=Hamimeha

Bisakah Investasi 100 Ribu Hasilkan Jutaan Rupiah, Cobalah!

Posting Komentar
Konten [Tampil]
Investasi 100 ribu hasilkan jutaan rupiah
Hai Sobat Hamim, bertemu lagi dengan pembahasan literasi finansial yuks! Kali ini topiknya tentang bisakah investasi 100 ribu hasilkan jutaan rupiah? Wah menurut Sobat Hamim bagaimana?

Aku pernah menulis tentang Generasi Sandwich dan beberapa kali membaca referensi terkait kesalahan dalam pengelolaan keuangan. Akibatnya hal ini membuat seseorang mengalami kondisi tak memiliki aset apapun di masa tua. Seringkali, keadaan seperti ini menciptakan peluang Generasi Sandwich di masa mendatang.

Ops, aku tidak membahas panjang tentang sandwich generation ini kok. Alih-laih membahas masa depan yang suram bagaimana jika menciptakan peluang kebaikan. Dengan cara memutar uang dengan nilai kecil agar bisa menghasilkan keuntungan yang besar. Bagaimana caranya?

Yups, investasi bukanlah bahasan kaum elit. Saat ini siapapun bisa melakukan investasi bahkan mulai dari 100 ribu saja lho! Berbagai platform yang muncul saat ini memberikan kemudahan kita untuk bisa berinvestasi dengan modal minim.

Dewasa ini, nilai uang 100 ribu tidaklah sama dengan lima tahun yang lalu. Bahkan ada yang menganggap uang 100 ribu hanya cukup untuk hang out. Di sisi lain, ada pula yang berpikir bahwa 100 ribu sangat berharga. Semua itu dipengaruhi oleh taraf ekonomi masing-masing individu.

Nah, kali ini aku ingin membagikan ide salah satu cara memutar uang 100 ribu agar bisa menghasilkan keuntungan jutaan rupiah tanpa bekerja. Yups, mari kita mulai berinvestasi diawali dengan modal kecil terlebih dahulu!

Investasi 100 Ribu Hasilkan Jutaan Rupiah


Apa itu generasi sandwich
Perlu Sobat Hamim ketahui bahwa investasi 100 ribu hasilkan jutaan rupiah tentu bukanlah hal ajaib. Akan tetapi ini bisa kita lakukan dengan ilmu. Yuhui, pentingnya belajar literasi finansial di era arus keterbukaan informasi seperti sekarang seharusnya membuat kita jadi lebih bijak mengelola keuangan.

Bagi generasi milenial khususnya, salah satu cara agar tidak terjebak menyumbang lahirnya generasi sandwich adalah mulai berinvestasi. Tidak masalah jika ingin berinvestasi mulai dari modal kecil yang kita punya. Di era kecanggihan teknologi, tersedia berbagai pilihan instrumen untuk berinvestasi. Catatannya, imbangilah dengan ilmu dan langkah yang benar.

Obrolanku dengan suami yang sudah memulai untuk berinvestasi di satu tahun terakhir. Apakah ada saham dengan harga di bawah 100 ribu? Pertanyaanku ini memang mengarah pada bisakah investasi 100 ribu hasilkan jutaan rupiah? Pasalnya saham saat ini sedang trend untuk dijadikan ladang berinvestasi.

Rupanya jawaban suami dengan contoh membuatku semakin jelas.

Kata doi, ada sebuah instansi yang menjual sahamnya mulai dari harga Rp 100. Dan kita bisa membeli minimal 1 slot (100 lembar). Nah coba dikalkulasi, satu slot harganya berapa? Yups, 10 ribu bukan?
Artinya sangat bisa kok berinvestasi modal kecil. Investasi saham menarik bagi anak jaman now karena selain transaksinya yang semakin mudah secara online, tak dapat dipungkiri potensi return yang tinggi menjadi daya tarik utamanya. Sekali lagi, kunci sukses berinvestasi adalah pelajari dengan baik masing-masing instrumen investasi yang akan Sobat Hamim pilih ya!

Oke, agar tidak bingung mari kita ulas sedikit apa itu investasi yuks!

Sekilas Tentang Investasi

Apa itu investasi
Menurut KBBI, investasi memiliki arti penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan. Sedangkan dikutip dari laman online OJK, investasi adalah penanaman modal, biasanya dalam jangka panjang untuk pengadaan aktiva lengkap atau pembelian saham-saham dan surat berharga lain untuk memperoleh keuntungan.

Pada dasarnya investasi merupakan aktivitas menanam sejumlah modal kita baik berupa uang atau aset berharga lainnya ke dalam suatu benda, lembaga, atau suatu pihak dengan harapan pemodal atau investor kelak akan mendapatkan keuntungan setelah kurun waktu tertentu.

Menyimak arti dari kata investasi, rupanya investasi tak selalu berupa uang lho. Namun pada pembahasan kali ini kita akan mengulas investasi 100 ribu hasilkan jutaan rupiah saja ya, agar lebih fokus. Nah. apa sajakah jenis-jenis investasi?

Jenis-Jenis Investasi


Secara umum investasi dibedakan menjadi dua investasi aset berwujud ( real) dan aset keuangan. Contoh Investasi aset berwujud merupakan jenis investasi berupa benda-benda berwujud seperti emas, kendaraan, gedung, pabrik, rumah, dan apartemen. Sedangkan Investasi aset keuangan berwujud investasi keuangan seperti saham, reksadana, obligasi dan dana pensiun.

Berdasarkan jangka waktunya, investasi digolongkan menjadi dua jenis yaitu investasi jangka pendek dan investasi jangka panjang. Dengan penjelasan sebagai berikut:

1. Investasi Jangka Pendek

Investasi jangka pendek adalah investasi yang pengelolaan dananya dilakukan dalam waktu relatif singkat. sehingga dana dan keuntungan dapat dicairkan dalam kurun waktu yang relatif sebentar. Jangka waktu investasi ini umumnya satu tahun namun kadang ada yang hitungan bulan misal pertiga atau lima bulan.

Biasanya, investasi jangka pendek memiliki risiko yang lebih rendah sehingga direkomendasikan untuk pemula. Contoh investasi jangka pendek adalah deposito, reksadana, surat utang negara, dan fintech peer to peer lending.

2. Investasi Jangka Panjang

Investasi jangka panjang merupakan jenis investasi yang membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan keuntungan atau return. Biasanya, return yang dihasilkan oleh investasi jangka panjang tentu juga lebih besar dibandingkan investasi jangka pendek.

Buat Sobat Hamim yang tidak membutuhkan dana dalam waktu dekat atau tujuannya sebagai tabungan kebutuhan di masa depan, seperti biaya pendidikan, dana kebutuhan nikah, dana pensiun, dan lain sebagainya. Pilihan investasi jangka panjang ini adalah keputusan yang bijak, Contoh dari investasi jangka panjang adalah investasi saham dan investasi emas.

Eits, meskipun demikian memilih investasi jenis jangka pendek maupun jangka panjang dengan modal uang kecil tetap bisa lho! Nanti kita temukan ide investasi 100 ribu hasilkan jutaan rupiah apa saja ya?

Profil Resiko Investor

Investasi memang memiliki banyak manfaat untuk kita terkait pengelolaan, meskipun demikian tak bisa kita pungkiri bahwa berinvestasi juga ada resikonya. Inilah kenapa disarankan bagi Sobat Hamim yang mulai berinvestasi menggunakan uang dingin.

Nah, berkaitan dengan resiko ini ternyata ada tiga jenis profil risiko sebagai investor yakni:

Pertama, Konservatif

Adala investor dengan tipe profil yang bermain aman dengan memilih tingkat risiko rendah. Tidak masalah dengan return yang rendah, selama itu aman.

Kedua, Moderat

Sedangkan investor tipe profil yang lebih siap mengambil risiko besar namun tetap hati-hati dan pintar dalam mengelola jumlah modal yang diinvestasikan. Berani tapi tetap waspada, inilah tipe moderat.

Ketiga, Agresif

Tipe investor ketiga ini adalah profil yang lebih memprioritaskan return tinggi. Dengan kata lain, investor tipe agresif ini berani ambil resiko dan ia sangat siap untuk menerima keuntungan besar maupun sebaliknya.

Profil resiko investor
Wah, dari ketiga tipe profil di atas maka Sobat Hamim bisa menganalisa nih tipe manakah kalian?

Tips Sukses Investasi Untuk Pemula

Pembahasan tentang apa itu investasi hingga tipe profil investor ini semoga bisa menjadi bekal bagi Sobat Hamim untuk memulai langkah berinvestasi ya. Tenang saja, di era kecanggihan teknologi seperti saat ini banyak terbuka kesempatan untuk berinvestasi di instrumen potensial dengan modal kecil kok.

Jadi, bisakah investasi 100 ribu hasilkan jutaan rupiah? Yuks kita belajar tips sukses investasi bagi pemula di bawah ini:

Tips sukses investasi untuk pemula
1. Rumuskan apa tujuan investasi

Yups, penting banget bahwa saat kita memulai investasi bukan atas dasar ikut-ikutan apalagi trend. Sebagian orang masih perlu berpikir panjang untuk menyisihkan uangnya sebesar 100 ribu untuk investasi.Meski terdengar bernilai kecil, investasi modal 100 ribu bisa menghasilkan jutaan rupiah dengan tujuan yang tepat sesuai kebutuhan kita.

Pentingnya merumuskan goals investasi ini selain membuat kita mudah mengukur ketercapaian tujuan kita juga sarana membangun komitmen Sobat Hamim. Suatu saat nanti jika kalian kehilangan motivasi, tidak konsisten berinvestasi, maka rumusan dari tujuan berinvestasi akan menjadi trigger untuk semangat kembali.

2. Menentukan besaran nilai investasi

Nah ini berkaitan dengan modal yang kita punya ya Sobat Hamim. Jadi, sekali lagi investasi ini sebaiknya menggunakan uang dingin artinya uang yang memang dialokasikan setelah semua kebutuhan wajib atau pokok telah terpenuhi termasuk hutang.

Hal ini berkaitan dengan alokasi waktu dana yang ingin kita capai. Dengan mengukur berapa uang yang kita punya saat ini dan disesuaikan dengan waktu mencapai goalsnya maka berapa investasi dana yang perlu kita keluarkan?

Untuk investasi 100 ribu hasilkan jutaan rupiah ini, Sobat Hamim bisa menyisihkan dari uang gaji, THR, sisa belanja, ataupun pekerjaan sampingan yang memang dikhususkan untuk investasi.

3. Riset sebelum memutuskan berinvestasi

Perlu Sobat Hamim ketahui bahwa terjun ke dunia investasi itu gampang-gampang susah. Namun sebelum menentukan instrumen investasi apa yang akan kita gunakan. Sebaiknya Sobat Hamim melakukan riset terlebih dahulu.

Poin penting adalah pelajari dengan lebih mendalam masing-masing instrumen investasi potensi yang ingin Sobat Hamim gunakan. Disesuaikan dengan budget dan profil risiko investasi kalian. Kenali terlebih dahulu risiko dan keuntungannya agar Sobat Hamim bisa memilih instrumen yang tepat.

4. Sesuaikan investasi dengan profil risiko

Poin ke-4 ini sangat erat kaitannya dengan poin sebelumnya, pentingnya menentukan tujuan serta besaran nilai investasi yang akan kita lakukan memudahkan kita memilih produk investasi apa yang tepat.

Bagi Sobat Hamim yang merupakan investor pemula harus menyesuaikan tujuan investasi, jangka waktu investasi dengan profil risikonya. Misalnya, para investor pemula yang ingin berinvestasi reksa dana dengan risiko rendah dapat memilih reksa dana pasar uang.

Instrumen investasi jangka pendek ini menjadi pilihan tepat bagi investor yang ingin mempersiapkan dana darurat atau investasi dalam jangka pendek 1-2 tahun.

Yups, karena saat ini kita fokusnya adalah modal minimalis. Maka sebaiknya pilihlah investasi dengan tingkat risiko yang rendah agar potensi keuntungannya semakin besar. Namun perlu Sobat Hamim pahami bahwa semakin kecil resikonya maka keuntungannya pun disesuaikan. Sebaliknya, semakin tinggi risiko investasi maka peluang keuntungan juga semakin tinggi.

5. Berinvestasilah dan pantau secara rutin

Kunci dari segala kunci adalah konsistensi. 
Pun ketika kita memutuskan untuk berinvestasi. Ini akan membuktikan apakah bisa investasi 100 ribu hasilkan jutaan rupiah?

Perlu Sobat Hamim ketahui dengan investasi yang relatif rendah, kita bisa mengoptimalkan keuntungan dan pendanaan. Apalagi jika dilakukan secara rutin. Mari kita coba kalkulasi sederhana, jika Sobat Hamim berinvestasi secara rutin Rp100.000 per bulan dengan tingkat risiko yang kecil. Semakin lama investasi maka semakin tinggi juga potensi keuntungannya.

Yup, selain berinvestasi secara rutin hal penting yang tak boleh dilupakan adalah memantau perkembangan investasi kita secara rutin. Apalagi jika Sobat Hamim memilih investasi dengan profit harian.

Namun tenang saja, Pasalnya, saat ini berinvestasi bisa Sobat Hamim lakukan melalui sebuah platform online. Bahkan juga tersedia aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk berinvestasi maupun untuk memantaunya. Yuks kita manfaatkan!

6. Jangan tergesa-gesa mencairkan dana

Yupii, siapa sih yang tak ingin segera panen dari apa yang mereka tanam. Eh tapi sabar dulu ya, karena sebagaimana ulasan sebelumnya bahwa dengan besarnya investasi yang kita lakukan sebanding dengan nilai keuntungan yang kita dapatkan.

Dengan kata lain, investasi dengan modal 100 ribu untuk mendapatkan hasil jutaan rupiah tersebut ya harus bersabar. Jangan terburu-buru mencairkan uang yang kita investasikan. Tips investasi modal kecil menghasilkan untuk besar adalah simpan uang dalam jangka waktu lama sehingga peluang keuntungan juga akan semakin tinggi.

Inilah alasan mengapa investasi lebih menarik daripada sekadar menabung saja. Dari sini kita bisa membuktikan bisakah investasi 100 ribu hasilkan jutaan rupiah? Bisa banget lho!

7. Teruslah belajar seputar investasi

Never ending learning. Aku rasa ini cocok untuk siapapun yang memulai hal baru. Pun untuk para investor pemula penting untuk memperkaya pengetahuan seputar investasi. Minimal memahami pengetahuan dasar tentang investasi.

Di era digital saat ini, kita diberi kesempatan bisa belajar dari mana saja. Saat ini banyak media sosial menyediakan berbagai informasi mengenai tips dan beragam produk investasi. Tak hanya itu, Sobat Hamim juga bisa bergabung ke dalam komunitas-komunitas investasi digital untuk bertukar pengetahuan dengan sesama investor. Keuntungan lainnya Sobat Hamim jadi kaya informasi seputar investasi dan bisa membangun portofolio investasi yang tepat.

Yuhuiii, setelah tahu tipsnya selanjutnya yuks simak rekomendasi investasi modal 100 ribu di bawah ini!

Rekomendasi Investasi Modal 100 Ribu, Pilih Yuks!

Taraaa, ada berapa rekomendasi investasi modal 100 ribu saja? Sejujurnya bisa dikatakan tidak cukup banyak namun beberapa peluang investasi yang akan aku berikan bisa memberikan keuntungan jutaan rupiah lho! Dengan catatan hasil keuntungan ini memang umumnya baru dirasakan setelah investasi dalam jangka waktu yang lama.

Rekomendasi investasi 100 ribu hasilkan jutaan rupiah
Meskipun demikian, ide investasi modal terbatas ini sangat bisa dilakukan oleh siapa saja sebagai pemula sebab modal rendah sehingga resikonya pun kecil. Tapi its oke, namanya juga belajar yuks kita simak rekomendasi investasi mulai dari 100 ribu ini adalah:

1. Investasi Emas

Fiks terbukti!
Hal ini dilakukan oleh ibu kandungku sendiri. Beliau memiliki emas yang dibeli sekitar 10 tahun yang lalu dengan harga ratusan ribu rupiah.

Kabar terakhir, beliau menjualnya dan laku jutaan rupiah. Bisa dibilang ibuku memperoleh keuntungan berlipat dari emas yang sebenarnya dibuat koleksi perhiasan beliau.

Kabar baiknya, Sobat Hamim saat ini bisa menggunakan instrumen emas logam mulia untuk investasi. Sebab telah tersedia emas mini ukuran kecil dengan harga kurang dari 100 ribu lho!

Aku pastikan bahwa investasi aset real ini akan memberikan keuntungan berlipat di masa mendatang. Tren emas yang terus naik menjadikan emas sebagai investasi yang menjanjikan. Sobat Hamim bisa membuktikan sendiri investasi 100 ribu hasilkan jutaan rupiah ini sangat mungkin lho!

2. Investasi Reksadana

Yups, sempat aku spill sedikit tentang reksadana ya Sobat Hamim. Apalagi sekarang banyak platform online yang menawarkan investasi mudah lewat daring.

Bahkan di beberapa marketplace juga menjual reksadana mulai dari 10 ribu saja. Jika kita bisa melihat peluang pasar uang yang tepat, tidak menutup kemungkinan untuk hasilkan jutaan rupiah dari aset yang dimiliki.

Dari berbagai referensi, reksadana ini bisa menjadi salah satu instrumen investasi alternatif bagi masyarakat pemodal, khususnya pemodal kecil dan bagi pemodal yang tidak memiliki banyak waktu dan keahlian untuk menghitung risiko atas investasi mereka.

Pas banget deh buat Sobat Hamim yang saat ini memiliki kemampuan investasinya minimalis. Its oke sih buat pemula.

3. Investasi Saham

Yups, poin ini juga sempat aku ulas sekilas di atas. Sobat Hamim bisa mulai investasi saham dengan modal 100 ribu kok.

Menjamurnya platform investasi yang muncul akhir-akhir ini memberikan banyak pilihan referensi untuk kita berinvestasi. Seperti Ajaib, Stockbit, Bibit, Pluang, dan IPOT. Menariknya, platform tersebut mewadahi investasi saham mulai dari modal 100 ribu juga.

Aku kerap berdiskusi dengan suami yang mulai bermain saham sejak tahun lalu. Bisakah investasi 100 ribu hasilkan jutaan rupiah? Doi menjawab mantap bisa saja dengan jangka waktu yang tentu tidak singkat.

4. Investasi tabungan berjangka

Rekomendasi keempat ini adalah investasi tabungan berjangka yang lebih familiar dengan istilah deposito.

Deposito menjadi sebuah pilihan investasi yang mudah dan menguntungkan serta cocok untuk pemula. Menariknya, deposito ini salah satu produk perbankan yang selalu ada hampir di setiap bank.

Kemudahan yang ditawarkan investasi tabungan berjangka ini adalah Sobat Hamim tidak perlu memiliki skill khusus untuk menjalankan investasi yang satu ini. Cara memulainya cukup dengan menyediakan modal, kemudian simpan di bank dalam jangka waktu tertentu.

Makanya, untuk beberapa kalangan generasi orang tua kita yang tidak terlalu update dengan keuangan lebih memilih deposito untuk investasi mereka. Kabar baiknya, investasi tabungan berjangka saat ini bisa mulai dari 100 ribu saja lho!

Dan lagi, sekarang jangka waktu penempatan deposito sudah semakin beragam. Jangka waktunya mulai dari 3, 6, 12, bahkan hingga 36 bulan. Sementara itu, imbal hasil dari deposito yaitu sekitar 5%.

Nah itulah empat rekomendasi instrumen investasi potensial yang bisa Sobat Hamim pilih. Mari kita buktikan bisakah investasi 100 ribu hasilkan jutaan rupiah?

Investasi Bukan Barang Mewah, Siapapun Bisa!

Beberapa orang berpikir investasi hanya untuk kalangan elit. Sebab nominal investasi umumnya besar dan butuh ilmu yang tak mudah dipelajari. Padahal di era digital seperti ini ternyata investasi 100 ribu hasilkan jutaan rupiah sangat mungkin?

Lahirnya platform online dan kemudahan investasi oleh berbagai pihak membuat kita jadi semakin melek akan literasi keuangan ini. Kuncinya punya komitmen yang kuat, konsisten dengan tujuan investasi, rutin berinvestasi meski hanya modal 100 ribu perbulan atau perminggu.

Nah, dengan konsistensi kita inilah yang bisa jadi akan mengantarkan Sobat Hamim menjadi jutawan dalam jangka panjang. Sebab bagaimanapun juga, investasi memang untuk jangka lama, bukan?

Investasi 100 ribu hasilkan jutaan rupiah bisa dilakukan oleh siapapun kok. Asal mau mengikuti prosesnya dan punya semangat belajar tentang investasi agar wawasannya makin luas. Nilai uang 100 ribu saat ini di kota besar hanya dapat 5 mangkok bakso lho!

Jadi, jangan takut untuk memulai investasi dan belajarlah! Pengalaman itu proses belajar yang mahal.
Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

Posting Komentar

Popular