=Hamimeha

Pengertian Remittance Beserta Jenis dan Manfaatnya

Posting Komentar
Konten [Tampil]
Pengertian remittance jenis dan manfaatnya
Hai Sobat Hamim, aku mau sedikit berbagi seputar Remittance nih. Semoga penjelasan ini membantu Sobat Hamim semua ya. Simak ulasannya di bawah ya!

Seringkali masyarakat memperhatikan arti, pengertian, jenis serta manfaat dari Remittance. Hal tersebut terjadi karena proses transaksi untuk pengiriman atau transfer valuta asing semakin meningkat seiring berjalannya waktu.

Peningkatan kebutuhan transfer valuta asing tersebut seringkali digunakan untuk melakukan transaksi uang ke luar negeri untuk anak maupun sanak keluarga. Beberapa warga negara Indonesia (WNI) memutuskan untuk tinggal di luar negeri karena berbagai alasan. Seperti halnya untuk menuntut ilmu, bekerja maupun tinggal dengan pasangan.

Layanan Remittance adalah salah satu layanan yang termasuk dalam bidang perbankan yang dimiliki oleh lembaga keuangan. Baik lembaga keuangan yang termasuk bank maupun non-bank.

Sehingga Anda perlu mengetahui cara transfer ke luar negeri menggunakan layanan tersebut dengan memanfaatkan jaringan internet. Atau dalam kata lain yaitu memiliki akun rekening perbankan untuk mengirim maupun menerima uang dari orang lain.

Menguasai cara penggunaan layanan Remittance sangatlah penting. Karena pengiriman uang menggunakan layanan yang satu ini cukup menghabiskan waktu yang lebih panjang daripada pengiriman uang dalam negeri.

Pengertian Singkat Mengenai Remittance

Layanan Remittance adalah layanan perbankan yang bisa memudahkan masyarakat untuk melakukan proses pengiriman uang dalam bentuk valuta asing. Pada umumnya, masyarakat menggunakan layanan ini untuk menerima maupun mengirim uang ke luar negeri kepada pihak tertentu.

Remittance dapat digunakan oleh siapapun secara umum tanpa perlu menjadi nasabah suatu lembaga keuangan. Sehingga Anda bisa menggunakan layanan ini walaupun tidak menjadi nasabah di bank yang digunakan oleh pengirim uang.

Jenis-jenis Remittance


Jenis remittance
Setelah mengetahui pengertian singkat di atas, Anda juga perlu mengetahui jika Remittance adalah layanan yang dimiliki lembaga keuangan dengan jenis tertentu. Yuk, simak ulasan berikut ini secara lengkap untuk mengetahui apa saja jenis Remittance.


1. Outgoing / Outward Remittance


Jenis layanan Remittance yang pertama adalah outgoing / outward Remittance. Pada umumnya, jenis layanan yang satu ini disebut sebagai layanan pengiriman uang ke luar negeri.


Oleh karena itu, masyarakat bisa menggunakan layanan ini untuk mengirim uang dari dalam negeri (Indonesia) ke luar negeri (negara tujuan). Sehingga Anda bisa menggunakan layanan ini untuk mengirimkan uang dalam bentuk valuta asing kepada sanak keluarga yang ada di luar negeri.

Pada umumnya, masyarakat yang menggunakan layanan pengiriman uang ke luar negeri adalah pihak yang memiliki sanak keluarga yang sedang menunggu ilmu di luar negeri. Sehingga membutuhkan layanan Remittance untuk mengirim biaya hidup dan uang saku saat berada di luar negeri.

2. Incoming Remittance

Selanjutnya, jenis yang kedua adalah incoming Remittance yang seringkali disebut sebagai pengiriman uang dari luar negeri. Layanan yang satu ini biasanya menggunakan mata uang asing yang dikirimkan pada rekening bank dalam negeri.

Manfaat Penggunaan Layanan Remittance


Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan menggunakan layanan Remittance. Manfaat tersebut dapat dirasakan baik oleh negara maupun oleh masyarakat. Mari simak ulasan berikut ini untuk mengetahui apa saja manfaat yang bisa didapatkan dengan menggunakan layanan yang satu ini.

1. Manfaat Remittance untuk Negara


Selain penerima dan pengirim uang dalam bentuk valuta asing secara individu, negara juga bisa merasakan manfaat dari penggunaan layanan yang satu ini. Manfaat pertama yang dirasakan oleh negara yaitu bisa menjadi sumber pendapatan yang bisa memberikan kontribusi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi negara.

Selain itu, manfaat lain dari penggunaan layanan ini yaitu untuk menjaga keuangan negara saat terjadi krisis keuangan. Hal tersebut terjadi karena layanan ini cenderung stabil dan dalam jumlah yang cukup banyak.

2. Manfaat Remittance untuk Masyarakat


Selain negara, manfaat dari Remittance juga bisa dirasakan oleh masyarakat. Pertama, Remittance digunakan sebagai layanan untuk pengiriman uang dalam bentuk valuta asing. Sehingga Anda tetap bisa menggunakan layanan ini untuk mengirimkan uang untuk sanak keluarga yang berada di luar negeri.

Selanjutnya, Remittance dapat memudahkan masyarakat melakukan transfer uang ke luar negeri. Hal tersebut terjadi karena layanan ini bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi seperti Aplikasi digibank by DBS. Selain mudah, masyarakat juga bisa melakukan transaksi dengan mudah dan cepat dengan biaya transfer yang relatif murah.

Terakhir, manfaat dari penggunaan jasa pengiriman uang dalam bentuk valuta asing bagi masyarakat yaitu bisa memanfaatkan layanan yang terjamin keamanannya. Beberapa lembaga keuangan seperti halnya digibank by DBS memiliki license dari pihak OJK (Otoritas Jasa Keuangan) untuk setiap transaksi yang dilakukan.

Anda perlu memilih dan menggunakan lembaga keuangan yang setiap transaksinya diawasi oleh pihak Otoritas Jasa Keuangan. Agar setiap transaksi keuangan yang dilakukan memiliki pertanggungjawaban yang terpercaya.

Keunggulan Transfer Valas dengan Aplikasi digibank by DBS

Keunggulan transfer di aplikasi digibank by dbs
Salah satu lembaga keuangan yang memiliki lisensi Otoritas Jasa Keuangan dan menarik untuk digunakan yaitu digibank by DBS. Yuk, simak beberapa keunggulan yang dimiliki oleh produk lembaga keuangan digibank by DBS.

1. Bebas Akses Selama 24/7 tanpa Perlu ke Cabang

Keunggulan pertama yang bisa didapatkan dengan menggunakan digibank by DBS yaitu bisa bebas melakukan transfer selama 24/7. Hal tersebut bisa dilakukan menggunakan Aplikasi digibank by DBS tanpa perlu ke cabang.

2. Memiliki Tagihan Biaya Transfer yang Gratis ke Lebih dari 20 Negara

Keunggulan kedua, Anda bisa mendapatkan pelayanan lembaga keuangan dengan tagihan Biaya transfer yang gratis ke lebih dari 20 negara. Hal tersebut berlaku untuk transaksi yang menggunakan 7 mata uang asing seperti USD, SGD, CAD, AUD, EUR, HKD dan GBP.

3. Memiliki FX Rate yang Terkini dan Juara

Selanjutnya, digibank by DBS yaitu memiliki FX rate terkini dan juara. Sehingga produk lembaga keuangan yang satu ini terkenal dengan nilai tukar yang kompetitif sehingga proses transfer menjadi lebih ringan.

4. Proses Transfer Sampai di Hari yang Sama

Terakhir, Anda bisa melakukan transfer dengan proses yang cukup cepat. Bahkan, dengan menggunakan produk ini Anda bisa melakukan transfer yang bisa sampai di hari yang sama kepada pihak yang dituju untuk transaksi yang dilakukan sebelum batas waktu yang ditentukan.

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk menggunakan produk digibank by DBS dengan beberapa keunggulan pada ulasan di atas? Demikian ulasan singkat mengenai Remittance, semoga bermanfaat.

Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

Posting Komentar

Popular