=Hamimeha

Bisnis Online Baju Anak Tanpa Modal, Apa Bisa?

Posting Komentar
Konten [Tampil]
Bisnis online  baju anak tanpa modal
Hai Sobat Hamim, semoga dalam kondisi sehat ya.

Yuhuii, di kesempatan kali ini aku mau berbagi sedikit pengalaman pribadi seputar bisnis. Yuhuii, aku mau sharing tentang bisnis online baju anak tanpa modal.

Emang bisa?

Kita hidup di era dimana semua bisa dijangkau lewat genggaman Sobat Hamim. Dan itulah yang aku lakukan untuk memulai bisnis baju anak yang telah aku lakoni sejak tahun 2019. Cukup lama ya!

Yup, aku memang awalnya menjadikan bisnis baju anak ini sebagai hiburan atau sampingan di tengah kesibukanku sebagai working mom. Apalagi sebagai ibu baru, kadang keinginan untuk memenuhi kebutuhan anak cukup tinggi. Akibatnya muncul hobi baru beli baju anak.

Nah, berawal dari sinilah yang kemudian mengantarku untuk mengambil keputusan menjadi full di rumah dan memulai membangun usaha online tanpa modal lho.

Apakah bisa bisnis sukses dari modal nol? Nah, yuks simak ceritaku selanjutnya ya! Biar gak makin penasaran.

Bisnis Online Baju Anak Tanpa Modal

Bisnis online era pandemi
Bagaimana aku memulai bisnis online baju anak tanpa modal? Yupii, berawal dari memenuhi kebutuhan baju untuk anakku sendiri kemudian membuatku jadi ingin sekalian menjualnya. Ternyata ideku ini disambut baik oleh suami. Apalagi di saat itu ada tawaran dari seorang teman yang telah memiliki bisnis baju anak brandnya sendiri.

Wah, berasa ketiban durian runtuh sih!

Tawaran tersebut aku terima dengan cepat. Sebab si owner sudah mengenalku sehingga dia memiliki kepercayaan yang baik. Yuhuuii, branding itu penting ya hehe.

Menariknya, aku join usaha baju anaknya memang modal kepercayaan. Aku tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk membangun bisnis onlineku ini. Cukup komitmen!

Ya, komitmen adalah kunci suskes membangun bisnis online tanpa modal. Buat Sobat Hamim yang ingin memulai bisnis tapi terkendala modal, jangan berkecil hati ya. Di era digital seperti saat ini, ponsel pintar di tangan bisa jadi modal dasar kalian membangun bisnis.

Selain hp dan jaringan internet, satu lagi konsitensi untuk terus menjual produk bisnis akan membuka peluang besar kesuksesan bisnis Sobat Hamim di masa depan.

Selanjutnya, bagaimana memulai bisnis tanpa modal?

Bagaimana memulai jadi pebisnis tanpa modal?

Oke, langsung to the poin ya. Sejujurnya, membangun usaha tanpa modal itu tidak cukup sulit asal kita tahu strateginya. Seperti yang aku lakukan yakni membangun bisnis online baju anak tanpa modal adalah berawal dari relasi.

Melalui relasi yang baik ini, kita bisa menjadikan kepercayaan kita sebagai jaminan dalam memulai usaha. Selain relasi, pastikan Sobat Hamim memahami produk yang akan kalian jual.
Jangan sampai Sobat Hamim menjual produk yang kalian sendiri tidak tahu tentang produk tersebut. Ingatlah, kepercayaan itu terbangun dari sebuah kejujuran. Dan inilah yang aku lakukan di awal membangun bisnis online baju anak dulu.
Rerata baju anak yang aku jual sebagai produk dari bisnis sebelumnya memang aku gunakan sendiri. Artinya, aku sudah merasakan kenyaman produk tersebut sehingga akupun bisa memberikan jaminan bahwa produk tersebut memang bagus.

Nah, semisalpun tidak bisa mencoba langsung produk yang akan kita jual. Setidaknya, kita memahami produk knowledge nya. Mengetahui latar belakang owner bisnis yang akan kita jadikan partner.

Track record partner bisnis ini penting lho! Dengan kita tahu siapa pemilik usaha yang akan kita pasarkan produknya maka akan meningkatkan kepercayaan diri kita menjual produk-produk mereka. Minimal kita terbebas dari perasaan khawatir dimanfaatkan, ops!

Eits, bisnis online baju anak tanpa modal yang aku ceritakan kok terlihat kita bukan pemilik bisnis itu ya? Tapi lebih ke join usaha. Dan kita adalah bagian dari marketer mereka.

Yups! Betul sekali. Ketika kita memulai bisnis tapi terkendala modal, kesulitan untuk menyiapkan perlengkapannya. Maka langkah awal yang bisa kita lakukan adalah join bisnis orang lain terlebih dahulu.

Sembari kita menjadi partner lalu lama-lama kita bisa naik tingkat dengan stok barang di tempat usaha kita sendiri. Yups! Strategi yang sangat bisa dipraktikkan bukan?

Lalu adakah ide bisnis yang dimulai dari apa yang kita punya tapi tanpa modal? Yuhuii, aku juga sudah mencobanya juga. Membangun bisnis online tanpa modal dan berhasil hingga menjadi karirku saat ini. Wow, apa saja itu? Yuks simak di bawah ini!

Peluang Bisnis Online Tanpa Modal

Di era kecanggihan teknologi saat ini, pola bisnis di era digital sudah semakin modern. Bisnis tak lagi sebatas benda melainkan keterampilan dan kreativitas bisa menjadi bekal kita membuka bisnis. Kegiatan produksi tersebut disebut ekonomi kreatif.

Para milenial tentu familiar dekat penggunaan youtube, media sosial, vlog, blog, dan lain sebagainya. Nah, ini peluang bagi Sobat Hamim generasi milenial, gen Z, dan alpha untuk mencoba usaha modal nop rupiah ini.

Eits, meski nol rupiah bukan berarti tanpa bekal ya hehhee. Jika bisnis online baju anak tanpa modal yang aku jalankan memang modal utama hp di tangan. Tapi untuk ekonomi kreatif, bekal yang perlu dipersiapkan adalah keterampilan, wawasan, dan kreativitas.

Jadi, sebisa mungkin bisnis yang akan kamu jalankan di bidang ekonomi kreatif diiringi dengan peningkatan skill dan ilmu serta wawasan kekinian.

Oke, selanjutnya simak peluang 10 ide bisnis online tanpa modal yang bisa Sobat Hamim coba!

1. Youtuber

Yups, siapa yang tak kenal Ria Ricis dan Atta Halilintar? Nah mereka adalah contoh youtuber yang sukses. Dan dampaknya banyak orang yang bercita-cita sebagai youtuber. 

Nah, apa sih youtuber itu? Youtuber adalah sebutan untuk seorang pengguna platform YouTube. Namun lebih luasnya, youtuber merupakan content creator, sebab mereka membuat konten lalu mempublikasikannya di youtube.

Bagaimana youtube bisa berpenghasilan? Manakala youtube kita banyak yang nonton sehingga kita bisa dibayar dari channel youtube kita. Intinya, youtuber itu bukan sekadar penikmat saja menggunakan youtube tapi juga membuat konten yang menarik pengguna youtube yang lain.

2. Blogger

Buat Sobat Hamim yang suka menulis. Pilihan membangum bisnis dari blog ini peluang besar buat kalian. Apa itu blogger? Blogger adalah seseorang yang secara teratur menulis untuk blog.

Aku pun saat ini menjalani profesi sebagai blogger. Seriusan aku memulai jadi blogger ini hanya modal suka nulis sih. Terus ditingkatin hingga akhirnya dapat job dari blog. 

3. Content writer

Tidak jauh berbeda dengan blogger yang kerjaannya juga menulis. Akan tetapi, jika content writer ini menulisnya bukan di blog sendiri melainkan di web instansi.   

4. Design grafis

Yuhuiii ada yang samaankah kita suka corat coret hehehe. Aku memulai karir jadi freelancer desaign grafis dari suka ngulik canva. 

Rupanya hal tersebut membawaku menjadi canva creator. Dan alhamdulillahnya,  hasil karya tersebut menjadi portofolio buatku. Hasilnya aku bisa menjalani karir sebagai freelancer saat ini. 

Eits, aku belajarnya dari canva gratisan kok.  Jadi Sobat Hamim coba deh.

5. Admin

Nah kalau admin ini lebih ke admin media sosial gitu. Dan ini dilakoni oleh adik kandungku. Karena dia punya bekal dan wawasan berkaitan media sosial akhirnya dia dapat tawaran megang akun bisnis. 

Lumayan lho penghasilannya. Modal hp aja pokoknya.

6. Penerjemah

Wow ini buat Sobat Hamim yang memiliki kemampuan bahasa asing. Yuks deh bangun portofolio dan bisa jadikan saranamu untuk menggaet job. 

7. Podcaster

Podcast adalah salah satu kategori kreator yang bertumbuh kembang sangat pesat belakangan ini di Indonesia. Podcast ini mirip radio sih tapi lebih modern. 

Dan sama dengan youtuber, blogger, dan podcaster ini adalah sebutan yang pengguna podcast. 

8. Membuka jastip

Jastip singkatan dari jasa titip. Sebuah layanan yang kita tawarkan kepada orang lain, lalu kita memberikan harga dalam pelayanan ini. 

Menariknya, adanya jastip baru saja booming di beberapa waktu terakhir. Umumnya, jastip dilakukan dengan promosi di media sosial seperti Facebook, Instagram, atau WhatsApp

Mudah kan memulai bisnis jastip ini modal hp dan media sosial. Mayoritas dari kita punya kedua hal tersebut kan? Nah manfaatkan. 


9. Affiliate

Apa itu affiliasi? Nah afiliasi adalah suatu langkah memperoleh penghasilan tambahan dengan mendaftarkan diri pada suatu perusahaan yang sedang menawarkan peluang untuk menjualkan produknya kepada konsumen melalui afiliasi.

Aku sebagai blogger pernah ditawari jadi affiliate suatu brand dan instansi. Modalnya branding kita sih. 

10. Dropshipper

Yups, ini dia pekerjaan yang pernah aku lakukan. Memulai bisnis online baju anak tanpa modal. Penjelasannya ada ulasanku berikutnya. 

Dari kesepuluh ide bisnis di atas aku telah mencoba lima, yakni sebagi blogger, content writer, design grafis, admin, dan dropshipper. Yang perlu Sobat Hamim ketahui, bahwa memulai ide bisnis diatas meski modal rupiah.

Akan tetapi ada yang perlu kita siapkan agar bisa sukses. Salah satunya adalah investasi leher ke atas. Bahkan ketika menjadi seorang dropshipper sekalipun lho!

Apa Beda Marketer, Reseller, dan Dropshipper?

Perbedaan dropshipper reseller dan marketer
Wah menyoal tentang dropshipper, aku memulai langkah awal membangun bisnis online baju anak tanpa modal dulu dari menjadi dropshipper jilbab anak lho.

Berawal dari kesulitanku menemukan jilbab anak yang cocok buat bayi. Akhirnya aku mencoba menawarkan diri untuk membantu penjualnya menawarkan dagangan mereka. Nah, inilah awal mula aku memulai bisnis tanpa modal.

Dari seringnya aku repeat order dan membangun kepercayaan dengan ownernya bisnis jilbab anak tersebut. Ketika aku ingin join jadi bagian mereka ternyata langsung diterima. Alhamdulillah.

Eits, Sobat Hamim masih bingungkah apa itu dropshipper? Apa beda dropshipper, reseller, dan marketer? Oke kita coba urai satu persatu ya. Dari ketiganya hampir mirip sih yakni membantu memasarkan produk bisnis orang lain.

Namun ada perbedaan mendasarnya, yaitu:

A. Dropshipper

Dropshipper adalah seseorang yang menjual produk milik pihak lain, tanpa harus menyetok dan mengirimkan pesanan sebab proses pengiriman dilakukan oleh pihak ketiga, yaitu produsen atau pemasok besar.

Yups, aku memulai bisnis online baju anak tanpa modal sebagai dropshipper lho! Dah cukup menguntungkan.

Kabar baiknya, dropshipper bisa yang dijalankan oleh siapa saja, asal kamu memahami produk yang akan kamu jual, memahami e-commerce yang akan Sobat Hamim gunakan dan pantang menyerah mempromosikan produk.

Kunci suskes dropshipper adalah gencar dalam promosi dan closing. Sebab kita sudah tak perlu repot stok barang dan packing bukan?

B. Reseller

Yes, jangan heran dengan menjamurnya bisnis online saat ini sedang bergerak menggaet orang untuk jadi reseller mereka. Sebab ini adalah kekuatan besar dari pebisnis online.

Sebab melalui reseller inilah agen besar tidak perlu repot mencari ens user atau customer. Sebab para reseller akan bekerja lebih keras untuk mendapatkan customer. Sedang agen menyiapkan barang untuk stok para reseller.

Memang kerjanya tidak sesederhana dropshipper. Namum ketika Sobat Hamim menjadi reseller keuntungan yang diperoleh jelas jauh lebih besar.

Keuntungan menjadi reseller selain dapat menjual kembali produk dari pemasok atau supplier dengan keuntungan yang lebih banyak, tetapi juga bisa mendapatkan harga jauh lebih murah. Umumnya menjadi reseller ada syarat minimal order dari pihak agen atau suplier.

Kabar menggembirakan lainnya, platform online penjualan atau marketplace saat ini telah banyak menyediakan fitur dan cara menjadi reseller untuk bisnis online mereka.

Bagaimana dengan marketer?

C. Marketer

Sobat Hamim jangan salah kaprah memahami tiga istilah di atas ya. Sebab ketiganya sebenarnya memiliki kesamaan namun perbedaan yang mendasar juga.

Marketer lebih cenderung sebagai tools pemasaran bagi agen bisnis. Tugas yang dijalankan lleh marketer adalah membantu produsen memasarkan produk mereka dengan cara pemasaran online.

Siapapun bisa jadi marketer, misalnya blogger, buzzer, influencer, penulis konten hingga reviewer. Dengan aksi mereka, produk akan lebih dikenal masyarakat luas sehingga dapat meningkatkan penjualan.

Biasanya agen bisnis online akan membayar marketer atas jasa mereka atau dari berapa banyak closing yang mereka dapat. Beda dengan dropshipper ya. Dropshipper kadang berlagak sebagai si pemilik bisnis namun mengambil barang dari pihak lain.

Nah, jelas kan ya beda apa itu dropshipper, reseller, dan marketer. Aku pribadi sudah pernah menjalankan ketiga profesi tersebut ketika memulai usaha online.
 

Pengalaman Jadi Dropshiper, Bisa Sukses Kok!


Oke, seperti yang telah aku sampaikan di awal tulisan bahwa aku memulai bisnis online baju anak tanpa modal berawal dari jadi dropshipper. Sebab saat itu aku memang masih bekerja, waktu dan tenaga tidak cukup mendukung jika aku harus mengurus bisnis langsung.

Pilihan menjadi dropshipper sangat menarik untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Kenapa memilih jualan baju anak? Alasan utamanya karena aku ingin memenuhi kebutuhanku sendiri.

Sedangkan tujuan yang lain adalah aku ingin membantu memudahkan orang lain menemukan produk baju anak dengan kualitas oke harga terjangkau. Selain itu, tugas dropshipper cukup sederhana dan bisa dilakukan kapan dan dimanapun.

Yang tak kalah penting, aku tak perlu keluar modal uang untuk membangun bisnis. Cukup modal hape, kuota internet, dan rajin posting atau memasarkan produk yang akan kita jual.
 

Tips Sukses Jualan Baju Anak


Nah, meskipun bisnis online baju anak tanpa modal bisa aku jalankan. Ternyata itu butuh tips dan trick sebelum menjalaninya. Beruntungnya, aku menajdi dropshiper produk yang brandnya memang bagus Sobat Hamim.

Akan tetapi, buat Sobat Hamim yang ingin mencoba bisnis online baju anak ada beberapa catatan dariku ya, yuks simak deh!

Pertama, rumuskan produk yang akan dijual

Yup, membangun bisnis saat ini gampang-gampang susah. Dibalik kemudahan yang diberikan dari adanya kemajuan teknologi sebenarnya membuka peluang banyaknya kompetitor yang menjadi saingan kita.

Nah, saranku sebelum memutuskan untuk memulai bisnis online produk apapun sebaiknya cek trend pasar. Trend pasar seringkali berubah dari waktu ke waktu, disinilah Sobat Hamim harus terus menyesuaikan bisnis reseller baju anak yang akan kita jalankan.

Baiknya, jangan pilih jualan produk yang sifatnya musiman sementara. Sebab sayang jika hanya viral sesaat. Tapi kita harus pandai memprediksi peluang di masa depan juga.

Ide bisnis online jualan baju anak tanpa modal yang pernah aku lakukan dulu sangat prospek. Sebab, sebagai emak-emak juga biasanya para orang tua akan mendahulukan kebutuhan anak dibanding kebutuhan baju mereka sendiri.

Beberapa baju anak yang cukup laku di pasaran adalah kaos rumahan, celana panjang, celana pendek, legging, rok, dan celana dalam. 

Kedua, temukan supllier yang tepat

Yups, sebuah keberuntungan jika kita menemukan suplier yang tepat lho. Apalagi bisnis online itu poinnya adalah kepercayaan ya. Mseki tak bisa dipungkiri bahwa kita bisa juga mencari suplier secara offline maka ini lebih baik.

Pilih agen atau suplier yang memang jadi pusat produksinya. Dengan demikian kita akan lebih diuntungkan dengan harga yang diberikan. Tak hanya soap harga kita juga perlu tahu bagaiamna kualitas produk mereka ya. Penting!

Itulah aku seringkali menjual produk yang akupun menggunakannya sebelumnya. Jika ada hubungan kedekatan di owner jadi lebih mudah juga membangun kepercayaan antar kalian lho Sobat Hamim.

Ketiga, pasang harga bersaing

Tak hanya menganalisa trend produk dari segi kualitas dan kebutuhan pasar ya Sobat Hamim. Akan tetapi kita juga perlu memperhatikan bandrol harga dari produk kita.

Dengan produk yang sama bagaimanakah persaingan harga yang ditawarkan kompetitor? Nah, hal ini berkaitan dengan target customer kita ya.

Apakah produk yang kalian jual ini adalah untuk keluarga dengan ekonomi menengah ke atas atau ke bawah? Sobat Hamim juga harus melakukan riset pasar untuk menentukan harga jual produk agar produk kamu dapat bersaing di pasaran.

Keempat, buka lapak seluas-luasnya

Sejatinya, mau jualan offline maupun online, kita tetap harus berpikir tentang mau dimana kita menjual produk kita.

Jadi penting untuk mencari tempat yang potensial untuk membuka lapak jualan Sobat Hamim. Maraknya marketplace yang menawarkan fitur kemudahan untuk berjualan bisa kita ambil lho.

Pastikan Sobat Hamim menentukan platform apa yang akan kamu gunakan untuk berjualan. Mau bikin toko online sendiri juga oke kok. Kalau pengalamanku dulu memang agak jadul. Hanya lewat katalog di tele dan wa saja.

Akhirnya jangkauannya jadi kurang luas deh. Meski demikian bisnis online baju anak tanpa modal yang aku lakukan tetap untung lho. Wah potensial banget kan!

Kelima, manfaatkan media sosial secara optimal

Wah siapa sih yang gak punya atau kenal media sosial di era seperti sekarang. Akupun seringkali memanfaatlan medsos untuk mencari trend atau barang yang aku butuhkan.

Selain banyak informasi yang disajikan aku juga memiliki banyak pilihan dari rekomendasi teman-teman onlineku. Nah ini adalah bagian dari peluang Sobat Hamim jika ingin memulai bisnis online.

Buatlah akun khusus untuk membangun bisnis online kalian. Manfaatkan berbagai situs meda sosial dan marketplace untuk berjualan online. Semakin banyak platform yang digunakan, maka semakin bagus.

Namun catatannya, Sobat Hamim juga harus memastikan setiap media yang digunakan terurus dengan baik. Pastikan update, memberikan informasi valid, dan lakukan promosi yang tepat.

Misalnya, membuat foto produk yang ciamik. Tentu hal tersebut bikin orang penasaran dengan produkmu. Apalagi jila berkaitan dengan pernak pernik anak-anak, tentu membuat para orang tua makin tergerak untuk membelikan anak mereka.

Tak hanya itu, perlu juga mengalokasikan dana untuk promosi setiap bulannya. Jangan lupa untuk membuat promo-promo menarik dan unik yang akan mendatangkan semakin banyak pelanggan yang tertarik membeli produkmu.

Wah itulah lima catatanku untuk Sobat Hamim yang ingin memulai bisinis online khususnya baju anak ya. Memangnya seberapa besar peluang kesuksesan membuat usaha jual baju anak?

Kesempatan Emas Buka Bisnis Dari Baju Anak


Peluang bisnis online baju anak
Buatku yang sudah pernah merasakan memulai bisnis online baju anak tanpa modal ternyata cukup menguntungkan, maka kesimpulan sederhanaku jual baju atau kebutuhan anak itu prospeknya besar. Salah satu bisnis yang gak ada matinya adalah bisnis fashion.

Hal ini dikarenakan target pasar kita adalah para orang tua yang umumnya mendahulukan kebutuhan anak mereka. Selain itu, bisnis yang menyasar produk kebutuhan anak itu masih sedikit. Contoh toko baju anak ternyata tidak sebanyak toko baju orang dewasa. Jadi, ini peluang emas bagi Sobat Hamim yang ingin membangun bisnis baju anak saat ini.

Alasan lain adalah anak cepat sekali tumbuh. Dan ini sangat aku rasakan lho Sobat Hamim. Baru saja aku membeli perlengkapan bayi menjelang lahiran. Namun beberpaa bulab harus menyiapkan kembali kebutuhan bayiku yang cepat sekali tumbuh.

Tak hanya baju bayi, akan tetapi baju untuk anak balita, kaos kaki, celana dalam, dan lain sebagainya. Intinya kebutuhan sandang anak-anak sejatinya lebih sering dibutuhkan sehingga diperlukam banyak agen atau penjual yang membuka bisnis dengan produk jualan memenuhu kebutuhan anak-anak.

Yuhuiii, melihat kesempatan emas membuka usaha baju anak yang telah aku sampaikan, apakah membuat Sobat Hamim mulai tergiur mencobanya?

Mulai dulu saja, bisa dengan mencoba membangun bisnis online baju anak tanpa modal seperti yang aku lakukan. Modal hape, kuota internet, dan kegigihan untuk promosi.

Yuks coba dulu saja deh!
Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

Posting Komentar

Popular