Postingan

Menampilkan postingan dari Maret, 2021

Belajar Pola Asuh dari Denmark

Gambar
"Mari menjadi bagian dari Gerakan Membangun Indonesia yang Makmur, Aman, nyaman, Kuat, dan Mulai mulai dadi keluarga." ~ Ayah Edi. Kutipan di atas merupakan penutup dari serangkaian kata pengantar di buku yang belum juga habis aku baca sejak Desember 2020.

13 Panduan Ramadan di Tengah Covid-19

Gambar
Ramadan 1443 H tinggal menghitung hari. Insya Allah, 13 hari lagi kita akan memasuki bulan mulia yang di tunggu-tunggu. Sayangnya, kita harus menelan pil pahit bahwa pandemi karena  wabah virus asal Wuhan ini belum juga berakhir. Kenyataannya, kasus positif semakin meningkat bahkan diprediksi Indonesia memasuki second wave. Namun jangan berhenti berdoa dan mengharap agar pandemi segera terlewati. Aamiin.

Native Teknologi, Ancaman atau Peluang?

Gambar
Terlahir sebagai mom milenial, membuatku pribadi agak resah. Ada semacam kekhawatiran akan pola pengasuhan yang akan kami terapkan kepada anak-anak kelak. Apalagi, di era serba digital ini merupakan pemandangan baru bagi para orang tua zaman dahulu. Meski tidak begitu bagi kami gen Y, aku contohnya. Ini adalah tantangan mengasuh anak zaman now!

5 Langkah Mulai Ngeblog

Gambar
Hai Sobat Hamim, Semoga kalian tak bosan dengan curcolanku ya. Aku tulis pengalamanku agar siapapun yang membaca dapat manfaatnya. Karena aku merasakan banget kondisi di awal-awal dapat domain ini bingung mau mulai darimana. Maka tercetuslah menuliskan ide 5 Langkah Mulai Ngeblog.

5 Alasan Bertahan Ngeblog

Gambar
Setengah tahun yang lalu, aku akhirnya memulai untuk nulis melalui platform bernama blog. Sebuah laman yang sebenarnya tidak asing. Aku tahu blog sejak 2012 hanya saja sebagai bentuk pelampiasan membuang sampah hahaha. Menyedihkan ya?!

Brigertone: Duke and I

Gambar
  Diangkat dari sebuah novel penulis ternama di Inggris, yaitu Julia Quinn. Dengan judul yang sama dengan novelnya yakni Brigertone, Duke and I.  Serial romansa ini memang cukup menyedot beberapa peminat buku novel romantis. Sebab termasuk novel terlaris Julia Quinn. 

Indonesia Bebas Corona

Gambar
Indonesia bebas corona, merupakan tulisan pengaharapan serta doa dari rakyat biasa. Sebab harapan yang tersisa untuk bertahan melewati hari-hari bersama pandemi hingga di titik ini.  Indonesia Bebas COVID-19 Masih segar dalam ingatan kita, setahun yang lalu tepatnya Maret 2020 pertama kalinya diumumkan kasus yang terinfeksi virus asal Wuhan ini di Indonesia. Sayangnya, hingga detik ini belum ada gambaran jelas kapan berakhirnya wabah ini. Maka di kesempatan kali ini aku ingin membuat sebuah harapan. Bukankah harapan itukah doa kita? Apakah harapanku? Di hati paling dalam adalah "Indonesia Bebas Covid-19". Pasalnya, virus ini menyerang saluran pernapasan. Indikasi orang yang terinfeksi virus ini pada umumnya adalah demam, menggigil, linu-linu, kehilangan indra penciuman, dan indikasi seriusnya adalah sesak nafas atau bahkan gagal nafas. Bahkan kabar terbaru muncull gejala-gejala baru jika terinfeksi virus ini. Nah, kabar terakhir dilansir dari detik.com (Kamis, 25 Maret 2021;

Perjalanan yang Berkesan

Gambar
Akhir 2015, tak menyangka akhirnya bisa honeymoon tipis-tipis versi kami. Iya, kami berdua yang baru saja halal di akhir Mei 2015. Lho kok baru 6 bulan honeymoon nya? Karena banyak faktor sih hehhe.

Selflove, Penting Gak sih?

Gambar
  Self Love, Penting Gak sih? Pernah gak sih kalian berada di posisi merasa  menjalani sesuatu tetpi tidak  sesuai dengan yang kalian inginkan? Merasa apa yang kalian lakukan hanya untuk membuat orang lain senang. Bahkan parahnya kamu menyebutnya adalah sebentuk pengorbanan. Dramatis sekali ya?! Eits, jangan meremehkan ya. Bisa jadi orang-orang seperti itu memang memiliki dedikasi luarbiasa. Namun perlu kamu ingat bahwa membahagiakan orang lain memang baik tapi kebahagianmu juga penting. Nah, ini sedikit referensi bercampur pengalaman pribadi sih. Sedikit aku bahas tentang selflove penting gak sih? Egois atau bijak?

Memeluk Sosok Inspiratif

Gambar
Sejujurnya aku bingung jika ditanya tentang siapa sosok yang menginspirasiku? Karena banyak sekali orang keren yang aku kagumi tentu dengan alasan tertentu yang mengiringinya. Seperti Bunda Helvy Tiana Rosa, Bunda Sinta Yudisia, Anis Matta, Ustadz Rachmat Abdullah, Ummu Hamas (Ibunda Hamas Syahid), serta tokoh-tokoh keren di masa Rasulullah baik sahabat maupun sahabiyahnya. Namun ada satu sosok yang tak terbantahkan, ku kagumi diam-diam bahkan hingga sekarang. Kehadirannya selalu membawa senyum buatku. Alasan aku berjuang sejauh ini. Apakah ia sangat istimewa? Aku jawab iya. Apakah ia memiliki banyak kelebihan? Tentu. Apakah ia pernah membuat sejarah hebat? Buat aku pasti. Ia adalah pahlawan yang bekerja dalam diam. Tak ingin menonjol namun paling berperan menunjang kesuksesan orang di sekitarnya. Siapakah dia?

Quote Inspirasi:Membangun Jiwa

Gambar
Suatu kali dalam kondisi tertentu kita mendapati ada kalimat yang "ngena" banget di hati kita. Entah dari ucapan seseorang ataupun setelah membaca buku. Bisa jadi saat nonton film. Biasanya kalimat yang "ngena banget" itu akan kita jadikan salah satu pelecut di kala kita sedih, kecewa, kesal, ataupun marah. Sebut saja quote inspirasi untuk membangun jiwa. Agar apa? Agar kita tidak larut dalam emosi negatif yang berlarut-larut.

Tips Menulis Bagi Pemula

Gambar
Sharing Is Caring Hari ini aku diberi kesempatan untuk berbagi di temu alumni. Alumni Matematika ITS angakatan 2007. Awalnya ragu sih, bisa gak ya? Tapi kemudian aku berpikir, "Kenapa gak nyoba dulu aja?". Berbagi tips menulis bagi pemula ala aku. Toh, aku sedang melakoninya yakni menjadi penulis pemula. 

Tips Memasak Bagi Pemula, Hemat, Cepat, Nikmat!

Gambar
Tips Memasak Bagi Pemula, Hemat, Cepat, Nikmat! Hai teman, kali ini aku akan berbagi pengalamanku tentang urusan perdapuran. Jujur, keterampilan satu inimemang bikin aku mati gaya. Sejak awal nikah hingga lima tahun berjalan. Alhamdulillah, tetap istiqomah dengan satu menu andalan. Apa itu? Tumisan. Eits, tapi gak asal tumis ya. Simak deh tips memasak bagi pemula, hemat, cepat, nikmat!  Yang jelas ala aku ya. "Menurutmu, apakah seorang perempuan harus bisa masak?" chatku mengalir kepada calon pasangan halalku. Jawabnya di seberang sana, "Gak hanya perempuan, laki-laki juga seharusnya bisa masak." YES!

Mengejar Impian; Karier atau pekerjaan?

Gambar
  "Memang cita-citamu apa, Mim?" kata Mamak sambil tidur tengkurap dengan posisi kepala yang sedang aku cabuti rambut putihnya. Sejenak aku berpikir lalu aku nyeletuk," Guru TK!" Jawabku mantap seolah itu sudah aku rencanakan sejak lama. Sontak mamak tertawa dan berkata, "Orang kamu lho jijikan. Nanti kalau ada anak yang 'bab' di kelas gimana?" Mamak terus bicara seakan menertawakan cita-citaku kala itu. Beliau kenal betul bagaimana karakter putri kecilnya itu. Setelah beranjak dewasa, ternyata memang tidak mudah menentukan impian. Terlahir dari keluarga yang pas-pasan, bagi kami adalah keberuntungan bisa sekolah sampai SMA. Apalagi jika lulus sekolah mendapatkan pekerjaan yang di pandang layak oleh masyarakat, gaji mengalir tiap bulan. Bisa ketebakkan? Iya. Pegawai!