=Hamimeha

Cara Memutar Uang 500 Ribu, Simak Kisah Inspiratifnya!

Posting Komentar
Konten [Tampil]
Cara memutar uang 500 ribu
Berhentilah membuat rencana, melangkahlah! ~Bob Sadino


Masih berkutat seputar membangun bisnis ya Sobat Hamim. Kali ini aku mau menulis bagaimana cara memutar uang 500 ribu? Kepikiran gak sih bikin usaha bermodal kurang dari 1 juta. Bisakah?

Tak terduga lho! Saat aku mencoba mencari referensi tentang ide bisnis modal minimalis apakah beneran bisa sukses? Ternyata banyak sekali kisah inspiratif dari orang-orang diluar sana yang membangun usaha dari modal kecil dan berhasil.

Kata-kata yang akhirnya menyadarkanku tentang membangun bisnis itu adalah tentang mindset. Dibandingkan sibuk dengan modal ternyata hal penting dari seorang pengusaha adalah mental kaya yang mereka miliki.

Wah makin penasaran gak sih? Yuks simak kisah inspiratif para pengusaha dan cara menjadikan modal uang 500 ribu yang kita punya agar bisa berkembang. Selain untuk modal usaha, Sobat Hamim bisa memutar uang 500 ribu untuk investasi dan lain sebagainya lho!


Cara Memutar Uang 500 Ribu

Ide cara memutar uang 500 ribu
Di era kecanggihan teknologi dan terbuka seperti saat ini, sejatinya bagaimana cara memutar uang 500 ribu tidaklah terlalu sulit untuk mendapatkan keuntungan berlipat. Kuncinya kreatif dan bermental kaya.

Ada beberapa pilihan cara untuk bisa membuat uang 500 ribu bisa mendapatkan keuntungan berlipat. Salah satunya adalah membuka usaha yang modalnya bisa kita putar setiap hari, seperti menjual gorengan, minuman seperti es atau jus, bahkan kita bisa juga menjual barang-barang tahan lama accesories, barang unik yang homemade, dan lain sebagianya.

Selain untuk modal usaha, buat Sobat Hamim yang tak punya waktu mengelola usaha tersebut karena memang telah bekerja maka bisa memutar uang 500 ribu dengan cara diinvestasikan. Paling aman menjaga nilai uang adalah investasi emas. Hal ini menjadi pilihan bijak jika Sobat Hamim tidak tergesa-gesa membutuhkan uang.

Selain emas, ada beberapa pilihan investasi yang lain kok. Seperti reksadana, tabungan berjangka, dan saham dengan modal minim. Kunci sukses memulai investasi adalah pahami investasi apa yang akan kita pilih lalu rutinlah berinvestasi sembari memantaunya.

Selain investasi secara materi berupa modal uang 500 ribu. Ada juga investasi leher keatas lho Sobat Hamim! Saat ini kreatifitas dan keterampilan menjadi nilai lebih bagi seseorang. Buat Sobat Hamim yang memiliki potensi tertentu dan suka belajar hal baru bisa memanfaatkan peluang tersebut. Silakan mencari kelas, e-course ataupun komunitas dan forum yang mengasah dan meningkatkan skill tersebut kemudian menjadi modal kita untuk membuka usaha jasa.

Sejujurnya, aku pribadi termasuk orang yang menggunakan cara memutar uang 500 ribu melalui upgrade skill. Alhamdulillah, saat itu aku ikut kelas berbayar desain di Canva kemudian setelah mengikuti beberapa kelas aku tambah jam terbang dengan latihan.

Hasilnya, saat ini aku sedang menjalani profesi sebagai freelancer design grafis di beberapa instansi. Bersyukur sekali meski tidak memiliki background design grafis, ternyata hobi designku menjadi jalanku memulai bisnis ini.

Apakah Sobat Hamim sudah mulai terpantik untuk memulai usaha atau investasi modal uang 500 ribu saja? Oke, jika belum yuks simak kisah inspiratif di bawah ini!


Kisah Inspiratif Dengan Modal 500 Ribu Bisa Sukses

Yups, aku akan menyuguhkan dua kisah inspiratif yang mungkin bisa menginspirasi Sobat Hamim menemukan cara memutar uang 500 ribu. Dua kisah ini salah satunya adalah seorang reseller dan satunya lagi adalah menjual produk handmade.

Kisah Inspiratif Jadi Reseller Modal Kurang Dari 500 Ribu

Inspirasi ide bisnis modal minimalis
Oek, tak berlama-lama ya, ini dia kisah pertama cara memutar uang 500 ribu datang dari seorang perempuan yang mengawali usahanya sebagai reseller kerudung atau hijab. Kisah yag aku dapatkan dari Quora ini berawal dari sebuah pertanyaan, “Apakah bisa membuka usaha dengan modal 500.000 rupiah?”. Perempuan dari Balikpapan ini menjawab,”Bisa banget.”

Pandemi memang memaksa kita berpikir keras bertahan. Baik dari segi kesehatan maupun finansial. Rupanya, transformasi digital membuka peluang bagi owner DKW_Onlineshop ini untuk coba-coba buka usaha di akhir bulan April 2020.

Mulanya, Mbak Dwi mengawalinya dengan menjadi reseller hijab dengan modal dibawah 300.000. Tahukah Sobat Hamim, niat belajar dan mencari ilmu serta pengalaman yang dilakukan coba-coba ini membuatnya ketagihan.

Bagaimana sistem yang dipakai oleh DKW_Onlineshop hingga bisa memperoleh omset mencapai lebih dari 10 kali lipat modal awal?
Menurutku apa yang dilakukan Mbak Dwi ini adalah salah satu trik cara memutar uang 500 ribu juga lho!Berdasarkan cerita yang Mbak Dwiku tulis, aku coba rangkum ya Sobat Hamim agar lebih mudah disimak. Ada empat langkah yang ditempuh Mbak Dwiku ini yaitu :

Pertama, Beli beberapa potong hijab, sesuaikan dengan budget. Sebelumnya pastikan sudah survey terkait produk tersebut ya. Alasan Mbak Dwiku mengawali usahanya ini sebagai reseller dikarenakan semisal produknya tidak ada yangg beli, bisa dipakai sendiri olehnya.

Wah prinsipnya mirip sama aku nih. Akupun dulu memulai menjadi dropshipper dari barang-barang yang aku pakai juga. Karena aku sudah membuktikan kenyaman dan kualitas produknya maka aku berani memberikan jaminan bahwa produknya oke.

Kedua, gencarkan iklan. Buat di iklankan di marketplace, di facebook, olx, shopee, instagram.

Iklan rupanya cukup efektif untuk menjangkau target pasar lebih luas. Mbak dwi menyampaikan, “Awalnya ada beberapa orang yang nanya ttg hijabnya, tapi belum beli cuma nanya doang.”

Wah, ternyata reaksi yang diberikan oleh customer memberi semangat bagi owner DKW_Onlineshop ini ya. Signal positif ini memberi motivasi untuk terus beriklan, posting hijabnya dan ternyata membuahkan hasil sebab, ada yang beli dan diborong.

“Seneng banget seriusss. Habis itu aku restocks lagi. Akhirnya makin lama makin banyak yg nanya. Banyak yang beli. Hijab belum sampai, sudah banyak yg keep hijabnya”, tutur Mbak Dwiku mengisahkan perjalanannya. Dari kisah Mbak Dwi yang merupakan salah satu cara memutar uang 500 ribu yang bisa ditiru ya Sobat Hamim.

Ketiga, Kunci kesuksesan Mbak Dwi yang lain adalah berani membuat persaingan harga. Pasalnya, hijab yang dijualnya memang dibandrol dengan harga murah agar banyak yang beli.

Selain berani memberikan harga yang kompetitif, kesuksesan Mbak Dwi adalah adanya jaringan reseller yang tergabung dalam bisnisnya.

Keempat, Rekrut reseller sebanyak mungkin. Dengan harga murah, DKW_Onlineshop bis merekrut reseller yang bisa membantu menjual hijabnya. Ini bisa jadi tips cara memutar uang 500 ribu ya Sobat Hamim. Modal boleh kecil tapi jaringannya banyak.

Prinsip, jual sebanyak-banyaknya produk meski untung sedikit tak masalah. Sebab orientasinya, selain keuntungan ternyata goals Mbak Dwiku adalah menyediakan jalan pintu rezeki untuk orang lain. Luarbiasa ya Sobat Hamim.

Kelima, Konsisten dan tingkatkan penjualan. Saat ini, Alhamdulillah DKW_Onlineshop berani stock lebih banyak lagi dengan omset penjualan 5 juta. Wah, lumayan banget ya Sobat Hamim berawal dari modal kurang dari 300 ribu bahkan bisa menjadi 5 juta.

Wow banget ya, cara memutar uang 500 ribu itu bisa banget buat modal usaha. Mbak Dwiku membuktikannya bahkan dengan modal kurang dari 300 ribu. Luarbiasa!

Kisah Inspiratif Mahasiswa Usaha CANDLE AROMATHERAPY

Ide usaha mahasiswa modal kecil
Nah, kisah kedua ini berasal dari seorang mahasiswa yang sedang kuliah online. Berawal dari kejenuhan di rumah saja dan kebutuhan akan finansial yang harus terpenuhi, perempuan bernama Angel Victoria ini memulai bisnisnya. Dan ia membagikan kisah inspirasinya membangun usaha produk handmade yaitu candle aromatherapy di id.quora dotcom.

Yups, sekali lagi pandemi memang memaksa kita untuk terus berkreasi. Sejatinya ini kesempatan bagi yang bisa membaca peluang. Seperti Kak Angel yang didesak rasa bosan dan kebutuhannya sehingga mencoba membuka usaha dari uang tabungannya.

Uang tabungan yang rencana awal akan digunakan untuk trip bersama teman-temannya beralih menjadi modal usaha. Setelah berpikir keras bagaimana memutar uang yang ia punya agar bisa berkembang tanpa investasi. Wow, Kak Angel sedang menerapkan cara memutar uang 500 ribu lho!

Yups, akhirnya pilihan usaha yang dilakukan adalah membuat bisnis lilin aroma atau candle aromatherapy. Hebatnya, PO pertama yang bisa dilakukan oleh Kak Angel mencapai 20–30 pcs dengan omset 1,5jt ke teman-teman dan followers ig.

Yuhuiii, sekali lagi media sosial menjadi ladang buat bisa melebarkan sayap bisnis dan target pasar yang lebih luas lho. Yang menarik dari ide bisnis modal minimalis yang dijalan oleh owner fortunecandles.co ini berasal dari tiktok dan sedang trending di luar negeri.

Kuncinya memang di kreativitas dan harga terjangkau. Dengan menggunakan dua bahan, yakni menggabungkan lilin, aromatherapy, dan bentuk yang lucu. Rupanya bandrol harga 25-28k cukup menarik banyak peminat lilin aromaterapi milik Kak Angel.

Hasilnya lumayanlah ya, bisa mencapai omeset 1,5 juta di awal dengan ukuran anak muda yang awalnya coba-coba. Memang unik sih Sobat Hamim bentuknya lucu-lucu candle aromatherapy nya. Apalagi ada kata quote-quote yang menenangkan di setiap kemasannya. Duh unyu banget sih.

Kalimat pamungkas dari Kak Angel mengakhiri kisahnya seperti ini, “Asalkan kita mau untuk berfikir kreatif, semua hal bisa dijadikan duit kokšŸ„°.”

Wah, bagaimana Sobat Hamim? Apakah semakin bersemangat untuk membangun bisnis? Ternyata cara memutar uang 500 ribu itu bisa berbagai macam. Nah, biar tak hanya omong doang yuks deh simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Ide Usaha Modal 500 Ribu Untung Jutaan Rupiah

Menarik sekali menyimak cerita inspiratif dari perjalanan bisnis seseorang ya Sobat Hamim. Aku sendiri jadi ikut bersemangat mengumpulkan banyak ide cara memutar uang 500 ribu. Nah, kita pun bisa lho seperti mereka. Mulai dulu saja dari hal-hal sederhana di sekitar kita. Seorang teman membagikan tips menarik untuk ide usaha modal kecil.

Poin utama sebuah bisnis itu adalah memenuhi kebutuhan pasar. Terlepas dari berapa besar modal yang akan kita perlukan, sejatinya bisnis adalah tentang bagaimana menyelesaikan masalah dan memenuhi kebutuhan orang lain. Kenali dulu pasar. Mereka perlu produk apa, jasa apa?

Terpikirkan kah, kenapa orang jualan es teh di car free day (CFD ) laku keras? Padahal bisa jadi yang jual es teh kemasan gelas banyak. Ya karena permintaan banyak dan es teh merupakan pilihan menarik, selain segar juga ada rasanya. Sesederhana itu bukan? Berapa modal jualan es teh gelas kemasan keliling di CFD? Bisa jadi kurang dari 500 ribu rupiah.

Jadi, ide usaha apa yang bisa dilakukan dengan modal setengah juta di tangan. Temukan cara memutar uang 500 ribu melalui ide usaha berikut:

1. Buka usaha kulineran


Yups, memang bisnis kuliner itu tiada matinya. Aku sendiri menyaksikan ibuku termasuk pedagang yang cukup pandai memutar uangnya melalui usaha makanan yang beliau kelola.

Nah, bagaimana jika modalnya hanya 500 ribu saja? Tenang, saran dan referensi yang aku dapatkan adalah pilih jenis makanan dengan modal sedikit seperti, jual gorengan, puding sedot, jus, nasi bungkus murah, mie goreng kemasan, dan lain sebagainya.

Cara menjualnya bisa dijual sendiri, artinya carilah stand atau tempat untuk menggelar dagangan kalian. Cara kedua, Sobat Hamim bisa menitipkannya ke kantin, warung, angkringan, atau toko kelontong di sekitar kalian.

Beberapa temanku menjalankan bisnis seperti ini, meski modal kecil namun untungnya lumayan lho. Ia telah menerapkan cara memutar uang 500 ribu versi dia. Saat itu usaha yang sedang ia jalankan adalah minuman jus kemasan dengan harga 8-10ribu/gelasnya, tergantung buah yang dijadikan bahan.

Agar Sobat Hamim dapat gambaran kok bisa jual jus buah kemasan gelas bisa untung banyak. Yuks kita simak rinciannya berikut :

Rincian Modal Usaha Jus Kemasan Modal 500 Ribu

No

Item

Harga

1

Buah Mangga 1 kilo

30000

2

Buah Naga 1 kilo

20000

3

Buah Apokat

30000

4

Gula 2 kilo

40000

5

Kental Manis

10000

6

Gelas Kemasan 20 pcs

20000

7

Sedotan

5000

TOTAL

155000


Aku sering membuat jus sendiri di rumah, asumsi bahan di atas aku bisa mendapatkan setiap satu kilo buah menggunakan sekitar 2,5 liter air. Jika dimasukkan dalam gelas ukuran 500ml, maka bisa menghasilkan 8-9 gelas masing-masing bahan buah. Jika ada tiga macam buah maka ada sekitar 27 gelas jus.

Nah, jika menghasilkan 27 gelas dengan masing-masing harganya sekitar 10 ribu maka omset yang diperoleh adalah 270ribu. Yups, keuntungannya hampir 100% bukan? Masih bingung bagaimana cara memutar uang 500 ribu untuk usaha kuliner? Yuks lanjut ke ide berikutnya!

2. Buka usaha handmade


Yuhuii, sebagaimana kisah Kak Angel yang menggunakan lilin aroma therapy sebagai bisnis yang dijalankannya. Sobat Hamim pun bisa menggali potensi keterampilan apa yang bisa dijadikan usaha.

Seorang temanku semasa kuliah suka sekali dengan craft, setelah lulus ternyata dia membuat aksesoris dari kerajinan tangan yang ia kuasai. Bisa juga nih, semisal souvenir di musim wisuda, hadiah pernikahan, dan lain sebagainya.

Pandailah mengambil momen dan membaca peluang ya Sobat Hamim.

3. Jual jasa

Woi, jual jasa macam mana nih? Apa mungkin bisa jadi salah satu cara memutar uang 500 ribu? Banyaklah Sobat Hamim, bisnis jastip alias jasa titip memberikan peluang besar bagi kita saat ini. Jastip termasuk bisnis dengan modal minim, kita hanya perlu pergi ke toko yang dituju kemudian membeli barang yang telah dipromokan sebelumnya.

Sistem bisnis jastip ini adalah model pre-order, biasanya pemilik jasa mengambil keuntungan dari harga beli. Agar aman sebaiknya mintalah DP dari si pemesan sehingga modal uang 500 ribu yang Sobat Hamim bisa diputar serta digunakan untuk operasional misal bensin dan komunikasi.

Selain itu, ada pula jasa ojek online, jasa antar jemput bagi mereka yang kurang nyaman menggunakan aplikasi online, dan bisnis jasa lainnya.

4. Menjadi  Freelancer

Pentingnya investasi leher ke atas
Yups, ide bisnis selanjutnya mungkin tak jauh beda dengan jual jasa. Bisa jadi salah satu cara memutar uang 500 ribu yang bisa berlipat-lipat hasilnya. Akan tetapi untuk freelancer biasanya mereka ada keahlian tertentu. Itulah bagi Sobat Hamim yang memiliki potensi atau minat keterampilan tertentu terus asahlah.

Saat ini banyak platform mencari kerja yang memudahkan kita mendapatkan pekerjaan sesuai keterampilan kita.Tips dariku yang saat ini menjalankan sebagai freelancer desain grafis dan blogger, sebaiknya perkayalah diri dengan asah kemampuan dan skill. Jangan lupa lengkapi portofolio dengan hal-hal yang menunjangnya.

Aku ingat betul, modal ikut kelas canva creator 150 ribu di awal dulu, , langganan canva premium 85 ribu perbulan, dan kuota 100 ribu perbulan. Hasilnya saat aku menjadi salah satu freelancer desain grafis total biaya 335 ribu sekarang tergantikan dengan gajiku tiap bulan mencapai 1 - 1,5 juta perbulan.

Nah, buat yang suka menulis pun sama. Mulailah dengan membuat blog sebagai portofolio, lalu asah kemampuan menulis, perkaya portofolio dengan hasil karya tulisanmu. Aku membuktikan ,membayar domain 150 ribu per tahun. Namun melalui blog, alhamdulillah setiap bulan aku bisa menghasilkan minimal 500 ribu perbulannya.

Yuhuii, itu pengalamanku sebagai seorang desain grafis dan blogger. Dan masih banyak lagi peluang misal sebagai content writer, admin media sosial, dan lain sebagainya. Mudahkan cara memutar uang 500 ribu?

5. Menjadi Reseller

Sobat Hamim, tak perlu risau semisal merasa tak punya kemampuan membuat produk sendiri. Maka pilihan menjadi reseller adalah keputusan yang bijak. Seperti Mbak Dwiku yang memulai bisnisnya dari reseller hijab bermodal kurang dari 300 ribu.

Menurutku, poin penting menjadi seorang reseller adalah pintar-pintarlah mencari produk yang memang banyak dibutuhkan dengan kualitas cukup oke harga terjangkau. Temukan supplier yang tepat dan bangunlah jaringan dropshipper yang membantu penjualan produkmu.

Insya Allah, akan untung banyak. Sebagaimana prinsip mbak Dwi, meski ambil untung sedikit jika penjualan banyak maka laba yang sedikit ini akan berlipat.

6. Mencoba ternak ayam

Wah, gimana ceritanya nih?

Ide ini muncul karena pernah dilakukan oleh teman dan keluargaku sendiri. Hasilnya juga lumayan lho!

Memang konsekuensinya adalah kita perlu waktu. Misal mau ternak ayam, maka butuh waktu hingga ayam besar atau bertelur jika betina. Kita juga perlu memperhitungkan waktu, biaya perawatan. Namun melalui cara memutar uang 500 ribu yang kita punya, ternak ayam masih sangat bisa kita lakukan. Apalagi jika Sobat Hamim saat ini berdomisili di sebuah perkampungan atau desa.

7. Menjadi Penulis di platform

Yuhuiii, aku terinspirasi dari seorang teman yang telah sukses menjadi penulis platform. Adanya banyak pilihan di era saat ini, antara lain KBM App, NovelMe, Storial.co, Wattpad, dan sejenisnya.

Bicara Wattpad jadi inget dengan beberapa film adaptasi dari cerita yang ada di Wattpad, seperti Wedding Agrement, Melur Untuk Firdaus, My Lecture My Husband, dan lain sebagainya. Wah, kalau hasil karya tulisan kita diadaptasi jadi filmkira-kira berapa ya penghasilannya?

Apakah uang 500 ribu bisa jadi modal? Bisa banget buat beli kuota pastinya. Dan tentunya untuk meningkatkan kualitas tulisan, boleh investasi leher ke atas ya dengan ikut kelas menulis. Bahkan aku sering menemui menjamur kelas menulis gratis kok. Asal kita mau cari tahu dan gak mager hehee.

Wow, gak nyangka aku telah memberikan tujuh referensi cara memutar uang 500 ribu sebagai modal usaha dari berbagai kategori lho! Apakah masih bingung mau usaha apa? Oke, buat Sobat Hamim yang saat ini merasa uang 500 ribu adalah uang sisa dari gaji misalnya. Maka cobalah berinvestasi.

Investasi Modal 500 ribu


Apa bisa uang 500 ribu dibuat investasi? Eits, jangan salah jangankan 500 ribu bahkan saat ini investasi saham saja bisa mulai dari 100 ribu kok. Jadi, kita perlu menambah wawasan literasi finansial kita agar melek dengan persoalan semacam ini.

Apalagi generasi milenial dan gen Z, saat ini banyak infromasi serta cara investasi yang memudahkan dengan adanya marketplace yang bisa dimanfaatkan, seperti bukalapak, tokopedia, bahkan beberapa e-wallet juga membuka peluang kita untuk berinvestasi.

Yups, langsung saja ya bagaimana cara memutar uang 500 ribu untuk investasi. Ada beberapa cara antara lain, berinvestasi emas batangan seharga 0,5 gram atau lebih kecil. Investasi reksadana, investasi melalui saham, dan investasi tabungan berjangka.

Berikut rincian investasi yang bisa Sobat Hamim coba, ingat jangan menyimpan telur dalam satu keranjang. itu prinsip investasi ya! Dengan modal uang Rp 500 ribu, Sobat hamim bisa berinvestasi di semua instrumen yang ada dengan perhitungan sebagai berikut:

Rincian Investasi Modal 500 Ribu

No

Deskripsi

Jumlah

1

Investasi  Reksadana

100 ribu

2

Investasi Logam mulia/Emas

100 ribu

3

Investasi  tabungan berjangka

200 ribu

4

Investasi saham

100 ribu


Besaran dan pembagiannya bisa menyesuaikan kebutuhan Sobat Hamim. Kunci berimvestasi adalah konsisten. Jika Sobat Hamim rutin menginvestasikan dana setiap bulannya, maka berlakulah peribahasa sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit.

Membangun Mindset Mental Pebisnis


“Resiko terbesar adalah tidak mengambil risiko apapun. Di dunia yang berubah sangat cepat ini, satu-satunya strategi yang dijamin gagal adalah tidak mengambil risiko.” – Mark Zuckerberg
Yups, saat aku menuliskan cara memutar uang 500 ribu yang kemudian bisa digunakan untuk membangun usaha ataupun investasi pada kenyataannya memang mengandung resiko.

Dan di setiap kita ingin memulai usaha, sejatinya uang bukanlah modal satu-satunya. Apalagi di era teknologi yang semakin berkembang saat ini. Modal kuota, kemampuan edit video, Sobat Hamim bisa lho jadi youtuber atau bahkan content creator di berbagai platform.

Nah, artinya modal itu tidak hanya dalam bentuk uang, jangan bingung ya bagaimana cara memutar uang 500 ribu. Meski tak bisa dinampikkan bahwa uang juga penting untuk membangun dan memulai usaha. Tapi pahamilah bahwa modal itu banyak jenisnya. Perlu Sobat Hamim ketahui selain uang, waktu yang kalian miliki juga bisa jadi modal lho!

Modal lainnya yang tak kalah berharga di era saat ini adalah modal ilmu, modal koneksi, modal karakter, modal talenta, modal kegigihan (grit). Ada yang modal uang minim, tapi modal karakternya besar. Mudah bergaul, mudah nyambung dengan orang lain, bisa berteman dengan banyak orang. Ada yang modal uangnya besar, tapi tidak punya modal waktu, lalu investasi dengan mempercayakan uangnya ke orang lain untuk dikelola, seperti saham, obligasi, dan lainnya.

Ada yang modal uang atau ilmunya kurang, tapi modal koneksinya besar. Artinya, jangan membatasi kemampuan Sobat Hamim untuk membangun bisnis atau usaha terhalang oleh modal uang sedangkan sebenarnya ada jenis modal lain yang bisa dikembangkan.

Prinsip bisnis modal kecil
Menjadi pebisnis itu harus siap menjadi pengambil resiko. Sebab bisnis apapun itu, ada hal yang Sobat Hamim korbankan. Waktu tidur, waktu bermain bersama anak, waktu santai, dan waktu-waktu tersebut digantikan untuk belajar, menghitung keuangan, mengatur bisnis.

Jadi meski modal uang Sobat Hamim kecil, ketahuilah masih ada banyak modal lain yang bisa dioptimalkan. .Uang bukan satu-satunya jenis modal. Bisnis yang dimulai hanya dengan modal uang kebanyakan akan menjadi bisnis yang hanya bakar uang.

Yups, tuntas pembahasan bagaimana cara memutar uang 500 ribu yang telah aku urai di pembahasan kali ini. Semoga Sobat Hamim terbantu dengan artikelku kali ini ya.

Semangat!
Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

Posting Komentar