=Hamimeha

Modal 100 Ribu Bisa Usaha Apa, Pasti Untung Cek Yuks!

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Modal 100 ribu bisa usaha apa
Hai Sobat Hamim!

Kepikiran bangun bisnis modal minimalis? Seperti modal 100 ribu bisa usaha apa ya? Apa mungkin bisnis modal kecil bakal untung besar?

Nah, perlu Sobat Hamim ketahui bahwa memulai bisnis tak hanya tergantung pada modal tapi kemauan dan tekad kita mengeksekusinya. Sebagaimana yang disampaikan oleh Hermas Puspito dalam bukunya berjudul Bisnis dari Rumah Penghasilan Jutaan Rupiah.

Yups, lalu apa benar ada usaha yang bisa dibangun dari modal hanya 100 ribu saja? Maka aku akan menjawab sangat bisa kok. Aku pernah memberi modal 50ribu buat anak didikku semasa masih mengajar dulu untuk kegiatan bisnis day dan ternyata mereka kreatif lho memutar uang 100 ribu dari modal mereka.

Oke, tak berlama-lama lagi deh. Aku ingin membagikan ide usaha apa saja yang bisa Sobat Hamim lakukan jika hanya punya modal 100 ribu saja. Yuks simak ulasanku selanjutnya?

Modal 100 Ribu Bisa Usaha Apa ?


Sejujurnya di era digital saat ini, memulai bisnis jadi lebih mudah. Mengapa bisa demikian? Sebab kita tak perlu terbebani dengan memikirkan sewa tempat untuk dagangan kita. Dampaknya kita bisa lebih menghemat biaya operasional bukan?

Jadi, modal 100 ribu bisa usaha apa? Ada banyak macam jenis usaha yang bisa kita lakoni dengan modal cepek ceng? Dari berbagai referensi serta pengamatan yang aku lakukan aku mencoba membaginya menjadi beberapa kategori usaha yang bisa Sobat Hamim coba dengan modal 100 ribu saja.

Beberapa kategori usaha yang bisa dicoba dengan modal 100 ribu saja antara lain adalah usaha makanan ringan. usaha minuman, aksesoris, perlengkapan alat tulis perkantoran (ATK), buah, jual jasa, pakaian sehari-hari dan lain sebagainya.

Namun perlu Sobat Hamim catat, bahwa usaha dengan modal 100 ribu yang aku coba tawarkan ini memang bukan usaha besar. Akan tetapi sangat bisa dilakukan oleh siapapun. Bahkan buat kamu yang masih berada di bangku sekolah sekalipun lho. Mulailah dengan mencoba berbisnis mulai dari sekarang.

Tips Sebelum Membuka Usaha Modal Kecil


Yups, sebelum aku mengurai detail usaha dari beberapa kategori tentang modal 100 ribu bisa usaha apa di atas. Mari Sobat Hamim simak tips memulai bisnis modal kecil yang aku dapatkan dari buku panduan bisnis rumahan yang telah aku baca.

Empat Hal Yang Wajib Dipahami Sebelum Memilih Bisnis


Tips membuka usaha modal kecil
Ada beberapa hal penting yang wajib Sobat Hamim pahami saat memilih bisnis sebab ini adalah salah satu tips agar usaha kita bisa langgeng, yaitu:


Pertama, pastikan memilih bisnis yang memang menghasilkan


What? ya pastilah ya namanya juga usaha pasti kita cari yang menguntungkan. Hal ini mengingatkanku pada penjual putu keliling menggunakan sepeda kayuh. Saat itu aku berpikir kasihan ya usahanya sejak aku masih kecil hingga sekarang orang tersebut masih sama.

Namun jawaban ibuku cukup menghentakkanku, “ Orang gak akan bertahan dengan satu usaha kalau gak menguntungkan.” Dari tanggapan ibuku ini aku mencerna bahwa usaha putu yang dilakoni oleh si bapak tadi menguntungkan bagi dia meski dengan peralatan sederhana.

Nah, pun dengan Sobat Hamim nanti ya, pikirkan ide usaha yang menguntungkan menurut kalian. Semisal pilihan usaha yang dilakoni saat ini tidak menguntungkan maka segeralah untuk ganti ide bisnis.

Untuk ide usaha modal 100 ribu bisa usaha apa aku jelasin di ulasanku selanjutnya ya.

kedua, analisa apakah bisnis kita bisa menyelesaikan permasalahan seseorang


Yups! Poin kedua ini penting buat kita pahami bahwa kita sedang jualan itu artinya kepentingan kita berorientasi pada pembeli. Mungkin dua pertanyaan berikut bisa membantu Sobat Hamim,

“Apakah ide bisnismu bisa menolong orang lain?”

“Permasalahan apa yang ingin diselesaikan oleh ide bisnismu?”

Nah, apakah kedua pertanyaan tersebut terselesaikan dengan baik maka cuss segera mulai bisnis mu ya Sobat Hamim.


Ketiga, passion bukan segalanya

Ops! Aku mencoba memberi gambaran bahwa modal kita yang minimalis tentu kita harus bersikap realistis ya. Jadi, setelah menemukan ide bisnis yang bisa memberi manfaat untuk orang banyak meski tak sesuai passionmu maka jalankanlah.

Ingat, bisnis bukan sekadar tentang apa yang kamu suka tapi apa yang pembeli butuhkan!

Keempat, jangan latah!

Yups, aku sebut latah ini berkaitan dengan ikutan trend sesaat. Apakah tidak boleh? Sebaiknya jangan ya Sobat Hamim. Sebab umumnya sesuatu yang lagi trend itu bersifat musiman dan tak tahan lama. Kasian sekali jika energi kita habis karena ikut-ikutan yang lagi trend.

Jadi, saranku sebaiknya pandailah kita melihat peluang.Daripada ikutan yang trend sebaiknya kita bisa membaca kesempatan yang bis akita ambil dengan melihat momen. Jadi modal 100 ribu bisa usaha apa ini kita putar dengan menjalankan usaha sesuai momennya.

Insya Allah, meski usahanya sering berganti-ganti akan cepat balik modal dan untung besar.

Ide Usaha Modal 100 Ribu Cepat Balik Modal

Taraaaa, sampailah pada ulasan modal 100 ribu bisa usaha apa ya? Apakah Sobat Hamim penasaran dan ingin segera mencobanya? Nah, aku akan mencoba memberikan ide usaha modal 100 ribu yang cepat balik modal. Semoga bisa menginspirasi ya Sobat Hamim!
15 Ide Usaha Modal 100 Ribu Versi Hamimeha

Beberapa ide usaha yang coba aku tawarkan di sini pernah aku coba juga lho Sobat Hamim. Selain itu juga hasil pengamatan serta beberapa referensi yang telah aku baca sebelumnya. Lima belas ide usaha modal 100 ribu yang menguntungkan dan cepat balik modal, yakni:

1. Ide Usaha Makanan Ringan

Siapa yang gak suka ngemil? Mulai anak-anak hingga orang dewasa umumnya suka ngemil apalagi lagi santai bukan. Jadi, menjual makanan ringan seperti snack atau keripik bisa menjadi pilihan Sobat Hamim untuk memulai usaha modal minimalis.

Apalagi jika jualannya di area tempat wisata. Aku bisa menjamin bahwa usaha makanan ringan yang bisa dikerjakan menggunakan modal 100 ribu saja ini bakal laku keras. Dan hasilnya tentu bisa mendapatkan untung melimpah.

2. Ide Usaha Gorengan


Usaha gorengan modal 100 ribu saja
Yupi, siapakah yang tak doyan dengan ote-ote atau bakwan anget. Apalagi jika momennya ramadhan. Nyaris di pinggir jalan ada pasar kaget yang mana banyak berjejer penjual gorengan beraneka rupa.


Pasalnya, menjual gorengan itu tak banyak membutuhkan modal besar. Jadi, modal 100 ribu bisa usaha apa? Jawabannya yang pasti adalah menjual gorengan ini Sobat Hamim. Meskipun bukan momen ramadhan, jika Sobat Hamim mau menjual gorengan sangat bisa lho. Misal dititipin di kantin atau angkringan.

3. Ide Usaha Bubur Bayi


Wah kok bisa kepikiran bubur bayi sih?

Iya karena aku berpikir sebagai orang tua yang bekerja kadang mereka itu tak sempat membuatkan balita mereka sarapan.


Maka pilihan praktisnya adalah membeli di outlet terdekat yang menjual bubur bayi siap makan. Pun aku teringat temanku yang sekarang melakukan usaha yang sama. Berawal dari menjual bubur bayi, puding, kini ia merambah menjual berbagai macam makanan untuk anak-anak.


Nah, peluang bukan buat kalian semua! Tenang, bubur bayi ini mudah kok dibuatnya bahannya pun bisa dengan hanya modal 100 ribu saja.

4. Ide Usaha Kue Basah

Eits, untuk ide usaha satu ini aku tak menyarankan untuk membuat sendiri ya. Tapi silakan Sobat Hamim membeli di agen besar lalu menjualnya kembali di pasar-pasar kecil.

Aku pernah mencoba melakukannya dan untung besar lho. Meski tak 100 persen tapi lumayan labanya jika laku semua. Biasanya harga dari agen 750 rupiah dan kita bisa menjualnya dengan harga 1500 rupiah. Tips agar cepat laku bisa menggunakan sistem bundling lalu diberi bonus setiap kali pembelian banyak dari pembeli.

Aselik deh pokoknya Sobat Hamim akan cepat balik modal!

5. Ide Usaha jual buah musiman


Ribet banget gak sih? Kalu kita harus tahu buah apa yang lagi musim saat ini?

Aku rasa inilah tantangannya menjadi pengusaha ya. Sekaligus peluang anti gagal. Kenapa? Karena dengan kita “kulakan” buah yang lagi musim maka harganya murah.

Lalu kita bisa menjualnya lagi dengan keuntungan yang telah kita tetapkan. Selain menghindari kemakan trend, buah jauh lebih mudah untuk di jual karena masyarakat kita suka buah pada umumnya apalagi harga murah bukan?

Contoh di akhir tahun seperti ini biasanya sedang musim mangga. Nah, sedikit berjuang mencari buah dari kota yang banyak menghasilkan buah mangga maka kita bisa menjualnya sedikit dari harga awal ketika dijual kembali. Insya Allah untung deh!


6. Ide Usaha Es pinggir jalan


Wah macam mana nih? Sobat Hamim tentu tak asing juga jika bulan Ramadan tetiba banyak penjual es buah, es degan, es manado hanya bermodal gelaran meja dan sebaskom es yang bisa diciduk.

Nah, modal 100 ribubisa usaha apa? Yups, jual es pinggir jalan ini sangat menguntungkan lho. Tak hanya Ramaan. saat car freeday misalnay Sobat Hamim bisa menjual es teh yang dikemas dengan gelas cup lalu dijajakan ke pengunjung. Insya Allah laku deh! Untuk dan cepat balik modal tentunya.

7. Ide Usaha Minuman Kemasan

Gak asing dengan penjaja minuman di bus kota? Yup, ide inilah yang aku tawarkan kepada Sobat Hamim sekalian. Misal air mineral kemasan dan lain sebagainya bisa kita jadikan usaha juga lho.


Tanpa harus sewa tempat, modal minim, Sobat Hamim sudah bisa memulai usaha dengan modal 100 ribu saja. Memang perlu kegigihan karena kita harus menawarkan kepada pembeli.

8. Ide Usaha Warmindo


Warmindo usaha modal 100 ribu
Warmindo atau lebih dikenal dengan warung makan indomie, biasa kita temui saat ini. Bahkan dari yang kelas kaki lima hingga berupa resto besar dengan aneka olahan mie.

Yup, Sobat Hamim bisa mencobanya mulai dari modal 100 ribu. Aku juga sering lho order indomie goreng lewat aplikasi online. Karena malas masak dan murah alias terjangkau jadi aku order aja lebih praktis.

Apalagi jika usaha ini dijalankan di area kampus. Yakin deh laku keras, hehehe siapa yang tak doyan mie kan?

9. Ide Accesoris Perempuan


Ehem, perempuan memang lebih kayak dengan pernak pernik. Bahkan kaum Hawa ini rela membayar sesuatu yang terlihat lucu dibanding dengan apakah mereka sedang butuh.

Nah, Sobat Hamim bisa lho menjadikan ini peluang membuka bisnis modal minimalis. Aku pernah ada pengalaman beli barang dari tempat grosir sehingga harganya lebih murah. Saat dijual per biji harganya bisa naik dua kali lipat.

Karena accesoris adalah barang tahan lama. Jadi Sobat Hamim tak perlu khawatir jika tak langsung habis terjual ya. Uang hasil penjual masih bisa diputar kembali.

Masih bingung modal 100 ribu bisa usaha apa? Oke lanjut ulasanku di bawah ya!

10. Ide Usaha Pulsa

Meski di era digital banyak yang sudah menggunakan e-wallet. Faktanya, gak semua kok memanfaatkan dengan baik. Dan lagi, outlet jual pulsa masih laku-laku saja hingga sekarang.

Yupi, ini peluang donk buat Sobat Hamim. Modal 100 ribu digunakan untuk stok pulsa lalu dijual kembali. Biasanya orang di pedesaan masih sangat membutuhkan lho beli voucher pulsa.

Bagaimana dengan kebiasaan beli pulsa di area tempat tinggalmu?

Oke, empat ide usaha berikutnya aku berikan karena akupun menjalaninya hehhe. Modalnya bahkan bisa kurang dari 100 ribu lho!

Akan tetapi harus mengantongi skillnya terlebih dahulu. Dan bisnis ini bisa menjadi usaha dengan keuntungan berlipat-lipat. Apakah itu?

11. Ide Usaha Kelola Media Sosial

Yuhuiii, siapa sih yang gak mainan media sosial saat ini? Bagi para pebisnis tentunya mayoritas menggunakan media sosial sebagai strategi pemasaran mereka.

Sayangnya, beberapa owner kadang sibuk sehingga mereka butuh admin untuk kelola media sosialnya. Dan ini pernah dilakoni oleh adik kandungku.

Modal paketan internet lewat handphone, dia bertugas sebagai admin akun media sosial akun bisnis. Memang tidak ekspert sih, tapi sebagai admin dan ternyata gajinya lumayan lho.

Tertarik kah?

12. Ide Usaha Jastip


Wah wah, siapa yang suka belanja tapi males antri? Hehehe ini peluang buat Sobat Hamim yang mau buka jasa titip alias jastip.

Memang agak ribet karena kita harus rapi dalam hal pencatatan apa saja barang yang jadi titipan. Selain itu kita perlu alokasikan energi, waktu, dan tentunya sedikit modal untuk komunikasi serta transportasi.

Eits, tapi jastip ini memiliki keuntungan yang cukup lumayan lho. Jadi, modal yang kita keluarkan bisa jadi tertutup dengan jastip ini. Sistem jastip ini memang seperti makelar ya. Kadang pihak jastip sudah mematok harga per item sekian rupiah tergantung jenis barangnya.

Jastip ini sistemnya jual jasa ya Sobat Hamim.

13. Jasa Content Writer

Sobat Hamim memiliki kemampuan menulis? Wah ini peluang lho buat bisa jadi content writer. Sekali lagi modalnya paketan internet dan itu bisa kurang dari 100 ribu lho.

Kuncinya memang pada skill menulis. Inilah pentingnya investasi leher ke atas. Tapi umumnya jika content writer itu kita semacam rewrite dari bahan yang sudah ada. Semakin tinggi jam terbang sebagai content writer maka Sobat Hamim akan semakin expert.

Perlu Sobat Hamim ketahui bahwa saat ini perusahaan besar banyak yang mencari content writer profesional. Membuka jasa menjadi content writer dari modal 100 ribu ini akan jadi batu pijakan. Agar semakin berkembang maka gabunglah dengan komunitas.

Yuks terus asah kemampuan diri!


14. Menjadi Dropshipper


Sejak maraknya online shop, para owner bisnis banyak menggaet reseller dan dropshipper untuk mereka. Sebab keduanya adalah tangan panjang marketing yang murah meriah.

Nah, lalu apa peluang dengan modal 100 ribu yang kita punya? Sekali lagi modal paketan internet kita bisa menjadi dropshipper.

Dropshipper ini modalnya adalah rajin ngiklan. Sabar dalam melayani customer serta amanah untuk menjalankan kewajiban sebagai penghubung penjual dan pembeli.

Aku pun terhitung dua tahun menjadi dropshipper salah satu bisnis fashion. Bermodal paketan serta tips yang telah kusebutkan. Aku bisa meraih jutaan rupiah lho dari keuntungannya.

Biasanya keuntungan dropshipper ini diambil dari diskon yang diberikan oleh agen. Misal harga 100 ribu, jika ada pembeli lewat dropshipper harga baju menjadi 95 ribu dan 5 ribunya adalah diskon yang diberikan ke dropshipper tersebut.

Lumayan lho jika diskon-diskon ini dikumpulkan ternyata bisa menutupi modal kita beli paketan hehehe.


15. Jasa Bersih Rumah

Wow, untuk ide usaha jual jasa kali ini memang aku sengaja memilih pekerjaan yang nyaris dibutuhkan di banyak tempat. Apalagi area perumahan dengan tipe penghuni workaholic.

Buat Sobat Hamim yang ingin memulai jasa bersih rumah akan lebih hemat jika pihak customer sudah menyiapkan perlengkapannya. Akan tetapi agar lebih profesional, Sobat Hamim bisa menyiapkan bahan untuk bersih-bersih, seperti obat khusus untuk membersihkan lantai atau kaca.

Modal menjalani usaha jasa bersih rumah selain bahan dan perlengkapan adalah keterampilan. Sebab tidak semua orang lho bisa membersihkan rumah dengan baik. Sobat Hamim bisa berlatih menggunakan rumah sendiri kan, asyikkan!

Yupiiii, tak terasa sudah aku bagikan 15 ide modal 100 ribu bisa usaha apa? Sebenarnya masih banyak lho Sobat Hamim. Kalian bisa memgembangkan dari apa yang telah aku bagikan ya. Misal menjual pakaian dalam bayi atau balita seperti kaos, celana dalam balita, dan lain sebagainya.

Perlu Sobat Hamim ketahui bahwa 15 ide di atas memang lebih fokus pada modal utama saja ya. Seperti ide usaha gorengan, modal 100 ribu tersebut untuk kebutuhan membeli bahan-bahannya. Asumsinya perlengkapan seperti kompor, wajan, dan perlengkapan memasak sudah ready di rumah.

Meskipun demikian semoga Sobat Hamim bisa memulai usaha dengan segara ya. Sebab kata Mas Herman Puspito selaku mentor bisnis menyampaikan,

"Jangan bilang tidak bisa kalau mencoba saja belum. Jangan bilang susah kalau memulai saja belum pernah."

Kunci Sukses Berbisnis Adalah Aksi Nyata, Mulai Dulu Saja!


Yups, aku tertohok berkali-kali ketika membaca buku besutan pria lulusan Universitas Indonesia tersebut. Sebab ternyata gak perlu bingung modal 100 ribu bisa usaha apa?

Jawabannya adalah banyak.

Penting untuk dipahami bahwa sebuah kesuksesan atau keberhasilan seseorang salah satunya ditentukan dari niat yang diikuti tindakan nyata. Dan ternyata, sebelum nita dan tindakan nyata, selalu ada sesuatu yang mendahului yaitu mental dan persepsi kita bahwa membuka bisnis itu mudah.

Mulailah dari hal sederhana dan teruslah belajar dan berkembanglah! Eits, jangan mudah baper juga ya wakakaka. Mental pebisnis itu seperti tembok. Tahan banting dengan cibiran, pandangan miring, serta reaksi negatif yang menyurutkan langkahmu.

Buktikan dengan aksi nyata!

Quote bisnis
Ingatlah bahwa berhasil atau tidaknya seseorang dalam berbisnis dimulai bukan dari ketika rajin menimba ilmu, melainkan konsisten untuk me-action-kan ilmu yang didapat.

Yuhuiiii apakah sudah siap dengan ide usaha modal 100 ribu saja?

Semangat calon pebisnis besar!
Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

Posting Komentar

Popular