=Hamimeha

Cara Menabung Untuk Beli Motor Bagi Pelajar, Segerakan!

Posting Komentar
Konten [Tampil]
Cara menabung untuk beli motor bagi pelajar
Hai Sobat Hamim, tulisan cara menabung untuk beli motor bagi pelajar ini terinspirasi dari status di beranda FB yang cukup ramai beberapa waktu lalu.

Ceritanya, waktu itu aku membaca caption dari seorang penulis yang aku ikuti seputar "fenomena anak dibawah umur mengendarai kendaraan bermotor". Pasalnya, saat ini marak orang tua memperbolehkan anak mereka pergi ke sekolah mengendarai motor sendiri.

Alasan para orang tua memperbolehkan anak berangkat sekolah menggunakan motor antara lain mereka tak bisa mengantar alias sibuk, anak sudah cukup besar secara fisik, jarak rumah dan sekolah cukup jauh, dan lain sebagainya. Rupanya hal ini memicu perdebatan cukup panjang lho!

Menurut Sobat Hamim, usia berapakah seseorang bisa diberi tanggung jawab mengendarai kendaraan bermotor? Mayoritas memberi tanggapan saat fisik anak sudah bisa menginjak gas dan pindah persneling motor. Apakah cukup itu?

Oke, aku akan mengulas lebih lanjut tentang kapan waktu yang tepat mengizinkan anak mengendarai motor sendiri serta bagaimana cara menabung untuk beli motor bagi pelajar dengan mudah. Alih-alih menjadikan motor sebagai hadiah bagi anak-anak maka akan lebih menyenangkan dan bernilai perjuangannya apabila anak bisa membeli motor dari uang mereka sendiri.

Inilah poin tanggung jawab yang mau kita ajarkan ke anak-anak agar mereka semakin matang ketika diberi amanah mengendarai motor sendiri, bukan?

Cara Menabung Untuk Beli Motor Bagi Pelajar


Cara menabung untuk pelajar
Yups, tips yang aku bagikan cara menabung untuk beli motor bagi pelajar bagi pelajar ini merupakan pengalaman pribadiku juga ketika pertama kali memiliki motor sendiri. Meski saat itu sudah bukan pelajar tapi mahasiswa tingkat akhir. Semoga bisa menginspirasi Sobat Hamim ya!

Aku teringat keputusan membeli motor saat itu memang didorong oleh kebutuhan. Adanya kendaraan motor pribadi membuatku lebih optimal untuk menjalankan aktivitasku. Baik ketika ke kampus, mencari bahan riset untuk skripsi, kerja sampingan yang tempatnya agak jauh, dan lain sebagainya. Fyi nih Sobat Hamim, semasa kuliah aku memang mengendarai sepeda kayuh.

Nah, saat ini motor bukanlah barang mewah ataupun kebutuhan sekunder melainkan masuk kategori wajib punya di setiap rumah. Apalagi kemudahan untuk membeli motor mulai banyak ditawarkan oleh berbagai pihak. Namun saranku biasakan membeli barang dengan tunai.

Khususnya untuk anak-anak, hal ini menjadi pembelajaran bagi mereka agar bisa membedakan antara keinginan dan kebutuhan. Serta belajar mengendalikan diri dengan cara menabung.

Wah, cara menabung untuk beli motor bagi pelajar ini banyak manfaatnya lho. Selain belajar tanggung jawab, anak akan belajar menghargai barang yang mereka beli dengan perjuangan mereka sendiri. Tak hanya itu, anak akan belajar mengelola uang sehingga mengasah kemampuan literasi finansialnya.
Kunci sukses menabung bagi pelajar adalah manajemen diri.
Sistem menabung dengan cara disimpan sendiri ataupun di bank, akan berhasil manakala anak memiliki perencanaan yang baik. Oke aku kasih tips menabung untuk pelajar di bawah ini ya. Yuks simak ulasannya!

Tips Menabung Untuk Pelajar


Tips menabung untuk pelajar
Di era digital saat ini, sebenarnya banyak lho kemudahan dari kecanggihan teknologi yang bisa kita manfaatkan untuk menabung. Tersedia berbagai pilihan tabungan mulai dari bank konvensional maupun bank digital. Eits, Sobat Hamim juga bisa kok menabungnya di rumah saja. Gak masalah asal konsisten dan jujur ya hehehe. Jadi, sejatinya banyak cara menabung untuk beli motor bagi pelajar.

Yupi, ada tujuh tips menabung untuk pelajar yang efektif dan efisien ala hamimeha yaitu,

Pertama, tentukan tujuan

Pasalnya niat itu adalah ruhnya aktivitas kita. Penting nih kita luruskan niat dan merumuskan tujuan apa yang ingin kita capai ketika menabung. Hal ini akan menjadi trigger manakala mulai low motivation saat menabung.

Tentukan tujuan Sobat Hamim menabung dalam rangka apa? Hal ini juga mendorong kita untuk menjadikan aktivitas menabung sebagai prioritas dari keuangan kita.

Kedua, buat perencanaan

Yupi, perlu gak sih nabung saja pakai rencana. Perlu banget ya Sobat Hamim, keberhasilan itu akan mudah dievaluasi saat segala sesuatunya terukur. Perencanaan yang aku maksud disini adalah kalian buatlah berapa target uang yang akan ditabung, kapan bisa tercapai, buat tabel jika perlu semacam buku tabungan bahkan jika perlu agar menabungnya bisa lebih banyak apa perlu mencari uang tambahan dan lain sebagainya.

Cara menabung untuk beli motor bagi pelajar itu sangat mudah kok dengan adanya perencanaan seperti ini. Contohnya, Sobat Hamim bisa menggunakan tabel tabungan harian. Tips menabung untuk pelajar sangat efektif selain membuat kita disiplin juga sarana melacak progres tabungan secara tertulis.

Perlu Sobat Hamim pahami bahwa menabung tidak harus selalu dimulai dengan nominal besar, Sobat Hamim bisa memulainya dari jumlah kecil. Misal, tabungan pertama sebesar Rp5.000 kemudian dilakukan setiap hari di pekan pertama. Selanjutnya, kalian tambahkan menjadi Rp7.000 pada minggu-minggu berikutnya atau di waktu tertentu karena mendapat uang tambahan.
Intinya, jangan memaksakan diri dalam menentukan berapa nominal yang akan ditabung. Silakan disesuaikan dengan kemampuan. Kuncinya, konsisten. Insya Allah, perlahan tapi pasti, sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit hehe.

Ketiga, pilih cara menabung

Sebagaimana aku sampaikan sebelumnya, Sobat Hamim perlu menentukan mau menggunakan cara menabung dengan disimpan di rumah atau di bank? Saat ini banyak layanan perbankan yang diperuntukkan khusus untuk pelajar kok. Jadi cara menabung untuk beli motor bagi pelajar terbuka lebar kok!

Jika pertimbangannya adalah keamanan maka pilihan menabung di bank adalah keputusan yang tepat. Namun apabila untuk jangka pendek dan bisa diambil sewaktu-waktu maka menabung dengan cara konvensional seperti di celengan juga oke.

Poin ini menjadi penting ya Sobat Hamim agar kita juga merasa aman dan nyaman dalam menjalani proses menabung nanti.

Keempat, jadikan menabung sebagai prioritas

Wah ini penting banget! Jadikan menabung sebagai prioritas keuangan Sobat Hamim. Karena sebagai pelajar sumber pendapatan biasanya adalah uang saku dari orang tua bukan?

Trik agar cara menabung untuk beli motor bagi pelajar Sobat Hamim sukses adalah segera sisihkan uang saku dari orang tua untuk ditabung. Sobat Hamim bisa menggunakan rumus pengelolaan keuangan sederhana.

Seperti apakah itu? Salah satu cara yang cukup efektif untuk menabung adalah dengan menerapkan pola 30-70, dengan rincian 30% dari uang yang kita punya ( uang saku ) disisihkan untuk ditabung lalu 70%nya digunakan untuk kebutuhan kita jajan.

Trik agar lebih hemat lagi, bisa dengan cara membawa bekal ke sekolah. Selama menuju target yang kita ingin capai saat menabung ada baiknya mengurangi aktivitas nongkrong yang mengeluarkan biaya tak terduga. Poinnya, jadikan menabung ini kewajiban agar kita bertanggung jawab sepenuhnya ya hehe

Kelima, belajar literasi finansial

Wow apakah belajar literasi finansial untuk pelajar penting? Aku jawab sangat penting sebab generasi milenial hingga alpha saat ini telah mendapatkan kesempatan belajar dari mana saja melalui akses internet. Maka hal ini perlu dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Bicara literasi finansial ini sangat luas lho, tak hanya tentang menabung saja. Melainkan bagaimana mengelola keuangan dengan bijak bahkan belajar investasi sejak dini. kabar baiknya, belajar literasi finansial adalah salah satu penunjang kesuksesan cara menabung untuk beli motor bagi pelajar lho!

Penasaran gak? Baca terus ulasanku berikutnya ya!

Bagaimana Cara Menabung Agar Bisa Beli Motor Dengan Mudah Dan Cepat


Taraaa, gak sabar buat tahu langkah yang perlu dilakukan agar bisa segera memiliki motor idaman? yuks simak caranya di bawah ini:

1. Tentukan Target

Yes, sekali lagi poin target ini penting lho. Dengan target yang terukur maka akan memudahkan kita merancang langkah berikutnya. Anggap saja target atau goals ini semacam visi besar dari yang Sobat Hamim lakukan.

Misal, dalam waktu dua tahun sudah bisa beli motor idaman. Segera rumuskan juga motor idamanmu seperti apa, harga berapa, beli dimana, motor baru apa second, dan lain sebagainya. Bagaimana cara membayarnya. Sekali lagi aku sarankan belilah dengan cara tunai. Inilah fungsi dari menabung bukan?

2. Buat perencanaan yang matang


Yup, aku sebut langkah kedua ini misi yang akan kita gunakan untuk mencapai target. Jika perlu buat tabel keuangan agar bisa terlacak progres menabung Sobat Hamim. Termasuk memilih membuka tabungan atau menyimpannya di bank dengan setoran tertentu.

Cara Kelola keuangan
Selain itu, perencanaan ini berkaitan dengan langkah apa yang kita ambil untuk mencapai target tabungan dalam waktu tersebut.

Misalnya, Sobat Hamim mau beli motor second keluaran tahun 2019 seharga 14 juta. Dengan usang saku 50 ribu sehari maka dalam kurun waktu dua tahun kira-kira bisa terkumpul dana berapa menggunakan pola 30:70.

Pola ini bisa berubah sih, agar keberhasilan cara menabung untuk beli motor bagi pelajar yang Sobat Hamim canangkan berhasil.

Apakah perlu diperbesar prosentase nabungnya menjadi 40 :60? Jika target yang ingin dicapai tidak terpenuhi dengan uang saku yang Sobat Hamim dapatkan. Maka perlukah mencari sumber pendapatan lain? Nah ini dia pentingnya perencanaan yang matang.

3. Mencari sumber pendapatan tambahan

Sejujurnya, untuk level pelajar mencari pendapatan tambahan tidak mudah. Namun sekali lagi kita hidup di era digital yang mana aktivitas online mendukung beraktivitas apapun lebih mudah. Nah, Sobat Hamim bisa memulai usaha kecil-kecilan untuk membantu mendapatkan pendapatan tambahan.

Ide lain, buat Sobat Hamim yang sudah SMA bisa dengan kerja sambilan misal menjaga toko atau menjadi admin media sosial. Intinya manfaatkan kemudahan teknologi serta potensi yang ada untuk menambah pendapatanmu dengan cara yang baik dan halal ya.

Cara menabung untuk beli motor bagi pelajar ini akan mendorong kemampuan berpikir kreatif secara tidak langsung. Jadi, manfaat menabung dengan target terukur bagi pelajar itu sangat baik.

4. Buat skala prioritas

Prioritas akan memotivasi Sobat Hamim untuk menjadikannya sebagai orientasi utama. Tips dariku saat menjadikan menabung untuk membeli motor adalah prioritas kita maka kita akan mulai memiliki banyak pertimbangan saat akan mengeluarkan uang.

Misal mau nongkrong, kita akan mempertimbangkan apakah perlu nonkrong dengan menghabiskan uang. Saat belanja kita juga cenderung membuat keputusan lebih dalam untuk membeli sesuatu, bahkan bisa jadi kita akan berupaya berhemat dengan membawa bekal dari rumah saat ke sekolah atau bepergian.

Tak hanya itu, bisa jadi kita akan lebih bersemangat untuk menemukan ide mendapatkan sumber penghasilan tambahan agar target menabung kita terpenuhi. Termasuk belajar investasi. Wah seperti apakah itu?

5. Mulai berinvestasilah

Sudah menjadi rahasia umum bahwa nilai mata uang akan semakin turun dari waktu ke waktu. Hal ini terjadi karena inflasi, kabar buruknya dampak dari inflasi ini juga terjadi pada tabungan kita jika menyimpan dalam waktu lama.

Lalu bagaimana caranya agar menjaga nilai uang kita ? Beberapa referensi menyebutkan cara menjaga nilai uang kita agar tidak menurun adalah berinvestasi. Pilihan investasi yang disarankan adalah emas batangan atau saham. Ini langkah efektif cara menabung untuk beli motor bagi pelajar lho, coba deh!

Wah, menarik sekali bukan. Meskipun demikian dalam hal berinvestasi ini Sobat Hamim harus hati-hati ya. Sebaiknya bertanyalah terlebih dahulu kepada orang yang lebih paham. Sehingga Sobat Hamim tidak salah dalam berinvestasi.

Aku merasa investasi ini sangat baik untuk tabungan jangka panjang kita lho! sangat cocok jika saat ini Sobat Hamim sedang duduk di bangku sekolah dan ingin membeli motor di saat kuliah nanti. Belajar literasi finansial sejak dini adalah upaya kita agar menjadi lebih merdeka finansia di masa depan.

Dari kelima langkah cara menabung untuk beli motor bagi pelajar di atas sangat bisa dipraktikan segera lho Sobat Hamim. Dan berlaku juga untuk target membeli barang lain misal ingin beli apartemen atau rumah bagi pasangan baru.

Eits, kembali kepertanyaan awal nih. Bolehkah anak dibawah umur naik motor? Yuks kita pahami ulasanku selanjutnya!

Kapan Anak Boleh Mengendarai Motor?


Kapan anak boleh mengendarai motor
Ulasan cara menabung untuk beli motor bagi pelajar ini semoga bermanfaat ya Sobat Hamim. Aku memahami kondisi orang tua yang memperbolehkan anak mereka naik motor karena sibuk. Apalagi jika secara fisik, postur tubuh yang memadai dianggap sudah kayak mengendarai motor sendiri. Sayangnya, pertimbangan mengendarai motor sendiri bukan hanya sekadar postur tubuh yang besar melainkan kestabilan mental dan emosi dari seseorang.

Menurut UU Nomor 22 Tahun 2009 pasal 77 ayat 1, disebutkan bahwa siapapun yang mengemudikan kendaraan bermotor wajib memiliki Surat Izin Mengmudi (SIM) sesuai dengan kendaraan yang dikemudikan.

Berdasarkan UU Nomor 22 Tahun 2009 pasal 81, menyebutkan tentang persayaratan usia yang layak mendapatkan SIM. Dan syarat untuk mendapatkan SIM C dan SIM A, pengemudi harus berusia minimal 17 tahun.

Artinya, siapakah yang boleh mengendarai motor? Mereka yang telah berusia minimal 17 tahun. Kesimpulan ini dikuatkan dengan pernyataan oleh Hendrik Ferianto, Instruktur Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM) di lama online kompas dotcom.
“Di usia 17 tahun seseorang baru dikatakan matang secara fisik dan matang secara psikologis. Kalau anak-anak berumur di bawah 17 tahun, bisa jadi mereka matang secara fisik. tapi psikologisnya belum matang,” ujar Hendrik di sebuah webinar.
Penjelasan tentang mengapa anak di bawah umur belum boleh mengendarai motor sendiri ini berkaitan dengan keselamatan mereka. Selain kondisi psikologis yang dianggap belum matang, juga berkaitan dengan rambu-rambu berlalu lintas yang belum mereka pahami.

Maka dari itu, pengenalan safety riding perlu diajarkan kepada anak-anak sejak usia dini. Hal sederhana ini adalah wujud cinta kita kepada orang-orang terdekat kita.

Penting sekali memiliki kesadaran bahwa memiliki motor artinya mempunyai tanggung jawab untuk mematuhi aturan yang berlaku sebagai pengendara baik untuk keselamatan dirinya maupun pengendara lain.

Yuhuii, jadi cara menabung untuk beli motor bagi pelajar ini merupakan langkah bijak mengajarkan tanggung jawab pada anak-anak sampai mereka siap di usia yang diperbolehkan mengendarai motor sendiri. Yuks belajar sabar dan mengendalikan emosi!
Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

Posting Komentar

Popular