta. Ya, aku sebut demikian karena banyak sekali ilmu yang bisa dipelajari dari ex-BPH FLP ini.

Sobat Hamim mau ikutan belajar juga? Yuks!

Belajar dari Sosok Naqiyyah Syam Founder Tapis Blogger


Yups, kita sampai di sini nih. Jadi apa saja yang bisa kita dapat denganbelajar dari sosok Naqiyyah Syam Founder Tapis Blogger ini?

Pertama, Perempuan Bervisi Besar & Jangka Panjang

Perempuan dengan visi besar, itulah gambaran yang bisa aku tuliskan untuk sosok Naqiyyah Syam. Pernah suatu kali kami berbincang di sebuah forum. Pengalamannya menjadi seorang blogger di masa itu –dimana belum banyak orang melirik dunia para blogger– beliau sudah mau berjuang untuk tumbuh bersama blognya.

Dalam waktu kurang dari satu tahun, penulis buku Bertetangga dengan Rasulullah ini mampu mendulang rupiah dari blog. Hingga akhirnya menjadikan blog sebagai salah satu sumber penghasilannya. Layak jika di tahun 2016 keinginannya membuat Komunitas untuk para blogger di Lampung terwujud.

Wah, aku baru tahu jika blog bisa menghasilkan cuan tahun 2020 akhir hehehe. Kemana aja ya diriku!

Kedua, Memiliki Semangat Belajar yang Tinggi


Kalian bisa menerka donk, Mbak Naqy ini kelahiran berapa? Tentunya sudah bukan perempuan berkepala dua. Beliau adalah perempuan yang hampir paruh baya usianya namun semangatnya adalah semangat ibu milenial.

Kenapa demikian?

Dibandingkan aku, pengetahuan beliau untuk berkreativitas cukup tinggi. Terbukti, saat beliau mengisi webinar membuat video dengan Capcut. Ah, layaklah jika Mbak Naqy cukup aktif di Tiktok juga. Hehehe.. hasil videonya cukup asyik untuk dinikmati.

Ini membuktikan bahwa perempuan berdarah Jambi ini memang punya semangat belajar yang tinggi dengan mengikuti perkembangan trend masa kini. Ehm, pantaslah jika follower akun media sosialnya mencapai puluh ribuan. Karena memang selebgram hahaha.

Ketiga, Tekun kembangkan hobi jadi potensi

Wah, ini tak perlu diragukan ya! Sebab terbukti dari karya-karya beliau. Insight yang bisa aku ambil dari perjalanan hidupnya adalah kecintaannya pada literasi menjadi potensi yang berkembang. Kuncinya adalah rajin dan ditekuni. Bayangkan sejak SD lho suka nulis terus dilanjut hingga di setiap jenjang pendidikannya.

Inilah yang membawa Mbak Naqiyyah Syam menjadi sosok penulis cerita anak yang karyanya ada di berbagai media. Dipercaya sebagai pemateri maupun juri berbagai event. Wah fakta yang nyata bukan?

Keempat, Perempuan Berdaya yang Produktif

Berdaya? Ya, aku sebut berdaya karena setelah aku membaca buku Empowered Me karya Mbak Puty ini membuatku mengidentifikasi sosok Mbak Naqiyyah Syam ini adalah salah satu sosok perempuan berdaya di mataku.

Keputusannya untuk resign dari pekerjaannya sebagai guru dan kemudian tetap produktif dengan menjalankan perannya sebagai ibu rumah tangga. Hal ini menunjukkan Mbak Naqy cukup tahu dengan apa pilihannya.

Bahkan Founder Tapis Blogger ini pernah mengungkapkan bahwa saat membersamai anaknya dijadikan bahan tulisannya di blognya. Nah perempuan yang pandai melihat peluang ya!
Di usianya saat ini pun, Mbak Naqiyyah Syam ini masih aktif di kepengurusan berbagai organisasi dan komunitas. Salah satunya adalah sebagai pengurus pusat FLP hingga tahun 2021 lalu. Mantap bukan?

Kelima, multitalenta, siap belajar apa saja

Yup! Poin terakhir ini tampaknya tak semua orang bisa melakukan. Aku pun tampaknya paling lemah urusan pendapuran. Namun berbeda dengan pemilik blog Jalan-jalan Aisyah ini. Selain menulis, mengedit video, juri, pemateri, juga terampil urusan dapur lho!

Tutorial dan resep memasak sering beliau bagikan di akun tiktoknya. Sesekali aku juga menyimak tutorial tersebut di IGS nya. Ehm, pasti anak-anaknya bangga dan senang sekali punya ibu pintar masak ya hahaha. Kan konon katanya masakan ibu adalah masakan yang bikin kangen anak-anaknya.

Nah, itulah yang bisa aku tuliskan tentang sosok mbak Naqiyyah Syam. Jika kita cermati dari perjalanan hidupnya yang fokus di dunia literasi, hal ini menguatkan ungkapan bahwa hobi itu bisa jadi jalan rezeki. Nah seperti petualangan Mbak Naqiyyah ini salah satunya.

Jadi, buat Sobat Hamim yang ingin menekuni hobi jangan tanggung-tanggung ya! Asal kalian fokus, tahu tujuan kalian, dan pandai mengatur langkah mengembangkannya maka insya allah akan ada jalan suksesnya.

Eh, yang ingin kenalan lebih lanjut dengan Mbak Naqiyyah Syam bisa lewat ini nih.

Sosok naqiyyah syam founder tapis blogger

Kabar baiknya,, Founder Tapis Blogger ini punya blog yang bisa jadi rujukan kalian yang ingin fokus di niche travelling lho! Coba deh meluncur ke Jalan-Jalan Aisyah.


Oke, sepertinya cukup panjang dan lebar ya ulasan belajar dari Sosok Naqiyyah Syam Founder Tapis Blogger ini. Semoga kita tidak kalah semangat ya sama Mbak Naqiy yang terus produktif bahkan di usianya yang tidak belia lho!


Yuks yuks semangat kembangkan potensi dan jadi perempuan berdaya!
Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

24 komentar

  1. Panutan banget kayanya baca profil Naqiyah Syam. Memberi kemanfaatan yang luar biasa untuk sekelilingnya, termasuk dalam dunia literasi

    BalasHapus
  2. Suka salut sama muslimah yang multi talenta kayak mbak naqi

    BalasHapus
  3. Setelah baca artikel mengenai sosok Naqiyah Syam ini saya jadi kagum sama beliau. Panutan banget nih sosok wanita tangguh, mempunyai semangat yang tinggi dan bisa memberi manfaat untuk orang disekitarnya

    BalasHapus
  4. Sosok inspiratif nih mbak Naqiy, banyak banget prestasinya, patut dijadikan panutan dalam dunia ngeblog nie. Apalagi sebagai penganut travel blogger pemula penting banget belajar dari pemilik blog traveling seperti mbak Naqiyyah Syam ini. Salam kenal dari Mom Queen ya mbak Naqiy, sungkem sama suhu :)

    BalasHapus
  5. Whuah, Mbak Naqy. Beliau memang sosok panutan. Pertama kali melihat beliau secara langsung adalah saat munas di Bali. Kalau nggak salah beliau bersama anak dalam gendongan saat itu. Dalam hatiku berujar, ini adalah salah satu sosok wanita inspiratif yang tidak berhenti melakoni mimpi2nya meski telah berkeluarga.

    BalasHapus
  6. Ngikutin kegiatanya Naqi dan Tapis Blogger emang luar biasa.semoga semakin banyak yang terinsfirasi dan termotivasi dari aktivitas Naqi

    BalasHapus
  7. Wah iya, aku juga sudah sering dengar tentang komunitas Tapis Blogger ini mbak
    Ternyata sudah cukup lama ya didirikan
    Inspiratif banget ceri

    BalasHapus
  8. Saya yang muda jadi malu sama keaktivan Bu Naqi sebagai muslimah multitalenta, semoga bisa mencontoh

    BalasHapus
  9. Meskipun belum pernah bertemu langsung tapi sudah sering mendengar tentang sosok inspiratif mbak Naqqy yang multitalenta meskipun saat itu masih memiliki balita tapi tetap bisa aktif diberbagai kegiatan, semoga bisa bertemu langsung suatu hari nanti.

    BalasHapus
  10. MaasyaaAllah, Mba Naqy emang aselik kerennn.
    Kenal sejak belasan th yl, pernah ketemu pas sy tinggal d Lampung
    Setuju dg poin2ny: beliau emng emak2 inspiratif
    Jadi kangen

    BalasHapus
  11. Kayaknya kemarin saya baru nyari suatu topik di Google dan masuk ke blog Mbaknya ini. Keren ya beliau bisa konsisten sampai sekarang, menginspirasi buat blogger-blogger yang baru mulai napak kayak saya. Haha.

    BalasHapus
  12. Suka dengan perempuan-perempuan yang inspiratif kaya gini, aku jadi nambah panutan lagi agar selalu berdaya meski hanya di rumah saja.

    BalasHapus
  13. MashaAllah~
    Kak Naqi selalu menginspirasi yaa..

    Aku masih ingat sekali pesan kak Naqi ketika IG Live dengan Connecting Mama dan kak Naqi berkata kalau konten tuh semua bisa dijadikan konten, asalkan mau.
    Nah...
    Ini dia semangat mengolah kontennya yang kudu terus diasah yaa..selain menejemen waktu yang baik.

    BalasHapus
  14. masyaa Allah aku suka ter-amaz amaz kalau ada perempuan yang punya gebrakan. ga cuma sekedar punya impian tapi punya semangat buat wujudin impiannya. keren banget mba naqy

    BalasHapus
  15. masyaAllh, keren banget ka naqy ini. rasanya ingin seperti beliau. mudah2 banyak juga orang berprinsip sama seperti k naqy ini, termasuk aku

    BalasHapus
  16. Masya Allaah... Akupun sangat mengagumi sosok mbak naqiyyah syam ini... Selalu berusaha untuk bermanfaat buat orang banyak..

    BalasHapus
  17. Mbak Naqi nih mentorku di KOL Cerpen FLP loh mb Hamim. Ketemu lagi di blogger dengan beliau.

    BalasHapus
  18. Saya yakin di luaran sana banyak muslimah produktif dan menginspirasi. Pernah sekilas mendengar nama beliau, masyaallah ternyata di usia muda tapi sudah banyak memberi manfaat pada yang lain.

    Mudah-mudahan bisa menjadi trigger buat kita agar lebih baik lagi

    BalasHapus
  19. Masya Allah kereeen 😍
    Aku mah kl kegiatanku dibuat tulisan nunggu mood dulu wkwkwk
    Salut banget sama semangatnya mba Naqi ini

    BalasHapus
  20. blogger yang masih on off kaya saya ini jadi malu tapi jadi semangat juga baca profil mba Naqy ini. semoga bisa mengikuti jejak mba Naqy jadi mom blogger yang produktif

    BalasHapus
  21. Sepertinya kita samaan nih mba tau blog bisa jadi cuan akhir tahun 2020^^
    Btw, keren banget sosok mba Naqy ini.. Memang multitalenta banget ya dan bisa apa aja.. Umur tidak menghalangi suatu karya ya mba.. Mantapp dehh..

    BalasHapus
  22. Masha Allah seorang Ibu yg nggak berhenti bermimpi, terus produktif dan melihat peluang. Patut menginspirasi ;) aku jadi kepo sama blognya karena seru nichenya travelling nih.

    BalasHapus
  23. udah lama banget kenal mba naqiyah di dunia maya
    memang beliau aktif dan multi talent banget ya
    selain itu juga sangat rendah hati
    meski kenal di medsos tapi memang terlihat sangat baik

    BalasHapus
  24. masya Allah, kalau baca profil sosok inspiratif rasanya kok kayak dapet semangat ya , tapi bener sih, beliau daya juangnya keren banget

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular