=Hamimeha

Nostalgia Main Game Jadul Sebagai Hiburan Murah di Rumah Saja

39 komentar


Hai Sobat Hamim!

Kabar gembira nih, infonya PPKM di beberapa kota sudah turun level. Meskipun demikian kita masih menelan pil pahit bahwa PPKM ini diperpanjang. Kondisi pandemi yang sudah dua tahun berjalan ini memang memupuk rasa bosan dan jenuh ya?

Namun harus tetap disyukuri jika saat ini kondisi kita masih sehat dan bersama keluarga. Karena diluar sana ada yang sedang berjuang dengan sakitnya bahkan jauh dari keluarga. Jadi, mari kita nikmati ketika di rumah saja seperti saat ini.

Nah, beberapa waktu lalu aku mendapati postingan seorang teman yang lewat di beranda IG ku. Terlihat dia memamerkan sebuah laman di layar hp nya. Aku penasaran sih, menunjukkan apa sih? Ohho, rupanya kawanku satu ini sedang membagikan tips mengatasi stress ibu rumah tangga.

Wah pas banget, buat aku yang juga nyaris sama kondisinya dengan dia. Aku baca artikelnya dan mendapat rekomendasi bahwa salah satu tips yang menarik menurutku adalah mengurangi stress dengan main game di plays.org tanpa di download. Wah jujur aku tak pernah terpikir buat merelease stress dengan nge-game. Tampaknya perlu dicoba wkakaa.

Ehem, aku pun meluncur ke sana. Dan wow, aku menemukan satu game yang aku kenal semasa kecil yaitu game tetris wakakaka tapi di sana namanya tetra blok. Dan dari ratusan game yang ada selain tetris aku tertarik mencoba juga game yang membuatku bernostalgia yaitu snakeland dan spongebob traffic chaos.

Ketiga game di atas membuatku mengingat masa kecil dulu. Ah, memang seringkali kita kangen di masa kecil ya apalagi kalau sudah emak-emak gini, eh curcol haha.

Semasa itu ada satu permainan yang aku sukai yaitu tetris ini. Menyusun balok dengan berbagai bentuk. Aku mainnya dulu di salah satu mainan yang disebut gimbot. Ada yang tahu?

Wkakaka, oke ikuti ceritaku tentang nostalgia main game jadul sebagai hiburan murah di rumah saja ini yuks! Aku kenalin kalian generasi digital dengan gimbot hehehe.

Seputar Gimbot

Gimbot atau gembot adalah salah satu perangkat game portable yang sempat populer era 80-90an di Indonesia. Semasa itu dikenal dengan sebutan game watch, lalu lama-lama berubah pengucapannya menjadi gimbot. Kok bisa?

Begitulah Sobat Hamim, pengucapan memang rawan salah kaprah. Nah, lanjut ya! Uniknya Gimbot ini sebenarnya sebuah inovasi dari Casio sebagai produsen jam tangan dalam menggabungkan gaya hidup Arcade game yang lagi viral saat itu dengan jam tangan sehingga lebih mudah dibawa kemana-kemana.

Hal ini rupanya memicu Nintendo untuk merilis game portable buatannya sendiri. Di tahun 1989, Nintendo merilis lagi Gimbot Game Boy. Keistimewaan gimbot ini adalah adanya slot kaset gim yang ingin kita mainkan yang terletak di bagian belakangnya.

Game boy cukup populer di masa itu, namun penyebutan di kalangan masyarakat lebih dikenal dengan sebutan gimbot.

Karena terbilang mahal, akhirnya di era 90-an hal ini menjadi peluang bisnis lho! Beberapa pelaku bisnis seperti pedagang kaki lima menyiasati harga yang mahal dengan menyewakan gimbot ini ke anak-anak yang ingin bermain.

Wah, aku pun pernah seperti ini lho Sobat Hamim!

Nostalgia Mainan Game Jadul Sebagai Hiburan Murah di Rumah Saja

Seiring waktu berlalu gimbot mulai banyak diproduksi dari harga termahal hingga yang bisa dijangkau kelas menengah ke bawah. Kala itu aku pun sebagai anak kecil jelas ingin punya alhasil beli versi murah hwakaka.

Dari sekian permainan yang ada, ada tiga permainan yang sering aku mainkan tetris, snake, dan balap mobil. Masih ingat gak nih masa kanak-kanak generasi milenial hehe?

Tiga Games Jadul Favoritku

Pertama, tetris

Main game jadul di rumah saja

Tetris di plays.org ini versi modern ya tapi sebenarnya konsepnya sama persis dengan tetris masa dulu. Bedanya banyak pilihan tetris dengan beragam warna kalau dulu hanya hitam putih. Namanya Tetra Block, sebenarnya ada banyak jenis pilihan games tetrisnya. Tapi prinsip mainnya sama. 

Nah, tetris ini permainan menyusun balok semacam batu bata dengan berbagai bentuk. Kita akan mendapatkan poin jika batu bata yang tersusun lengkap secara landscape. Serunya tuh jika kita mendapatkan bentuk batu bata yang tidak pas dengan space yang tersedia maka kita harus putar otak dalam meletakkannya hahaha.

Dengan layar gimbot yang didominasi warga abu-abu dan hitam. Saat itu permainan sederhana ini sudah bisa bikin ketagihan lho! Apalagi kalau sudah berhasil mengumpulkan poin begitu banyak. Meskipun demikian, sekarang jika aku mainkan tetra blok melalui plays.org juga gak kalah seru hihihi.

Kedua, snake

Wah, ini mah didapuk sebagai game paling merakyat dan bisa dimainkan oleh siapa saja hahaha. Semasa itu cara mainnya cukup menekan arah kiri kanan bawah atas agar ular memakan makanan yang tersedia hingga ukurannya terus memanjang.

Tantangan saat memainkan snake ini adalah kita harus pandai mencari jalan agar tubuh ular tidak saling berbenturan antara kepala dan ekornya. Pokoknya seru deh, aku seringkali memainkan game ini bergantian dengan saudaraku dengan dibatasi waktu hehehe.

Nah, rupanya di plays.org ini aku menemukan game snake ini dengan berbagai macam varian lho. Aku memainkan games snake yang berjudul Snakeland. Rupanya ada  11 jenis games snake dengan gaya bentuk ular dan tantangan yang berbeda. Namun prinsip bermainnya sama, makan sebanyak-banyaknya untuk memperbesar ukuran. Maka temukan cara agar ular tidak tertabrak dan bertahan hidup hahaha.

Receh tapi menghibur banget kan!

Kenapa gak dowload saja aplikasi game-game tersebut?

Jadi, ada beberapa pertimbangan kenapa aku tidak mendownload game apapun di hp.

1. Memori hp ku terbatas. 
Saat ini sudah banyak aplikasi yang harus aku gunakan sehingga adanya aplikasi game apapun ini tentu belum menjadi prioritasku.

Nah, saat mendapati postingan temanku ini aku jadi tertarik sebab bisa main game tanpa di download. Kan asyik!

2. Membatasi diri

Seperti yang aku sampaikan di atas, bahwa game jadul ini semasa itu sudah bisa bikin ketagihan lho buat aku. Apalagi aku ini tipe koleris yang ketika menemui tantangan jika belum tuntas seperti ada yang mengganjal.

Dengan main game tanpa mendowload ini membuatku jauh lebih bisa menahan diri.

Jadi ketika luang atau saat me time main game ini bisa jadi pilihanku.

3. Ada banyak pilihan game

Ini dia yang bikin aku senang sekali. Membuka satu laman online menemukan ratusan game yang menarik. Jadi lebih simple kan?

Apalagi tak hanya yang jadul saja, kabarnya koleksi gamenya selalu update perpekan lho! Wah seru juga ya.

Jadi begitu sobat Hamim, alasan aku tak mendownload aplikasi game di hp ku.

Ketiga, mobil balap

Game balap mobil

Permainan satunya lagi adalah balap mobil. Permainan ini lebih banyak menggunakan konsentrasi dan kekuatan tangan agar mobil tidak tertabrak rintangan yang ada. Serunya kalau kecepatan semakin bertambah dan rintangan semakin banyak hahaha. Auto bikin teriak-teriak sendiri.

Nah, seru banget kan ya main game jadul kala itu hehhe. Makanya aku excited saat menemukan ada tetris dan balap mobil versi modern ini. Meski agak berbeda sebab sedikit inovasi dari plays.org ini aku masih menikmati.

Khususnya yang balap mobil. Cara mainnya agak berbeda tapi prinsipnya sama. Nama permainannya Spongebob traffic chaos.  Sebenarnya ada banyak juga pilihan balap mobilnya. Tapi aku paling suka yang ini.

Sebab seperti nyata dalam menghadapi kemacetan ketika berkendara. Kita seakan diajak melatih kesabaran, konsentrasi, dan membuat strategi agar lalu lintas berjalan lancar dan tidak saling tabrakan. Alih-alih balapan aku malah belajar tentang manajemen emosi hahaha.

Penasaran kan?

Jujur saja, aku senang sekali bisa main game lagi. Sekalian menguji keberhasilan dalam manajemen waktu. Apakah aku bisa benar-benar tidak ketagihan dengan game ini seperti dulu?

Aku senang sekali bisa nostalgia game jadul sebagai hiburan murah di rumah saja. Aku juga ajak anakku bermain sesekali sih sebab ada beberapa game edukatif yang bisa menjadi media belajar bagi dia. 

Main game tak selalu berdampak negatif asal kita bisa mengaturnya dengan bijak. Mau ikutan bernostalgia nih Sobat Hamim, yuks cuss!
Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

39 komentar

  1. Eh Gembot aku juga ngerasain ini. Duh yang punya game ini dulu cuma kaum Borjuis mba. Ingetnya zaman itu mau makan aja susahnya minta ampun wkw
    beruntungnya sekarang bisa main game online lewat aplikasi plays.org ini ya..senangnya.

    BalasHapus
  2. Saya juga merasakan sensasi serunya bermain gimbot sewaktu sekolah dasar, yang palingan bisanya maen tetra block doang, wkwk. Bener-bener jadi bernostalgia sewaktu masa kecil dengan tulisan Mbak Hamim nih

    BalasHapus
  3. dulu aku juga suka main tetris, tapi biasanya main di komputer jadul, gimbot kan termasuk mainan mewah kalau dulu :D

    BalasHapus
  4. sama seperti yang Bunda tulis di Instagram, main game menyenangkan kok. dan Bunda juga mainnya game jadul, jadi gak terlalu meracuni. Saking simplenya, game over pun gak terlalu nyesek

    BalasHapus
  5. Hampir semuanya sudah pernah saya rasakan,,, tulisan ini mengingatkan saya, di usia 7 thn saya nangis pengen dibeliin gimbot .... He he

    BalasHapus
  6. mbak, aku baca ulasannya jadi senyum sendiri deh. Inat masa kecil, gembot memang jadi mainan ramah anak. game lainnya beelum, kalau mobil2an di time zone itu jebul susiah. mungkin hampir sama seperti kata mbak hamim, butuh fokus . bisa dibuat cerita ke anak2 juga ya mbak, main beginian, hhhe

    BalasHapus
  7. Jadi keinget main game boy, eh game boy apa gimbot ya. Bela-belainbkumpulin uang buat bisa beli

    BalasHapus
  8. Lah ini mah mainan saya juga Mom :D sampe sekarang tapi harus unduh aplikasi wkw . ,baru tahu ternyata via online gini ada, :D tahu gitu main di situs aja yak wkwkw males menuh-menuhin memori yak wkw

    BalasHapus
  9. ya saya jg dulu merasakan gimbot, dan ada jg sega dan Playstation atau PS ya setelah nintendo, sempat sewain rental PS di rumah wkt masa2 kuliah, btw sy juga suka mortal combat

    BalasHapus
  10. Mengingat masa kecil nih Mbaak. Hahaha. Keren, euy. Jadi pengen nyobain jugaa. Makasih Mbak Hamim

    BalasHapus
  11. Di awal pertama kali release, yang punya gimbot ini hanya orang2 kaya. Aku cuman bisa minjem... Btw, emang tetris itu game legendaris ya

    BalasHapus
  12. Aku juga tertarik sama game spongebobnya itu mba.. Kayaknya seru juga ya.. Ntar aku ikut main juga deh.. Mengenang masa lalu dalam game juga :D hehee,,

    BalasHapus
  13. Kalau gimbot, ga inget pernah main apa ngga. Waktu pas aku SD jamannya Tamagotchi. Aku sampai minta dibeliin wkwk

    Game jadul kayak gini emang seru sih. Simpel tapi nagih 不 Asyik juga ya ga perlu download, tinggal main aja hehe

    BalasHapus
  14. Jadi inget drama rebutan gimbot sama abangku, jadi seru aja kalau ingat lagi hahaha. Memang sensasi game jadul bikin nostalgia gak ada habisnya hehehe

    BalasHapus
  15. Jaman dulu anak yang punya gimbot itu sudah keren banget loh heheheh. Jadi nostalgia nih mbak, dulu karena nggak punya mainan kayak gini, harus rela menunggu giliran buat mainin. Dulu harus antri lama buat nunggu gimbot punya temen di pinjemin ke kita.

    BalasHapus
  16. Ada spongebob juga ya mba rupanya. Aku mau nyobain jugq lah, kayaknya seru deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya seru juga ya mba game spongebobnya.. Jarang ada nih game yg pakai animasi dari film spongebob :D

      Hapus
  17. Jadi ingat dulu mau main gimbot harus gantian sama kakak. Nungguin dia game over baru deh dapat giliran. Tetris memang ngga ad matinya. Kalau lagi bosen aku masih suka main. Hahaha...

    BalasHapus
  18. Ya Allah, iya ya mbak jadi teringat masa kecil. Walaupun dulu pas kecil hampir nggak pernah main gimbot, tapi denger namanya langsung ingat masa-masa itu, dan hanya orang-orang tertentu yang bisa main gimbot wkwkk

    BalasHapus
  19. Nostalgia banget gamenya. Aku sejak kecil itu suka bgt main nitendo, game di pc yang masih cpu nya guede pol wkwk, di gamebot bahkan Hp. Tapi meski ngegame msh bisa bagia waktu, tp game memang healing bgt. Bsk2 mau coba juga pas me time ngegame sesuai rekomendasi di atas ;)

    BalasHapus
  20. Wah lengkap jg ya hihi.. jd makin betah nih sama gadgetnya haha.. emang main game ini bisa jd hiburan tp kudu pinter ngontrol jg biar g bablasan ya ;)

    BalasHapus
  21. wkwkw, main gimbot ya mbak, bener nggak sih ini tulisanya? aku pun dulu gitu, nggak dibelikan sih sama ortu cum suka sering pinjem sama teman.. seru juga main di plays. anakku sukanya main masak2an dan math di sana

    BalasHapus
  22. Hahaha aku juga main gimbooot dulu mbaa wkwkw sampe ibukku jg ikutan main. Kangeeenn. sekarang gimbotnya udah bisa diakses lewat hape yakk, pilihannya juga banyakk. Kemarin cobain pacman aku

    BalasHapus
  23. Wakakak game boy sama Mario Bros itu fave saya selain pac man

    BalasHapus
  24. Kangen bsnget liat gimbot ini. Zaman aku dulu rasanya paling keren kalau udah punya gimbot 不不不不

    Anak sekarang aku kasih gimbot gda antusiasnya. mungkin karna udh banyak game yg lbh menarik.

    BalasHapus
  25. Ya ampun main game snake. Haha ini tuh permainan lama banget yang suka kumainin di hape jadul punya mama waktu kecil. Paling mumet kalau si ular udah kebanyakan makan dan dia makin panjang, sementara lahan buat jalannya makin terbatas.

    Asik ya kalau mau main sekarang nggak perlu download jadi si hape nggak berat.

    BalasHapus
  26. Ya ampun mainan snake ini favorit aku sejak hape masih nokia jaman dulu

    BalasHapus
  27. Main game memang menyenangkan kok, aku juga sesering main game. Apakah krn dlunya memang yg suka main game. Tpi main game tpi masih bisa mengatur waktu luang dgn pekerjaan yang lain

    BalasHapus
  28. Wkwk.. aku juga dulu suka main gimbot, ya ampuun.. serunya kebayang lho, haha..

    Btw, seru juga itu Spongebob Traffic Chaos. Mainin ah..

    BalasHapus
  29. Inget gimbot, jadi inget dulu sering bertengkar dgn sodara ggra game ini wkwk.
    Kalau skrg juga masih suka maen game. Salah satunya di apk hago.
    Candu bgt wk

    BalasHapus
  30. Yaallah.. Gembot, memiliki nya ada kebanggaan tersendiri,
    Ntah.. Udah berapa lama aku gak suka main game

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mbak.. Ak juga udah lama ga main gimbot. Entah masih ada apa kagak sekarang. Untungnya ada game online ya sekarang, jadi praktis tanpa donlot.

      Hapus
  31. Dulu karena pengen punya gameboy bela-belain ga jajak. Uangnya disimpan terus dibuat beli gameboy.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nulisnya yang betul gameboy apa gimbot apa gamebot sih? Wkwkwk serius iya banget. Kalau ak biasanya nebeng ke rumah oom nih buat pinjem PCnya. Atau gak sewa nintendo

      Hapus
  32. Game emang bisa jadi cara untuk menghibur diri yaa. Apalagi kalau gamenya bikin kita nostalgia ke masa lalu. Dulu aku ga kesampaian punya gimbot. Jadinya pinjam aja punya teman.

    BalasHapus
  33. Gimboot aku suka, ular -ularan juga. Pernah lho beli tetris juga, seneng sih. Ah jaman itu.

    BalasHapus
  34. Gimbot itu hobiku banget. Sampai aku pernah sedih berhari-hari gara-gara gimbotku hilang pas acara selapanan adikku. Rame orang di rumah dan keesokan harinya aku kehilangan gimbot kesayangan. Meski kemudian dibelikan lagi, rasanya beda...

    Snake dan balapan tu juga game favorit.. apalagi balapan, berasa kebut2an di jalan, wkkw. Enak ya ada plays.org, nggak perlu ribet install2 game.

    BalasHapus
  35. aku suka banget game snake, dulu kalo main bisa lupa waktu hehehe

    BalasHapus
  36. wah, aku suka aku sukaaaaa! game adalah me time ku selain nonton. tetris paling seru karena mikir ahahah.. bener-bener nostalgia nih baca artikel ini plus pengen main :D

    BalasHapus

Posting Komentar