=Hamimeha

Prospek Gaji Content Creator Instagram, Peluang Emas Masa Depan!

Posting Komentar
Konten [Tampil]
Prospek gaji content creator instagram
Hai hai Sobat Hamim, sudah buka media sosial belum hari ini? Ops, kenapa pertanyaannya begitu? Sebab aku sedang ingin mengupas prospek gaji content creator instagram di kesempatan kali ini.

Tahukah Sobat Hamim, berdasarkan data We Are Social dan Hootsuite di tahun 2022, dari 277,7 juta penduduk Indonesia, 191,4 juta penduduknya merupakan pengguna aktif media sosial.

Hal ini menunjukkan bahwa lebih dari setengah penduduk Indonesia aktif menggunakan media sosial. Dalam sehari, penduduk Indonesia rata-rata menghabiskan waktu 8 jam, 36 menit mengakses internet, dan 3 jam, 17 menitnya digunakan untuk media sosial.

Wow, aktivitas seperti inilah yang kemudian membuat para pebisnis merubah strategi pemasaran konvesionalnya ke digital marketing. Dan kabar baiknya, digital marketing pada umumnya menggunakan media sosial untuk menggaet konsumen. 

Yups, secara tidak langsung kebutuhan akan content creator dalam sebuah tim digital marketing menjadi krusial. Tahukah Sobat Hamim, berapakah gaji content creator di Indonesia? Yuks kita ulas dipenjelasan di bawah berikutnya!

Gaji Content Creator Instagram


Berapa gaji content creator instagram
Mengapa menjadi seorang content creator menarik? Bahkan tak sedikit anak-anak zaman sekarang mencinta-citakan menjadi seorang youtuber atau selebgram. Sebab gaji content creator instagram memiliki prospek yang menjanjikan di masa depan.

Apalagi, bagi anak generasi native teknologi bekerja di bidang digital yang menyenangkan seperti content creator sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari mereka. Namun faktanya, kehadiran kreator konten memang memiliki fungsi yang terbilang besar dalam dunia marketing sekarang ini untuk menunjang bisnis perusahaan.

Dalam pemasaran, bidang yang digeluti content creator kerap disebut dengan content marketing.
Menyoal tentang marketing yang bisa jadi tonggak sebuah perusahaan bisnis maka kisaran gajinya tentu tak main-main. Bahkan dari berbagai referensi yang aku baca, seorang content creator bisa dibayar hingga ratusan juta rupiah. Hal ini tentu dipengaruhi oleh kemampuan yang mereka miliki.

Sebenarnya, gaji seorang kreator digital (digital content creator) itu sangat beragam. Hal ini tergantung pula dengan instansi dimana mereka bekerja. Umumnya kisaran gaji content creator: Rp 3.500.000 - 5.000.000/bulan start form entry level ya. 

Namun ada pula yang digaji berdasarkan berapa banyak proyek yang sedang dikerjakan, traffic pada kontennya, dan tolak ukur lainnya.
Meskipun demikian, di era digital seperti saat ini menjadi seorang pekerja kreatif yakni content creator merupakan satu dari 10 pekerjaan yang menjanjikan masa depan cerah. 

Jadi, apakah Sobat Hamim mulai tertarik menjadi content creator? Atau masih penasaran mengapa gaji content creator instagram bisa bernilai besar? Yuks kita sedikit kupas apa saja kemampuan dan tugas dari content creator sehingga dibayar mahal!

Tentang Content Creator

Tentang content creator
Dewasa ini, profesi content creator atau pembuat konten semakin meningkat sebab banyak diminati. Apalagi ketika pandemi, semakin maraknya penggunaan smartphone dikalangan masyarakat luas membuat orang berlomba-lomba membuat konten digital.

Siapa yang tak kenal Ria Ricis, Atta Halilintar, Baim Wong, dan sederetan artis lainnya yang kemudian terjun menjadi content creator juga melalui kanan youtube dan media sosial mereka. Hal ini dikarenakan penghasilan seorang content creator cukup menggiurkan.

Duh makin penasaran gak sih apa itu content creator? Yuks simak ulasan di bawah ini!

Apa itu Content Creator ?

Secara sederhana, content creator adalah orang yang membuat atau menciptakan kontent. Adapun isi konten bisa beragam menggunakan tulisan, desain grafis, visual storytelling, atau kombinasinya. Isi konten pun bisa beragam topik yang dapat dikaitkan dan menarik bagi konsumen atau audiens. 

Biasanya content creator menghasilkan konten yang relevan setiap bulan, mingguan, dan bahkan setiap hari. Kemudian, Konten yang mereka buat disebar ke berbagai platform media sosial yang tersedia, seperti YouTube, Instagram, atau Facebook.

Seperti yang telah aku jalani selama satu bulan terakhir sebagai tim marketing dan menjadi content creator di salah satu akun media sosial sebuah instansi. Pekerjaanku adalah membuat konten relevan untuk membranding instansi tersebut.

Yups, masih pemula sih dan perlu banyak belajar hehehe. Ops, tapi aku tak mau membocorkan gaji content creator instagram versi aku yang masih pemula ini ya hihi.

Sedangkan menurut Huotari, dkk (2015, hlm. 372) ;

content creator merupakan kegiatan dalam menyebarkan informasi yang ditransformasikan ke dalam sebuah gambar, video dan tulisan atau disebut sebagai sebuah konten, yang kemudian konten tersebut disebarkan melalui platform dan salah satunya adalah media sosial Instagram.
Menurut Abbot, dkk (2013, hlm. 1) Instagram dapat menghubungkan dunia fisik dan dunia digital, meningkatkan kehadiran dan pengenalan identitas secara online dan memungkinkan interaksi yang lebih efektif tidak hanya untuk pribadi, tetapi juga untuk tujuan yang lainnya.

Instagram sebagai ladang berbinis, pembentukan product branding, personal branding dan corporate branding.

Apa Tugas Content Creator ?

Besarnya gaji content creator instagram memang beragam. Bagi yang bekerja di instansi atau perusahaan bisa jadi gaji yang diterima perbulan bisa mulai dari 3 juta, tergantung kebijakan dari masing-masing perusahaan.

Definisi KOL
Namun, jikaSobat Hamim adalah seorang influencer atau KOL (Key Opinion Leader ) yang menerima endorsement, kalian bisa mendapatkan penghasilan hingga puluhan juta rupiah (tergantung jumlah followers atau subscriber).

Wow banget gak sih Sobat Hamim!

Lalu apa saja tugas content creator?

Pertama, membuat content plan dan strategy

Tugas pertama jelas membuat perencanaan dan strategi mengelola konten dari platform yang akan dipublikasikan.

Kedua, merumuskan dan membuat konten yang menarik

Yups, yang membuat kehadiran seorang content creator di sebuah instansi adalah bagaimana mereka membuat konten menarik. Bukan sembarang konten, seorang content creator diharapkan bisa memilih jenis dan tema konten sesuai selera pasar. Hal ini mempengaruhi kesuksesan promosi.

Ketiga, membuat konten mudah ditemukan


Nah, seorang content creator perlu menguasai ilmu di bidangnya dan memiliki wawasan yang luas. Peran seorang content creator membantu konten lebih mudah ditemukan dan semakin banyak yang menemukan semakin baik. Salah satu strategi yang bisa diterapkan adalah penerapan teknik SEO (Search Engine Optimization/Optimasi Mesin Telusur), pakai hashtag, atau berusaha masuk ke FYP Tiktok.

Keempat, membangun dan meningkatkan branding

Yups, selanjutnya tugas content creator adalah memberikan edukasi produk ( produk knowledge) kepada masyarakat. Dengan meningkatkan brand awareness sebuah produk atau instansi melalui konten, diharapkan menarik customer yang awalnya belum tahu atau belum paham tentang produk tersebut jadi mengenal produk. Dampaknya adalah closing.
Yeay, calon customer bisa membeli produk tersebut karena tahu dan paham bagaimana produk tersebut. Ini peran content creator dari sisi content marketing.
Tak hanya itu, melalui konten yang senantiasa konsisten dalam pemilihan warna, font, dan hal-hal yang menjadi icon perusahaan maka hal ini bisa membangun image perusahaan terlihat expert. Hadirnya konten yang konsisten, relevan, dan bermanfaat maka menunjukkan jika konten tersebut berkualitas.

Hasilnya bisa membuat perusahaan semakin dipercaya oleh pelanggannya. Wah besar sekali peran seorang content creator ya Sobat Hamim. Layak jika gaji content creator instagram khususnya cukup tinggi.

Jenis Content Creator

Adapun jenis konten berdasarkan formatnya seperti, Teks/Tulisan, Suara/Audio, Gambar/Foto/Image/Grafis, dan Video.

Jenis-jenis konten berdasarkan konteks atau fungsinya:

1. Pemasaran konten (content marketing)

2. Penempatan konten (content placement)

3. Kreasi konten (content creation)

4. Kurasi konten (content curation)

5. Penulis konten (content writer)

6. Pengelolaan konten (content management)


Nah, contoh content creator berdasarkan jenis content yang dibuat adalah sebagai berikut:


1. The Networker


Tipe pembuat konten yang menganggap berbagi pelajaran dan ajaran sebagai kesempatan yang tak ternilai. Mereka akan merasa nyaman ketika bergabung dengan sekumpulan orang yang berpikiran selaras dalam menyampaikan ide, anekdot, dan asumsi.

2. The Speaker


Content creator dengan kemampuan public speaking yang baik.Umumnya tipe speaker ini memang lebih nyaman menyampaikan berbagai topik obrolan dengan lisan. Contohnya ; penyiar, presenter, podcaster.

3. The Writers

Yups, content creator tipe ini memiliki kemampuan merangkai kata yang baik. Tipe ini memang lebih banyak menggunakan tulisan sebagai media kampanye atau konten mereka. Contohnya :wartawan, penulis, blogger.

4. The Visualizer


The visualizer atau visualisator adalah tipe content creator yang multitalent. Biasanya visualisator ini memiliki kemampuan mengubah semua jenis konten yang ada menjadi visual yang jelas dan bermakna, sehingga mudah dipahami oleh audiens. Contohnya : vlogger/youtuber, fotografer, desainer grafis, infografer

Saat ini, profesi seorang content creator lebih disandarkan pada tipe yang keempat. Karena kemampuannya yang mengkombinasikan banyak kemampuan makanya gaji content creator instagram relatif tinggi.


Skill Yang Perlu Dikuasai Seorang Content Creator

Berdasarkan jurnal ilmiah yang aku temukan sebagai referensi. Skill seorang content creator

menurut Senft, M. T. (2008, hlm. 272) adalah sebagai berikut :

1. Seorang content creator harus memilih konten yang sesuai dengan passion
karena apapun yang dilakukan dengan passion akan menghasilkan sebuah karya yang bisa menginspirasi banyak orang.

2. Content creator memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 

Namun, seorang content creator dituntut untuk memiliki karya yang original. Intinya harus menjadi diri sendiri saat berkarya, karena hal tersebut unik dan menarik. Carilah hal-hal unik yang tidak dimiliki oleh content creator lainnya.

3. Menjadi seorang content creator dituntut untuk selalu update dengan perkembangan trend terkini.

4. Seorang content creator dituntut untuk selalu bisa multi-tasking dalam berbagai hal. 

Mulai dari hard skill dan juga soft skill. Banyak hal yang perlu dipelajari, mulai dari belajar menulis wording yang readable, belajar edit video yang menarik, belajar dipotret, mengatur feed Instagram, dan masih banyak yang lainnya.

Wah memang tidak simpel, butuh kreatifitas serta keuletan yang tinggi untuk menjadi seorang content creator. Jangan heran jika gaji  content creator instagram melangit dari waktu ke waktu hehehe.

Content Creator Peluang Emas Profesi Masa Depan


"Jantung dan jiwa perusahaan adalah kreativitas dan inovasi." - Robert Iger
Wow, dari quote Robert Iger di atas membuatku tak heran jika gaji content creator dihargai mahal. Hal ini sesuai dengan peran krusial seorang content creator di sebuah perusahaan. Apalagi dengan kemampuan yang perlu content creator kuasai. Masih ragu dengan bayaran tinggi untuk gaji content creator instagram?

Menjadi seorang content creator maka harus siap untuk belajar terus menerus. Sebab seseorang menciptakan content berdasarkan atas perkembangan ilmu, teknologi, dan wawasan yang terus update. Meskipun demikian, bagi anak zaman now menjadi pekerja kreatif khususnya content creator adalah profesi yang menyenangkan dan sesuai dengan karakter native teknologi mereka.

Apalagi sosial media sosial semakin populer dari waktu ke waktu. Pasalnya, platform media sosial yang paling banyak diminati anak muda adalah instagram.

Menurut Ardianto (2004 hlm. 106) komunikasi dalam Instagram telah mengalami pertumbuhan yang signifikan. Instagram sebagai alat media sosial yang menarik audien melalui konten yang diunggah. Maka tak heran, kini banyak sekali yang menjadikan Instagram sebagai salah satu media sosial yang efektif untuk berkomunikasi dengan audien.

Kesempatan akan prediksi bonus demografi di 5-10 tahun mendatang di Indonesia menjadi profesi di dunia content creator adalah peluang emas di masa depan. Akan banyak pihak yang membutuhkan content creator memenuhi kepentingan mereka menyasar anak muda.

Jadi bersiaplah dengan gaji content creator yang menggiurkan di masa mendatang. Yuks terus upgrade diri, kunci sukses content creator!
Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

Posting Komentar

Popular