=Hamimeha

Lulus Kursus Komputer Bisa Kerja Apa? Wajib Tahu Guys!

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Lulus kursus komputer bisa kerja apa
Hai Sobat Hamim, lulus kursus komputer bisa kerja apa? Kepikiran gak sih dengan pertanyaan ini? Mungkin ada atau bisa jadi tidak terpikirkan. Apalagi masyarakat masih mengagungkan lulusan dengan gelar berderet dari lulusan pendidikan formal.

Apa salah? Gak juga sih.

Akan tetapi perlu kita tahu bahwa kebutuhan dunia kerja di era digital saat ini jika hanya mengandalkan ijazah tanpa keahlian membuat kita mudah tergeser dengan kandidat lain yang memiliki nilai lebih. Lalu?

Nah, ditambah lagi dengan era digital saat ini. Pandemi mempercepat proses digitalisasi sehingga memaksa kita untuk terus adaptif atas perubahan yang ada. Salah satunya adalah kemampuan memahami dunia digital.

Salah satu keahlian yang bisa diandalkan adalah kemampuan kita menguasai komputer. Jadi, buat Sobat Hamim lulusan kursus komputer tentu memiliki peluang besar di dunia kerja era digital ini. Apa sajakah itu? Yuks simak ulasanku selanjutnya ya!

Lulus Kursus Komputer Bisa Kerja Apa?

"Hon, waktu kamu belajar di kursus komputer dulu apa saja sih materinya?" tanyaku pada suami. "Itu bukan kursus tapi kuliah dan dapat gelar Diploma 1.
Ops, ternyata aku salah, aku pikir kursus karena doi ambil kuliah ketika masih duduk di bangku SMA. Namun jawaban darinya membuka wawasanku. Doi menjelaskan bahwa ilmu komputer itu luas, sehingga perlu spesifikasi minat yang ingin dipelajari.

Karena luasnya bidang ilmu komputer sehingga kesempatan kerja bagi lulusannya juga terbuka lebar. Jadi lulus kursus komputer bisa kerja apa?  Mayoritas pekerjaan perkantoran membutuhkan keterampilan menguasai komputer. Ditambah dengan mulai menjamurnya content creator yang makin banyak diminati. Inilah sebabnya keahlian di bidang digital ini semakin menjadi kebutuhan.

Oke, tak berpanjang lebar. Setelah diskusi dengan suami dan membaca beberapa referensi, maka aku simpulkan ada lima bidang pekerjaan yang terbuka untuk lulusan kursus komputer.
 

Lima Bidang Pekerjaan Lulusan Kursus Komputer

Nah, lima bidang pekerjaan yang banyak dicari ketika Sobat Hamim lulus kursus komputer di era digital saat ini yaitu:

Pertama, administrasi perkantoran

Jika Sobat Hamim amati rerata lowongan pekerjaan mencantumkan persyaratan "mampu mengoperasikan microsoft office", benar tidak? Melalui analisa sederhana ini maka kita bisa ambil kesimpulan bahwa kemampuan sederhana menjalankan komputer sangat penting.

Disarankan jika Sobat Hamim adalah pemula maka bisa mengambil kursus komputer yang fokus dalam pengoperasian ms word, ms excel, dan pendukungnya. Pekerjaan yang membutuhkan administrasi perkantoran adalah sekretaris, bendahara, tata usaha, dsb.

Kedua, programer

Yup, programer adalah orang yang memiliki kemampuan merancang perangkat lunak melalui kode-kode. Jika Sobat Hamim mengenal beberapa aplikasi dalam komputer atau hp, maka itu adalah salah satu pekerjaan seorang programer.

Dewasa ini, kita tidak asing dengan istilah coding. Bahkan tak jarang muncul kursus coding untuk anak-anak lho. Hal ini menunjukkan bahwa perkembangan teknologi yang semakin cepat membutuhkan kemampuan adaptasi yang tinggi pula.

Nah, inilah di awal aku menyebutkan bahwa belajar ilmu komputer itu luas. Jadi, saat Sobat Hamim memutuskan untuk mengikuti kursus komputer sebaiknya pilih yang sesuai tujuan mau kerja apa setelah lulus. Kabarnya, gaji seorang programer pemula bisa mencapai jutaaan lho!
Wow banget ya?

Materi yang bisa dipelajari untuk menjadi seorang programer adalah belajar bahasa pemrograman seperti bahasa C++, Java Script, PHP, dsb.
Beda programer dan developer

Ketiga, developer

Sobat Hamim mungkin familiar dengan istilah web developer. Yup, web developer ini juga seorang programer namun cakupan bidang kerjanya lebih luas. Seorang web developer memiliki tanggung jawab membuat dan mengelola sebuah website.

Seorang web developer atau website developer memahami bagaimana cara membuat website dari nol, membuat kode custom jika dibutuhkan hingga melakukan pengembangan pada layout atau fitur dan fungsi website tersebut. Makanya, developer pada umumnya memiliki kemampuan sebagai seorang programer juga.

Bicara gaji seorang developer tentu bisa ditebak ya. Berdasarkan kemampuan yang dimiliki seorang web developer bisa mencapai puluhan juta rupiah perbulan. Wow, menarik ya Sobat Hamim. Apakah semakin tertarik untuk meningkatkan kemampuan ilmu komputer?

Oke, buat Sobat Hamim yang merasa alergi dengan coding seperti aku, hehehe. Tenang, masih ada kok peluang kerja lulusan kursus komputer yang minim interaksi dengan coding. Dan kedua pekerjaan ini juga banyak dicari lho!

Keempat, digital marketing

Dilansir dari wikipedia, digital marketing atau pemasaran digital adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan.
Di era digital saat ini persaingan bisnis semakin ketat. Banyak para pebisnis yang mengalihkan strategi marketing mereka menggunakan media digital untuk menjangkau konsumen lebih luas. Adapun strategi marketing antara lain melalui SEO (Search Engine Optimization), aktivitas sosial media, analisa dan penelusuran data, hard-selling, soft selling, bahkan hypno-selling, dan lain sebagainya.

Saat Sobat Hamim ikut kursus komputer maka dapat menyesuaikan kebutuhan sebagai digital marketing. Dengan mengetahui jenis digital marketing yang ingin digeluti maka memudahkan kita menjadi spesialis di bidangnya. Jenis digital marketing antara lain SEM (Search Engine Marketing), sosial media marketing, email marketing, digital advertising, content marketing, dan affiliate.

Nah, berdasarkan penjelasan di atas maka Sobat Hamim bisa memiliki kursus yang lebih spesifik materinya. Misal belajar seputar SEO akan mengantarkan Sobat Hamim menjadi SEO Specialist atau SEO Analisis. Dan tahukah gaji seorang SEO Specialist ini mencapai jutaan rupiah lho!

Selalu menggiurkan ya!

Kelima, content creator

Wah, siapa yang tak pernah mendengar istilah content creator di era digital saat ini? Nyaris mayoritas generasi milenial yang merupakan usia produktif di Indonesia sekarang menyasar profesi sebagai seorang content creator.

Sebut saja youtuber berhijab yang digadang-gadang Ratu Youtuber Indonesia, Ria Ricis mengawali debutnya sebagai youtuber awalnya adalah bermodal kemampuan isengnya mengedit video lalu mengupload ke youtube. Dan ternyata hal tersebut membuatnya menjadi publik figur seperti saat ini.

Namun tahukah Sobat Hamim apa itu content creator?

Mengadopsi pengertian content creator melalui laman online gramedia.com, content creator bertugas membuat konten baik berupa tulisan, gambar ataupun video yang akan ditampilkan pada berbagai media populer seperti YouTube, Snapchat, Instagram, dan masih banyak lagi.
Kini konten tidak hanya terbatas pada gambar dan suara saja tetapi juga dalam bentuk tutorial, vloging, podcasting dan lain sebagainya.
Yuhui, dari penjabaran ini kita bisa membuat kesimpulan bahwa sebagai seorang content creator minimal harus menguasai kemampuan sederhana mengoperasikan aplikasi yang digunakan untuk membuat content. Memang sekarang bertebaran aplikasi yang bisa diakses untuk melalui smartphone.

Namun aplikasi sifatnya terbatas ya Sobat Hamim. Jadi, dengan ikut kursus komputer akan memudahkan kita mendukung profesi kita sebagai seorang content creator. Bukankah akan lebih baik jika Sobat Hamim memiliki pengalaman lebih.

Seperti pengalaman kerja sebagai content creator yang mengunggah konten ke berbagai sistem manajemen konten (Content Management System/CMS), seperti WordPress, Joomla, Drupal, Shopify, Wix, XSitePro, dan lain-lain. Atau pernah pernah menjadi content Writer.

Serta memiliki pemahaman baik tentang praktik SEO (Search Engine Optimization). Menunjukkan keunggulan dalam menulis, mengoreksi, dan mengedit. Keterampilan dalam hal penelitian (riset), organisasi, dan manajemen waktu yang sangat baik.
Apa itu content creator
Perlu Sobat Hamim ketahui bahwa penghasila seorang content creator profesional bisa mencapai ratusan juta lho. Wow bangetkan!

Nah, apakah Sobat Hamim mulai tertarik menggeluti salah satu bidang kerja diatas? Semakin tercerahkan kursus komputer bisa kerja apa? Atau mulai bingung apakah bisa pekerjaan di dunia digital saat ini cukup mengandalkan kursus saja?

Oke, Sobat Hamim bisa membaca ulasanku selanjutnya untuk menemukan jawabannya.

Kuliah Atau Kursus Komputer?

Sebenarnya memilih kuliah atau kursus komputer agar bisa bekerja di ranah teknologi informasi (TI) saat ini sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan. Untuk Sobat Hamim yang tidak memiliki banyak waktu dan ingin langsung kerja maka memilih ikut kursus adalah tepat.

Akan tetapi jika ingin mendalami teori atau landasan tentang keilmuan di bidang ilmu komputer khususnya TI maka sangat disarankan mengambil studi khusus ilmu komputer. Sebab di era perkembangan teknologi saat ini banyak menyuguhkan kemudahan informasi untuk kita belajar.

Beberapa teman yang aku kenal juga belajar secara mandiri atau otodidak. Namun, untuk menjadi tingkat mahir dan profesional sebaiknya ikut kursus atau studi lanjut ya Sobat Hamim.
"Gak harus kuliah sih, sekarang sudah banyak bootcamp kok untuk belajar TI," terang suamiku saat ku todong pertanyaan pilih kursus atau kuliah untuk menguasai ilmu komputer.
Umumnya selain pertimbangan waktu belajar yang cukup lama, kuliah membutuhkan energi dan materi yang tidak sedikit. Sehingga pilihan kursus bidang tertentu memudahkan untuk mendapatkan pekerjaan. Adapun kursus yang bisa membuka peluang siap kerja antara lain:

1. Kursus Bahasa Asing
2. Kursus Menulis (content dan copywriting)
3. Kursus Digital Marketing
4. Kursus Web Developer
5. Kursus Desain Grafis
6. Kursus Ms Office
7. Kursus MUA
8. Kursus Fotografi dan Videografi
9. Kursus Public Speaking
10. Kursus Bahasa Isyarat

Separuh dari 10 kursus siap kerja yang aku jabarkan di atas adalah bagian dari ilmu komputer lho. Artinya menguasai kemampuan menguasai komputer dan ilmu-ilmu yang menyertainya sangatlah penting untuk kebutuhan kerja Sobat Hamim.

Aku tuliskan kelebihan ikut kursus komputer di bawah ini ya!

Kelebihan Ikut Kursus Komputer Bagi Milenial


Diambil dari laman online kominfo.go.id, dituliskan bahwa hasil Sensus Penduduk 2020, BPS mencatat, mayoritas penduduk Indonesia didominasi oleh generasi Z (yang lahir pada kurun 1997--2012) dan generasi milenial (lahir pada kurun 1981--1996).

Proporsi generasi Z sebanyak 27,94 persen dari total populasi dan generasi milenial sebanyak 25,87 persen. Sebagian besar dari dua generasi ini masuk dalam kategori usia produktif yang dapat menjadi peluang mempercepat pertumbuhan ekonomi.

Nah, penting bagi generasi milenial dan gen Z untuk menyiapkan diri menghadapi dunia kerja. Dan kursus komputer bisa menjadi terbaik bagi para milenial, sesuai bagi karakternya yang dekat dengan teknologi sejak dini. Ditambah lagi kursus komputer mendukung kita cepat kerja karena kelebihannya sebagai berikut:

1. Praktis

Dalam hal ini dari segi waktu. Karena kursus pada umumnya berorientasi pada skill yang dibutuhkan. Sehingga pembahasan materi disesuaikan lebih fokus dan bisa langsung dipraktikkan. Alokasi waktu kursus biasanya tidak terlalu lama.

Bagi generasi milenial dan gen Z yang cenderung cepat bosan, kursus komputer ini bisa menjadi pilihan strategis. Sehingga keinginan mereka untuk segera belajar yang lain terwadahi.

2. Belajar lebih terarah

Yups, meski aku menyampaikan bahwa ada beberapa orang yang bisa belajar IT secara mandiri namun akan lebih baik jika kita memiliki mentor atau pembimbing.

Apalagi disesuaikan dengan generasi milenial dan gen Z yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Kursus dengan mentor atau pembimbing yang berkualitas memfasilitasi mereka.

Dengan ikut kursus komputer kita akan mendapatkan bimbingan serta edukasi dan wawasan yang cukup. Layaknya sekolah, kursus apapun umumnya sudah memiliki kurikulum yang tersusun rapi untuk memenuhi kebutuhan peserta kursus hingga siap kerja.

Gak perlu bingung, setelah lulus kursus komputer bisa kerja apa? Sebab di tempat kursus biasanya ada arahan serta rekomendasi peluang kerja yang bisa kita jadikan referensi.  

3. Fleksibel

Poin ke-3 ini menjadi kelebihan yang biasanya banyak dicari bagi para pekerja. Waktu yang lebih fleksibel bisa disesuaikan dengan kesibukan kita.

Artinya, kita tidak terlalu terikat dengan waktu yang mengganggu pekerjaan utama kita sebagai pekerja misalnya. Dan lagi, umumnya kursus tidak terbatas usianya. Bisa diikuti oleh siapa saja, baik yang baru lulus SMA maupun yang sudah bekerja.

4. Biaya terjangkau

Dari segi biaya, kursus biasanya memang lebih terjangkau dan disesuaikan dengan kemampuan membayar kita.
Alasan ikut kursus komputer

5. Meningkatkan percaya diri

Yup!

Jika kita ikut kursus komputer artinya kita punya kelebihan skill yang bisa jadi tak semua orang punya. Apalagi di era digital yang banyak membutuhkan keahlian di bidang komputer.

Dengan kita memiliki kemampuan mengoperasikan komputer lebih baik maka secara tidak langsung akan meningkatkan kepercayaan diri. Ditambah lagi, ketrampilan di ilmu komputer saat ini semakin menjadi trend masa kini.

Auto makin keren ya!

5. Peluang Kerja Besar

Nah, ini jelas banget ya!

Setelah aku jabarkan ada banyak peluang kerja dan gaji yang menggiurkan saat kita lulus komputer bisa kerja apa.

Maka Sobat Hamim seharusnya tidak perlu khawatir untuk investasi leher ke atas bidang ilmu komputer ini ya. Auto memiliki masa depan cerah insya allah.

Tantangan dunia kerja di abad 21 menuntut kita untuk memiliki nilai lebih. Jadi ikut kursus komputer bisa menjadi andalan bagi Sobat Hamim karena memiliki keterampilan lebih selain ijazah pendidikan formal.

6. Fokus dan leluasa

Mengetahui bahwa ilmu komputer itu sangat luas. Dengan kita mengambil kursus komputer di bahasan tertentu membuat kita lebih fokus belajarnya.

Tak hanya itu, kita bisa belajar lebih banyak dan mendalam. Sebab kita akan dibimbing serta diarahkan bisa menguasai topik kursus tersebut. Menariknya lagi Sobat Hamim terdorong untuk berani mencoba.

Karena di kursus komputer kita akan dipaksa untuk praktik. Nah, hal ini akan mendorong kita semakin berani dan terampil bukan!

Saatnya Mengambil Peluang

Quote steve job
Hal-hal yang kusukai di hidup ini tidak membutuhkan sepeser uang pun, dan salah satu hal yang berharga adalah waktu.-Steve Job-

Ya, waktu adalah investasi yang berharga bagi kita. Asal kita bisa mengolahnya dan mengisinya dengan hal-hal memberikan value dan kebermanfaatan di masa mendatang. Salah satunya investasi ilmu dan upgrade skill.

Sekali lagi, kita perlu terus mengasah kemampuan kita untuk menghadapi dunia kerja yang kompetitif. Kita perlu memastikan apa target karir yang ingin kita capai dan keterampilan apa yang ingin kita miliki.

Dengan memilih kursus yang tepat maka kita tak perlu bingung lagi setelah lulus kursus komputer bisa kerja apa? Sebab sudah aku jabarkan panjang lebar untuk membuka wawasan Sobat Hamim semua.

Semoga kita bisa menjadi pribadi produktif dan siap bersaing di dunia kerja.
Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

Posting Komentar

Popular